11 Rahasia Bisnis Fashion Online yang Cepat Sukses

04 September 2017

Setiap jenis usaha atau bisnis selalu memiliki kunci rahasia kesuksesan tersendiri yang setiap orang perlu mengenalnya. Begitupula bisnis fashion di internet yang
mempunyai prospek cerah dan menjanjikan ini. Ada banyak kisah pebisnis fashion online yang sukses dan kaya raya dengan modal kecil dan tanpa modal. Hal ini tak terlepas karena salah satu produk paling laris dijual secara online saat ini adalah produk fashion yang meliputi pakaian, sepatu, tas, dan perlengkapan lainnya. Jika anda sedang mencari berbagai peluang usaha yang menguntungkan dalam waktu singkat, tak ada salahnya untuk mencoba memulai bisnis fashion online.

Cara Berbisnis Fashion Pakaian Online di Rumah
Siapa sih yang tidak mau hidup sukses? Tentu setiap orang menginginkan keberhasilan hidup di dunia dan akhirat. Sukses dalam karir, keluarga dan bisnis. Dan seiring dengan hadirnya internet, menjalankan sebuah usaha bisa di rumah. Misalnya bisnis fashion online secara rumahan. Sehingga biaya kehidupan sehari-hari bisa terpenuhi dan keluarga terurus dengan baik.

Di tengah sulitnya mendapatkan lapangan kerja baru saat ini mendorong para anak muda bersikap kreatif untuk membuka usaha atau berwirausaha. Namun membuka usaha tidaklah gampang. Dibutuhkan kecermatan dan perhitungan matang. Salah satunya memilih jenis bisnis yang sedang trend dan prospek cerah di masa depan yaitu bisnis fashion online. Usaha ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik seorang ibu rumahtangga di dalam rumah, karyawan swasta dan negeri, buruh, pengangguran, mahasiswa, pelajar dan kalangan lainnya.
bisnis fashion online, bisnis fashion, fashion, usaha fashion, trend fashion, rahasia bisnis fashion, usaha fashion online

Cara berbisnis fashion pakaian di rumah adalah dengan membukanya di rumah. Dengan cara membekali diri mempunyai daftar supplier fashion. Lalu membuat toko online fashion di internet menggunakan blog berbayar yang profesional. Untuk melakukan promosi bisnis fashion online secara rumahan, anda dapat melakukannya di berbagai forum, sosial media, blog, iklan baris dll.

Keuntungan Bisnis Fashion Online
Bisnis fashion khususnya pakaian secara online tidak membutuhkan modal besar. Ada banyak bisnis fashion online yang dijalankan dengan modal kecil dan tanpa modal. Tapi mereka bisa sukses dan usaha berkembang besar. Inilah yang menjadi kelebihan bisnis fashion online, antara lain:

1. Tanpa Modal
Setiap memulai suatu bisnis memerlukan modal. Begitupula dalam usaha fashion online. Namun modal yang dibutuhkan relatif kecil. Seperti laptop, koneksi internet dan pasokan pakaian. Modal usaha toko fashion baju online tersebut bisa meminjam kepada sanak saudara. Bahkan setiap orang modern sudah memilikinya. Sehingga bisa disebut bisnis fashion online bisa dijalankan nyaris tanpa modal asalkan kita pandai bernegosiasi dan melobi. Anda bisa berperan sebagai dropshipper tanpa perlu menyetok barang, reseller atau pabrik konveksi.

2. Pasar Luas
Yang menjadi keunggulan utama dari bisnis fashion online adalah pangsa pasar yang sangat luas. Meliputi seluruh Indonesia sampai ke luar negeri. Apalagi pakaian atau fashion merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia seperti halnya makan dan minum. Ada banyak fashion yang laris manis dijual secara online, yaitu hijab, busana muslim, jilbab, kerudung, sepatu, tas dll.
fashion, bisnis fashion, bisnis fashion online, fesyen, mode fashion, rahasia bisnis fashion, usaha fesyen

Akan tetapi, sama seperti jenis bisnis di internet lainnya, bisnis fashion online sangat banyak jumlah kompetitor. Dari pesaing kelas teri sampai kelas kakap yang dapat dijumpai di berbagai forum dan sosmed. Baik sebagai reseller, dropshiping maupun konveksi. Namun dalam setiap jenis usaha masalah persaingan pasti ada. Tinggal bagaimana cara kita memenangkan persaingan, memberikan kelebihan dari bisnis fashion online yang kita jalani.

