Keuntungan Bisnis Toko Busana dan Cara Membuka Usahanya

01 April 2017

Inilah peluang usaha yang bisa dijalankan di dalam rumah secara sampingan dan menguntungkan yaitu toko busana. Untuk membuka toko busana dapat dilakukan dua cara yaitu online atau fisik. Kedua hal itu perlu dilakukan. Banyak pengusaha toko busana yang kaya dan sukses dari bisnis ini. Keuntungan yang mereka raih dari bisnis toko busana online dan offline hingga miliaran rupiah perbulan. Keuntungan bisnis yang sangat menggiurkan.

Keuntungan Bisnis Toko Busana
Usaha dalam bidang fashion sangat menjanjikan. Ada banyak keuntungan dari membuka bisnis toko busana yang perlu sobat ketahui, antara lain:

▪ Modal Kecil
Bisnis pakaian atau busana tidak selalu menuntut membutuhkan modal besar. Tapi usaha toko busana tersebut dapat dimulai dengan modal kecil. Seperti Rp 400 ribu. Namun dengan potensi keuntungan lumayan besar.
toko busana, usaha busana, usaha toko busana, bisnis busana, toko pakaian busana, cara buka toko busana

▪ Bisnis Abadi
Usaha toko busana tak akan pernah sepi pembeli. Karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan utama manusia seperti makan dan rumah tempat tinggal. Sejak manusia lahir ia membutuhkan pakaian untuk dikenakan sehari-hari guna melindungi dari kedinginan, menutup aurat, mempercantik diri dan lain sebagainya.

▪ Pasar Luas 
Sebagai bisnis abadi yang menguntungkan sekali dengan modal kecil membuat banyak pengusaha menekuni usaha toko busana. Banyak pesaing dalam bisnis toko baju. Walau tingkat persaingan usaha toko busana sangat tinggi. Tapi prospek usaha toko pakaian di Indonesia masih menjanjikan untung besar disebabkan pangsa pasar yang luas / besar sekali.

Bagaimanapun persaingan usaha atau kompetitor pasti ada dalam setiap jenis usaha. Namun yang penting adalah bagaimana kita memenangkannya. Dengan cara memberikan produk baju murah, berkualitas serta merek yang kuat. Akan tetapi membangun brand atau merk pakaian yang kuat tidaklah bisa dikerjakan dalam waktu 1 hari. Hal itu memerlukan waktu dan proses lumayan lama dengan biaya modal besar. Tentu saja tak cocok bagi pebisnis pemula yang mempunyai modal kecil yang ingin cepat untung.

Cara Membuka Usaha Toko Busana
Untuk lebih lengkap dan mudah, berikut ini sejumlah langkah dalam cara membuka usaha toko busana yang bisa sobat lakukan, antara lain:

▪ Menjadi Reseller Busana
Usaha dropshiper atau reseller menjadi trend akhir ini dan tepat sekali dijalankan bagi anda yang mau membuka toko busana tapi hanya memiliki modal kecil. Tugas anda hanyalah memasarkan produk pakaian baik secara toko online ataupun fisik. Sobat tak perlu produksi sendiri yang memakan waktu lama. Selain itu tak perlu menyetok pakaian dalam jumlah banyak. Dengan stok baju jumlah sedikit sudah bisa membuka toko busana sebagai reseller.

Usaha reseller baju sangat pas dijalankan oleh pelaku usaha pemula dengan modal terbatas. Tugasnya hanya belajar memasarkan produk pakaian sampai berhasil dengan keuntungan besar. Untuk menjalankan  bisnis toko pakaian sebagai reseller hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari supplier atau pemasok. Pilihlah supplier pakaian yang terpercaya, fast respon dan harga murah dengan kualitas pakaian sangat baik.

▪ Mencari Supplier
Untuk mencari pemasok pakaian bisa dimulai dari lingkungan terdekat di daerah anda. Mungkin saja di daerah anda ada usaha konveksi yang memproduksi berbagai macam busana yang menarik dan disukai masyarakat. Anda bisa mengajak kerjasama. Setelah disetujui sobat bisa menjual lagi busana ke khalayak umum sebagai reseller dengan keuntungan dari selisih harga yang diberikan. Bergeraklah dalam menjalankan bisnis toko busana jangan sampai menunggu sempurna. Berjalan waktu, pasti anda akan mendapatkan suplier toko pakaian terbaik yang bisa menjadi mitra bisnis selanjutnya yang sangat menguntungkan selamanya.

Cara Jualan Baju Agar Cepat Laku
Setelah mempunyai toko busana dan supplier terpercaya, langkah selanjutnya adalah mulai berjualan busana sebanyak mungkin dengan cara teknik cepat laku. Semakin banyak produk baju yang terjual maka semakin besar keuntungan. Jika anda mempunyai modal usaha yang sangat minim untuk bisnis toko baju maka sobat bisa menjual pakaian busana lewat internet. Ada banyak situs marketplace gratis yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan busana secara online. Misalkan bukalapak, tokopedia, olx, forum ads id, facebook, instagram, line, whatsapp, memaksimalkan seo google, blog dan lain-lain.

Sistem penjualan dan pembelian busana lewat internet atau online sudah menjadi budaya masyarakat modern sekarang ini yang ingin serba praktis dan cepat. Sehingga sangat menguntungkan dalam waktu singkat. Apalagi pangsa pasar yang sangat besar hampir ke seluruh dunia asalkan terhubung dengan internet. Tak jarang para pembeli berasal dari berbagai wilayah di Indonesia sampai ke luar negeri. Tentu hal ini membuat bisnis busana sangat menggiurkan dan cepat kaya seseorang.

