Rincian Biaya Modal Usaha Salon Kecantikan dan Keuntungannya

11 Oktober 2017

Seiring meningkatnya daya beli masyarakat Indonesia dan tumbuhnya orang orang kaya baru di Indonesia membuat sebagian besar orang bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan pokok tapi juga kebutuhan sekunder dan tersier. Selain itu, dengan situasi yang positif tersebut iklim dunia wirausaha semakin baik. Salah satunya usaha salon kecantikan. Saat ini anda bisa dengan mudah menemukan gerai usaha salon kecantikan secara rumahan maupun waralaba. Dan usaha salon kecantikan tersebut laris manis. Hal itu pula disebabkan sudah meningkatnya kesadaran setiap orang khususnya wanita untuk senantiasa memelihara dan merawat seluruh bagian tubuhnya. Seolah-olah pergi ke salon kecantikan untuk merawat dan mempercantik tubuh sudah menjadi gaya hidup modern sehari-hari.

Prospek Usaha Salon Kecantikan Rumahan
Kebutuhan perawatan tubuh merupakan salah satu keperluan utama manusia sehari-hari terutama wanita yang dikenal makhluk yang selalu ingin tampil cantik dan menarik. Hal ini membuat usaha salon kecantikan di perkotaan dan desa secara rumahan sangat menjanjikan. Pangsa pasar dari bisnis salon kecantikan sangat luas dari kalangan wanita, pria, anak anak. balita, usia dewasa, remaja hingga lansia. Namun pangsa pasar utama adalah kaum wanita yang mau selalu tampil cantik dan menarik dalam berbagai kesempatan khususnya pada acara pesta ulangtahun, pesta pernikahan, wisuda, reuni, arisan,, kenaikan kelas, rapat dan lain sebagainya.

Atas realitas tersebut, bisnis salon kecantikan mempunyai prospek yang sangat cerah di Indonesia. Bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha salon kecantikan di desa maupun di kota, maka harus menyiapkan terlebih dahulu modal usaha yang utama yakni mempunyai keterampilan dalam merawat tubuh dan mempercantiknya. Keterampilan tersebut bisa diperoleh melalui internet, buku, majalah, kursus kecantikan dan cara lainnya. Untuk menghemat biaya modal usaha, anda bisa membuka salon kecantikan di dalam rumah.
salon kecantikan, usaha salon kecantikan, modal salon, bisnis salon, bisnis salon kecantikan, salon

Rincian Biaya Modal Usaha Salon Kecantikan dan Keuntungannya
Keuntungan yang sangat menggiurkan dari usaha salon kecantikan membuat anda berminat membuka bisnis jasa ini. Kemudian bertanya-tanya berapakah modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha salon kecantikan dari awal sampai berdiri. Oleh sebab itu, untuk memberikan jawabannya secara lengkap, berikut ini rincian biaya modal usaha salon kecantikan dan keuntungannya, antara lain:

1. Lokasi usaha
Karena lokasi usaha salon kecantikan di rumah dengan memanfaatkan ruangan depan yang kosong maka modal sewa lokasi usaha nol persen alias gratis. Namun pastikan lokasi usaha salon kecantikan rumahan anda berada di tempat strategis. Seperti pinggir jalan yang ramai, berada di dekat permukiman warga, sekitar pusat keramaian dan tempat strategis lainnya.

2. Belanja peralatan usaha salon kecantikan yang meliputi mesin pemanas rambut, kursi salon kecantikan, cermin besar, tempat cuci rambut, mesin pengering rambut, sisir, tempat tidur untuk cuci rambut, troley peralatan, handuk, gunting, peralatan menicure dan pedicure dan peralatan lainnya. Perkiraan biaya Rp 20 juta

3. Perijinan usaha salon kecantikan Rp 7 juta

4. Gaji karyawan dua orang Rp 3 juta perbulan

5. Biaya air dan listrik bulanan Rp 1 juta

6. Biaya promosi Rp 1 juta

7. Biaya tak terduga Rp 500 ribu

Maka total biaya yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha salon kecantikan dari awal sampai buka sekitar Rp 31 juta. Apabila dalam satu hari ada 10 konsumen dengan biaya jasa Rp 40 ribu per orang maka omset yang diperoleh sebesar Rp 400 ribu perhari. Dikalikan sebulan maka omset kotor sekitar Rp 12 juta perbulan. Bagaimana menjanjikan bukan usaha salon kecantikan yang dijalankan secara serius dan profesional!

