16 Ternak yang Cepat Menghasilkan Uang dan Gampang Dijalankan

21 Juni 2018

Bagi sebagian orang beternak cenderung mengarah ke image pekerjaan orang pedesaan. Hal tersebut tidak salah juga karena peternakan biasanya banyak dijumpai di pedesaan. Akan tetapi sebenarnya beternak tidak hanya bisa dilakukan orang desa saja, jika ada kemauan semua orang bisa beternak. Apalagi ada beberapa ternak yang cepat menghasilkan uang.

Mengapa beternak? Para peternak pemula tidak harus memiliki skill khusus dalam menjalankan peternakannya. Modal yang harus dikeluarkan juga tidak harus besar karena hewan yang akan diternakkan akan terus berkembang biak. Dari segi keuntungan, ternak adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Mengapa? Karena jika Anda sudah menemukan pengepul, maka uang akan terus mengalir.

Pada dasarnya kunci dari beternak adalah perawatan, besar kecilnya modal yang dikeluarkan juga bergantung pada proses perawatan nantinya. Oleh karena itu, memilih hewan ternak apa saja yang tidak membutuhkan biaya perawatan terlalu besar adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan agar ternak Anda menghasilkan untung yang besar.
ternak cepat, ternak cepat menghasilkan uang, ternak udang, udang, udang tambak, tambak udang, ternak yang gampang, peluang usaha ternak

16 Ternak yang Mudah Dijalankan dan Cepat Dapat Untung
Berikut ini akan diulas, ternak yang cepat menghasilkan uang dan mudah untuk dijalankan oleh semua orang. 16 ternak di bawah ini sangat cocok untuk yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan atau untuk dijadikan pekerjaan utama.

1. Ternak Ikan Lele
Salah satu ternak yang cepat menghasilkan uang adalah ternak ikan Lele. Dalam menjalankan ternak Lele,  modal yang dikeluarkan tidaklah terlalu besar. Anda hanya perlu membeli bibit-bibit Lele kemudian merawatnya 2-3 bulan, Lele siap panen.

Beternak Lele tidak harus memiliki kolam yang membutuhkan banyak tempat, Anda bisa membuat kolam sendiri menggunakan drum atau kolam terpal. Untuk biaya perawatan ternak Lele sangatlah murah, karena Lele tidak memiliki pakan khusus bahkan limbah-limbah yang ada dikolam bisa dijadikan pakan Lele. Oleh karena itu usaha Lele ini sangat murah meriah dengan untung yang besar.

2. Ternak Ayam Broiler
Ayam Broiler adalah jenis ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi khususnya pada daging. Ayam broiler bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan ayam kampung.

Ayam broiler ini bisa jadi ternak yang cepat menghasilkan uang. Kebutuhan daging ayam yang tidak ada habisnya, dengan daya jual yang berlangsung terus menerus membuat ternak ayam broiler banyak dilakukan. Keuntungan yang didapatkan juga sangat menjanjikan terutama saat hari-hari besar seperti hari lebaran karena semua orang memasak daging ayam pada momen hari lebaran.

3. Ternak Ayam Kampung
Tidak hanya ayam broiler saja yang bisa mendapatkan untung banyak, beternak ayam kampung juga suatu peluang usaha yang gampang untuk dilakukan. Melihat fakta bahwa ayam kampung nilai jualnya lebih mahal. Bahkan perawatannya sangat gampang hanya tinggal memberi pakan secara rutin dan menjaga kesehatan si ayam.

Jika dilihat-lihat beternak unggas memang suatu bisnis yang gampang-gampang susah. Proses perawatannya memang tidak sulit akan tetapi kendala utamanya adalah unggas mati karena virus. Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda memperhatikan kebersihan kandang.

4. Ayam Petelur
Ayam memanglah jenis unggas yang seluruh tubuhnya bisa dimanfaatkan. Selain daging telur ayam juga salah satu prospek usaha yang menjanjikan. Telur sudah bisa disebut sebagai bahan pokok makanan sehingga kebutuhan akan telur akan terus meningkat. Usaha ternak ayam petelur saat ini masih memiliki prospek cerah.

5. Ternak Kelinci
Pernahkah Anda menemukan ternak kelinci dengan harga jual yang fantastis? Ternak kelinci juga bisa menjadi ternak yang cepat menghasilkan uang. Hewan kelinci tidak hanya diminati sebagai hewan peliharaan saja. Hewan ini juga dikenal sebagai bahan makanan utama sate kelinci.

Ternak kelinci sangatlah minim modal. Kelinci akan terus berkembang biak, biasanya satu induk kelinci bisa melahirkan 5-10 anakan kelinci. Proses perawatannya juga sangat mudah, karena pakan kelinci adalah rumput maka tidak membutuhkan modal, hanya perlu mencari di kebun atau di sawah saja.

6. Ternak Bebek Petelur
Kebutuhan akan telur bebek yang tinggi membuat bisnis bebek petelur tidak ada matinya. Telur bebek sebagai bahan dasar telur asin dan berbagai makanan lainnya memiliki kandungan gizi yang lebih dari pada telur ayam. Telur bebek juga memiliki harga jual yang lebih mahal.

