15 Jenis Snack yang Laris Dijual, Untung Berlipat, dan Mudah

05 Maret 2018

Di kesempatan ini, penulis akan mengulas bisnis snack tepatnya 15 jenis snack yang laris dijual, untung berlipat dan mudah. Karena ini merupakan hal paling mendasar bagi seseorang yang hendak memulai usaha cemilan. Untuk membuka usaha makanan ringan seperti snack maka hal utama yang harus dilakukan adalah memilih jenis snack yang paling laris saat ini di pasaran. Dengan pemilihan jenis snack yang sedang diminati dan laris di pasaran, maka bisnis snack anda akan berjalan mudah, lancar, sukses dan menguntungkan.

Analisa Bisnis Snack yang Paling Laris
Anda akan menemukan berbagai jenis snack di pasaran sekarang ini. Dari snack harga paling murah mulai Rp 500.  Hingga snack paling mahal. Mengingat banyak jenis snack saat ini membuat persaingan bisnis makanan ringan ini sangat tinggi. Anda tidak bisa sembarangan untuk memproduksi atau membuat suatu jenis snack untuk dijual kepada umum.  Diperlukan analisa mendalam dan pengamatan apakah jenis snack yang anda jual laku keras di pasaran. Sehingga perputaran uang berlangsung cepat dan menguntungkan.
snack, jenis snack, makanan ringan, snack yang laris, snack yang menguntungkan, kue, makaroni

Setiap daerah berbeda-beda terhadap jenis snack yang laris. Ada suatu snack yang laris di daerah tertentu. Tapi kurang laku di daerah lain. Sehingga anda harus jeli melihat  jenis snack yang laris di tempat anda. Sebab tak semua jenis snack bisa laku keras di tempat anda. Untuk mengetahuinya dengan cara mencoba menjual atau mendengarkan pengalaman para pelaku usaha snack itu sendiri.

Cara memasarkan makanan ringan snack sangat mudah. Anda bisa menjual snack secara toko online di internet, menjual snack melalui media sosial seperti fanspage facebook, whatsapp, instagram, dll. Lalu anda bisa menitipkan snack di sejumlah kantin dan warung sistem konsinyasi, menjual snack di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, olx, shopee dan lain-lain. Semua itu dilakukan secara gratis.

15 Jenis Snack yang Laris Dijual, Untung Berlipat, dan Mudah
Berikut ini 15 jenis snack yang laris dijual, untung berlipat dan mudah, antara lain:

1. Makaroni
Anda pasti mengenal dengan snack makaroni. Ada berbagai variasi rasa dari makaroni, antara lain manis, asin dan pedas. Kuliner  ini sangat disukai anak-anak hingga orang dewasa. Karena memiliki rasa yang gurih, kres, dan renyah. Ada banyak snack makaroni yang dijual di pasaran saat ini dalam bentuk kiloan, bal maupun kemasan rp 500, rp 1000, rp 2000 hingga kemasan eksklusif. Anda bisa membeli snack makaroni dalam bentuk kiloan. Lalu membungkusnya dalam kemasan kecil Rp 500 atau Rp 1000. Kemudian dijual di pasaran.

Makaroni sangat cocok dinikmati saat sedang berkumpul dengan keluarga, menonton televisi, dan menjamu tamu. Adapun harga makaroni di pasaran sangat terjangkau. Harga makaroni perbal sekitar Rp 50 ribu. Anda bisa membeli makaroni dalam partai besar atau perbal di pabrik pembuatan makaroni atau di pasar tradisional. Pada daerah tertentu, snack ini laris manis. Tak ada salahnya jika anda memutuskan untuk membuka bisnis snack maka anda bisa memilih untuk menjual makaroni sebagai pelengkap bisnis makanan ringan.

