Rincian Modal Usaha Barbershop saat Pertamakali Buka

21 Oktober 2016

Sekarang ini jumlah angkatan kerja baru di Indonesia terus bertambah. Sedangkan jumlah posisi lowongan kerja sangat terbatas. Hal ini menimbulkan banyak pengangguran di tanah air setiap tahun. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berupaya mengurangi jumlah pengangguran. Salah satunya dengan menciptakan lapangan kerja baru dan menciptakan sejuta pengusaha.

Peran pengusaha bagi suatu negara sangat penting. Karena mereka adalah pahlawan yang mampu memberikan ‘makan’ lapangan kerja baru bagi sesama manusia sekaligus menumbuhkan tingkat ekonomi bangsanya. Di saat lapangan kerja yang semakin sempit membuat jalur berwirausaha adalah langkah tepat bagi seseorang yang ingin mendapatkan uang. Ada banyak jenis usaha yang bisa dijalani baik dalam bidang kesehatan, kuliner, pendidikan, jasa, dll.

Salah satu jenis usaha yang sangat prospek dan menjanjikan adalah membuka usaha barbershop atau usaha pangkas rambut. Jenis bisnis ini tidak memerlukan modal besar. Dengan modal kecil pun bisa jalan dengan membuka usaha potong rambut secara rumahan maupun keliling menggunakan sepeda motor. Walaupun dengan modal minim, keuntungan yang didapatkan bisa maksimal. Atas kenyataan itulah, kini sangat mudah dijumpai gerai usaha potong rambut di sepanjang jalan raya.
rincian modal usaha barbershop, bisnis barbershop, barbershop, usaha pangkas rambut, bisnis pangkas rambut

Rekan penulis sendiri bernama Pak Ujang bekerja sebagai tukang potong rambut profesional. Ia menjalankan usaha pangkas rambut secara rumahan dengan harga Rp 7.000 per potong rambut atau lebih murah ketimbang pesaing. Adapun modal usaha yang dibutuhkan hanyalah gunting dan peralatan cukur. Selain itu, gratis karena lokasi usaha milik sendiri. Jadi keuntungan yang ia dapatkan sebesar Rp 7.000 seratus persen milik sendiri tanpa dipotong biaya apapun.

Untuk menjalankan usaha barbershop tidak boleh sembarangan. Usaha pangkas rambut pria maupun wanita memerlukan keterampilan dalam memangkas rambut secara benar dan rapi. Sehingga mampu melayani konsumen dengan baik. Selain itu, keterampilan memotong rambut harus terus diasah dan ditambah terus menyesuaikan dengan model rambut terkini. Karena biasanya para remaja atau anak muda meminta dipotong rambut dengan gaya terkini. Misalnya gaya rambut mohek, harajuku, gaya rambut Newmar, dll.

Rincian Modal Usaha Barbershop saat Pertamakali Buka
Untuk membuka usaha pangkas rambut atau barbershop dengan modal kecil namun menguntungkan sangat mudah. Anda bisa membeli perlengkapan usaha potong rambut misalnya kursi barbershop yang bekas tapi masih berkualitas baik. Barang ini bisa didapatkan di pasar bekas. Namun jika modal usaha yang anda persiapkan lumayan besar maka lebih baik membeli peralatan dan perlengkapan usaha pangkas rambut yang baru dan modern.

Adapun perincian modal usaha untuk membuka usaha barbershop hingga buka, antara lain :

Lokasi Usaha
Pilihlah lokasi usaha yang strategis yang berada di pusat keramaian orang. Seperti dekat minimarket, dekat pasar, dekat pusat perkantoran, dekat pusat pendidikan, di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas orang dll. Lokasi usaha bisa milik sendiri maupun menyewa kepada orang lain. Jika lokasi usaha pangkas rambut milik sendiri maka anda bisa menghemat pengeluaran uang sebagai modal usaha bisnis pangkas rambut. Adapun apabila anda menyewa lokasi usaha pangkas rambut yang strategis biayanya sekitar Rp 5 juta per tahun.