7. Ternak Bebek Pedaging
Seperti halnya ayam, bebek juga termasuk ternak yang cepat menghasilkan uang. Banyaknya restoran-restoran yang memiliki menu utama bebek bisa dimanfaatkan peternak bebek. Budidaya ternak bebek pedaging bisa dilakukan dengan cara modern ataupun tradisional. Tidak heran di pedesaan, karena ketersediaan lahan yang cukup, banyak petani yang mengembangkan usaha beternak bebek pedaging. Jika Anda mencari usaha yang menguntungkan di desa, coba pertimbangkan budidaya ternak bebek pedaging ini.

8. Ternak Jangkrik
Jangan salah bahwa jangkrik yang sering dilihat di sawah jika diternakan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Keuntungan jangkrik bisa didapatkan dengan cepat karena pertumbuhan jangkrik juga termasuk cepat. Jangkrik bisa dijual sebagai pakan burung.

9. Ternak Belut
Jika dilihat-lihat pembudidayaan belut masih jarang dijumpai baik di pedesaan maupun di perkotaan. Hal ini bisa dimanfaatkan, untuk beternak belut. Apalagi permintaan stok belut di pasaran juga sangat tinggi. Harga jual dari belut termasuk besar dengan modal awal yang minim.

10. Ternak Burung Puyuh
Burung puyuh adalah jenis burung yang banyak dijadikan sebagai bahan makanan. Walaupun kecil harga burung puyuh tidak sekecil tubuhnya. Tidak hanya diambil dagingnya, telurnya juga bisa dijual dengan harga yang lumayan tinggi.

11. Ternak Kambing
Ternak kambing juga menjadi salah satu ternak yang cepat menghasilkan uang. Dengan bermodalkan membeli anakan kambing atau membeli sepasang kambing jantan dan betina. kambing akan berkembang biak tanpa perawatan yang susah. Seperti yang diketahui bahwa nilai jual kambing sangatlah tinggi berkisar 1 juta sampai 4 juta rupiah tergantung besar kambing dan jenis kambing.

Nilai jual kambing pada masa-masa tertentu juga akan mengalami kenaikan sehingga bisa menjadi keuntungan lebih. Seperti halnya pada saat hari raya idul adha sebagaimana kebutuhan akan kambing sangat tinggi.

12. Ternak Ikan Nila
Ternak ikan Nila tidak kalah dengan ternak ikan lele. Ikan Nila sebagai bahan dasar makanan akan terus menjadi peluang usaha yang apabila ditekuni bisa mendapatkan untung banyak. Dengan budidaya beberapa bulan saja, nila bisa langsung siap panen dan siap untuk dipasarkan.

13. Ternak Udang
Penikmat makanan yang terbuat dari udang di Indonesia sangat tinggi. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis ternak yang cepat menghasilkan uang. Ternak udang memang belum banyak yang tahu, justru hal itu harus dimanfaatkan sesegera mungkin untuk membuat bisnis ternak udang di daerah Anda. Apalagi daerah Anda dekat dengan pabrik makanan yang terbuat dari udang atau restoran udang.

14. Ternak Burung Walet
Siapa bilang burung walet itu tidak ada harganya. Apakah Anda tahu bahwa burung walet itu memiliki harga jual sampai jutaan? Ternak burung walet bisa dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan jika pintar-pintar memasarkannya. Tidak semua orang membutuhkan burung walet, akan tetapi itulah tantangan dalam menjalankan bisnis ini.

15. Ternak Ikan Kakap
Ikan kakap adalah salah satu ikan yang peluang usahanya tidak ada matinya. Hal tersebut dikarenakan ikan kakap terus dibutuhkan di pasaran untuk dijadikan bahan makanan. Penikmat ikan kakap di Indonesia juga sangat tinggi sehingga ikan kakap bisa menjadi peluang bagi Anda.

16. Ternak Kroto
Kroto dikenal sebagai makanan bagi burung kicau. Mengapa beternak kroto bisa menjadi ternak yang cepat menghasilkan uang. Perawatannya sangat mudah, bahkan Anda hanya perlu menyediakan sebuah toples untuk tempat perkembangbiakan kroto. Kroto bisa dijual di tempat ternak burung kicau atau di pasar-pasar unggas.

Demikian 16 ternak yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menghasilkan untung cepat. Semua ternak di atas, peternak tidak harus memiliki keahlian khusus supaya bisa menjalankan usaha ternaknya. Cara-caranya juga mudah dan bisa dilakukan dimanapun dan siapapun.

Penghasilan dari beternak juga tidak bisa dianggap remeh. Jika ditekuni dan dilakukan secara maksimal, penghasilan Anda juga tidak akan tanggung-tanggung. Anda pasti pernah mendengar seorang peternak yang menghasilkan uang puluhan juta tiap bulannya kan? Jika Anda menginginkan hal tersebut tentu harus dibarengi dengan usaha.

Anda bisa memilih salah satu ternak yang cepat menghasilkan uang  di atas untuk dijadikan pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama. Rencanakan mulai sekarang dan wujudkan usaha ternak dengan untung yang besar.