Cara Memilih Apartemen yang Baik dan Menguntungkan Sebelum Beli

09 Juni 2017

Bisnis dalam bidang properti termasuk salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan asalkan disertai teori dan pemikiran yang benar. Terutama investasi apartemen yang sekarang banyak diburu orang dari berbagai kalangan bermodal besar. Hal ini tentu tak terlepas dari potensi keuntungan yang sangat menggiurkan dari investasi apartemen.

Ditambah dengan fakta saat ini bahwa setiap unit apartemen yang baru dibangun di beberapa kota besar dan daerah di Indonesia senantiasa laku terjual dalam waktu singkat. Akibat permintaan yang sangat tinggi terhadap properti apartemen membuat sebagian pihak pengembang apartemen terpaksa menjual unit yang tersisa lewat sistem undian.

Ada banyak alasan yang membuat seseorang membeli apartemen. Berikut alasannya:
1. Sebagai tempat hunian yang nyaman.
2. Sebagai investasi. Apartemen bisa disewakan dengan harga sewa perbulan lumayan tinggi. Dan bisa dijual kembali dengan nilai jual yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
investasi apartemen, apartemen, cara membeli apartemen, cara memilih apartemen, apartemen hunian

Cara Memilih Apartemen yang Baik dan Menguntungkan sebelum Dibeli
Untuk lebih jelasnya, sekarang kita akan membahas mengenai kumpulan tips cara memilih apartemen terbaik dan menguntungkan sebelum dibeli, antara lain:

▪ Letak Apartemen
Dalam jenis investasi properti manapun, lokasi memegang peranan penting dalam menunjang keberhasilan investasi properti. Lokasi dan lokasi itulah yang sering dipesankan orang bagi mereka yang ingin investasi dalam bidang properti termasuk apartemen. Jadi anda bisa memilih investasi apartemen paling baik dan menguntungkan berdasarkan lokasi yang strategis. Hal ini berguna bagi harga sewa yang tinggi dan peningkatan harga jual apartemen yang melambung pesat di masa depan.

Jika anda memutuskan untuk membeli apartemen untuk disewakan maka pastikan lokasi apartemen berada di sekitar target pasar. Contohnya, anda membidik pangsa pasar pelajar dan mahasiswa maka anda harus membeli apartemen yang berdekatan dengan pusat pendidikan. Seperti membeli apartemen di daerah Jatinangor Sumedang yang dekat dengan Universitas Padjajaran dan IPDN.

Namun apabila anda memutuskan untuk membidik target market kalangan pebisnis dan pegawai kantoran maka anda harus membeli investasi properti apartemen di daerah pusat bisnis dan pusat perkantoran. Misalnya di daerah Bandung di jalan Asia Afrika.

▪ Fasilitas dari Apartemen
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih apartemen yang menguntungkan sebelum dibeli adalah mengecek fasilitas apartemen yang diberikan. Fasilitas apa saja yang ada di apartemen tersebut? Seperti koneksi internet yang sangat cepat dan meja belajar merupakan fasilitas yang diperlukan oleh penyewa dari kalangan karyawan dan mahasiswa. Fasilitas sarana olahraga dan kesehatan yang tersedia berupa pusat kebugaran, gym, kolam renang, lapangan tenis, apotek, klinik, dan fasilitas lainnya juga memegang peranan sangat penting dari potensi investasi apartemen tersebut.

Fasilitas berikutnya yang harus ada dalam sebuah kompleks apartemen terbaik yang menguntungkan adalah adanya pusat belanja seperti minimarket dan mall. Hal ini memudahkan penyewa dan penghuni apartemen dalam berbelanja kebutuhan hidup sehari-hari. Pendek kata, semakin banyak fasilitas kemudahan yang diberikan maka semakin menguntungkan investasi apartemen tersebut.