Salah satu kelebihan usaha pangkas rambut adalah bisa dijalankan secara rumahan dan panggilan. Jika letak rumah sobat berada di pinggir jalan yang ramai dan strategis maka bisa menjalankan usaha barbershop di halaman rumah atau di ruangan kosong dekat rumah. Ada banyak contoh orang yang sukses menjalankan usaha pangkas rambut secara rumahan hingga mempunyai beberapa cabang.

Kursi Pangkas Rambut
Peralatan yang dibutuhkan dalam memulai usaha potong rambut baik pria maupun wanita adalah kursi barbershop. Jika anda mempunyai modal uang yang besar maka bisa membeli kursi barbershop yang baru dan berkualitas baik dengan harga Rp 650 ribu / buah. Namun jika keuangan anda terbatas maka untuk menghemat pengeluaran modal usaha bisa membeli kursi pangkas rambut yang bekas tapi masih bisa digunakan dengan baik.

Selain itu, sediakan juga beberapa kursi plastik bagi para pelanggan yang sedang menunggu giliran potong rambut.

Cermin
Perlengkapan berikutnya yang diperlukan dalam menjalankan bisnis barbershop adalah cermin. Pertama, cermin besar yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Ukurannya sekitar 1 meter x 2 meter seharga sekitar Rp 350 ribu. Kedua, cermin yang berada di belakang berukuran sekitar 1 meter x 0,5 meter dengan harga kira-kira Rp 250 ribu. Fungsi cermin ini untuk melihat hasil cukur rambut bagian kepala depan dan belakang.

Kipas Angin Gantung
Peralatan ini seharga Rp 75 ribu untuk membuat sejuk ruangan.

Meja Beserta Laci
Modal usaha berikutnya dalam membuka usaha pangkas rambut hingga siap buka adalah meja besar dan laci untuk menyimpan alat-alat pangkas rambut dan uang. Anda bisa membelinya langsung di pasaran, di toko-toko meubeul dan furniture. Dan anda juga bisa mendesain dan membuat sendiri sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Mesin Cukur
Inilah peralatan utama usaha pangkas rambut. Mesin cukur dilengkapi dengan sepatu sisir dengan berbagai ukuran, kuas pembersih beserta olinya. 

Gunting
Sediakan pula berbagai jenis gunting seperti gunting potong, gunting sasak dan gunting kumis dengan berbagai ukuran.

Sisir dan Kuas Muka
Peralatan yang harus disiapkan berikutnya adalah sisir pangkas rambut dengan berbagai macam ukuran beserta kuas muka.

Pisau Lipat Isi Ulang dan Silet
Alat ini berfungsi untuk merapikan sisi-sisi rambut hasil pangkas.

Peralatan Pendukung
Jepitan plastik, handuk kecil, alat semprot rambut, kain penutup badan konsumen supaya tidak kotor, sabun beserta wadah dan kuasnya, bedak wangi beserta kuas dan wadahnya. Dan terakhir adalah dipasang poster model gaya rambut terkini untuk kalangan remaja, anak-anak hingga orang dewasa. Biaya modal usaha untuk membeli peralatan pendukung sekitar Rp 500 ribu.

Ingat : harga diatas berbeda-beda sesuai harga di pasaran setempat tergantung tempat dan wilayah.

Perhitungan Keuntungan Bisnis Barbershop
Setelah penulis analisis, biaya modal usaha membuka jasa barbershop sebesar Rp 7 juta. Modal sebesar itu akan balik modal dalam waktu cepat didukung oleh lokasi usaha pangkas rambut yang strategis. Misalnya, berada di pinggir jalan besar yang mudah dikenali orang, dekat komplek perumahan, dekat minimarket atau berdekatan dengan pasar dan pusat keramaian orang dll yang sangat mudah dijangkau orang dari berbagai sudut arah.

