Cara Membuka Bisnis Perumahan yang Laris Pesanan buat Pemula

26 September 2017

Banyak buku, workshop atau seminar yang membahas mengenai bisnis properti serta bagaimana cara menjadi pengembang perumahan yang sukses. Seolah-olah pembahasan tak pernah ada habisnya. Mengenai prospek bisnis properti tak perlu diragukan. Sangat menjanjikan. Karena usaha ini salah satu permainan orang-orang kaya. Seperti diungkapkan oleh Ray Kroc, seorang owner Mc Donald, penjual burger dan ayam goreng asal Amerika Serikat bahwa orang kaya raya senantiasa mempunyai properti walau profesinya bukan seorang pengusaha properti. Kalimat itu terasa begitu pas mengenai pengertian properti adalah itu sendiri. Tanpa sungkan, Ray Kroc mengatakan bahwa sebetulnya bisnis yang ia jalani bukanlah sebagai pedagang burger dan ayam goreng. Tapi bisnis yang ia jalani adalah sungguh-sungguh bisnis properti. 

Pengertian dan Prospek Bisnis Properti
Bisnis properti adalah usaha yang berkaitan dengan tanah dan bangunan. Seperti yang dikatakan Ray Krok bahwa orang kaya pasti memiliki properti. Inilah yang membedakan antara orang kaya dan orang miskin. Orang kaya memiliki properti. Dan orang miskin tidak mempunyai properti. Betapa nikmat dan menguntungkannya bisnis properti yang bisa membuat kaya raya seseorang dalam waktu singkat. Atas fakta ini membuat berbagai bisnis properti di Indonesia berkembang sangat pesat. Di berbagai sudut kota yang strategis tumbuh subur berbagai pembangunan dan pemasaran properti seperti apartemen, komplek perumahan, komplek ruko dan lain sebagainya.

Tak aneh saat ini banyak pengusaha baru yang masih pemula mulai melirik bisnis properti. Karena potensi keuntungan yang cukup menggiurkan. Harga properti setiap hari terus naik dengan tingkat kenaikan yang cukup besar apalagi di daerah strategis. Apalagi pangsa pasar atau orang yang membutuhkan properti sangat besar di Indonesia. Ditambah dengan resiko kerugian yang sangat kecil. Hal inilah yang menjadi alasan utama banyak pengusaha muda dan pemula  memilih bisnis properti disamping jenis bisnis yang lain.
bisnis perumahan, usaha perumahan, perumahan, bisnis properti, investasi rumah, rumah

Kebutuhan dasar manusia meliputi sandang, pangan dan papan atau rumah sebagai tempat tinggal. Sehingga bisnis properti termasuk usaha yang menyediakan kebutuhan pokok manusia. Setiap manusia memerlukan rumah sebagai tempat tinggal. Hal inilah yang membuat usaha properti rumah atau apapun tidak akan pernah sepi pembeli. Ia akan senantiasa laris manis dan banyak peminatnya. Apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah untuk memulai biduk rumahtangga baru.Namun harga properti saat ini terbilang cukup mahal. Sehingga hanya bisa dibeli oleh orang-orang yang berkantong tebal. Bagi yang memiliki modal uang yang terbatas, ia masih bisa memiliki properti dengan cara membelinya secara kredit atau cicilan.

Usaha Properti Perumahan
Bisnis perumahan adalah contoh bisnis properti yang melibatkan banyak orang dan membuka bisnis lainnya. Dalam arti bisnis properti perumahan berkaitan dengan banyak bisnis dan profesi. Seperti kalangan staf pemerintah, pegawai profesional penilai atau appraisal, notaris atau pejabat pembuat akta tanah, perusahaan asuransi, arsitek, insinyur sipil, konsultan, broker atau agen properti, perbankan, konsultan marketing, kontraktor, surveyor, manajer properti, desain grafis, mandor, pekerja kebersihan, organisasi kemasyarakatan, pedagang kuliner di lokasi sekitar, petugas keamanan,event organizer, penduduk setempat, pemasok material bahan bangunan, tenaga pemasaran tradisional dan lain sebagainya.

