16 Cara Bisnis Kolam Renang Muslimah Untung Jutaan buat Pemula

29 Desember 2018

Peluang usaha kolam renang memang tidak ada matinya. Namun, Anda pasti sering menjumpai perempuan yang hanya melihat di pinggiran. Adanya laki-laki membuatnya enggan terkesan mengumbar aurat. Hal tersebut tentu menyadarkan Anda bahwa bisnis kolam renang muslimah terlihat menjanjikan.

Kolam renang umum memang belum memberikan kenyamanan tersendiri terutama untuk kaum hawa. Beragamnya pengunjung yang datang membuatnya enggan untuk berenang demi menjaga auratnya. Kebanyakan lebih memilih duduk di pinggiran kolam atau sambil mengawasi anaknya.

16 Tips Membuka Bisnis Kolam Renang Muslimah bagi Pemula
Adanya fenomena di atas tentu membuat bisnis kolam renang muslimah layak Anda pertimbangkan. Dengan membuka usaha tersebut nantinya akan banyak sekali pengunjung terutama perempuan yang dapat berenang tanpa harus mengkhawatirkan auratnya terlihat sebab di situ hanya khusus wanita.

Dalam membuka bisnis tersebut, sebenarnya tidak jauh berbeda dari usaha kolam renang umum. Letak perbedaannya lebih mengarah ke bagian desainnya yang tentu dibuat dengan dinding tinggi agar wanita lebih nyaman selama berenang. Di bawah ini ialah tips membuka usaha tersebut.
kolam renang muslimah, bisnis kolam renang muslimah, usaha kolam renang muslimah, kolam renang muslimah, kolam renang, usaha kolam renang, berenang

1. Mendesain Khusus Bangunan Kolam
Seperti yang sudah di bicarakan di atas, bagian yang paling berbeda dari bisnis kolam renang muslimah ini tentu desainnya. Dalam pembuatannya tentu harus memperhatikan aspek kenyamanan dan keamanannya dengan baik. Dengan begitu, pengunjung akan puas dan nyaman berenang.

Dinding di setiap wilayah kolam renang harus menjulang tinggi agar mencegah hal yang tidak baik terjadi. Fasilitas yang disediakan pun diharapkan lengkap agar konsumen semakin nyaman.

2. Lakukan Promosi dengan Baik
Percuma apabila tempat yang disediakan nyaman dan fasilitasnya lengkap, namun tidak terlalu dikenal banyak orang. Maka dari itu lakukanlah promosi secara gencar agar usaha Anda tersebut diketahui banyak orang sehingga akan banyak pengunjung datang untuk berenang.

Anda juga dapat melakukan promosi ke majelis taklim dan pondok pesantren sebab konsumen yang diincar ialah kaum muslimah jadi mempromosikannya ke tempat tersebut menjadi keputusan yang tepat. Jangan lupa juga mengiklankannya melalui internet agar semakin banyak orang yang tahu.
bisnis kolam renang, bisnis kolam renang muslimah, usaha kolam renang muslimah, usaha kolam renang, bisnis kolam renang, kolam renang, berenang

3. Modal Mencukupi
Sebelum memulai suatu usaha, hal pertama yang harus disiapkan tentunya ialah segi modalnya. Modal membuka bisnis kolam renang muslimah tidaklah murah. Apalagi bila Anda harus membeli tanahnya terlebih dahulu, belum lagi mengenai aspek lain seperti bangunan serta fasilitas yang ada.

Maka dari itu, Anda harus jeli dalam mengatur modal yang dimiliki. Pastikan uang yang tersedia mencukupi sampai berdirinya bisnis Anda. Sebab bila tidak tentu menjadi kerugian tersendiri. Bila kurang, Anda dapat meminjam bank terlebih dahulu atau meminta donasi ke berbagai pihak lain.

4. Bekerja Sama dengan Pihak Tertentu
Anda juga dapat melakukan strategi khusus demi meningkatkan konsumen yang datang. Misalnya menjalin kerja sama dengan pihak majelis taklim ataupun pesantren. Biasanya tempat tersebut mempunyai agenda untuk berlibur sehingga Anda dapat memberi komisi ataupun diskon tertentu.