Setelah anda mempersiapkan modal usaha pangkas rambut, sekarang adalah menentukan harga jasa potong rambut per kepala. Saran penulis adalah berikan harga jasa cukur rambut sesuai harga pasaran dan lebih murah sedikit dari harga pasaran. Misalkan jika di wilayah sobat harga jasa cukur rambut untuk dewasa sekitar Rp 10.000 maka usaha pangkas rambut sobat bisa mematok dengan harga Rp 9.000 untuk orang dewasa. Jika harga jasa pangkas rambut anak-anak sekitar Rp 8.000 maka usaha barbershop sobat bisa membanderol harga Rp 7.000 per kepala anak-anak.

Masalah harga merupakan aspek penting untuk menarik minat para konsumen dan berubah menjadi pelanggan. Tak jarang para konsumen memilih usaha pangkas rambut yang membanderol harga jasa potong rambut dengan harga murah. Apalagi bagi kalangan menengah ke bawah yang memiliki uang sangat terbatas.

Untuk jam buka usaha barbershop bisa dimulai dari pukul 7 pagi sampai 18.00 WIB. Jika diasumsikan dalam sehari minimal ada 20 orang konsumen yang pangkas rambut maka dalam sehari keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 180.000 (20 x Rp 9.000 ).  Dalam sebulan penghasilan usaha pangkas rambut sebesar Rp 5,4 juta (30 x Rp 180.000). Wow lumayan bukan?

Usaha barbershop mengalami peningkatan keuntungan omzet biasanya pada saat menjelang hari raya lebaran atau pada waktu liburan anak sekolah dan pada waktu anak sekolah. Pada saat ini keuntungan usaha pangkas rambut bisa mencapai satu juta rupiah perhari. Sehingga BEP bisa cepat dalam waktu singkat.  

Apabila usaha barbershop sobat telah ramai dan laris manis oleh pengunjung, langkah berikutnya adalah melakukan ekspansi pasar atau perluasan usaha dengan membuka usaha pangkas rambut di daerah lain yang cukup potensial. Sehingga keuntungan usaha potong rambut bisa berlipat-lipat kali.

Cara Usaha Pangkas Rambut Sukses Modal Kecil
Berikut ini sejumlah tips dalam menjalankan usaha barbershop saat pertama kali buka, antara lain :

Memberikan Pelayanan yang Terbaik
Salah satu hal yang perlu difokuskan dalam menjalani usaha barbershop adalah meningkatkan keuntungan dan mempunyai sebanyak mungkin pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Seperti hasil cukur rambut yang sangat rapi, bersih, dan nyaman serta harga yang lebih murah. Jika konsumen puas dengan pelayanan yang anda berikan maka mereka dengan otomatis akan mempromosikan usaha sobat kepada rekan kerja, sahabat, tetangga, dan sanak kerabat mereka.

Contoh lain bentuk pelayanan yang memuaskan konsumen adalah dengan memberikan kain penutup badan yang bersih dan halus, mengganti silet yang tumpul dengan yang baru, murah senyum terhadap konsumen dan calon konsumen, mudah akrab dan senantiasa bersikap sopan santun.

Promosi
Pada saat usaha pangkas rambut buka pertama kali maka aspek promosi penting untuk dilakukan dalam rangka memperkenalkan usaha barbershop sobat. Salah satunya dengan cara promosi melalui media sosial facebook, twitter, dll kepada orang-orang di wilayah sobat. Kemudian sobat bisa memasang spanduk dan poster di sekitar wilayah tersebut. 

Mengikuti Trend Gaya Rambut Terkini
Masa remaja merupakan fase untuk mencari jati diri. Seringkali pada fase ini seorang remaja mengidolakan seseorang dan mengikuti apa yang dilakukan sang idolanya termasuk gaya rambut. Seperti pemain sepakbola Neymar yang bergaya rambut mohek, para kawula muda di tanah air ikut-ikutan bergaya rambut mohek. Oleh sebab itu, agar usaha pangkas rambut sobat laris manis perlu membekali kemampuan pangkas rambut dengan gaya rambut dan model rambut yang sedang populer sekarang ini. Misalnya mohek atau speck.