Untuk masalah pengurusan perijinan pun harus berkaitan dengan berbagai kementerian dan dinas. Seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kementerian Pemukiman dan Prasarana, Kementrian Lingkungan Hidup, Pemerntah Daerah atau Pemda setempat, Badan Pertanahan Nasional (BPN), dinas tata kota dan tata ruang, pemerintahan desa setempat, kantor kecamatan, Bappeda dan kalangan lain.

Ada banyak cara memasuki dunia bisnis perumahan, antara lain:

1. Sebagai broker properti
2. Investor properti
3. Developer properti

Cara Membuka Bisnis Perumahan yang Laris Pesanan buat Pemula
Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan keuntungan dari melakukan bisnis properti dan hal yang berhubungan dengannya, sekarang kita akan membahas cara membuka bisnis properti perumahan. Berikut ini cara membuka bisnis perumahan yang laris pesanan buat pemula, antara lain:

▪ Mulai dari kecil
Seribu langkah dimulai dari satu langkah. Bisnis besar dimulai dari bisnis kecil. Itulah kalimat bijak yang menyatakan bahwa sesuatu bisnis hendaknya dimulai dari hal terkecil dan paling mudah dilakukan. Seiring berjalan waktu akan membesar. Begitupula dalam bisnis perumahan, karena bisnis properti ini mensyaratkan modal besar maka anda bisa memulai usaha properti kecil-kecilan berbisnis perumahan dengan modal kecil. Diawali dengan membuka usaha penjualan tanah kavling satu unit saja, dua unit hingga banyak tanah kavling. Kemudian anda bisa menjual tanah kapling plus rumah di atasnya. Hal tersebut jika dilakukan dengan benar dan sukses bisa menghantarkan anda pada bisnis perumahan sebagai developer.  

Dengan seseorang menjadi developer yang membuka bisnis perumahan berarti keuntungan yang ia dapatkan jauh lebih besar ketimbang membuka usaha kavling tanah saja. Apalagi perputaran uang dari bisnis perumahan berlangsung sangat cepat dengan omset yang sangat besar. Contohnya, sobat sedang membangun lima proyek perumahan maka hal itu sudah cukup membuat pendapatan anda sekitar satu miliar lebih.

▪ Mencari lahan strategis yang layak
Cara membuka bisnis perumahan yang laris pesanan buat pemula diawali dari pencarian lahan yang strategis dan layak dijadikan perumahan. Untuk meninjau layak tidaknya dijadikan bisnis perumahan bisa dilihat dari letak lahan dan harga lahan tersebut. Letak lahan yang cocok dijadikan perumahan adalah berada di dekat pusat kota, lahan masih dibanderol harga murah tapi berada di dekat pusat keramaian orang, dekat fasilitas umum seperti jalan tol dan lain-lain. 

▪ Beli Tunai
Setelah anda memperoleh lahan tanah yang cocok dan pas dijadikan lokasi perumahan, langkah selanjutnya adalah membeli lahan tersebut secara tunai kepada para pemilik tanah bersangkutan. Lebih dianjurkan untuk membeli tanah secara tunai agar keuntungan bisnis perumahan bisa lebih maksimal. Ketimbang meminjam uang di bank yang sebagian keuntungan dibayarkan untuk membayar bunga bank. Sehingga keuntungan jadi lebih kecil. Belum lagi persyaratan meminjam uang di bank sebagai modal usaha bisnis perumahan tidaklah mudah. Diperlukan jaminan surat berharga atau aset yang senilai dengan uang pinjaman tersebut. Tentu anda kesulitan atas hal itu.

