17 Usaha Kecil yang Menjanjikan Keuntungan Berlipat dan Mudah

23 Mei 2018

Terdapat banyak usaha kecil yang menjanjikan yang bisa Anda buka sendiri di rumah. Berbisnis merupakan suatu hal yang membuka peluang bagi Anda untuk meraup keuntungan rupiah. Saat ini, bisnis bukanlah suatu hal yang asing lagi di telinga masyarakat. Berbagai bisnis telah meraja lela menyelimuti ruang publik.

17 Usaha Kecil yang Dapat Anda Lakukan dan Menjanjikan
Jika Anda ingin membuka usaha, maka beberapa rekomendasi usaha kecil ini bisa Anda lakukan. Usaha ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau dengan bekerja sama dengan suatu pihak. Anda bisa memulai usaha dengan merintisnya dari nol. Modal yang Anda butuhkan pun tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, berikut 17 usaha kecil yang menjanjikan yang bisa dilakukan:

1. Catering Rumahan
Salah satu bisnis yang bisa Anda coba di rumah dan menguntungkan yaitu usaha katering rumahan. Anda bisa merintis usaha ini mulai dari hal terkecil yakni di skala rumahan. Anda dapat menerima pesanan makanan dari para masyarakat di sekitar tempat tinggal Anda. Namun, Anda juga harus pandai promosi agar banyak yang memesan bisnis catering Anda.
usaha kecil menjanjikan, bisnis kecil, bisnis kecil menjanjikan, usaha kecil, usaha kecil yang menguntungkan, usaha kecil yang mudah, usaha kecil yang menjanjikan

2. Laundry kiloan
Usaha kecil yang menjanjikan selanjutnya yaitu usaha laundry kiloan. Saat ini banyak orang-orang yang disibukkan dengan kegiatan atau pekerjaannya sehingga mereka tidak sempat memiliki waktu untuk mencuci pakaian. Maka dari itu membuka laundry merupakan salah satu hal yang menjanjikan bagi Anda. Anda bisa membuka bisnis ini di lingkungan masyarakat atau kampus.

3. Bisnis pulsa dan kuota internet
Bisnis yang akan laku di masyarakat yang bisa Anda coba adalah berjualan pulsa dan kuota internet. Saat ini kebutuhan seseorang akan kuota internet merupakan hal yang pokok bagi mereka karena internet sendiri telah menjadi bagian dari kehidupan. Tanpa pulsa atau kuota internet, maka seseorang tidak dapat menghubungi siapapun.

4. Bisnis makanan gorengan
Gorengan merupakan makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Selain harganya yang murah, rasanya enak dan dapat mengganjal perut disaat kelaparan. Oleh karena itu berjualan gorengan merupakan salah satu usaha kecil yang menjanjikan. Hanya dengan modal yang kecil Anda akan mendapat keuntungan besar dari konsumen.

5. Bengkel dan tambal ban
Pada zaman saat ini jumlah pengguna kendaraan pribadi meningkat terutama pengguna sepeda motor. Oleh karena itu, resiko motor terkena ban bocor atau masalah lainnya pun cukup besar. Modal yang dikeluarkan tidak banyak karena Anda tinggal menyediakan berbagai perkakas dan bahan-bahannya. Anda juga hanya perlu memiliki keterampilan di bidang kendaraan atau otomotif.

6. Jasa cuci kendaraan
Salah satu usaha kecil yang menjanjikan dalam bidang otomotif lainnya yakni dengan membuka jasa cuci kendaraan bermotor. Anda bisa membuka jasa cuci ini di rumah Anda sendiri atau di pinggir jalan sehingga banyak kendaraan yang berlalu lalang tertarik untuk mencucikan kendaraan mereka. Terutama cuci kendaraan khusus pengendara roda dua yang tidak membutuhkan modal besar.

7. Beternak ikan lele
Peluang usaha membudidayakan ikan lele merupakan hal yang menjanjikan pula. Pasalnya saat ini banyak para pedagang kaki lima yang membuka warung lesehan dan salah satu menu favorit pelanggan adalah ikan lele. Maka dari itu, Anda bisa beternak ikan lele dan jika sudah berkembang maka Anda bisa menjualnya kepada para pedagang kaki lima untuk diolah menjadi makanan.

8. Agen tempat pembayaran listrik
Menjadi agen pusat pembayaran listrik di lingkungan Anda merupakan hal yang efektif untuk memulai usaha kecil yang menjanjikan. Bagi orang-orang yang sibuk, maka tidak akan sempat untuk membayar listrik langsung ke PLN. Oleh karena itu bekerja sama dengan PLN dalam pembayaran listrik rumah tangga bisa Anda jalankan.

9. Jual beli barang second
Menjual barang bekas atau second bisa menjadi hal yang menguntungkan bagi Anda apabila Anda berhasil menjual barang yang layak pakai. Anda bisa mengumpulkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai seperti barang elektronik yang saat ini masih banyak dicari orang-orang. Barang bekas juga bisa berupa baju yang masih layak pakai. Anda bisa menjualnya di promo sebuah toko.

