14 Cara Membuka Usaha Fried Chicken buat Pemula Untung Jutaan

07 Maret 2018

Makanan cepat saji atau fastfood menjadi salah satu jenis kuliner yang disukai banyak orang saat ini. Karena  bersifat praktis, rasa makanan yang sangat enak dan lezat serta harga yang terjangkau. Bahkan seolah sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan modern. Salah satu makanan cepat saji yang populer dan paling diminati adalah fried chicken atau ayam goreng berbalut tepung. Disebabkan fried chicken mempunyai rasa yang sangat nikmat, gurih dan enak. Selain itu, tekstur fried chicken sangat renyah hingga menggugah selera makan. Harga yang ditawarkan cukup murah perporsi.

Analisa Usaha Ayam Fried Chicken
Daging ayam merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang mesti dikonsumsi oleh manusia untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena di dalamnya terkandung protein hewani yang cukup tinggi. Atas hal itulah membuat permintaan terhadap daging ayam berbalut tepung atau fried chicken sangat tinggi di masyarakat di Indonesia. Permintaan yang sangat besar terhadap fried chicken di kalangan masyarakat membuat usaha fried chicken menjanjikan keuntungan jutaan perhari. Ditambah lagi dengan pertambahan jumlah penduduk Indonesia sangat besar pertahun membuat bertambah pula penikmat fried chicken di tanah air.
bisnis ayam goreng, usaha fried chicken, bisnis fried chicken, usaha ayam goreng, fried chicken, ayam goreng

Beberapa orang yang peka melihat peluang bisnis yang ada dan mengetahui prospek usaha fried chicken sangat cerah kemudian membuka usaha fried chicken secara gerobak kaki lima, kantin, kedai, kafe, waralaba atau franchise, rumah makan maupun restoran. Bisnis fried chicken yang mereka jalankan ada yang menggunakan sistem waralaba atau franchise maupun sistem brand sendiri. Namun bagi anda yang ingin memulai berbisnis fried chicken mandiri perlu direncanakan dengan matang beserta konsep yang hendak dijalankan.

Dalam dunia bisnis tidak bisa dilepaskan dengan persaingan usaha. Begitupula dalam usaha fried chicken. Anda mesti bersaing secara sehat dan ketat dengan banyak pengusaha lain yang membuka usaha ayam goreng berbalut tepung ini. Anda bukan hanya bersaing dengan pengusaha fried chicken sistem mandiri. Tapi juga bersaing dengan gerai usaha fried chicken yang sudah mapan dan mempunyai nama besar. Seperti KFC, Hasna Fried Chicken, Sabana Fried Chicken dll. Oleh sebab itu, sobat tidak dapat asal-asalan dalam membuka usaha fried chicken.

14 Cara Membuka Usaha Fried Chicken buat Pemula Untung Jutaan
Bagi seorang pemula tentu akan merasakan kebingungan ketika hendak memulai sebuah usaha fried chicken secara mandiri, meliputi berapa modal usaha yang dibutuhkan, bagaimana cara pembuatan fried chicken yang enak dan renyah, berapa keuntungan usaha fried chicken, kiat sukses bisnis fried chicken, bagaimana cara membuat proposal usaha fried chicken, dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkap dan membantu para pemula dalam bisnis fried chicken, berikut ini 14 cara membuka usaha fried chicken buat pemula untung jutaan, antara lain:

1. Membekali diri  dengan pengetahuan dunia bisnis dan kewirausahaan fried chicken
Di sini meliputi cara menjual yang banyak, cara memenangkan persaingan usaha,  cara melayani konsumen dan pelanggan, analisis SWOT dan lain-lain.

2. Menentukan konsep usaha fried chicken
Anda bisa membuka bisnis fried chicken dengan konsep gerobak kaki lima, rumahan maupun konsep kedai dan restoran. Selain konsep usaha ayam fried chicken bisa menggunakan waralaba atau mandiri. Semua itu pilihan yang harus ditentukan terlebih dahulu sebelum memasuki poin selanjutnya.

