Rincian Biaya Modal Usaha Sewa Lapangan Futsal hingga Buka

14 Juli 2017

Seiring dengan tingkat pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia yang sangat tinggi baik di kota maupun desa membuat lahan terbuka yang luas sangat susah ditemukan. Kalau dahulu di tahun 1980 sampai 1990 an mudah sekali untuk mendapatkan lapangan luas gratis untuk bermain sepakbola. Tapi situasi saat ini berubah. Lapangan luas yang sering dijadikan tempat bermain sepakbola sudah dibangun gedung-gedung perkantoran dan rumah. Pendek kata, sekarang sangat sulit mendapatkan lahan luas untuk bermain sepakbola. Hal inilah yang menimbulkan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan yaitu usaha penyewaan lapangan futsal.

Analisa Usaha Lapangan Futsal
Sepakbola merupakan jenis olahraga yang berada di urutan pertama paling disukai orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Berbagai kalangan orang dari segala jenis profesi, latar belakang, dan umur sangat menggemari olahraga sepakbola. Hal ini dibuktikan dengan berbagai stasiun televisi swasta nasional seringkali menyiarkan pertandingan-pertandingan sepakbola  nasional dan internasional secara live dan tunda. Namun hobi bermain sepakbola itu harus terhambat. Karena sarana olahraga yang gratis untuk bermain sepakbola sangat minim di tanah air. Maka pilihan terakhir agar hobi main sepakbola tersalurkan secara baik. Salah satunya dengan menyewa lapangan futsal di daerah sekitar.

Terkadang penulis terkaget dengan adanya sebagian anak kecil dan anak muda sekarang ini. Karena tiadanya lapangan untuk bermain bola terpaksa mereka menjadikan jalan di depan rumah mereka sebagai tempat bermain sepakbola. Hal itu tentu saja membahayakan keselamatan jiwa mereka. Karena setiap saat selalu ada kendaraan bermotor yang melaju dan mengganggu kepentingan pengendara kendaraan bermotor. Oleh sebab itu, sebagian pelaku usaha sangat jeli memanfaatkan situasi ini dengan membuka usaha jasa penyewaan lapangan futsal dengan harga sewa sangat terjangkau.
bisnis futsal, usaha lapangan futsal, usaha futsal, usaha sewa lapangan futsal, bisnis lapangan futsal

Berdasarkan analisa dan pengamatan penulis di lapangan, usaha rental lapangan futsal menjanjikan sekali untuk dijalankan di perkotaan maupun pedesaan. Bisnis ini dijamin menguntungkan karena pangsa pasar yang luas. Dimana mayoritas anak-anak dan orang dewasa laki-laki menyukai olahraga bermain sepakbola. Selain menyehatkan tubuh manusia, olahraga sepakbola melatih kemampuan kita untuk mampu berkomunikasi dengan orang lain secara baik dan benar.

Perlu diketahui, persaingan bisnis persewaan lapangan futsal saat ini masih sangat lemah di beberapa daerah baik di kota maupun desa. Di setiap wilayah biasanya ada satu gerai usaha rental lapangan futsal. Dan ada juga di satu daerah yang mempunyai beberapa gerai bisnis sewa lapangan futsal. Setelah dilihat oleh penulis, semua gerai usaha persewaan lapangan futsal laku keras dan mempunyai pelanggan tersendiri.

Bahkan banyak di satu daerah yang tidak ada sama sekali gerai usaha yang menawarkan jasa sewa lapangan futsal. Persaingan bisnis tak ada tapi pasar sangat besar. Tentu ini menjadi peluang usaha tersendiri yang sangat menjanjikan bagi anda untuk memulai membuka bisnis penyewaan lapangan futsal baik secara indoor maupun outdoor. Saat ini untuk membuat lapangan futsal sendiri sangat mudah dengan hadirnya jasa pembuat lapangan futsal yang profesional.

Mengingat bisnis sewa lapangan futsal merupakan usaha yang membutuhkan modal besar maka anda bisa menjalin kerjasama bisnis lapangan futsal rubber dan sintetis dengan berbagai investor. Seperti dari kalangan keluarga, rekan, sahabat, teman, kenalan dll. Dengan terlebih dahulu membuat proposal usaha penyewaan lapangan futsal beserta prospek dan rincian modal usaha yang dibutuhkan. Kemudian proposal tersebut dibagikan kepada pihak investor yang berniat menginvestasikan uang mereka pada usaha lapangan futsal.

Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal
Peluang usaha penyewaan lapangan futsal menjanjikan keuntungan dalam jumlah besar secara cepat untuk saat ini. Hal ini tak terlepas dari pangsa pasar yang sangat besar dari kalangan mahasiswa, pelajar, dan karyawan. Para karyawan swasta dan negeri karena sibuk bekerja di kantor membuat mereka menyempatkan diri berolahraga bermain futsal. Para pelajar dan mahasiswa pun yang sibuk menuntut ilmu di sekolah selalu menyempatkan diri untuk bermain sepakbola di gerai usaha lapangan futsal.

Sebagai usaha yang sedang trend dan booming saat ini membuat peluang bisnis penyewaan lapangan futsal sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Walaupun usaha sewa lapangan futsal membutuhkan biaya investasi yang cukup besar, ada banyak kelebihan dan keuntungan dari bisnis lapangan futsal, antara lain:

▪ Kemudahan dalam pengelolaan
Untuk membuka usaha lapangan futsal pada awalnya membutuhkan biaya besar. Namun setelah usaha lapangan futsal berdiri maka anda dapat dengan mudah mengelolanya. Ditambah lagi anda merekrut tenaga karyawan bagian administrasi dan bagian umum. Semakin mudah dan menguntungkan bisnis futsal ini.

▪ Pangsa pasar yang sangat besar
Sepakbola merupakan jenis olahraga yang digemari banyak orang dari kalangan anak-anak dan orang dewasa. Apalagi kalangan mahasiswa dan karyawan yang sibuk dengan pekerjaan mereka selalu menyempatkan waktu untuk bermain sepakbola di gerai usaha rental lapangan futsal. Selain karena hobi bermain sepakbola, mereka juga ingin selalu tampil sehat dan bugar serta mau bersosialisasi dengan rekan-rekannya.  

▪ Omset perbulan lumayan besar
Usaha rental lapangan futsal di tanah air menjanjikan untung tinggi dikarenakan bisnis ini mempunyai bisnis turunan lainnya. Disamping membuka usaha sewa lapangan futsal, anda bisa mendirikan jenis usaha lain yang masih berhubungan di dalamnya yang juga cukup menguntungkan. Seperti usaha kantin, cafe, usaha menjual peralatan futsal, jualan perlengkapan sepakbola, bisnis berjualan jersey dan kaos sepakbola dll.

Itulah beberapa keuntungan dari menjalankan bisnis lapangan futsal di daerah anda. Sebetulnya masih banyak kelebihan lain dari usaha penyewaan lapangan futsal baik indoor, matras maupun outdoor dengan plesteran. Namun tiga point di atas sudah cukup mewakili.

Tips Sukses Memulai Usaha Rental Lapangan Futsal
Untuk menjalankan sebuah usaha penyewaan lapangan futsal yang omset besar tentu tak mudah. Dibutuhkan persiapan yang matang dan beberapa strategi yang terbukti efektif. Supaya usaha jasa sewa lapangan futsal yang dijalankan langsung bisa berhasil dan menguntungkan. Berikut ini sejumlah tips sukses dalam membangun usaha rental lapangan futsal, antara lain:

▪ Pemilihan Lokasi
Dalam bisnis penyewaan lapangan futsal, letak lokasi usaha sangat menentukan kesuksesan usaha ini. Sebab apalah jadinya jika letak usaha bisnis futsal jauh dari keramaian, tidak bisa dijangkau dengan mudah dan tak gampang dikenali orang. Dipastikan bisnis futsal akan mengalami kelesuan atau sedikit konsumen. Hal ini berbeda jika lokasi usaha sewa lapangan futsal berada di daerah strategis. Misalkan di pinggir jalan raya yang ramai, sekitar kampus, dekat permukiman warga yang padat penduduk, sekitar pusat perkantoran dan lain lain. Dipastikan usaha sewa lapangan futsal akan laris manis diserbu para konsumen.

