Rincian Biaya Modal Usaha Pertanian dari Awal hingga Buka

05 Oktober 2017

Usaha pertanian merupakan jenis usaha yang paling banyak ditemui di pedesaan. Dengan kekayaan alam melimpah, tanah yang subur dan udara tropis  maka di negara Indonesia sangat cocok menjalankan bisnis pertanian. Apalagi kebutuhan akan hasil produk-produk pertanian termasuk kebutuhan utama manusia setiap hari. Sehingga bisnis pertanian sangat menjanjikan untung tinggi. Seiring pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat pesat membuat permintaan pasar terhadap berbagai macam produk pertanian sangat besar. Bisa dibilang usaha bertani cepat kaya raya dalam waktu singkat.

Analisa Usaha Pertanian
Ada banyak macam usaha pertanian di desa atau di kota. Seperti usaha bertani padi di sawah, menanam sayur hidroponik atau organik, blogger niche pertanian, usaha kios pupuk, usaha tanaman hias yang menguntungkan, usaha pertanian sayur sayuran, bisnis pertanian buah-buahan, usaha jualan bibit tanaman, toko obat pertanian, toko alat alat pertanian, usaha bertanam jagung, ubi, singkong, pisang dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan, usaha-usaha pertanian di pedesaan dan perkotaan cukup menguntungkan. Lahan pertanian di desa lebih banyak dan lebih luas yang digarap secara tradisional. Hal ini membuat prospek usaha pertanian masih menjanjikan saat ini jika dilakukan secara modern. Yang bisa panen lebih banyak dua kali lipat.
bisnis pertanian, usaha pertanian, modal usaha pertanian, pertanian, sawah,

Peluang Bisnis Pertanian Modal Kecil Menguntungkan
Berikut ini kumpulan bisnis pertanian dengan modal kecil menguntungkan sekali yang bisa sobat lakoni, antara lain:

1. Bertanam sayuran hidroponik atau organik
Gaya hidup masyarakat saat ini yang ingin hidup serba sehat membuat masyarakat lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Mereka lebih selektif dan banyak makan sayur-sayuran organik yang  sehat dan bebas racun pestisida. Jika anda tertarik pada bisnis pertanian modal kecil yang menguntungkan maka sangat tepat untuk membuka usaha budidaya sayuran secara hidroponik. Untuk masalah pemasaran, anda tidak akan menemui kesulitan. Karena sayuran organik disukai banyak orang dengan harga jual sangat tinggi. Anda  bisa menjual sayuran hidroponik di hypermart, carefour, dll.

2. Usaha Berjualan Benih Tanaman
Usaha jualan bibit tanaman buah-buahan, sayur-sayuran maupun tanaman hias menjadi peluang bisnis berikutnya yang sangat menjanjikan. Jenis usaha ini tak pernah sepi konsumen dan bisa dijalankan oleh siapapun. Seorang pemula pun dapat memulai usaha jualan benih tanaman asalkan ia tekun, kerja keras, fokus dan mau belajar cara pembibitan tanaman yang baik dan benar. Pangsa pasar bisnis pembibitan tanaman sangat luas meliputi kalangan petani dan orang yang hobi bertani atau berkebun.

3. Usaha kios pupuk pertanian
Ini adalah jenis bisnis pertanian modal kecil yang menguntungkan yang tidak bisa anda abaikan. Keuntungan usaha jualan pupuk pertanian sangat besar. Apalagi anda ditunjuk sebagai satu-satunya  distributor resmi pupuk bersubsidi dari pemerintah dijamin keuntungan kian besar. Karena panga pasar usaha pupuk sangat jelas yaitu para petani dan orang hobi berkebun. Usaha ini sangat cocok dijalankan di pedesaan dengan lahan perkebunan atau pesawahan yang masih sangat luas.

Namun di perkotaan juga usaha kios pupuk pertanian laris manis. Hal ini tak terlepas dari banyaknya orang kota yang hobi berkebun  di halaman rumah dengan berbagai jenis tanaman hias atau sayuran dan buah-buahan dalam pot atau polybag. Harga pupuk urea paling murah saat ini di kota sekitar Rp 5000 perkilogram. Walaupun keuntungan sedikit perkilogram pupuk tapi jika kuantitas pembelian banyak maka keuntungan bisa jadi lumayan besar.

4. Usaha Bertani Tanaman Hias
Siapa sih yang  tidak suka tanaman hias? Setiap orang pasti menyukainya sebagai penghias taman dan teras halaman rumah yang membuat udara sejuk dan enak dipandang mata. Usaha tanaman hias secara kecil kecilan maupun skala besar terus eksis sampai saat  ini. Dan tanaman hias tak pernah berhenti popularitasnya. Setiap tahun ada saja tanaman hias yang populer, trend dan laris manis. Biaya modal awal untuk membuka bisnis tanaman hias yang menguntungkan adalah membeli berbagai jenis model dan bentuk tanaman hias.

5. Usaha Bertanam Rempah-Rempah
Negara Indonesia sejak dulu terkenal sebagai penghasil rempah rempah yang berkualitas baik di dunia. Hasil pertanian rempah rempah di ekspor ke berbagai Negara Eropa dan Negara lain. Hal ini membuat peluang bisnis bertani tanaman rempah rempah sangat menjanjikan. Pangsa pasar bukan membidik dalam negeri tapi juga mancanegara. Berikut ini jenis rempah rempah yang mudah dibudidayakan, laris dan menguntungkan, antara lain : bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, jahe, dan lain sebagainya.