3. Menyediakan modal operasional usaha yang mencukupi
Adapun modal usaha operasional yang dibutuhkan untuk membuka usaha fried chicken dari awal hingga buka sebesar Rp 12 juta. Modal usaha sebesar itu digunakan untuk biaya operasional. Seperti gaji pegawai, sewa lokasi, belanja bahan baku dan lain sebagainya.

4. Pemilihan tempat usaha strategis
Gerai usaha fried chicken memerlukan lokasi usaha yang sangat strategis untuk meningkatkan penjualan perhari. Dengan lokasi usaha yang strategis maka masyarakat akan mengenal keberadaan bisnis fried chicken yang sobat jalani. Contoh tempat usaha yang cocok bagi usaha fried chicken antara lain berada di pinggir jalan yang padat penduduk dan banyak orang lalu lalang, dekat kantor, sekitar tempat wisata, dekat sekolah atau kampus dll. Namun jika rumah anda berada di lokasi tersebut maka anda bisa membuka usaha fried chicken secara rumahan memanfaatkan teras atau halaman rumah.

5. Menyediakan peralatan dan perlengkapan usaha fried chicken yang diperlukan
Meliputi wadah, sendok, garpu, kompor gas, wajan, serok, dll. Pada awal usaha, anda bisa saja membeli peralatan dan perlengkapan usaha yang murah tapi masih berkualitas bagus. Atau memanfaatkan peralatan yang sudah ada di dapur anda. Dengan peralatan usaha yang lengkap sudah tersedia akan memperlancar proses produksi usaha fried chicken hingga penjualan.

6. Memiliki resep pembuatan ayam goreng fried chicken yang enak, gurih dan renyah
Dalam bisnis kuliner seperti halnya usaha fried chicken, rasa menjadi hal paling mendasar untuk diperhatikan. Dengan rasa fried chicken yang enak, gurih dan renyah akan mampu membuat konsumen puas, gembira dan ketagihan yang selanjutnya jadi pelanggan tetap. Namun apabila sebaliknya, rasa fried chicken buatan anda tidak enak dan tak sesuai keinginan mereka maka konsumen akan kapok berkunjung ke gerai usaha fried chicken anda.

7. Belajar kepada mentor
Di berbagai tempat biasanya terdapat beberapa pengusaha ayam fried chicken yang sukses dan kaya raya. Anda sebagai pemula dalam bisnis ayam goreng berbalut tepung ini sangat disarankan untuk berguru langsung kepada mentor yang sukses sebelum memulai usaha fried chicken di lapangan. Hal ini berguna untuk memperlancar usaha fried chicken anda. Dari mentor yang sukses dan berpengalaman ini anda akan belajar cara mengatasi hambatan dan kendala, cara mengembangkan usaha fried chicken hingga sekelas Sabana Fried Chicken bahkan KFC.

8. Penentuan harga jual fried chicken
Untuk menentukan harga jual fried chicken maka anda bisa menyesuaikan dengan harga pasaran saat ini. Harga fried chicken bagian sayap, paha dan dada sama saja sekitar Rp 7000 sampai Rp 10 ribu. Namun jika anda ingin usaha fried chicken laris manis bisa menjual lebih banyak maka anda harus menjual fried chicken lebih murah sedikit dari pesaing. Misalkan dengan harga Rp 6000 perpotong.

9. Promosi yang efektif dan konsisten
Promosi yang gencar perlu dilakukan untuk memperkenalkan usaha fried chicken yang anda jalani. Dengan penawaran menarik membuat orang tertarik untuk membeli ayam fried chicken yang anda jual. Ada berbagai jurus promosi yang bisa anda pakai, antara lain promosi lewat sosial media, pasang pamflet, membagikan brosur, promosi dari mulut ke mulut dll.

10. Layanan terbaik
Di tengah persaingan bisnis fried chicken yang semakin ketat membuat anda harus unik dan lebih memperhatikan pelayanan usaha. Harga ayam fried chicken mungkin sama tapi anda harus memberikan kualitas pelayanan yang berbeda yaitu pelayanan prima yang mampu memuaskan konsumen. Seperti menjaga kebersihan lingkungan gerai usaha fried chicken sobat, selalu tampil bersih, rapi dan selalu tersenyum. Sehingga membuat pembeli nyaman dan betah berada di gerai usaha ayam fried chicken sobat.