Tips Sukses Usaha Salon Kecantikan
Namun untuk membuka usaha salon kecantikan perlu mengetahui panduan cara sukses bisnis jasa ini. Anda bisa mengetahuinya dari pengusaha salon kecantikan yang telah berpengalaman, buku, majalah, media online dan pengalaman. Berikut ini kiat sukses usaha salon kecantikan salon hair beauty maupun  salon muslimah skala besar maupun kecil, antara lain:

▪ Layanan Lengkap
Penulis seringkali mendapatkan sebuah gerai usaha salon kecantikan yang hanya melayani jasa potong rambut. Hal ini akan membuat konsumen mencari salon kecantikan yang memberikan pelayanan lebih lengkap. Oleh sebab itu, jika anda membuka salon kecantikan pastikan melayani berbagai perawatan tubuh seperti potong rambut, pedicure, facial, manicure, perawatan kulit badan, perawatan rambut, make up, masker, perawatan kuku, dan kulit wajah serta pelayanan tubuh lainnya.

▪ Pelayanan Bagus
Usaha salon kecantikan termasuk bisnis yang bergerak dalam bidang jasa atau pelayanan. Sehingga pelayanan yang diberikan harus optimal dan memberikan kepuasan bagi para konsumen. Sehingga mereka bisa menjadi pelanggan setia. Berikut ini, contoh pelayanan yang bagus bagi usaha salon kecantikan, antara lain:

1. Pelayan bersikap ramah, murah senyum, suka menolong dan bersahabat

2. Pelayanan diberikan secara cepat dan benar benar bersih sesuai yang.diinginkan konsumen. Selain itu harga yang diberikan lebih murah dari kompetitor.

3. Tempat salon kecantikan dalam keadaan bersih baik dari dalam dan luar salon. Sediakan pula AC, buku dan majalah khusus kecantikan dan kipas angin untuk memanjakan konsumen.

4. Melengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman dengan fasilitas televisi

5. Kombinasi usaha dengan usaha spa. Modal usaha salon dan spa tidaklah besar. Selain itu, anda bisa juga menambahnya dengan bisnis minuman dan makanan ringan serta usaha jasa penyewaan pakaian pesta di dekat usaha salon kecantikan

6. Perawatan tubuh menyesuaikan dengan trend mode terkini. Misalnya mencukur rambut sesuai model rambut yang sedang trend atau populer

▪ Promosi Gencar
Untuk mendatangkan banyak pelanggan usaha salon kecantikan diperlukan upaya promosi yang gencar. Seperti beriklan di medsos, menyebarkan brosur, promosi di marketplace, memasang spanduk dengan keterangan diskon, promosi dari mulut ke mulut dan lain sebagainya. 

▪ Lokasi Strategis
Lokasi yang strategis bagi usaha salon kecantikan yaitu sekitar kompleks perumahan, pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas manusia, ruko yang strategis, dll. Ada berbagai jenis usaha salon kecantikan yang bisa anda dirikan, antara lain salon kecantikan umum, salon kecantikan syariah khusus wanita muslimah, salon khusus anak anak, salon khusus karyawan, salon khusus pasien rumah sakit dan lain sebagainya. Anda bisa memilih jenis usaha salon kecantikan berdasarkan pangsa pasar dan peluang yang menjanjikan di daerah anda.

▪ Mengurus Surat Ijin Usaha Salon Kecantikan
Sementara itu, agar anda membuka usaha salon kecantikan dengan tenang tanpa ada gugatan dari pihak manapun maka anda hendaknya mengurus surat ijin usaha salon kecantikan secara baik dan benar. Anda bisa mengurusnya di Dinas Perdagangan dan Pariwisata setempat dengan melampirkan dokumen sebagai berikut antara lain surat bertanggungjawab usaha salon kecantikan, fotocopy KTP, surat ijin gangguan usaha, SIUP, surat keterangan sehat, surat domisili dari pemerintahan desa, NPWP, surat status lokasi usaha salon kecantikan, surat persetujuan usaha salon kecantikan dari lingkungan rt dan rw serta lain sebagainya.

