12 Cara Membuka Bisnis Kolam Renang Ramai Pengunjung bagi Pemula

11 Maret 2018

Usaha sewa kolam renang termasuk jenis usaha yang cukup banyak kita jumpai di sekitar kita. Apalagi dengan meningkatnya jumlah penduduk, usaha kolam renang kian ramai pengunjung, khususnya di hari libur, seperti akhir pekan dan hari libur nasional. Sebab, pada saat ini banyak orang yang menghabiskan waktu liburnya dengan berekreasi di kolam renang.

12 Cara Membuka Bisnis Kolam Renang Ramai Pengunjung bagi Pemula
Bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis kolam renang, berikut ini 12 cara membuka bisnis kolam renang ramai pengunjung bagi pemula, antara lain:

1. Menentukan target konsumen
Untuk membuka usaha kolam renang umum dan rumahan maka anda tak bisa sembarangan. Terlebih dahulu tentukan siapa target market anda. Jika anda membidik kalangan anak-anak berusia dibawah 5 tahun maka kedalaman kolam renang harus sekitar 40 centimeter ke bawah. Sedangkan jika menargetkan kalangan remaja atau SMP maka kedalaman kolam renang bisa mencapai 80 meter. Bagi anda yang membidik kalangan orang dewasa maka kedalaman kolam renang bisa melebihi 100 centimeter.
usaha kolam renang, bisnis kolam renang, kolam renang, cara bisnis kolam renang

Namun untuk membuat bisnis kolam renang yang ramai pengunjung maka anda bisa melengkapi dengan berbagai kolam renang dengan ukuran kedalaman berbeda. Misalkan ada kolam renang buat anak-anak. Disampingnya ada kolam renang untuk kalangan remaja. Dan di tempat lain ada kolam renang khusus kalangan dewasa. Sehingga pangsa pasar yang dibidik sangat luas yaitu keluarga besar. Selain itu, memberikan kesan dan citra bahwa bisnis kolam renang yang anda tekuni mempunyai fasilitas sangat lengkap.

2. Mendesain bangunan kolam renang secara baik
Langkah berikutnya tentu saja mendesain bangunan kolam renang. Pastikan kolam renang yang anda bangun mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Seperti lahan parkir yang luas, ruangan ganti pakaian yang nyaman dengan jumlah memadai, adanya tempat pemandian umum dan lain sebagainya. Dengan adanya fasilitas lengkap tersebut membuat nyaman konsumen dan jika sudah nyaman maka kelak mereka menjadi pelanggan setia.

3. Menjaga kebersihan kolam renang dan area sekitar
Suatu hari penulis mendatangi sebuah usaha kolam renang umum untuk anak-anak dan orang dewasa. Ternyata air kolam renang itu tampak keruh dan di dalamnya ada binatang berudu. Hal tersebut membuat penulis dan kawan-kawan tidak nyaman berenang di kolam tersebut. Sehingga di hari libur berikutnya kapok untuk kembali ke kolam renang ini. Dan memilih berkunjung ke usaha kolam renang yang terjaga kebersihan air dan lingkungan sekitarnya.

4. Tiket masuk terjangkau
Hal ini berkaitan dengan pangsa pasar yang anda bidik dan ekonomi masyarakat sekitar. Jika anda membidik kalangan anak-anak dan remaja maka harga tiket masuk kolam renang haruslah murah meriah atau minimal bisa dijangkau oleh kalangan tersebut. Misalkan harga karcis masuk sebesar Rp 10 ribu. Namun jika anda membidik kalangan keluarga yang ekonomi menengah ke atas maka harga tiket masuk bisa dibanderol sebesar Rp 50 ribu per orang.

5. Melengkapi dengan fasilitas penjualan peralatan renang
Usaha kolam renang umum dan rumahan yang ramai pengunjung biasanya disertai fasilitas yang sangat lengkap. Di dalam area kolam renang tersedia berbagai gerai usaha penjualan alat-alat renang. Seperti pelampung, ban, baju renang, kacamata, alat plastik hp untuk tidak masuk air, dan lain sebagainya. Sehingga bagi pengunjung yang tidak bisa berenang bisa belajar renang menggunakan pelampung. Atau bagi yang lupa membawa kacamata renang maka tak usah risau karena ia bisa membelinya di kantin usaha kolam renang.

