Keuntungan Bisnis Kuliner dan Cara Membuka Usahanya

17 April 2017

Inilah usaha yang paling sering ditemui yakni bisnis kuliner. Ada banyak ragam dari jenis kuliner yang sering kita temukan. Seperti dalam bidang makanan misalnya kue bolu, brownies, keripik singkong, kripik pisang, keripik talas, kerupuk, ayam bakar, fried chicken, nasi goreng, bubur ayam, soto bongko, kupat tahu, mie bakso sapi, siomay, batagor, martabak manis, martabak telur, kebab turki, pisang molen aneka rasa, pisang coklat lumer, roti unyil, pizza, burger, bakpao, bakpia, dll.

Bisnis kuliner dalam bidang minuman meliputi usaha minuman kemasan, es krim, sop buah, es sirop campur, es pisang ijo teller, es cappucino cincau, es kelapa muda, usaha jualan es cendol, minuman kopi, teh, coklat susu, jus buah-buahan, wedang jahe, bandrek, bajigur, yogurt dan lain sebagainya yang sangat banyak. Anda bisa menambahkan sendiri jenis kuliner minuman dan makanan yang ada di dunia ini dan layak dijadikan peluang usaha menguntungkan.
keuntungan bisnis kuliner, usaha kuliner, kuliner, cara membuka usaha kuliner, cara bisnis kuliner

Keuntungan Bisnis Kuliner
Setiap usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti bisnis kuliner yang mempunyai masa kadaluarsa atau daya tahan dalam tempo tertentu. Ada yang singkat dan panjang. Selain itu, adalah kelebihan. Berikut ini sejumlah keuntungan dari bisnis kuliner yang perlu diketahui oleh anda, antara lain:

▪ Cepat Kaya
Banyak orang kaya dari berbisnis kuliner. Seperti Hendi Setiono dengan kebab turki baba rafi yang setiap bulan untung Rp 1 miliar perbulan. Lalu ada brownies amanda, keripik maicih, dll. Hal ini dikarenakan omzet harian yang didapatkan lumayan tinggi yang berasal dari beberapa outlet.

▪ Pasar Luas
Semua orang perlu makan dan minum setiap hari. Sehingga bisnis kuliner pangsa pasarnya semua orang tak mengenal usia, jenis gender, dll.

▪ Perputaran Uang Cepat
Jika berjualan tas, barang, pakaian dan lain-lain mungkin sekali beli dan untung. Tapi bisnis kuliner setiap hari untung. Perputaran uang cepat membuat banyak orang tertarik jenis usaha ini. Dan persaingan sangat sengit.

▪ Banyak Jaringan
Untuk meningkatkan keuntungan bisnis kuliner sangat mudah yaitu sobat membangun beberapa jaringan usaha. Sehingga produk kuliner bisa terjual dalam jumlah banyak perhari.

Alasan Memilih Usaha Kuliner
Setiap orang dituntut untuk memiliki penghasilan. Apalagi bagi seorang pria yang kelak sebagai suami yang wajib memberikan nafkah lahir dan batin bagi isteri tercinta. Oleh sebab itu, berbagai cara yang halal dilakukan untuk mendapatkan uang. Seperti menjadi karyawan di sebuah perusahaan maupun memilih berwirausaha mandiri.

Bagi seorang pemula dalam memulai sebuah usaha pasti ia akan merasa kesulitan. Sebab akan bingung memilih bidang usaha yang hendak dijalani. Ada usaha dalam bidang jasa, produk barang dagangan, kontruksi, perkebunan, pertanian, perikanan, ritel, mainan anak dan lain sebagainya. Padahal seharusnya mereka tak perlu bingung. Sebab ada salah satu jenis usaha yang sangat menguntungkan di masa sekarang dan masa depan yaitu usaha dalam bidang makanan ataupun minuman.

▪ Menjanjikan
Usaha kuliner memberikan potensi keuntungan yang cukup besar setiap hari. Dan tingkat kesuksesan mencapai 90 persen. Hal ini benar-benar dialami langsung oleh penulis yang berhasil menekuni bisnis makanan dan minuman dengan modal kecil. Bukan hanya penulis, pengusaha kuliner lainnya juga banyak yang sukses. Mereka bisa memiliki penghasilan lumayan besar atau luarbiasa mencapai miliaran rupiah perbulan.

Kesuksesan dalam bisnis kuliner tidaklah mudah. Semuanya memerlukan kerja keras, ketekunan, ulet, pantang menyerah, sabar, giat, rajin, semangat dan proses perjuangan dari nol sampai berhasil. Lihatlah pengusaha sukses kuliner pecel lele lela yang merintis usaha makanan dari bawah dan pernah mengalami sepi pembeli di awal usaha. Namun dengan semangat dan kerja keras akhirnya rintangan tersebut bisa dilalui dengan baik.

▪ Mudah
Kelebihan dan keuntungan lain dari bisnis kuliner adalah jenis usaha ini sangat gampang dalam menjalankannya. Tidak ribet alias sederhana. Hal ini dirasakan penulis yang tak mengalami kesulitan berarti dalam produksi makanan maupun dalam pendistribusiannya. Apalagi semakin hari kita semakin terlatih dalam menjalankannya.

▪ Diburu Orang
Sekarang sedang terjadi fenomena wisata kuliner. Bahwa kegiatan wisata bukan hanya pergi ke sebuah lokasi yang indah tapi bisa juga berwisata kuliner. Dalam arti pergi ke luar rumah untuk mencicipi makanan yang tersaji di suatu daerah. Wisata kuliner menjadi trend gaya hidup masyarakat modern saat ini. Hal tersebut menumbuhkan peluang usaha di bidang penjualan makanan dan minuman sangat menjanjikan.