Lokasi usaha lapangan futsal haruslah berdiri di lahan yang cukup luas. Karena di lokasi ini selain dibangun beberapa lapangan futsal, juga harus menyediakan lahan parkir, dan kantin. Untuk ukuran lapangan futsal sesuai standar sekitar panjang 25 meter sampai 45 meter. Sedangkan lebarnya sekitar 15 meter hingga 25 meter.

Bisnis lapangan futsal bisa dijalankan di kota maupun di desa dengan kedua-duanya berpotensi untung besar. Sebab pasar yang sangat luas dan di pedesaan juga sudah mulai kesulitan dalam mendapatkan lokasi lahan gratis yang luas untuk bermain sepakbola. Di desa penulis ada tiga buah gerai usaha jasa penyewaan lapangan futsal yang semuanya laku keras. Terutama pada waktu sore hari sekitar jam 3 sore selepas pulang dari sekolah atau tempat kerja.

Melihat kenyataan saat ini, terkadang usaha penyewaan lapangan futsal lebih menjanjikan dijalankan di desa karena tingkat persaingan yang masih lemah. Adapun bisnis lapangan futsal jika dijalankan di perkotaan kurang menjanjikan sebab persaingan usaha yang sangat tingi. Dimana sudah banyak menjamur bisnis lapangan futsal di berbagai sudut kota. Apalagi kondisi pedesaan saat ini sudah mulai berubah. Dimana jumlah penduduk desa pun sudah sangat besar. Berbagai perumahan minimalis sudah banyak didirikan di daerah pedesaan layaknya kota. Sehingga bisnis lapangan futsal lebih menguntungkan dibuka di daerah pedesaan terpencil sekalipun.

Dalam menentukan lokasi usaha lapangan futsal, anda harus memastikan bahwa lokasi usaha tersebut mempunyai tingkat keamanan yang sangat bagus, nyaman dan mudah dijangkau. Sebab hal ini merupakan bagian dari pelayanan terbaik dan prima yang harus diberikan dari bisnis penyewaan lapangan futsal terkini.

▪ Sirkulasi Udara Lapangan Futsal
Jika anda memulai usaha lapangan futsal secara outdoor maka sistem sirkulasi udara sudah berjalan baik. Namun apabila sobat buka usaha penyewaan lapangan futsal indoor maka harus diberikan sirkulasi udara yang baik dalam gedung supaya para konsumen nyaman dan senang dalam bermain bola dan tidak pengap dalam gedung tersebut. Oleh sebab itu, anda harus memastikan ventilasi udara dalam gedung sudah cukup memadai.

▪ Fasilitas Pelengkap
Untuk membuat usaha sewa lapangan futsal sobat laris manis. Salah satu caranya dengan menyediakan ruang tunggu yang nyaman bagi para konsumen. Di dalam ruang tunggu tersebut dilengkapi televisi, majalah, buku, surat kabar yang masih berkaitan dengan sepakbola. Sehingga mereka tidak jenuh dalam menunggu giliran bermain sepakbola. Sediakan pula kartu anggota member dengan diskon menarik dan sediakan pula kupon undian berhadiah langsung untuk menarik minat para konsumen menjadi pelanggan tetap.

Rincian Biaya Modal Usaha Sewa Lapangan Futsal hingga Buka
Biaya pembuatan lapangan futsal sendiri berbeda beda tergantung skema dan skala usaha. Ada usaha lapangan futsal semi indoor, outdoor dengan plesteran dan matras dll. Berikut ini rincian biaya modal usaha bisnis lapangan futsal secara umum, antara lain:

▪ Biaya pembuatan konstruksi tiang baja Rp 150 juta
▪ Biaya penyediaan rumput futsal sintetis  Rp 50 juta
▪ Biaya pembuatan pondasi dan lantai Rp 100 juta
▪ Biaya membeli jaring, lampu dan bola Rp 10 juta

Maka total biaya modal usaha yang dikeluarkan untuk membuka usaha lapangan futsal dari awal hingga siap berdiri sekitar Rp 310 juta. Diasumsikan usaha lapangan futsal berdiri di atas lahan milik sendiri.