Keuntungan dari jualan baju dan busana secara online selanjutnya diputar lagi untuk modal usaha membuka toko busana secara fisik yang menyetok produk sendiri. Sehingga ujung tombak penjualan berasal dari online dari dari toko fisik. Percayalah usaha toko busana anda akan semakin menguntungkan dengan cara ini. Dan setelah usaha toko busana semakin berkembang pesat, saatnyalah anda mempekerjakan satu orang karyawan yang jujur dan siap kerja keras untuk membantu bisnis toko busana online dan offline anda dalam melayani pesanan konsumen, pengiriman, administrasi dan lain-lain.

Untuk meningkatkan penjualan produk busana dan memajukan usaha baju semakin laris manis, sobat bisa membuka usaha produksi fashion dengan brand sendiri. Tentu setelah menguasai jenis bahan, cara produksi, manajemen karyawan produksi, cara menjual baju yang laris manis, dan membangun sejumlah distributor, reseller dan agen penjualan agar jualan baju cepat laku keras. Sehingga dengan membangun sistem seperti ini anda benar-benar terjun dalam bisnis sebenarnya yang melayani sebanyak mungkin orang.

Pendek kata, kita bukan hanya melayani konsumen di tingkat akhir, tapi juga melayani konsumen di tingkat bisnis seperti agen, distributor, reseller dll yang biasa disebut bisnis to bisnis. Bagi anda yang ingin berhasil dalam bisnis toko busana maka mulailah dengan langkah kecil dan modal kecil. Perlahan usaha toko busana anda akan sukses dan semakin berkembang besar.

Pengusaha Toko Busana yang Sukses
Salah satu orang yang berhasil menggeluti bisnis toko busana adalah pria bernama lengkap Eka Putra. Dalam satu bulan, pengusaha muda ini mampu menghasilkan untung bersih sampai Rp 750 juta lebih. Wow menggiurkan bukan ? laba dari bisnis toko busana? Hal tersebut tak terlepas dari bisnis toko pakaian yang ia bangun sukses besar dengan merek sangat terkenal di masyarakat yaitu Khaera Hijab dan Fresh Fashion.  

Pria yang akrab disapa Eka ini benar-benar memulai bisnis toko pakaian dari nol sampai sukses sekarang ini.

Jika dilihat dari latar belakang sebelumnya, tahun 1990 Eka Putra berprofesi sebagai seorang pramuniaga di sebuah toko busana di Kota Kembang Bandung milik paman tercinta. Padahal saat itu ia sedang menempuh jenjang pendidikan SMA. Namun disebabkan kesulitan atau krisis keuangan yang dihadapi keluarga membuat ia terpaksa berhenti sekolah. Apalagi ia harapan ekonomi keluarga tercinta satu-satunya.

Untuk membiayai kehidupan sehari-hari di kota Bandung yang sangat tinggi, terpaksa Eka berusaha mencari pekerjaan. Ia teringat mempunyai paman di kota besar ini yang membuka toko busana. Kemudian ia berjumpa dengan pamannya yang sedang berjualan celana panjang, celana pendek, kaos, baju oblong, kemeja, produk pakaian pria dan wanita, baju anak-anak hingga orang dewasa, dan lain sebagainya. Setelah ditelusuri, produk pakaian tersebut berasal dari distributor daerah Jakarta.

Mulailah Eka Putra belajar bisnis toko busana dengan menjadi penjaga toko. Ia bekerja secara jujur dan kerja keras. Hal itu membuat ia jadi orang yang sangat diandalkan oleh paman tercinta. Tak berlangsung lama, Eka diberi wewenang untuk mengurusi toko busana itu dari penjualan, pengurusan stok pakaian, sampai pembukuan administrasi serta mengelola secara harian. Ia diberikan komisi uang secara bagi hasil.

Dua tahun kemudian, melihat kinerja dan prestasi yang sangat baik telah diraih Eka Putra membuat paman tercinta menyerahkan semua pengelolaan toko busana miliknya kepada Eka. Ia pun layaknya sang owner mengurusi operasional toko busana yang meliputi mengurusi modal. Sedangkan keuntungan bersih didapatkan pria ramah ini dalam jumlah besar. Sang paman hanya meminta uang untuk bayar sewa toko busana.

Eka Putra semakin bekerja keras dan semangat untuk memajukan bisnis toko busananya. Beberapa kali ia mengalami kegagalan karena konsep yang diusung tak laku di pasaran. Barulah pada tahun 2008, ia berhasil mengusung konsep usaha toko busana yang laris manis dan disukai pembeli yaitu toko busana muslimah yang trendy dan gaul.

Tak puas dengan sukses membuka toko busana di Bandung, ia pun mulai berbisnis produksi pakaian muslimah dengan brand Khaeera Hijab dan Fresh Fashion.  Dalam satu bulan ia mampu memproduksi pakaian muslimah sampai 600 pcs. Respon masyarakat sangat bagus terhadap keberadaan produk sandang tersebut. Hal itu membuat Eka menaikkan tingkat produksi hingga skala besar dengan merekrut perusahaan besar konveksi di kota kembang.

Ada dua target pasar yang dibidik oleh bisnis toko busana muslimah Eka Putra yakni kelas menengah ke bawah dan kelas menengah ke atas. Hal itu tentu saja membuat bisnis toko muslimahnya untung besar dalam waktu singkat. Dalam satu bulan, pria supel ini mampu memproduksi sampai 15 ribu potong pakaian. Dan omzet perbulan mencapai Rp 750 juta. Untuk meningkatkan penjualan, ia mengandalkan 11 outlet yang tersebar di Cirebon, Bandung, Cibaduyut dll. Sedangkan untuk penjualan online, ia sudah memiliki ribuan reseller yang terdapat di seluruh kota besar di Indonesia hingga ke mancanegara.