Keuntungan Bisnis Pertamini dan Cara Membuka Usahanya

08 Mei 2017

Inilah peluang usaha yang sangat booming dalam beberapa tahun terakhir, yakni bisnis pertamini. Anda pasti sudah mengetahui bisnis pom mini ini. Karena usaha pertamini digital sekarang ini sangat gampang dijumpai di berbagai sudut kota dan daerah di pinggir jalan raya kota dan desa. Usaha ini menjanjikan keuntungan yang lumayan besar seiring dengan semakin banyak jumlah kendaraan bermotor di Indonesia.

Jika ditilik dari sejarah dulu, usaha pom bensin pertamini asalnya adalah usaha jualan bensin secara eceran kaki lima yang biasa menggunakan derijen dan takaran plastik. Namun seiring dengan kemajuan teknologi dan ditemukan pompa bensin yang fleksibel dan praktis membuat usaha jualan bensin eceran secara kios dan kaki lima berubah menjadi usaha pom mini pertamini yang legal.
keuntungan bisnis pertamini, usaha pertamini, cara buka pertamini, pertamini, cara usaha pertamini

Keuntungan Bisnis Pertamini Digital Legal
Banyak kelebihan dari seseorang menjalankan bisnis pertamini digital, antara lain:

1. Tidak usah repot menggunakan derijen
2. Pengisian bensin atau solar dapat dilakukan dalam waktu singkat
3. Takaran yang dapat dilihat sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap usaha pertamini dibandingkan bisnis jualan bensin eceran tradisional yang menggunakan botol dan derijen
4. Pangsa pasar sangat luas. Semua orang pengguna kendaraan bermotor
5. Bisnis anti rugi, selalu menguntungkan sebab produk tak ada istilah basi
6. Untung besar. Keuntungan bisnis pertamini dibandingkan usaha jualan bensin secara eceran tradisional lebih tinggi. Biasanya omzet jualan bensin secara tradisional sekitar Rp 1 juta perbulan. Dengan mendirikan pertamini keuntungan bisa mencapai tiga kali lipat atau sekitar Rp 3 juta perbulan. Sehingga banyak pelaku bisnis jualan bensin eceran kios menggunakan derijen beralih ke lebih modern yakni pom bensin pertamini.
7. Bahan bakar minyak seperti bensin dicari banyak orang terutama pengguna kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

Prospek Usaha Pertamini Digital
Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia baik itu sepeda motor maupun mobil, truk dan kendaraan bermotor roda empat lainnya tumbuh subur. Hal ini ditandai dengan sering terjadinya kemacetan di jalan raya atau jalan biasa di waktu jam sibuk kantor maupun tidak. Dengan sangat mudah kita menyaksikan di jalan raya beberapa detik berseliweran kendaraan bermotor yang jumlahnya tak bisa dihitung secara kasat mata saking banyak jumlahnya.

Kalau dahulu kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun sepeda motor sangat jarang dimiliki oleh mayoritas penduduk Indonesia. Dikarenakan waktu dulu harga mobil dan sepeda motor lumayan mahal. Sehingga hanya orang kaya yang dapat memilikinya. Orang yang memiliki uang terbatas tidak bisa mempunyai kendaraan bermotor. 

Namun seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat dan membaiknya ekonomi penduduk Indonesia serta munculnya berbagai leasing membuat harga sebuah sepeda motor atau mobil sangat terjangkau. Hampir setiap orang bisa mempunyai satu buah sepeda motor atau mobil. Apalagi harga kendaraan bermotor yang bekas, harganya lebih murah lagi. Ditambah lagi dengan penawaran dari pihak bank atau leasing yang memberikan kemudahan membeli kendaraan bermotor secara kredit.

Pendek kata, sepeda motor atau mobil dulu sangat jarang dimiliki setiap orang. Tapi kini di perkotaan maupun pedesaan terpencil sangat mudah kita mendapati sebuah rumah ada kendaraan bermotor seperti mobil atau sepeda motor. Bahkan bisa lebih dari satu. Dan berdasarkan data dari pihak Astra dan produsen kendaraan bermotor bahwa setiap tahun penjualan sepeda motor dan mobil di Indonesia meningkat tajam. Kenaikan didominasi oleh sepeda motor. Sisanya sebesar 15 persen kenaikan mobil. Secara rata-rata kenaikan jumlah kendaraan bermotor di tanah air sebesar 6 juta unit pertahun.   

Dari catatan di atas itulah membuat bisnis pertamini menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan sekali. Karena usaha ini dijamin laris manis dan menguntungkan dalam jumlah besar. Prospek bisnis pom mini pertamini eceran lumayan bagus. Usaha ini akan selalu ada dan menguntungkan selama banyak orang menggunakan kendaraan bermotor untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dimana kendaraan bermotor sebagus apapun tak akan bisa berjalan atau tak bermanfaat tanpa adanya bahan bakar bensin. Melihat prospek dan potensi yang sangat besar dari jualan pertamini membuat banyak orang tertarik membuka usaha ini. Lalu bagaimanakah cara untuk membuka usaha pom pertamini digital bagi pemula?   

Cara Membuka Bisnis Pertamini Digital
Untuk mendirikan usaha pertamini tentu diperlukan berbagai macam persiapan. Seperti modal usaha terutama mesin pertamini digital untuk pengisian bensin secara otomatis dan cepat melalui takaran yang pas. Tanpa panjang lebar lagi, inilah cara membuka usaha pom pertamini digital dari awal sampai beroperasi, antara lain:

▪ Modal Usaha Pertamini
Untuk mendirikan pom pertamini diperlukan modal usaha sebagai investasi terutama untuk pembelian mesin pertamini. Ada dua jenis mesin pertamini yakni sistem digital dan sistem manual. Adapun harga pom mini biasa atau manual yang mempunyai kapasitas penampungan bahan bakar minyak sebanyak 210 liter sebesar Rp 6 juta per unit.