▪ Banyak Jenis
Usaha dalam bidang produk kuliner banyak macam dan ragam. Seperti martabak, gorengan, roti, dll. Roti terbagi lagi ada roti bakar, roti unyil, roti sisir, roti isi dan roti tawar. Kemudian martabak ada jenis martabak telur, martabak manis, martabak bangka, martabak mini, martabak waralaba waka waka, dan lain sebagainya. Banyaknya jenis kuliner membuat persaingan usaha dalam bisnis ini cenderung lemah dan tak ketat. Sebab banyak jenis makanan dan minuman yang bisa dijual berbeda dengan pesaing yang menekuni usaha kuliner serupa.

▪ Inovasi
Kelebihan dari bisnis ini adalah bisa dilakukan inovasi dari jenis makanan dan minuman yang dijual. Sehingga menarik minat beli para konsumen. Misalkan brownies lapis ubi cilembu, roti bakar rasa cokelat atau strawberry, molen pisang rasa cokelat atau nanas dll, ice krim rasa stroberi atau cappucino dan inovasi rasa lainnya. Hal tersebut membuat konsumen tak bosan dengan kuliner yang sudah ada.

▪ Tak Perlu Lokasi Usaha Strategis
Bisnis dalam bidang kuliner dapat dijalankan di dalam rumah secara rumahan. Sedangkan pemasaran bisa dilakukan melalui media internet ataupun secara berkeliling ke setiap warung atau toko terdekat atau langsung ke tangan konsumen.

▪ Keuntungan Seratus Persen
Ada yang mengatakan bahwa seseorang yang menekuni usaha kuliner akan menghasilkan untung bersih sekitar 100 persen. Setelah penulis tekuni ternyata lebih dari itu yakni 300 persen. Hal inilah yang membuat usaha kuliner sangat prospektif dan menjanjikan untuk dijalankan sekarang dan masa datang.

Dari keuntungan bisnis kuliner di atas jelaslah, usaha kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang layak anda pertimbangkan. Keuntungan berlipat ganda, mudah dijalankan dan tak memerlukan lokasi usaha yang strategis. Cepatlah mengambil peluang usaha di bidang kuliner. Jangan sampai ide bisnis kuliner anda yang brilian diambil oleh rekan kerja, teman dan orang lain.

Cara Membuka Usaha Kuliner
Sementara itu, setelah mengetahui berbagai keuntungan dari bisnis kuliner yang membuat sobat memilih usaha ini, sekarang saatnya membahas mengenai bagaimana cara membuka bisnis kuliner. Pada dasarnya sangat mudah. Untuk lebih jelas, berikut ini langkah dan cara membuka usaha kuliner dari awal sampai buka, antara lain:

▪ Menentukan Produk Kuliner
Banyak sekali produk kuliner yang bisa anda jajakan seperti dalam bidang makanan maupun minuman. Namun saran penulis, pilihlah jenis kuliner yang sesuai passion atau hobi. Sehingga ketika menjalankannya tidak menjadi beban. Bahkan menyenangkan. Ketika ada halangan dan rintangan menerjang dapat dilalui dengan tenang dan bijak.

▪ Konsep Menarik
Mungkin produk makanan atau minuman yang sobat jual telah ada pesaingnya. Oleh sebab itu, tugas sobat adalah membuat produk kuliner tersebut menjadi unik dan menarik dengan konsep yang dimiliki. Hal demikian akan membuat daya tarik beli para konsumen semakin tinggi terhadap produk anda. Karena produk anda berbeda dengan barang milik pesaing dalam segala segi konsep.

Penulis mengalami langsung bahwa masyarakat saat ini dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa menyukai jenis kuliner yang baru dan unik. Jika ada produk kuliner yang baru pasti laris manis di awal sampai beberapa tahun berlalu. Rasanya mereka merasakan kebosanan dengan sesuatu produk kuliner yang telah ada. Ingin merasakan produk kuliner yang baru dengan rasa enak dan lezat dari yang lain.

Inilah salah satu peluang usaha bagi anda yakni bisnis dalam bidang kuliner yang baru dengan kualitas lebih baik dari para pesaing sebelumnya. Caranya sangat mudah dengan menggunakan sistem ATM yakni amati, tiru dan modifikasi. Bisa saja produk sama tapi kemasan mungkin sedikit berbeda.

▪ Menentukan Target Pasar
Inilah adalah hal yang penting dalam bisnis kuliner. Penentuan target pasar harus dilakukan agar usaha makanan dan minuman sobat jelas kemana arah pemasaran, bagaimana inovasi yang harus dikembangkan sesuai target market, dan berapa harga yang akan ditawarkan disesuaikan dengan target pasar. Jika target market adalah kalangan pelajar dan anak sekolah maka jenis kuliner yang ditawarkan harus dibanderol harga sekitar Rp 500 sampai Rp 1000.

▪ Menjaga Kualitas
Hal penting dari sebuah usaha kuliner yang ingin sukses dan berkembang pesat adalah mampu menjaga kualitas produk kuliner tetap baik, higienis, bersih, aman dan menyehatkan. Dengan demikian usaha kuliner sobat bisa berjalan mulus dengan citra yang baik di masyarakat untuk selamanya.

Kesimpulannya cara untuk membuka bisnis kuliner. Pertama, tentukan jenis kuliner yang hendak dijual. Jenis makanan atau minuman? Bentuknya seperti apa? Buatan sendiri atau bikinan orang lain? Kedua, konsep usaha kuliner bisa berupa gerai permanen, restoran, cafe, gerobak kaki lima, memasarkan keliling ke warung-warung kecil dll. Ketiga, Menentukan target pasar dan harga jual produk. Keempat, menjaga kualitas layanan dari produk kuliner.