Rincian Biaya Modal Usaha Cukur Rambut dari Awal hingga Buka

08 April 2018

Rambut merupakan bagian dari tubuh manusia yang memegang peranan sangat penting. Dengan adanya rambut, seorang pria tampak menjadi tampan. Begitupula bagi seorang wanita, rambut menjadi mahkota berharga yang membuatnya tampil cantik dan menarik. Seiring berjalan waktu, rambut bertambah panjang setiap harinya. Untuk merapikan rambut dan memangkasnya maka seseorang pergi ke gerai pangkas rambut atau barbershop. Inilah yang membuat peluang bisnis usaha cukur rambut menjadi sangat menjanjikan.

Rincian Biaya Modal Usaha Cukur Rambut dari Awal hingga Buka
Untuk anda sebagai pemula yang tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha cukur rambut, berikut ini rincian biaya modal usaha cukur rambut dari awal hingga buka, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Untuk biaya investasi usaha cukur rambut mencakup:

1. Pembelian peralatan cukur rambut yaitu pemjepit kain atau handuk, meja rias, kaca cermin besar belakang, cermin kaca besar depan, handuk, kain pelindung, sabun, sisir, pisau cukur, gunting sasak, gunting potong, mesin cukur, alat potong, kursi tunggu dan lain sebagainya. Harga peralatan cukur rambut lengkap sekitar Rp 2 juta.
bisnis cukur rambut, usaha cukur rambut, cukur rambut, bisnis pangkas rambut, usaha barbershop, barbershop, pangkas rambut, usaha pangkas rambut

Anda bisa mendapatkan berbagai peralatan dan perlengkapan cukur rambut yang lengkap di toko online dan marketplace terpercaya. Seperti lazada, tokopedia, bukalapak, olx, shopee dengan harga terjangkau. Harga peralatan cukur rambut di atas berbeda-beda di setiap daerah dan wilayah di Indonesia. Namun jika anda ingin membeli peralatan cukur rambut dengan harga sangat murah maka anda bisa membeli peralatan tersebut yang bekas tapi dalam kondisi bagus.

2. Pembelian kursi barbershop dua unit Rp 2 juta
3. Belanja Air Conditioning atau AC dan pemasangannya Rp 3 juta

Total biaya investasi Rp 7 juta.

▪ Biaya operasional:
1. Sewa lokasi usaha Rp 500 ribu perbulan.
2. Biaya listrik, air dan keamanan Rp 500 ribu

Total biaya operasional Rp 1 juta perbulan.

Prospek Usaha Cukur Rambut
Di daerah penulis terdapat empat gerai usaha cukur rambut dengan berbagai konsep usaha barbershop. Kesemuanya laris manis karena mempunyai pelanggan tersendiri. Hal ini menunjukkan bahwa usaha cukur rambut sangat prospektif dan menjanjikan walaupun tingkat persaingan cukup tinggi baik di kota maupun pedesaan terpencil.

Tips Membuka Usaha Pangkas Rambut Sukses
Jika sobat berminat untuk memulai usaha cukur rambut atau barbershop maka berikut ini penulis sampaikan tips dan kiat sukses membuka bisnis pangkas rambut yang ramai pelanggan, antara lain:

1. Melihat kompetitor
Anda harus melihat pesaing atau kompetitor di sekitar anda. Karena itu merupakan ancaman serius sekaligus peluang. Berapa banyak gerai usaha cukur rambut di daerah anda. Jika ada satu gerai usaha cukur rambut dan banyak calon konsumen harus mengantri berarti pangsa pasar bisnis pangkas rambut di daerah anda cukup besar. Dan belum terlayani dengan baik. Sobat bisa membuka usaha cukur rambut di daerah anda dengan potensi pendapatan cukup besar.

Sobat juga harus jeli melihat peluang usaha potong rambut yang ada. Jika di daerah anda belum ada pesaing usaha cukur rambut maka itu peluang bisnis yang bagus untuk sobat lakoni saat ini juga. Sebaliknya jika di daerah anda sudah terlalu banyak gerai pangkas rambut maka anda bisa mencari daerah yang belum ada pesaing. Mudah bukan dalam tahap awal perencanaan dan persiapan membuka usaha cukur rambut?

2. Tempat strategis
Salah satu hal yang menentukan kesuksesan usaha cukur rambut adalah lokasi strategis. Pastikan lokasi usaha cukur rambut berada di tempat yang sangat strategis yakni berada di pusat keramaian orang, dekat sekolah, dekat pusat perkantoran, dekat minimarket, sekitar pasar tradisional dan modern, pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor, sekitar perumahan yang padat penduduk dan lain-lain.

Dengan membuka usaha cukur rambut di tempat strategis maka usaha cukur rambut anda mudah dikenali oleh banyak orang dan akan mudah mendapatkan lebih banyak konsumen. Sehingga BEP atau balik modal bisa ditempuh dalam waktu secepatnya. Hal inilah yang menjadi idaman dari para pengusaha cukur rambut di Indonesia.

3. Ruangan yang nyaman
Cara menarik perhatian pelanggan pangkas rambut maka anda harus menciptakan ruangan usaha cukur rambut yang nyaman. Adapun untuk membuat nyaman ruangan usaha cukur rambut maka anda harus merenovasi dan merancang ulang ruangan. Pastikan tersedia fasilitas kipas angin dan Air Conditioning (AC) serta parfum ruangan yang wangi. Ditambah dengan tempelan poster gaya rambut.

4. Pelayanan cepat dan ramah
Usaha cukur rambut merupakan salah satu jenis usaha dalam bidang jasa. Sehingga jika anda membuka usaha cukur rambut maka harus memperhatikan kualitas pelayanan. Pastikan hasil cukur rambut rapi dan sempurna sesuai keinginan konsumen. Selain itu, pastikan pelayanan berlangsung cepat dan ramah sehingga konsumen tidak menunggu terlalu lama untuk dipangkas rambut.