10. Bisnis online shop
Bisnis yang saat ini sedang menjadi trending topic adalah online shop. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal yang sedikit atau bahkan hanya dengan modal ponsel dan internet saja. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan para pelanggan. Anda bisa menjual berbagai macam hal seperti pakaian, kosmetik, sepatu, tas, atau bahkan makanan.

11. Minuman coklat dan jus buah
Minuman coklat adalah salah satu minuman favorit anak-anak masa kini. Rasanya yang enak dan segar untuk diminum membuat minuman coklat ini banyak digemari masyarakat. Selain minuman coklat, membuka toko jus buah merupakan hal yang tepat. Anda bisa berjualan di pinggir jalan dimana banyak orang yang melewati dan bisa tertarik untuk membelinya.

12. Cutting stiker
Usaha cutting stiker saat ini sedang menjamur di masyarakat. Semakin banyak saat ini orang yang suka menghias kendaraannya dengan berbagai macam stiker yang unik dan menarik. Oleh karena itu, dengan membuka jasa cutting stiker maka Anda bisa meraup keuntungan yang banyak. Anda juga bisa bekerja sama dengan suatu percetakan grafis terdekat.

13. Jasa potong rambut
Jika Anda ingin bergelut di usaha kecil yang menjanjikan di bidang kecantikan, maka Anda bisa salah satunya dengan membuka jasa potong rambut. Anda bisa membuka jasa untuk perempuan ataupun laki-laki. Hanya dengan keterampilan terkait dengan tampilan rambut, maka Anda bisa mendapat banyak untung. Anda tidak perlu membuka salon dengan modal yang besar.

14. Menjual kerajinan tangan
Selanjutnya, usaha kecil yang menjanjikan adalah menjual kerajinan tangan. Anda bisa mengolah segala barang untuk dijadikan kerajinan atau bahkan souvernir misalnya souvenir pernikahan atau lainnya. Anda hanya perlu kreativitas bagaimana caranya agar dapat mengolah barang bekas seperti koran, kardus, kain, hingga pecahan kaca untuk dijadikan barang yang bernilai guna.

15. Jual kue atau roti rumahan
Bisnis yang mudah dilakukan di tahun ini adalah salah satunya berjualan kue atau roti. Anda yang ingin membuka usaha kecil yang menjanjikan, maka cara ini merupakan solusi yang tepat. Banyak orang yang gemar akan kuliner dan makanan manis. Oleh karena itu, kue rumahan akan cocok dijual baik di lingkungan kerja Anda atau kampus jika Anda seorang mahasiswa.

16. Desain grafis dan fotografi
Desain grafis sudah tidak asing lagi karena hampir segala aspek hal selalu berkaitan dengan desain. Hingga saat ini pun, desain grafis masih menjadi favorit pekerjaan. Desain grafis menjadi favorit karena tidak perlu bertatap muka. Selanjutnya, Anda juga bisa membuka jasa fotografi. Minat para pemuda saat ini lebih banyak untuk tampil stylish maka dari itu fotografi adalah hal yang tepat.

17. Toko kelontong
Meskipun usaha ini sudah terlihat jadul, namun toko kelontong masih akan tetap diperlukan. Masyarakat akan lebih senang berbelanja segala kebutuhan pokok rumah tangga di tempat terdekat. Hadirnya toko kelontong merupakan salah satu usaha yang menguntungkan karena akan selalu dibutuhkan kapan pun bahkan hingga saat ini.

Itulah tadi beberapa rekomendasi usaha yang bisa Anda lakukan di rumah dengan modal yang kecil. Anda bisa merintisnya mulai dari sekarang. Terutama untuk bisnis kuliner, Anda bisa membuka lapak di berbagai tempat terutama saat ini sudah mendekati bulan ramadhan, maka bisnis kuliner akan sangat laris di masyarakat.

17 bisnis usaha kecil-kecilan di atas memberikan gambaran kepada Anda tentang usaha apa yang ingin Anda lakukan. Pastikan sebelum membuka usaha Anda menentukan target dan modal yang akan dikeluarkan. Namun bisnis-bisnis di atas tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak. Hanya saja Anda perlu keterampilan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Jika Anda ingin membuka salah satu usaha bisnis yang telah direkomendasikan di atas, pastikan usaha tersebut akan menghasilkan sesuatu yang memang berguna dan baik bagi masyarakatnya. Selain itu keuntungan juga harus diperhitungkan. Jangan sampai modal yang Anda keluarkan justru tidak dapat tercover dengan baik. Oleh karena itu, manajemen keuangan juga sangat perlu dilakukan.

Demikian informasi mengenai beberapa usaha kecil yang menjanjikan di tahun ini. Semoga bagi Anda yang ingin membuka jasa atau usaha tersebut bisa berjalan dengan baik. Jika Anda ingin membuka suatu usaha, pastikan Anda menguasai pasar atau menguasai bidang usaha Anda. Hal tersebut penting karena pasar merupakan faktor keberhasilan penjualan atau tidak. Membuka usaha memang tidak mudah tetapi jika Anda yakin dan percaya, maka usaha itu pasti bisa berhasil dan sesuai dengan keinginan Anda dalam meraih keuntungan.