Sementara itu untuk mesin pertamini portable yang digital dibanderol dengan harga Rp 14 juta per unit. Mesin pertamini ini sangat canggih, antara lain : dapat memompa sendiri, takaran sangat akurat sebab dipasang sensor, dapat menghitung penghasilan dari usaha ini secara otomatis dan dilengkapi sistem security yang modern model pengamanan kode pin.

▪ Surat Izin Usaha Pertamini
Setelah mempunyai peralatan dan perlengkapan pom bensin pertamini, sebenarnya anda sudah bisa langsung menjalankan bisnis ini. Namun untuk menjaga keberlangsungan bisnis pertamini anda berjalan lancar dan legal maka anda mesti mengantongi surat perijinan usaha pertamini yang bisa didapatkan di Dinas Perindustrian setempat. Jika anda tidak mempunyai surat ijin pertamini maka jumlah liter bensin yang diberikan akan terbatas. Sebaliknya apabila anda sudah mengantongi surat ijin usaha bensin eceran pertamini maka seberapa banyak jumlah liter bahan bakar minyak yang anda butuhkan akan diberikan oleh pihak SPBU. Sebab, mendapatkan pasokan bensin pertamini dengan mudah akan sangat menunjang keberhasilan usaha ini ke depannya.

Berikut ini prosedur awal untuk membuat surat ijin usaha pertamini yang ternyata sangat gampang yaitu meminta surat keterangan ijin usaha pertamini dari pihak RT/RW. Lalu berlanjut ke pihak pemerintahan desa dan kecamatan. Berikutnya minta persetujuan kepada kantor kepolisian setempat. Setelah itu, sampaikan surat perijinan usaha pertamini kepada pihak SPBU. Nantinya pihak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum memberikan sebuah lembaran yang mesti anda lengkapi dan isi. Selepas anda mengisi formulir tersebut, langkah berikutnya menyerahkan kepada Dinas Perindustrian setempat. Dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, surat ijin usaha jualan bensin eceran akan diserahkan pada anda. Biayanya sebesar Rp 300 ribu.

Kiat Sukses Membuka Bisnis Pertamini Digital Legal
Salah satu hal yang diharapkan oleh pengusaha pertamini adalah jualannya laris manis dan diserbu oleh para pembeli atau pengguna kendaraaan bermotor. Berikut ini sejumlah tips dan cara agar usaha pertamini anda berjalan lancar, laku keras dan sukses untung besar perhari, antara lain:

▪ Lokasi Usaha Pertamini
Pastikan lokasi usaha pertamini sangat jauh dari SPBU. Hal ini masuk akal. Bayangkan saja. Apabila anda berada dalam sudut pandang seorang pengendara bermotor yang hendak mengisi bensin. Kemudian di depan anda terlihat sebuah usaha SPBU resmi dan pom mini pertamini maka gerai usaha apakah yang akan anda datangi? Tentu saja SPBU resmi karena harga bensin perliter lebih murah, popularitas yang lebih baik dan kualitas takaran lebih bagus. Oleh sebab itu, agar usaha pom pertamini laris manis dan menguntungkan, anda perlu membuka usaha pertamini sangat jauh dari lokasi SPBU yang resmi. Lokasi usaha pertamini yang bagus adalah berada di tempat yang banyak lalu lalang kendaraan bermotor. Misalnya perempatan jalan yang ramai dan pinggir jalan raya.

▪ Harga Bensin Perliter
Seringkali penulis menemukan sebuah pom pertamini yang membanderol harga bensin per liter dengan sangat tinggi berbeda dengan para pesaing. Hal ini justeru bukan menguntungkan usahanya tapi justeru merugikan sendiri. Sebab sekarang ini konsumen sudah cerdas. Ia akan membeli bensin per liter dari pertamini yang menjual dengan harga lebih murah. Apalagi di pedesaan yang sangat sensitif masalah harga. Harga mahal sedikit saja usaha jualan bensin pertamini tak akan laku.

Oleh sebab itu, pastikan usaha pertamini anda menjual harga bensin sesuai harga pasaran bahkan kalau bisa lebih rendah dari pesaing. Misalnya kompetitor mengambil keuntungan Rp 1000 per liter. Maka anda bisa mengambil untung sebesar Rp 500 per liter bensin. Hal ini untuk menimbulkan citra pom pertamini sobat lebih murah sehingga kuantitas pembelian bensin jauh lebih banyak dari pesaing.

▪ Pelayanan Terbaik
Hal terpenting yang sangat mendukung keberhasilan usaha pom pertamini adalah pelayanan yang diberikan. Pastikan pelayanan yang diberikan kepada konsumen sangat bagus. Seperti ramah, sopan, murah senyum, supel, bersahabat, suka menolong, dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan tempat penyimpanan bensin sangat jauh dari percikan api yang bisa membahayakan manusia. Dengan kiat tersebut akan mampu meningkatkan pendapatan dari bisnis pertamini.

▪ Target Pasar
Untuk target pasar bisnis pertamini adalah para pengguna kendaraan bermotor. Sehingga anda harus memastikan lokasi usaha banyak dilalui kendaraan bermotor. Pengguna kendaraan bermotor sekarang bukan hanya didominasi oleh kaum laki-laki dan perempuan tapi juga anak kecil dan anak sekolah atau pelajar sudah terbiasa menggunakan sepeda motor seperti yang sering kita saksikan di pelosok pedesaan-pedesaan.