Pastikan juga fasilitas pokok utama manusia sehari-hari yaitu listrik dan air dalam keadaan terpenuhi secara baik. Dimana listrik tak gampang padam. Dan air selalu mengalir deras dengan baik. Sebab apalah jadinya jika sebuah apartemen tidak didukung oleh pasokan listrik dan air yang kurang memadai pastinya nilai apartemen akan turun tajam dan merugikan dari investasi apartemen yang telah dilakukan.

▪ Pengembang Terpercaya
Hal lain yang perlu dilihat dalam memilih apartemen yang menjanjikan dan menguntungkan sebelum dibeli adalah pihak pengembang yang membangun apartemen tersebut. Pastikan apartemen tersebut dibangun oleh pihak developer yang terpercaya dan mempunyai jejak rekam yang sangat baik dalam membangun beberapa apartemen di Indonesia. Hal ini berguna untuk memastikan pembangunan dan investasi apartemen bisa berjalan baik dan lancar. Jangan pernah anda membeli apartemen dengan pihak pengembang yang kurang terpercaya dan terbukti memiliki track record buruk. Karena akan merugikan investasi properti apartemen anda di masa mendatang.

Berdasarkan fakta di lapangan ada beberapa pihak pengembang yang bermain nakal dan curang. Hal ini mengakibatkan banyak keluhan dari masyarakat. Seperti pembangunan apartemen yang tak kunjung selesai, fasilitas di kompkes apartemen sudah rusak dan tidak kunjung diperbaiki, setelah selesai pembangunan apartemen pihak pengembang tidak mau mengurusnya dan lain sebagainya. Tentu akibat perbuatan pihak pengembang yang kurang baik tersebut merusak investasi apartemen. Jangan sampai terjadi hal tersebut.

Caranya dengan memilih pengembang besar yang terpercaya, mempunyai reputasi baik di masyarakat dan jaminan mutu yang dapat dilihat dari beberapa proyek apartemen yang sudah didirikannya. Anda bisa mengecek sendiri secara langsung apakah apartemen yang sudah dibangunnya di beberapa tempat di Indonesia menguntungkan dan tetap dipelihara secara baik? Apabila iya maka sobat dapat membeli apartemen yang baru dibangunnya. Apabila sebaliknya maka anda harus berpikir ulang dalam membeli apartemen dari pihak pengembang bersangkutan.

▪ Beli Cepat Ketika Murah
Dalam membeli properti apartemen pastikan dalam kondisi yang tepat. Misalkan membeli apartemen di lokasi strategis dengan harga murah harus dilakukan secepat mungkin. Karena jika tidak dilakukan secara cepat bisa mengakibatkan didahului oleh orang lain. Kecepatan adalah aspek penting dalam investasi apartemen. Dengan membeli apartemen pada saat harga murah secepat mungkin maka di masa mendatang keuntungan yang diperoleh lebih optimal. Hal ini untuk kebaikan investor sendiri yang tak terlepas dari harga apartemen yang setiap tahun selalu meningkat atau naik.

Hal sebaliknya terjadi apabila sobat memutuskan untuk menunda-nunda pembelian apartemen di lokasi strategis dengan harga sedang murah. Hal itu bisa berakibat harga apartemen kembali normal bahkan mahal di masa datang. Yang berakibat keuntungan investasi apartemen menjadi tidak maksimal. Oleh sebab itu, bersikaplah cepat dalam membeli properti yang baik dan menguntungkan. Sebab kesempatan emas jarang sekali terjadi untuk yang kedua kali.

▪ Legalitas Apartemen
Cara memilih apartemen yang baik dan menguntungkan lainnya sebelum dibeli adalah memastikan kelegalan dari apartemen tersebut. Sobat harus memeriksa surat hak guna bangunan disingkat HGB, Surat izin mendirikan bangunan atau IMB, mengecek legalitas hak pemilikan apartemen, memastikan tidak berada dalam sengketa atau dalam status sewa, dll. Untuk mengetahui aspek legalitas itu anda bisa bertanya langsung kepada pihak pengembang atau sales marketing apartemen bersangkutan.