6. Menyediakan fasilitas penyewaan alat-alat renang
Bagi yang mempunyai keuangan yang sangat terbatas tentu merasakan keberatan jika ia harus membeli peralatan renang seperti kacamata renang, pelampung, ban, baju renang dan lain-lain. Sebab ia hanya memakainya sekali. Oleh sebab itu, selain menyediakan fasilitas penjualan alat-alat renang maka anda bisa pula menyediakan fasilitas penyewaan alat-alat renang. Adapun harga sewa tentunya lebih murah ketimbang membeli alat-alat renang tersebut.

7. Memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan
Bisnis kolam renang umum dan rumahan adalah usaha yang bergerak dalam bidang jasa. Sehingga tidak ada barang yang diperjualbelikan atau dipindahtangankan. Layaknya  usaha sewa apartemen, usaha rental lapangan futsal, usaha perhotelan, dan bisnis service mobil dan sepeda motor maka pelayananlah yang dijual. Oleh sebab itu, anda mesti memberikan kualitas pelayanan yang terbaik. Pastikan anda memberikan kualitas pelayanan yang terbaik, memanjakan konsumen, lengkap fasilitas, ramah, murah senyum dan bersahabat.

8. Modal usaha yang memadai
Dalam membangun sebuah usaha kolam renang umum dan rumahan tentu saja memerlukan biaya yang sangat besar hingga ratusan juta rupiah. Misalkan biaya untuk membeli lahan, biaya membangun kolam renang dengan segala fasilitas yang ada. Oleh sebab itu, pastikan anda mempunyai uang sebesar itu sebelum memutuskan membuka usaha kolam renang umum. Jangan sampai anda kehabisan modal padahal bangunan kolam renang umum belum selesai seluruhnya. Karena hal itu merugikan diri anda sendiri. Siapkan biaya pembuatan kolam renang dan biaya operasional yang meliputi gaji beberapa orang pegawai dan lain sebagainya.

Apabila anda kesulitan untuk mendapatkan biaya pembuatan kolam renang umum atau waterboom mini maka anda bisa mengajukan permohonan bantuan modal usaha ke pihak bank, donatur, investor dan lembaga amal lainnya. Dengan terlebih dahulu membuat proposal bisnis kolam renang. Adapun contoh proposal bisnis usaha kolam renang lengkap bisa anda dapatkan di google.

9. Promosi gencar
Untuk memperkenalkan usaha kolam renang umum dan rumahan yang sobat jalani tentu saja membutuhkan yang namanya promosi. Anda bisa melakukan promosi usaha kolam renang umum secara mulut ke mulut, pembagian brosur, pasang pamflet, pasang iklan di media cetak dan elektronik, memasang spanduk dan lain sebagainya. Berdasarkan analisis penulis, usaha kolam renang umum dan rumahan sangat mudah untuk mendapatkan pengunjung. Tanpa promosi yang gencar pun para pelanggan akan datang sendiri. Apalagi pelayanan dan fasilitas yang tersedia sangat nyaman dan komplit.

10. Bekerjasama dengan pihak sekolah
Pihak sekolah seringkali secara rutin mengajak murid-muridnya ke kolam renang dalam rangka praktek mata pelajaran olahraga renang. Jumlah murid di suatu sekolah bisa mencapai ratusan murid. Hal ini menjadikan anak-anak sekolah merupakan target pasar yang sangat menjanjikan. Strategi bisnis kolam renang ini harus dijalankan yaitu Anda bekerjasama dengan pihak atau guru olahraga di sekolah tersebut dengan sistem komisi. Berikanlah komisi yang sangat besar jika pihak sekolah bisa mendatangkan murid-muridnya ke usaha kolam renang anda.

11. Membuat surat perijinan usaha kolam renang umum
Untuk menjamin keamanan dan legal di mata hukum, maka sobat harus mengajukan ijin usaha kolam renang ke lembaga terkait. Misalkan pihak kepolisian, dinas perdagangan dan perindustrian dan lain sebagainya. Dengan surat perijinan usaha tersebut maka anda bisa dengan leluasa membuka usaha persewaan kolam renang tanpa ada satu pihak pun yang bisa menggugatnya.

12. Kerja keras
Pada awal usaha, mungkin saja usaha kolam renang yang anda jalani sepi konsumen. Namun janganlah menyerah. Anda harus lebih kerja keras lagi dalam mempromosikan bisnis kolam renang anda secara online maupun offline. Mulai saja memperkenalkan usaha persewaan kolam renang ke anggota keluarga terdekat, tetangga, teman, sahabat, rekan kerja dan masyarakat sekitar.