11. Menarik sebanyak mungkin mitra
Jika usaha ayam goreng fried chicken anda laris manis dan berkembang pesat, tak ada salahnya anda untuk membuka gerai usaha fried chicken di daerah lain yang lebih potensial. Sehingga pangsa pasar lebih luas dan keuntungan bisa didapatkan lebih besar lagi. Dengan sistem mitra waralaba maupun merekrut tenaga karyawan baru untuk ditempatkan di daerah tertentu. Cara ini efektif berhasil melejitkan pendapatan bisnis fried chicken. Untuk mendapatkan mitra usaha pilihlah mitra usaha yang ahli, berpengalaman dan terpercaya.

12. Inovasi
Supaya konsumen dan para pelanggan tidak bosan dengan jenis ayam goreng fried chicken yang ada maka anda bisa menambahkan dengan variasi fried chicken rasa pedas, rasa keju maupun rasa lainnya yang belum pernah ada di pasaran.

13. Kerja keras
Pada awal merintis usaha fried chicken pastinya anda belum memiliki pelanggan sama sekali. Agar usaha anda sukses tidak bisa dengan berleha-leha. Anda harus bekerja keras sehingga usaha ayam goreng crispy ini bisa berkembang besar dan dikenal banyak orang. Kerja keras dalam berpromosi maupun mengelola dan menjalankan usaha.

14. Pantang menyerah
Pastinya anda akan menghadapi berbagai kendala dan rintangan selama membuka usaha fried chicken. Namun hal tersebut jangan membuat anda surut ke belakang. Hadapilah masalah tersebut dan cari solusi sehingga anda bisa mengatasi masalah yang menghambat bisnis fried chicken anda.

Resep Pembuatan Ayam Goreng Fried Chicken yang Enak, Renyah dan Gurih
Berikut ini resep cara membuat fried chicken yang enak, renyah dan gurih, yaitu:

1. Mempersiapkan bahan baku utama yang meliputi satu potong ayam, minyak goreng, garam, 2 buah jeruk nipis, setengah sendok lada, dua buah kemiri, dan empat siung bawang putih.

2. Mempersiapkan tepung basah yang terdiri atas  50 gram tepung jagung, 300 gram terigu, air es 300 ml, garam secukupnya, penyedap rasa, merica bubuk, baking soda setengah sendok teh, dan satu butir telor ayam.

3. Untuk pembuatan tepung kering dicampurkan bahan-bahan berikut ini yaitu tepung terigu protein tinggi 500 gram, penyedap rasa, bubuk bawang putih satu sendok teh, baking soda setengah sendok teh, dan tepung jagung sebanyak 100 gram.

Inilah proses pembuatan ayam goreng fried chicken yang enak, gurih dan renyah:
1. Potong daging ayam hingga ukuran-ukuran sesuai ukuran standar
2. Cuci bersih potongan daging ayam tersebut
3. Simpan potongan-potongan daging ayam dalam wadah. Lalu bubuhi air jeruk nipis dan garam. Campurkan sampai merata ke seluruh daging ayam. Kemudian diamkan selang lima menit.
4. Ambil potongan-potongan daging ayam itu lalu dicuci sekedarnya. Kemudian tiriskan.
5. Siapkan bumbu dengan menghaluskan lada, kemiri dan bawang putih. Diberi garam sedikit
6. Masukkan potongan daging ayam pada bumbu tersebut dan campurkan bumbu hingga merata
7. Diamkan daging ayam dalam freezer selama dua jam
8. Bahan tepung basah dicampurkan. Kemudian aduk hingga menjadi adonan kental yang merata
9. Bahan tepung kering dicampurkan semuanya
10. Ambil potongan daging ayam. Lalu celupkan pada adonan tepung basah. Kemudian masukkan pada adonan tepung kering
11. Goreng potongan daging ayam dalam wajan yang panas sampai berwarna kuning kecoklatan
12. Angkat dan tiriskan
13. Ayam goreng fried chicken disimpan dalam etalase siap untuk disajikan dan dijual.