Peluang Usaha Salon Kecantikan
Berdasarkan kenyataan di lapangan saat ini, untuk mendapatkan lapangan kerja baru sangat susah baik bagi kalangan pemula ataupun yang telah senior. Satu lowongan kerja diperebutkan ribuan pelamar kerja. Lowongan kerja hanya tersedia di perusahaan kecil dan gaji kecil. Sehingga lebih banyak orang memilih untuk berwirausaha. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk mendapatkan penghasilan yang besar yaitu membuka usaha salon kecantikan.

Sebenarnya, jika anda tidak mempunyai keterampilan dalam merawat tubuh maka anda bisa mempekerjakan seorang hair stylist atau beautycian. Seperti yang dilakukan oleh tetangga penulis. Ia membuka usaha salon kecantikan di pinggir jalan yang ramai dengan menggaji seorang kapster untuk mengelola salon kecantikan miliknya.

Apabila anda tidak mempunyai modal usaha untuk membeli peralatan dan perlengkapan usaha salon kecantikan maka anda bisa meminjam uang ke berbagai donatur. Seperti orangtua, anggota keluarga, sanak kerabat, teman, dan pilihan terakhir bank. Untuk meminjam uang ke bank maka anda diharuskan melampirkan proposal usaha salon kecantikan beserta prospek dan besaran keuntungannya. Bagaimana anda tertarik membuka usaha salon kecantikan?!

Namun usaha salon kecantikan tidak selamanya mulus. Apalagi ditengah persaingan bisnis yang sengit dan ketat saat ini. Anda harus kreatif mendatangkan banyak pengunjung ke gerai salon kecantikan sobat. Misalkan menawarkan potongan harga yang menarik, diskon dll. Penulis seringkali melihat beberapa gerai salon kecantikan yang tutup khususnya salon kecantikan rumahan. Pada awal usaha mengalami masa laris manis. Tapi di tahun selanjutnya sepi konsumen.

Penyebab Usaha Salon Kecantikan Bangkrut
Gulung tikar atau bangkrutnya usaha salon kecantikan disebabkan beberapa faktor, antara lain:

▪ Pangsa Pasar
Membuka usaha salon kecantikan di desa memerlukan perhitungan dan perencanaan yang sangat matang. Karena daya beli masyarakat desa sangat lemah. Mereka tentunya lebih mengutamakan membeli barang makanan kebutuhan pokok ketimbang mengeluarkan uang untuk biaya perawatan tubuh. Oleh sebab itu, apabila anda membuka salon kecantikan di pedesaan pastikan mematok tarif secara murah sesuai keuangan penduduk desa.

Adapun untuk usaha salon kecantikan kecil dan muslimah atau umum yang dijalankan di kota harus dibuka di daerah yang banyak karyawan dengan penghasilan tinggi. Salah satu sebab usaha salon kecantikan sepi konsumen adalah pangsa pasar yang dibidik salah sasaran dan lokasi usaha yang tak layak.

Akan tetapi jika anda membuka usaha salon kecantikan di kota maka tingkat persaingan sangat tinggi terutama dari salon kecantikan franchise yang sudah terkenal dan memiliki pelanggan loyal. Jika anda mempunyai modal keuangan yang sangat besar alangkah baiknya membuka usaha salon kecantikan secara franchise atau waralaba. Sebab anda tidak direpotkan dengan memulai usaha salon dari nol. Semuanya sudah lengkap, anda tinggal menjalankannya.

▪ Tanpa dukungan
Usaha salon kecantikan juga supaya bisa sukses harus didukung oleh anggota keluarga terdekat. Misalkan orangtua. Hal ini berguna untuk kelangsungan usaha salon di masa depan. Dengan adanya dukungan keluarga maka ketika anda memerlukan tambahan modal usaha bagi bisnis salon kecantikan muslimah skala kecil maka anda akan mendapatkan modal usaha tersebut.