Keuntungan Usaha Kolam Renang
Usaha kolam renang masih dilirik sebagian kecil pengusaha pemula di Indonesia. Padahal keuntungan bisnis ini sangat menjanjikan. Berikut ini beberapa keuntungan dari seseorang yang membuka usaha kolam renang umum secara rumahan, antara lain:

1. Biaya Operasional Cukup Murah
Usaha kolam renang termasuk jenis usaha yang tidak membutuhkan biaya operasional sangat besar. Biaya operasional usahanya sangat murah. Karena ini berkaitan dengan bisnis persewaan atau usaha dalam bidang jasa. Sama layaknya usaha sewa lapangan futsal, sewa lapangan badminton, usaha pangkas rambut, usaha salon kecantikan dan usaha hotel.

2. Kolam Renang Bersifat Utuh
Bisnis persewaan kolam renang disebut juga bisnis persewaan properti yang bergerak dalam bidang jasa. Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan kenyamanan dan fasilitas yang diberikan kepada konsumen dari bisnis kolam renang anda. Misalkan menjaga kebersihan kolam renang setiap hari. Adapun barang atau jasa yang ditawarkan adalah kolam renang dengan segala fasilitas yang ada. Dan kolam renang termasuk benda yang utuh atau tidak dapat habis dimakan waktu. Inilah satu keuntungan usaha kolam renang rumahan dimana barang properti atau aset yang tetap utuh.

Hal ini berbeda dengan bisnis kuliner atau bisnis penjualan BBM. Jika barang yang kita jual habis maka kita harus membeli lagi. Sedangkan kolam renang tetap utuh. Sehingga pengeluaran cukup sekali yaitu biaya pembuatan kolam renang dan fasilitasnya serta biaya perawatan. Investasi dilakukan sekali tapi penghasilan pasif didapatkan harian dengan nominal cukup besar.

3. Bisnis Anti rugi
Usaha kolam renang saya masukkan dalam bisnis anti rugi. Karena usaha ini nyaris tidak akan pernah rugi. Bahkan jika anda memilih bisnis persewaan kolam renang akan selalu untung setiap harinya. Hal ini berdasarkan fakta bahwa harga tanah dan rumah setiap hari mengalami kenaikan yang sangat pesat. Apalagi jika usaha kolam renang anda berada di tempat strategis yang kenaikan harga rumah dan tanah sangat cepat maka keuntungan bisa didapatkan bukan hanya dari usaha sewa kolam renang. Tapi juga kenaikan harga tanah dan rumah.

Suatu hari, penulis mendapatkan sebuah usaha kolam renang umum dan rumahan yang sepi pengunjung. Di depan gerbang tempat kolam renang tersebut terpampang tulisan dijual dan disewakan. Hal ini membuktikan jika usaha kolam renang yang anda jalani sepi masih tetap bisa disewakan kepada orang lain atau dijual dengan harga yang lebih mahal dari asalnya.

4. Prospek Cerah
Bisnis persewaan kolam renang bisa disebut sebagai bisnis yang sangat menjanjikan. Mengingat persaingan usaha ini sangat lemah terutama di wilayah desa. Di perkotaan sudah banyak pengusaha yang membuka usaha sewa kolam renang umum. Dan semuanya ramai pengunjung. Walaupun tingkat persaingan bisnis ini sangat ketat. Tetap saja menjanjikan mengingat jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar dan senang berlibur dengan cara berenang di kolam renang.

5. Tidak Perlu Keahlian Khusus
Untuk membuka usaha kolam renang rumahan dan umum bisa dilakukan oleh siapa saja. Karena bisnis ini tidak memerlukan keterampilan khusus. Hanya pada tahap awalnya untuk membuat kolam renang perlu tenaga ahli arsitek dalam merancang dan membangun kolam renang yang nyaman dan terbaik. Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan dalam usaha kolam renang adalah bagian kebersihan, bagian tiket, bagian perawatan kolam renang, marketing, security dan lain sebagainya.

6. Membuka Lapangan Kerja Baru
Dengan memulai usaha kolam renang umum dan rumahan di daerah anda berarti anda turut serta mengurangi pengangguran. Sebab bisnis kolam renang membuka lapangan kerja yang ada bagi masyarakat sekitar. Misalkan tenaga kerja bagian parkir, pemasaran, bagian tiket, security dan bagian perawatan. Selain itu, sobat bisa membuka kantin di dalam area kolam renang sehingga membuka lapangan kerja baru lagi.