▪ Posisi Apartemen
Hal lain yang harus diperhatikan dalam membeli properti apartemen adalah memilih posisi apartemen terbaik. Hal ini sesuai dengan prinsip investasi properti bahwa semakin baik posisi apartemen maka semakin mahal harga jual dan harga sewa apartemen tersebut. Posisi terbaik apa bagi apartemen? Ada beberapa posisi bagi apartemen itu sendiri seperti di samping kanan atau kiri, bawah maupun atas.

Oleh karena itu, memperhatikan posisi apartemen merupakan hal mutlak perlu dilakukan sebelum membeli properti apartemen bersangkutan. Untuk properti apartemen yang memiliki pemandangan indah lebih mahal harganya dari apartemen dengan view pasar. Sehingga anda perlu memutuskan untuk membeli apartemen yang berada di lantas atas seperti lantai 8 ke atas untuk mendukung keberhasilan investasi apartemen sobat. Harga jual lebih tinggi dan harga sewa juga tinggi.

Kelebihan lain dari investasi apartemen di lantai delapan ke atas adalah jauh dari kebisingan aktifitas manusia dan aman sekali dari tindakan pencurian. Sehingga tak pelak lagi posisi terbaik bagi apartemen adalah di lantai atas yang nyaman untuk ditempati. Namun disamping keunggulan, ada pula kekurangan dari apartemen di lantai atas yaitu sulitnya membawa furniture ke lantai atas, tidak semudah dibawa ke apartemen lantai bawah. Selain itu, naik turun tangga akan berlangsung dalam waktu lebih lama ketimbang posisi apartemen di lantai bawah.         

Kerugian Investasi Apartemen
Sama seperti investasi properti, investasi apartemen memiliki resiko kerugian jika tidak ditangani secara benar dari sebelum pembelian, awal pembelian hingga akhir transaksi. Kerugian tersebut berupa penurunan harga apartemen. Kejadian ini jarang terjadi tapi sangat mungkin terjadi. Dimana ketika seorang investor memutuskan untuk membeli apartemen ketika harga jual sedang  tinggi di puncaknya. Maka berselang waktu harga apartemen mengalami penurunan yang mengakibatkan kerugian investasi apartemen.

Untuk menghindari resiko kerugian dari penuruan harga apartemen maka anda harus membeli apartemen di lokasi strategis saat harga terendah atau termurah. Kemudian berselang waktu, harga jual apartemen akan naik pesat. Dan disaat inilah investasi apartemen disebut investasi terbaik dan menguntungkan. Ciri dari investasi apartemen baik dan menjanjikan untung besar adalah lokasi strategis, kenyamanan yang diberikan berkat adanya berbagai fasilitas lengkap yang diberikan, faktor keamanan investasi dan harga murah atau tidak berada pada harga normal apalagi di titik jenuh.

Prospek Investasi Apartemen
Berdasarkan pengamatan penulis di masa depan prospek apartemen sangat menjanjikan. Bahkan pamor apartemen sudah mengalahkan rumah hunian seperti rumah kontrakan, rumah kost-kostan dan lain sebagainya. Para penyewa akan lebih memilih bertempat tinggal di apartemen ketimbang jenis properti lainnya. Yang mengakibatkan usaha kost-kostan berderet dan rumah kontrakan menjadi sepi penyewa.

Pada masa depan banyak orang mencari properti apartemen untuk disewa ketimbang rumah atau kost-kostan. Hal ini tak terlepas dari banyak keunggulan dari bangunan apartemen, antara lain:

1. Berada di lokasi strategis. Seperti dekat dengan tol, pusat perbelanjaan, dekat pusat perkantoran, dekat pusat olahraga, pusat kesehatan dan lain sebagainya

2. Tersedia banyak fasilitas kemudahan yang lengkap di dalamnya

3. Lingkungan bersih, nyaman, aman dan ramah