Dengan pasar yang luas, rasanya tidak mustahil bagi anda untuk bisa menjual 1000 fashion dalam satu hari. Ada banyak pengusaha fashion online yang sukses dan telah membuktikannya. Seperti brand vanilla hijab yang konsisten mampu menjual seribu hijab perhari. Bisa dibayangkan omset perbulan bisnis fashion online sangat besar dan menggiurkan. Lalu bagaimanakah rahasia cara sukses bisnis fashion online?

11 Rahasia Bisnis Fashion Online yang Cepat Sukses
Rahasia bisnis fashion online yang cepat sukses sangatlah mudah. Hal ini bukan rahasia lagi karena telah diungkap di berbagai majalah, surat kabar, seminar, pelatihan, workshop, buku, internet dan media informasi lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 11 rahasia bisnis fashion online yang cepat sukses bagi pemula, antara lain:

1. Pantang Menyerah
Rahasia sukses dari bisnis fashion online yang cepat sukses adalah memiliki sifat pantang menyerah. Dalam menekuni bisnis ini pastinya sobat akan mengalami masa sulit, suka duka, sepi orderan dan lain sebagainya. Hal itu jangan membuat anda menyerah. Jika anda menyerah berarti anda telah gagal. Lakukan perbaikan dalam segala hal hingga bisnis fashion online sobat bisa laris manis yang menguntungkan.

2. Tekad Kuat
Salah satu kunci sukses membuka usaha fashion online adalah memiliki tekad yang kuat. Dengan demikian keberhasilan mudah dicapai. Kendala dan hambatan mudah dilalui dengan sikap pantang menyerah. Dalam merintis bisnis fashion di internet akan banyak rintangan yang dihadapi. Misalnya dari lingkungan sekitar yang tak mendukung. Namun anda jangan pantang menyerah. Tetaplah fokus dengan tekad kuat hingga usaha fashion online berhasil dijalankan.

3. Mulai Bisnis Fashion Online dari yang Anda Punya
Bagi seorang pemula yang mau menjalankan bisnis fashion online tentu akan merasakan kesulitan. Disebabkan kurang pengetahuan dan pengalaman dalam bisnis fashion di internet. Selain itu, modal yang dimilikinya sangat terbatas. Namun semua itu jangan jadi halangan. Anda tetap bisa memulai bisnis fashion online dari yang anda miliki saat ini sumber daya yang ada. Misalnya anda menjalani bisnis pakaian online tanpa modal. Caranya anda memajang pakaian yang dijual di internet kemudian jika ada yang memesan secara online maka anda bisa menjahitnya sendiri.

4. Produksi Masal
Untuk bisa sukses dalam bidang fashion online, langkah utama adalah menentukan pasokan busana. Anda bisa mendapatkan pasokan fashion dari pihak supplier atau anda membuat pabrik konveksi sendiri. Namun berdasarkan saran penulis, alangkah lebih baik dan menguntungkan untuk mendirikan pabrik konveksi fashion sendiri. Sehingga volume pasokan bisa diatur sendiri tanpa ketergantungan dengan orang lain.

5. Penjualan Viral
Anda mungkin masih belum mengenal dengan penjualan dan pemasaran viral. Penjualan viral bagi bisnis fashion online sangat diperlukan untuk mendongkrak keuntungan bisnis fashion secara online. Salah satu contoh teknik penjualan viral dalam bisnis pakaian adalah dalam satu hari sobat bisa menjual pakaian secara rutin. Pada hari kedua, anda bisa menjual busana sebanyak dua buah perhari. Dan begitu seterusnya. Hingga sobat dapat menjual seribu pakaian dalam sehari.