Namun ada salah satu cara yang bisa dilakukan jika anda tidak mempunyai modal uang yang besar untuk membeli tanah proyek perumahan secara tunai yaitu dengan melakukan pembayaran secara bertahap. Pada bulan pertama, anda membayar uang tahap pertama yang jumlahnya sesuai kesepakatan bersama. Lalu di bulan kedua, anda bisa membayar uang pembayaran tahap dua. Ini adalah hal teknis yang bisa anda atur dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda. Bisa saja pembayaran dilakukan pertiga bulan atau per enam bulan. Yang penting dilakukan sampai lunas dan sama sama menguntungkan kedua belah pihak antara pihak pembeli dan penjual.

Selain melakukan bisnis perumahan dengan modal uang sendiri maka anda pun bisa melakukan cara usaha properti perumahan tanpa modal yaitu bekerjasama dengan pemilik lahan. Buatlah kesepakatan di atas kertas hitam putih yang berkekuatan hukum tetap. Anda sebagai developer yang membangun perumahan dengan biaya dari investor. Sedangkan pemilik lahan sebagai mitra. Setelah kompleks perumahan jadi maka anda memasarkannya. Dan laba dari bisnis properti dibagi secara adil sesuai kesepakatan antara anda sebagai pengembang dan orang lain sebagai investor dan pemilik lahan. Bagaimana mudah bukan cara usaha properti perumahan tanpa modal?

Sementara itu, dalam pembelian lahan bagi perumahan atau pembebasan lahan maka pastikan tanah yang dibeli tersebut tidak dalam sengketa, surat kepemilikan sah, kuat dan otentik serta tidak sedang dalam keadaan status disewakan kepada orang lain.

▪ Mengurus Perijinan
Tahapan berikutnya, sobat mengurus perijinan usaha. Seperti ke pemerintah daerah setempat, kantor pemerintahan desa, dll.

▪ Membuat Desain Rancangan Perumahan
Untuk membuat rancangan perumahan yang bagus dan menarik dan yang diprediksi akan diminati banyak orang maka anda bisa mempekerjakan arsitek untuk melakukannya. Pastikan arsitek tersebut telah berpengalaman dalam merancang bangunan perumahan yang diminati dan laris manis dipesan banyak orang. 

▪ Pembangunan Proyek Perumahan
Untuk membangun perumahan sesuai rancangan yang telah dibuat maka anda membutuhkan tenaga kontraktor yang ahli atau anda bisa membangun sendiri dengan mempekerjakan tukang bangunan, mandor dan lain sebagainya. Semua itu terserah pilihan anda. Namun alangkah lebih bagus jika anda menyerahkan pembangunan proyek perumahan kepada ahlinya yakni kontraktor yang berpengalaman dan terpercaya.

▪ Pemasaran
Inilah tahapan terakhir dari alur usaha perumahan yakni pemasaran. Untuk memasarkan perumahan atau unit unit rumah yang anda jual bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menyebarkan brosur, memasang pamflet, memasang spanduk, banner, neon box, merekrut tenaga pemasar paruh waktu, bekerjasama dengan agen pemasaran properti, memasang iklan di internet secara online menggunakan medsos, marketplace, forum dan lain sebagainya.

▪ Belajar Terus Bisnis Properti
Itulah cara membuka bisnis perumahan yang laris pesanan buat pemula. Setelah anda sukses membangun bisnis perumahan yang laris manis, selanjutnya anda perlu meningkatkan usaha dengan bisnis properti lain seperti membangun kompleks apartemen, ruko dan lain sebagainya yang menjanjikan untung lebih besar. Untuk sukses dalam usaha properti perumahan tidak memerlukan berbagai keahlian teknis. Yang penting dibutuhkan kemampuan untuk mengelola sumber daya manusia yang ahli dalam bidang masing-masing.

Untuk menambah kesuksesan anda dalam bisnis properti perumahan di masa depan maka anda perlu terus belajar. Dengan cara membaca buku yang berkaitan dengan bisnis properti dan mengikuti berbagai kursus, pelatihan, workshop tentang cara menjalankan sebuah proyek perumahan, cara mengurus perijinan pembangunan perumahan, cara bisnis perumahan dan properti yang aman dan untung besar.