2. Kacang Telor
Jenis snack yang paling laris lainnya adalah kacang telor dan snack kacang-kacangan sejenis. Para penggemar kacang telor sangat besar jumlahnya di Indonesia dari kalangan anak-anak, remaja sampai orang dewasa. Sebab rasanya sangat enak, lezat dan gurih. Selain itu, harga kacang telor cukup murah dari kemasan harga Rp 500, 1000, 2000, 5000 dll. Cemilan ini sangat disukai kalangan anak sekolah dan sangat pas dinikmati ketika menonton televisi atau berkumpul bersama keluarga.

3. Keripik Kentang
Salah satu snack yang paling digemari banyak orang adalah keripik kentang. Anda dapat membeli keripik kentang di toko snack atau warung terdekat. Jika di daerah anda belum ada usaha berjualan kripik kentang maka itu peluang usaha yang bagus untuk anda jalankan. Mengingat makanan ringan ini termasuk cemilan paling laris di berbagai daerah di Indonesia. Anda bisa memproduksi kripik kentang atau mengemas kembali kripik kentang yang ada di pasaran. Kripik kentang mempunyai berbagai variasi rasa seperti asin, keju, manis dan pedas. Pangsa pasar usaha kripik kentang yaitu semua kalangan dari mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga orang lanjut usia.

4. Keripik Singkong
Cemilan paling laku di tanah air berikutnya adalah keripik singkong. Dengan rasa yang gurih, renyah dan nikmat membuat kuliner ini disukai banyak kalangan. Kripik singkong sama dengan kripik kentang yang termasuk jenis snack paling laris dan populer saat ini. Harga keripik singkong cukup terjangkau dimulai dari harga rp 500 untuk kemasan anak pelajar SD hingga kemasan besar. Berbagai perusahaan besar hingga usaha rumahtangga banyak memproduksi keripik singkong dengan keuntungan sangat besar perbulan. Anda mungkin perlu mencoba usaha keripik singkong ini.

5. Keripik Buah
Inilah jenis snack yang sedang trend yaitu kripik buah. Seiring dengan munculnya berbagai kreatifitas, inovasi terbaru membuat lahirlah kuliner kripik buah. Makanan ringan ini digemari semua kalangan karena memiliki rasa yang enak, lezat dan renyah serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ada berbagai macam rasa kripik buah seperti asin, pedas, manis dan asam. Persaingan usaha kripik buah sangat lemah di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga jika di daerah anda belum ada yang membuka usaha kripik buah maka sangat tepat bagi anda untuk membuka bisnis keripik buah di daerah anda. Ada berbagai jenis buah yang dapat dijadikan kripik. Silahkan searching di mbah google.

6. Keripik Talas
Keripik talas merupakan jenis makanan ringan yang sangat pas untuk dijual di sekolah. Mengingat para pelajar sangat menggemari snack ini. Harga jual pun lumayan murah sesuai dengan kantong pelajar. Adapun resep pembuatan kripik talas yang enak cukup gampang. Potong iris memanjang talas. Kemudian goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Selanjutnya ditaburi bumbu sesuai selera.

7. Keripik Ubi
Ubi adalah jenis umbi-umbian yang bisa dijadikan keripik sama halnya dengan singkong dan talas. Kripik ubi merupakan cemilan ringan yang disukai anak-anak dan orang dewasa. Rasanya lezat dan renyah membuat orang yang mencicipinya akan ketagihan. Apalagi jika di daerah anda ada pasokan ubi yang berlimpah maka anda bisa memanfaatkannya dengan membuat dan menjual kripik ubi.

8. Kerupuk Seblak
Jumlah penggemar makanan ringan dengan rasa pedas sangat besar di Indonesia. Lihatlah keripik singkong karuhun dan maichih dengan tingkat kepedasan berbeda laris manis di pasaran. Begitupula kerupuk seblak. Hal inilah yang menimbulkan munculnya berbagai perusahaan kecil maupun besar yang memproduksi kerupuk seblak pedas. Rasa pedas yang gurih dengan harga terjangkau merupakan ciri khas dari makanan ringan seblak.

