7 Bisnis Grosir dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

04 November 2017

Sekarang ini untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi sangat sulit. Cara paling mudah untuk menghasilkan uang banyak selain sebagai karyawan kantoran adalah dengan berwirausaha. Ada banyak peluang usaha tersedia. Salah satunya peluang bisnis membuka usaha grosir yang sangat terbuka lebar. Siapa pun dapat mendirikan bisnis grosir. Di mana dapat dengan gampang anda temukan di internet, koran, surat kabar dan berbagai media massa lainnya. Banyak distributor dan perusahaan besar yang berlomba-lomba menawarkan produk yang mereka miliki dengan harga grosir, eceran dan retail. Anda bisa membuka bisnis grosir dengan modal kecil yang menguntungkan dengan target pasar para pengecer atau retailer serta konsumen langsung.

7 Bisnis Grosir dengan Modal Kecil yang Menguntungkan
Tanpa panjang lebar, berikut ini 7 bisnis grosir dengan modal kecil yang menguntungkan yang bisa anda lakoni, antara lain:

1. Bisnis Grosir Sembako
Banyak cara yang dilakukan manusia untuk memperoleh pendapatan yang besar. Salah satunya membuka usaha grosir sembako. Jenis bisnis ini marak dan populer di berbagai wilayah di Indonesia. Hampir di setiap sudut kota dan desa dapat dijumpai gerai usaha grosir sembako. Hal ini tak terlepas dari keuntungan bisnis sembako sangat menggiurkan mengingat sembako merupakan kebutuhan utama manusia sehari hari. Seperti beras, buah-buahan, gula pasir, sayur sayuran, telur, susu, daging ayam, daging sapi, ikan, garam, minyak goreng, dan gas elpiji.
bisnis grosir, usaha grosir, grosir, grosir sembako, grosir pakaian, grosir jajanan, grosir plastik

Usaha grosir sembako bisa dijalankan oleh siapa saja baik ibu rumah tangga, remaja, mahasiswa, pelajar, dan pengangguran serta pensiunan dengan modal kecil yang menguntungkan. Ada banyak para pelaku usaha grosir sembako yang sukses dengan penghasilan hingga ratusan juta rupiah perbulan. Namun bisnis grosir sembako mempunyai tingkat persaingan usaha yang sangat ketat. Sehingga anda harus benar benar memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan pada konsumen atau pengecer.

Salah satu pelayanan yang harus diberikan kepada pihak pengecer dan konsumen adalah pelayanan yang ramah, murah senyum, sembako yang dijual berkualitas bagus dan harga sembako yang lebih murah dari toko grosir sembako yang lain. Sediakan pula jasa pengiriman gratis hingga ke tempat tujuan bagi yang membeli sembako dalam jumlah banyak. Supaya sukses dalam usaha grosir sembako adalah pastikan toko grosir sembako berada di tempat strategis seperti pinggir jalan yang ramai oleh manusia, dekat pusat keramaian orang, di sekitar kompleks perumahan yang padat penduduk dan lain lain.

2. Bisnis Grosir Baju Murah
Peluang bisnis grosir baju murah menjadi salah satu pilihan bisnis yang sangat menjanjikan. Mengingat baju merupakan salah satu kebutuhan utama manusia sehari-hari selain makanan dan minuman. Manusia butuh pakaian selama ia masih hidup di muka bumi. Berpakaian membuat manusia tampil indah dan menawan serta menutupi aurat. Berdasarkan pengamatan penulis, prospek bisnis grosir pakaian murah sangat cerah saat ini dan di masa mendatang.

Untuk mendapatkan distributor baju murah maka anda bisa mencarinya di internet. Pilihlah supplier atau distributor pabrik baju murah yang terpercaya dengan kualitas pakaian yang bagus dengan harga lebih murah dari distributor lain serta baju murah yang ditawarkan sesuai dengan mode terkini yang sedang trend dan populer. Keuntungan bisnis grosir baju murah sangat besar. Apalagi penjualan dilakukan secara online yang pangsa pasar hingga ke seluruh dunia.

Salah satu contoh bisnis grosir baju murah adalah bisnis baju serba 5 ribu. Anda bisa membeli berbagai pakaian dari pihak distributor baju besar dengan harga Rp 3500 per pakaian. Kemudian menjual kembali kepada pihak pengecer seharga Rp 5000 per item. Keuntungan Rp 1500 per baju akan menjadi besar jika volume penjualan sangat besar. Misalkan seorang pengecer membeli 100 buah baju murah maka keuntungan yang anda dapatkan sebesar Rp 150 ribu. Apabila anda mempunyai pelanggan sebanyak 10 pengecer maka keuntungan bisnis grosir baju murah sebesar Rp 1,5 juta perhari.

3. Bisnis Grosir Plastik
Peluang bisnis membuka toko grosir plastik menjanjikan sekali untuk dijalankan. Disebabkan margin keuntungan yang sangat mutlak. Selain itu, anda tidak perlu risau barang akan kedaluarsa.Di daerah penulis, ada salah satu toko grosir plastik yang laris manis. Usaha toko grosir plastik dikombinasikan dengan usaha jualan bahan kue. Walaupun tingkat persaingan tinggi sekali dari bisnis grosir plastik, dengan kualitas pelayanan yang baik maka usaha grosir plastik sobat bisa berpotensi untung besar dengan pangsa pasar yang luas.