5. Menentukan tarif jasa cukur rambut
Penentuan masalah harga jasa cukur rambut sangatlah penting. Anda tidak bisa seenaknya menentukan tarif potong rambut. Karena harus disesuaikan dengan harga pasaran dan target pasar yang dibidik. Umumnya harga jasa cukur rambur orang dewasa Rp 15 ribu. Sedangkan tarif jasa pangkas rambut anak-anak Rp 10 ribu. Pastikan anda mematok harga jasa cukur rambut lebih murah dari pesaing di sekitar.

6. Merekrut karyawan tukang cukur rambut yang terampil
Jika anda tidak mempunyai keterampilan dalam memangkas rambut maka anda tetap dapat memulai usaha cukur rambut. Dengan cara mempekerjakan tukang cukur rambut yang terampil dan berpengalaman. Tugas anda hanya menyediakan peralatan cukur rambut dan lokasi usaha. Tawarkanlah kerjasama bagi hasil atau gaji bulanan yang sangat menarik apabila gerai usaha cukur rambut anda laris pelanggan.

7. Membuka cabang
Cara mengembangkan usaha pangkas rambut yaitu dengan membuka cabang. Apabila usaha pangkas rambut anda berhasil di satu tempat maka anda bisa membuka usaha cukur rambut di tempat lain sebagai cabang. Hal ini mampu memperluas pangsa pasar sekaligus meningkatkan pendapatan.

8. Sabar, ulet, kerja keras dan pantang menyerah
Kunci sukses usaha cukur rambut adalah sabar, bersikap ulet dan pantang menyerah. Apalagi anda berada dalam tahap awal dimana belum dikenal banyak orang. Proses promosi perlu dilakukan untuk mengenalkan bisnis cukur rambut sobat kepada khalayak umum dengan berbagai kelebihan yang diberikan. Salah satu caranya dengan memasang spanduk. Adapun contoh spanduk pangkas rambut bisa anda dapatkan dengan melihat contoh yang telah ada di gerai cukur rambut terdekat atau mencarinya di mesin pencarian google.

Usaha Cukur Rambut Tanpa Modal
Ada dua cara untuk membuka usaha potong rambut yaitu tanpa modal dan modal kecil.Siapa sih yang tidak mau memulai usaha cukur rambut tanpa modal? Setiap orang pasti menginginkannya. Ternyata untuk memulai usaha cukur rambut bisa tanpa modal. Caranya dengan memanfaatkan halaman rumah, teras rumah atau ruangan rumah yang terletak di lokasi strategis. Seperti pinggir jalan raya yang ramai, berada di dekat permukiman padat penduduk dan lain sebagainya. Namun jika anda tidak mempunyai lokasi usaha yang strategis maka anda dapat menyewa lokasi usaha yang strategis secara bulanan.

Keuntungan Usaha Cukur Rambut
Adapun keuntungan usaha cukur rambut sangat banyak. Usaha cukur rambut merupakan jenis bisnis yang tak mengenal musim. Usaha jasa ini selalu laris manis kapanpun dan dimanapun setiap hari. Selain itu, bisnis cukur rambut termasuk jenis usaha jasa yang mampu menghasilkan omset bersih harian yang cukup besar.

Untuk memulai usaha cukur rambut tidak diperlukan modal besar. Dengan modal kecil hingga tanpa modal seseorang bisa membuka usaha cukur rambut. Modal usaha utama yang dibutuhkan hanyalah alat cukur rambut berupa gunting dan sisir serta lokasi usaha.

Diumpamakan dalam satu hari, sobat bisa mendapatkan 10 orang konsumen atau pelanggan dengan tarif harga jasa cukur rambut Rp 10 ribu per kepala maka omset bersih harian minimal sebesar Rp 100 ribu. Dikalikan 30 hari maka keuntungan bersih sebesar Rp 3 juta perbulan. Jika anda mampu merekrut tukang pangkas rambut baru maka omset usaha cukur rambut pun lebih besar dari itu. Apalagi di waktu hari minggu dan libur banyak sekali konsumen yang hendak mencukur rambut.

Kendala dan Resiko Usaha Cukur Rambut
Dalam setiap usaha pastinya anda akan mengalami berbagai kendala, rintangan dan hambatan. Namun semua itu jangan membuat anda menyerah. Fokuslah pada solusi atau jalan keluar. Begitupula dalam usaha cukur rambut. Berikut ini kendala dan resiko usaha cukur rambut, antara lain:

1. Sepi pelanggan
Situasi ini biasanya dialami pada awal merintis usaha cukur rambut. Untuk menarik banyak pelanggan diperlukan berbagai strategi. Seperti pelayanan yang ramah, murah senyum, tarif jasa pangkas rambut yang lebih murah dari kompetitor, menyediakan fasilitas yang membuat nyaman pelanggan, sistem promosi yang gencar dan strategi lainnya. Mulailah untuk mempromosikan usaha cukur rambut yang anda kelola kepada anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, teman, kenalan dan kalangan lainnya.

2. Persaingan ketat
Bisnis pangkas rambut tak terlepas dari persaingan yang sangat ketat. Disebabkan untuk membuka usaha cukur rambut tidak dibutuhkan modal besar. Siapapun yang terampil dan ahli dalam memangkas rambut bisa membuka usaha cukur rambut secara kaki lima maupun gerai permanen. Sehingga sangat mungkin di daerah anda akan berdiri gerai usaha pangkas rambut baru. Oleh karenanya anda harus bersaing secara sehat dengan menampilkan kelebihan dan keunggulan dari usaha cukur rambut anda.