Beberapa sekolah berhaluan muslim seperti Muhammadiyah ataupun MTS juga patut di ajak bekerja sama karena biasanya dibutuhkan praktek-praktek tertentu untuk berenang. Dengan begitu Anda memberikan potongan khusus bagi siswi pelajar tersebut berenang.
usaha kolam renang muslimah, bisnis kolam renang, bisnis kolam renang muslimah, usaha kolam renang, kolam renang, kolam renang mewah

5. Menentukan Target Konsumen
Sesuai dengan tema usahanya, bisnis kolam renang muslimah tentu perempuanlah target konsumen Anda. Namun, bukan berarti nantinya tidak ada anak kecil di dalamnya. Maka dari itu konsep kolam renang Anda harus jelas dan tidak hanya sekedar tempat renang saja.

Pastikan kolam yang tersedia mempunyai ketinggian yang variatif. Dalam artian, di situ ada berbagai pilihan sesuai dengan ketinggian air. Dengan begitu, semua pelanggan dalam beragam usia dengan tinggi badan serta kemampuan renang yang berbeda dapat menikmatinya.

6. Pelayanan Berkualitas
Salah satu faktor yang membuat puas atau tidaknya konsumen ialah mengenai pelayanan dari pihak di dalamnya. Apabila Anda memberikan jaminan pelayanan yang baik, sopan, murah senyum tentu akan membuat pelanggan semakin nyaman berada di tempat tersebut.

Mengingat namanya bisnis kolam renang muslimah maka bila perlu Anda mempekerjakan semua pelayan perempuan. Hal tersebut bukan berarti diskriminasi tetapi lebih mengarah membuat nyaman konsumen. Namun tetap mencari yang profesional dan kompeten.

7. Tiket dengan Harga Terjangkau
Penentuan harga tiket sedikit banyaknya sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumen. Apabila tiket masuk yang ditawarkan mahal tentunya banyak pengunjung akan merasa enggan untuk datang. Bila perlu lakukan survei terlebih dahulu agar lebih mudah menyesuaikan biaya tiket masuk.

Tidak salah juga apabila ingin memberikan diskon di hari tertentu agar semakin menarik banyak perhatian konsumen. Misalnya potongan harga tiket masuk saat hari ulang tahun bisnis Anda ataupun sesuatu yang lain.

8. Memiliki Surat Izin Legal
Pada awal pembukaan bisnis,lebih baik mengurus berbagai urusan mengenai perizinan usaha Anda. Hal tersebut sangat penting agar bisnis yang dijalankan legal dan tidak melanggar peraturan-peraturan yang ada. Dengan begitu berbagai hal buruk dapat dinetralisir.

Umumnya lembaga yang harus Anda dapatkan izinnya yakni kepolisian, perindustrian serta dinas perdagangan. Apabila sudah mengurusnya tentu usaha yang dijalankan legal dan dilindungi oleh hukum yang berlaku.

9. Menjaga Kebersihan Kolam Renang dan Sekitarnya
Anda tentu tidak ingin bisnis kolam renang muslimah yang dijalankan dianggap jorok dan tidak layak. Hal tersebut tentu akan menurunkan pamor bisnis sehingga banyak pengunjung yang enggan berenang lagi di tempat yang bersangkutan.

Maka dari itu, sangat penting dilakukan pembersihan kolam secara berkala. Anda dapat menempatkan petugas kebersihan khusus agar tepat Anda lebih bersih dan nyaman dipakai untuk berenang. Dengan begitu, kesehatan pelanggan pun akan tetap terjaga dengan baik.

10. Sediakan Fasilitas Peminjaman Alat Renang
Sebuah kolam renang tentu akan terlihat membosankan apabila hanya untuk berenang begitu saja. Perlu penambahan fasilitas sehingga konsumen lebih variatif dalam berenang. Berbagai keperluan renang dapat dipinjamkan seperti pelampung, kaca mata renang, dan ban.

Pastikan hanya menyediakan peminjaman yang sekali pakai.  Harga sewanya juga jangan terlalu mahal sehingga nantinya banyak yang akan meminjamnya.

11. Pantang Menyerah
Dalam menjalankan bisnis kolam renang muslimah tentu tidak akan langsung booming. Pasang naik dan surut merupakan hal yang wajar. Oleh karena itu, tetaplah semangat serta beri sentuhan-sentuhan inovasi berbeda agar pengunjung tidak bosan  berenang di kolam renang Anda.