Bagi anda yang tertarik membuka usaha toko grosir plastik, berikut ini hal-hal yang harus anda perhatikan, antara lain:

▪ Persiapan Modal
Untuk memulai membuka bisnis grosir plastik, langkah pertama adalah mempersiapkan modal usaha. Adapun rincian biaya modal usaha grosir plastik adalah pembelian plastik beraneka macam dan ukuran, sewa lokasi usaha, biaya promosi, upah karyawan, biaya listrik, dan lain sebagainya. Total modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha grosir plastik dari awal hingga siap buka sekitar Rp 18 juta.

▪ Lokasi Strategis
Dengan membuka usaha toko grosir plastik di lokasi strategis akan meningkatkan penjualan plastik perhari. Contoh lokasi usaha yang strategis bagi toko grosir plastik adalah di sekitar pasar tradisional dan pasar modern yang setiap hari buka. Selain itu, dengan membuka usaha grosir plastik di dekat pasar berarti anda mengetahui target pasar yang dituju yaitu kalangan para pedagang. Adapun plastik yang mereka butuhkan adalah jenis kantong kresek untuk membungkus barang.

4. Bisnis Grosir Jajanan Anak Sekolah
Usaha grosir makanan dan jajanan anak sekolah cukup menjanjikan. Mengingat jumlah anak sekolah di Indonesia sangat besar dan setiap tahun bertambah banyak. Anak-anak tidak dapat lepas dari jajan. Hobi itu sudah merupakan kebiasaan anak anak. Namun di jaman canggih saat ini berbagai jajanan anak sekolah yang paling laris dikemas dengan sangat menarik dan dijual dengan harga yang sangat murah dimulai dari Rp 500 sampai Rp 1000. Selain makanan, contoh jajanan anak sekolah yang paling laku adalah mainan anak-anak.

Bagi anda yang ingin memulai usaha grosir jajanan anak sekolah maka pilihan itu sangat bagus. Mengingat pangsa pasar yang sangat besar dan setiap anak sekolah pastinya mempunyai uang jajan. Untuk sukses dalam bisnis grosir jajanan anak sekolah maka pilihlah jenis jajanan anak sekolah yang saat ini sedang laris dan populer serta trend dengan harga murah. Sehingga perputaran uang dan barang berlangsung sangat cepat. Berikut ini contoh jajanan anak sekolah yang paling laris saat ini, antara lain biskuit, es krim, wafer, permen, minuman ringan, susu dan lain sebagainya. Anda bisa menjual jajanan anak sekolah perdus kepada pihak pengecer atau retail.

5. Bisnis Grosir Snack
Salah satu jenis peluang usaha dalam bidang grosir adalah usaha distributor grosir snack. Bisnis makanan ringan secara grosiran ini sudah populer sejak lama hingga saat ini. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis grosir snack sangat kecil dengan potensi keuntungan cukup besar. Sebagai usaha grosir snack menjalankan bisnis kuliner ini dengan cara menyalurkan makanan ringan snack kepada pihak pengecer yang akan menjual lagi kepada konsumen terakhir.

Usaha grosir snack makanan ringan hampir sama seperti bisnis grosir jajanan anak sekolah. Namun ini lebih luas lagi. Pangsa pasar bukan hanya kalangan anak sekolah tapi juga masyarakat umum seperti anak-anak, remaja, usia dewasa, lansia dll yang mayoritas menyukai makanan ringan atau snack sebagai makanan cemilan. Berikut ini contoh makanan ringan atau snack yang paling laris saat ini, antara lain : keripik pisang, keripik singkong, kerupuk pedas, keripik ubi, kripik talas, dan lain sebagainya.

6. Bisnis Grosir Bubuk Es Krim
Bisnis es krim murah menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Hal ini dikarenakan pangsa pasar yang sangat luas terutama kalangan anak anak dan remaja. Ada banyak jenis es krim yang sangat disukai banyak orang. Namun untuk membuat es krim tidaklah mudah. Seseorang membutuhkan keterampilan khusus dalam membuat es krim. Salah satu bahan untuk membuat es krim adalah bubuk es krim. Anda bisa membeli bubuk es krim dalam jumlah besar kepada pihak pabrik atau distributor bubuk es krim besar. Kemudian menjual kembali kepada pihak pengecer dengan harga khusus.

Keuntungan bisnis grosir bubuk es krim sangat besar. Apalagi jika anda mempunyai beberapa pelanggan atau pengecer yang tersebar di berbagai kota dan wilayah di Indonesia. Anda bisa menjual bubuk es krim untuk dijadikan es krim yang enak dan lezat baik berupa soft ice cream maupun hard ice cream. Sistem penjualan usaha grosir bubuk es krim bisa dilakukan secara online dan offline.

7. Bisnis Grosir Minuman Ringan Kemasan
Salah satu bisnis grosir dengan modal kecil yang menguntungkan adalah usaha grosir minuman ringan kemasan. Bisnis ini sangat menjanjikan untung besar mengingat minuman merupakan kebutuhan utama manusia setiap hari. Setiap orang mesti banyak minum untuk menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh. Apalagi saat cuaca panas, usaha minuman ringan kemasan laris manis diserbu para konsumen untuk melepaskan dahaga.

Saat ini seiring dengan kemajuan teknologi yang mutakhir membuat berbagai minuman dikemas dengan sangat praktis, rapi dan semenarik mungkin. Bahkan awet hingga berbulan-bulan lamanya. Contoh minuman yang dikemas dalam bentuk botol plastik maupun cup adalah minuman kopi, minuman susu, minuman air mineral aqua, isotonik, minuman cokelat, kopi, teh,  dan minuman kemasan lainnya. Untuk mendapatkan pasokan minuman ringan kemasan maka anda bisa mencari distributor minuman ringan kemasan gelas atau cup di internet.