6. Harga Murah
Salah satu tips dan rahasia bisnis fashion online sukses dalam waktu singkat adalah menawarkan harga yang lebih murah ketimbang pesaing. Hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip manusia bahwa setiap manusia adalah makhluk ekonomi. Ia akan membeli barang kualitas sama dengan pilihan yang lebih murah harganya agar ia untung walau sedikit. Agar harga fashion dapat dijual dengan harga lebih murah dari kompetitor maka anda bisa menjualnya secara grosiran.

Walaupun fashion dijual di internet dengan harga lebih murah tanpa mengenyampingkan kualitas. Sehingga keuntungan per item pakaian sangat kecil tapi jika menjualnya lebih banyak maka keuntungan jadi besar dengan perputaran uang dan barang cepat sekali. Karena akan banyak para pemilik toko busana, penjual pakaian keliling, konsumen langsung dan distributor yang tertarik membeli produk fashion grosiran yang jauh lebih murah.

Harga murah bukan hanya menimbulkan ketertarikan dari pebisnis fashion secara fisik tapi juga secara online. Anda bisa menjadi supplier produk fashion dengan merekrut banyak reseller, dropshipper dan agen di seluruh dunia. Itulah salah satu rahasia sukses bisnis fashion online yang cepat berhasil dalam waktu singkat.

7. Menentukan Produk Fashion yang Hendak Dijual secara Online
Ada banyak jenis fashion yang bisa dijual seseorang di internet dengan sangat menguntungkan. Seperti sepatu, baju, pakaian, busana, sandal, tas dll. Salah satunya yang sangat menjanjikan adalah bisnis fashion berupa baju secara grosiran. Lebih detail lagi bisa baju anak, baju dewasa, baju impor china dan korea, dan lain-lain. Hal ini disebabkan pangsa pasar yang sangat luas dan bertambah banyak kalangan menengah di tanah air.

8. Penggunaan Teknologi
Dalam bisnis fashion di internet sangat penting penggunaan teknologi dalam pembuatan produk fashion. Hal ini berguna agar anda bisa memproduksi berbagai jenis fashion dalam jumlah banyak dalam waktu singkat atau produksi secara massal. Yang berdampak pada harga produk fashion seperti pakaian per item bisa menjadi sangat murah. Misalnya harga Rp 5000 per item pakaian.

9. Penggunaan Forum dan Sosmed
Untuk mempromosikan bisnis fashion online yang kita jalani maka kita dapat menggunakan sarana promosi gratis sosial media, forum dan marketplace. Kalau anda mempunyai banyak follower dalam medsos google plus, facebook, twitter, instagram dll tentu akan memudahkan anda dalam melancarkan bisnis fashion online cepat sukses.

10. Lokasi usaha strategis
Dengan mempunyai toko online busana fashion bukan berarti anda tidak perlu memiliki toko fashion secara fisik. Hal itu tetap diperlukan untuk meningkatkan keuntungan usaha anda disamping menunjukkan keberadaan bisnis fashion online anda secara nyata. Ada banyak orang yang menggabungkan usaha busana atau fashion secara online dan nyata. Atas upaya itu terbukti bisa meningkatkan omset penjualan.

Oleh sebab itu, walaupun anda membuka bisnis fashion online tetap harus membuka toko fashion secara fisik di daerah strategis. Misalnya di daerah yang sering dilewati banyak orang, dekat kerumunan orang, dekat pusat perbelanjaan minimarket, pinggir jalan raya dll. Dengan cara itu selain meningkatkan omset usaha juga dapat memberikan kepercayaan konsumen terhadap bisnis fashion online anda.

11. Pelayanan Memuaskan
Rahasia sukses bisnis fashion lainnya yang pokok adalah masalah pelayanan. Ini berarti menjaga kualitas produk tetap bagus, pelayanan ramah, mudah akrab, supel, bersahabat, menyenangkan, murah senyum, respon cepat dll. Selain itu, pastikan bisnis fashion online yang anda jalani menawarkan produk fashion secara lengkap, terbaru yang sedang trend, populer, paling laris saat ini dan lain-lain.

Itulah 11 rahasia  bisnis fashion online yang cepat sukses dalam waktu singkat. Anda bisa mempraktekan tips sukses di atas sekarang juga. Jangan pernah untuk menunda-nunda waktu. Realisasikan bisnis anda dalam wujud nyata. Keberanian adalah kecerdasan tertinggi.