12. Menyediakan Fasilitas Penjualan Alat Renang
Selain menyediakan fasilitas penyewaan alat renang, menjual beberapa peralatan renang juga dapat menjadi keputusan yang tepat. Sebab beberapa peralatan tidak dapat disewakan seperti baju renang, plastik telepon genggam, dan lain-lain.

Menjual peralatan tersebut juga dapat menambah penghasilan bisnis Anda. Dengan begitu pendapatan semakin bertambah dan tentunya untung besar.

13. Tersedia Kantin atau Tempat Makan
Kebanyakan dari konsumen yang datang tidak membawa bekal khusus saat ingin berenang. Padahal sehabis renang tentu saat yang tepat untuk makan sesuatu. Nah, kesempatan itu dapat Anda manfaatkan dengan cara menyediakan fasilitas tempat menjual minuman dan makanan.

Bila tidak memungkinkan Anda sebagai owner juga menjual makanan. Paling tidak sediakan bangunan khusus yang menyediakan makanan dan minuman. Sehingga Anda dapat menyewakan ke beberapa orang yang tertarik. Hal tersebut tentu membuat penghasilan semakin berlipat ganda.

14. Fasilitas Ruang Ganti yang Memadai
Ruang ganti merupakan tempat yang penting. Sebagai tempat yang sangat privasi tersebut maka sebaiknya Anda menyediakan tempat dengan bangunan aman serta jumlahnya tidak terlalu sedikit. Dengan demikian pengunjung tidak terlalu lama dalam mengantre.

15. Tersedia Tempat Bilas yang Nyaman
Sebuah bisnis kolam renang muslimah tentu belum lengkap bila tidak ada tempat bilasnya. Tentu tidak baik jika sehabis renang tidak membilasnya dengan air yang lebih segar. Maka dari itu, sediakan beberapa kamar bilas yang nyaman dan aman.

16. Pilih Lokasi yang Strategis
Penentuan lokasi pembangunan kolam tersebut sangat berpengaruh nantinya. Apabila akses jalan menuju lokasi mudah dan strategis maka akan banyak konsumen yang berdatangan. Lokasi yang tepat juga memudahkan dalam hal transportasi dan meningkatkan minat pengunjung.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Kolam Renang Muslimah
Kebanyakan kolam masih menerapkan konsep umum. Sehingga bisnis kolam renang muslimah sangatlah menjanjikan. Apalagi jumlahnya belum banyak. Tentu membuat tingkat persaingan rendah banyak serta peluang dikunjungi konsumen semakin meningkat. Keuntungan yang ditawarkan antara lain

1. Bisnis kolam renang sangat mudah dijalankan. Bagian tersulit hanya saat awal pembangunan yang mana membutuhkan desain khusus yang terbaik. Setelah itu, Anda hanya butuh untuk menjalankannya dengan baik dan benar.

2. Bisnis yang tidak merugikan. Bisnis kolam renang muslimah ini bisa menjadi investasi yang sangat bagus. Hal terpenting ialah apa yang Anda tawarkan di dalamnya. Apabila lengkap dan menarik maka konsumen akan betah dan sering berdatangan.

3. Usaha yang Menjanjikan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bisnis kolam renang muslim jumlahnya belum banyak. Dengan begitu tempat Anda akan selalu menarik perhatian banyak konsumen. Apalagi fasilitas lengkap dan memadai.

4. Membuka Lapangan Kerja. Membuka bisnis kolam renang bukan hanya menguntungkan diri sendiri. Tetapi juga bermanfaat mengurangi pengangguran. Sebab Anda akan perlu mempekerjakan banyak orang di setiap bagian yang dibutuhkan.

Itulah beberapa tips bisnis kolam renang muslimah dan keuntungan menjalankan usaha tersebut. Intinya peluang usaha tersebut masih sangat menarik sebab belum banyak yang menjalankannya. Tentu Anda layak mempertimbangkannya. Apabila dijalankan dengan tekun dan pantang menyerah, bukan tidak mungkin usaha tersebut sangat menjanjikan dan mempunyai prospek yang cerah.