9. Sistik / Mie Pedas
Jajanan anak sekolah yang paling laris saat ini adalah mie pedas atau disebut pula sistik. Dengan rasa yang pedas atau asin serta gurih renyah membuat cemilan ini disukai semua kalangan dari anak-anak hingga ibu-ibu dan bapak-bapak. Di dekat tempat tinggal penulis ada dua buah pabrik IRT yang memproduksi mie pedas atau sistik. Penghasilan perbulan sangat besar hingga pemiliknya bisa menunaikan rukun Islam yang kelima yakni ibadah haji ke Baitullah. Cara pemasarannya bisa dijual di marketplace, tokopedia, bukalapak atau dititipkan di sejumlah warung dan kantin sekolah terdekat.

10. Keripik Pisang
Keripik yang terbuat dari buah pisang yang diris tipis lalu digoreng ini sudah populer di masyakarat Indonesia sejak lama hingga saat ini. Untuk membuat kripik pisang yang enak dan renyah sangat mudah, anda siapkan pisang kapas yang masih muda. Kemudian kupas pisang lalu iris tipis-tipis. Selanjutnya digoreng dalam wajan hingga berwarna kuning kecoklatan. Keripik pisang ini sangat cocok disajikan ketika menjamu tamu atau ketika bersantai bersama keluarga tercinta.

11. Kuping Gajah
Anda tentu tidak asing lagi dengan snack kuping gajah. Makanan paling laris untuk dijual ini disukai berbagai kalangan tanpa memandang umur, usia dan jenis kelamin. Kuping gajah dapat anda dapatkan di toko snack terdekat dalam bentuk kiloan atau dalam bentuk kemasan kecil. Jika anda membidik pangsa pasar anak sekolah dasar atau TK maka sangat tepat untuk mengemas ulang snack kuping gajah dalam kemasan kecil dengan harga Rp 500 atau Rp 1000.

12. Taro
Jenis snack yang paling laris sekarang ini adalah taro. Karena seiring dengan gencarnya iklan taro di berbagai televisi membuat banyak orang mengetahui dan berminat untuk mencoba mencicipi produk makanan ringan ini. Taro merupakan snack yang sangat disukai oleh banyak kalangan terutama anak-anak. Karena mempunyai rasa yang enak dan gurih. Harga snack taro pun cukup terjangkau sekitar Rp 1000 untuk kemasan kecil. Dan kemasan besar Rp 5000. Anda bisa menjual taro dengan mencari terlebih dahulu grosir atau distributor snack taro di daerah anda.

13. Chiki
Inilah jenis snack legendaris yang paling laris di jaman dulu hingga saat ini. Anda yang hidup ditahun 1990 an tentu mengenal dengan jenis snack chiki. Ada berbagai macam rasa chiki antara lain keju, ayam bawang dan lain-lain. Kalangan anak-anak dan pelajar sangat menyukai snack chiki sebab memiliki rasa yang enak, lezat dan gurih. Harga jual chiki sangat ramah bagi kalangan anak-anak dan pelajar dikisaran Rp 1000.

14. Astor
Astor adalah salah satu snack yang paling diminati banyak orang saat ini. Dari kalangan anak-anak hingga orang lanjut usia menyukai makanan ringan ini. Dengan balutan cokelat yang manis dan renyah membuat astor diburu banyak orang. Anda bisa membeli astor dalam bentuk bal kemudian membungkus ulang dalam kemasan kecil. Produk ini dijamin laris manis mengingat banyak penggemar dari cemilan ringan ini.

15. Cheetos
Snack yang paling laris dijual saat ini dengan mudah dan menguntungkan lainnya adalah cheetos. Snack ini disukai anak-anak dengan rasa yang gurih, nikmat dan lezat. Ada berbagai variasi rasa yang bisa dipilih seperti keju, berbequ, ayam bawang, jagung bakar dan lain sebagainya. Anda bisa mencari distributor atau agen cheetos di daerah anda, kemudian menjualnya ke sejumlah warung dan kantin di dekat daerah anda.