Rincian Biaya Modal Usaha Pertanian dari Awal hingga Buka
Dari tulisan di atas dapat diketahui bahwa ada banyak jenis usaha pertanian. Sobat bisa memilih salah satunya sesuai bakat, kemampuan dan modal yang dimiliki. Salah satunya membuka usaha toko obat pertanian. Usaha ini sangat menjanjikan karena selalu diperlukan oleh para petani di desa dan kota. Lalu yang jadi pertanyaan berapa modal usaha toko obat pertanian? Hal ini sangat penting diketahui agar anda bisa mempersiapkan modal dan menghindari kehabisan modal di tengah jalan.

Untuk menentukan seberapa besar modal usaha yang dibutuhkan dalam usaha toko obat pertanian tergantung beberapa faktor. Seperti skala usaha, target pasar yang dibidik, luas ruangan, dan lan-lain. Berdasarkan penuturan pengusaha toko obat pertanian, jika toko obat pertanian dijalankan skala kecil maka membutuhkan modal awal sebesar  Rp 10 juta. Untuk skala menengah membutuhkan biaya sebesar Rp 25 juta. Dan untuk toko obat pertanian skala besar memerlukan modal awal minimal Rp 40 juta.

Berikut ini rincian biaya modal usaha toko obat pertanian dari awal hingga buka, antara lain:

1. Belanja obat-obat pertanian Rp 10 juta
2. Pembuatan atau Pembelian Etalase Rp 2 juta
3. Renovasi bangunan toko Rp 11 juta
4. Belanja rak, meja, lemari dan kursi Rp 12 juta
5. Beli alat timbangan Rp 1 juta
6. Belanja alat tulis dan perlengkapan lainnya Rp 1 juta
7. Biaya operasional seperti transportasi, listrik, air Rp 1 juta

Maka total biaya yang diperlukan untuk membuka usaha toko obat pertanian sebesar Rp. 38 juta.

Adapun rincian biaya modal usaha pertanian sayur-sayuran hidroponik yaitu lahan yang memadai, belanja pot atau polybag, pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos, pengetahuan tentang cara bertanam sayuran secara hidroponik dan lain sebagainya. Perkiraan total biaya modal yang dibutuhkan sekitar Rp 10 juta.

Tips Sukses Usaha Pertanian
Berikut ini sejumlah kumpulan tips sukses usaha pertanian, antara lain:

▪ Lokasi Strategis
Dalam jenis usaha apapun lokasi usaha yang strategis diperlukan untuk menunjang keberhasilan bisnis. Begitupula dalam usaha pertanian. Misalkan toko obat dan alat-alat pertanian, gerai usaha tanaman hias, usaha kios pupuk dll membutuhkan lokasi yang strategis untuk mendukung kelancaran bisnis. Sehingga lebih banyak konsumen dan pelanggan. Jika rumah anda berada di daerah pedesaan yang strategis seperti pinggir jalan raya, maka anda bisa membuka usaha pertanian di depan rumah.

▪ Desain Toko Pertanian
Untuk desain toko pertanian merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Karena aspek ini sangat menentukan kesuksesan usaha toko pertanian. Seringkali penulis melihat beberapa toko pertanian yang dibuka di desa dan kota memiliki desain yang kurang menarik. Hal tersebut berdampak pada sepinya konsumen dan pelanggan.

Oleh sebab itu, dalam mendirikan toko pertanian pastikan anda mendesain secara unik dan menarik yang bisa membuat orang tertarik membeli obat dan alat alat pertanian ke gerai toko pertanian sobat. Cara mendesain toko pertanian yang baik dan benar serta menarik yaitu menata barang secara rapi dan dikelompokkan berdasarkan jenis produk. Kemudian tata barang secara menarik hingga memberikan kesan toko pertanian sobat lengkap.

▪ Produk Pertanian
Ada banyak jenis produk pertanian yang bisa dijual kepada masyarakat umum. Seperti obat pertanian, pupuk urea, bibit tanaman, mesin traktor, dan lain sebagainya. Namun jika anda memiliki modal kecil tentu akan sangat kesulitan untuk membeli produk pertanian secara lengkap. Salah satu cara membuka toko pertanian dengan modal kecil adalah hanya membeli produk produk pertanian yang sedang laku, trend dan populer. Sehingga perputaran uang berlangsung cepat dan menguntungkan. Hal ini berguna juga untuk mencegah barang terlalu lama menumpuk di dalam gudang.

Sebaliknya, jika anda mempunyai modal keuangan yang cukup besar maka anda bisa membeli berbagai produk produk pertanian secara lengkap, mendirikan bangunan toko pertanian lebih besar dan lebih lengkap dan lain sebagainya. Sehingga menimbulkan minat beli konsumen kepada gerai toko pertanian milik sobat.

▪ Promosi Usaha
Tak kalah penting, tips sukses usaha pertanian yang paling utama adalah masalah promosi yang gencar. Ada berbagai cara dan pilihan yang jitu untuk berpromosi seperti menyebarkan brosur, menjual langsung ke konsumen yang dimulai dari lingkungan terdekat, memasang pamflet, promosi dari mulut ke mulut yang cukup efektif, promosi usaha pertanian secara online di facebook, instagram, bbm, whatsapp, line, dll.

▪ Pelayanan Terbaik
Tips sukses bisnis pertanian berikutnya adalah memberikan kepuasan kepada para konsumen. Sehingga mereka bersedia menjadi pelanggan tetap. Salah satu contoh wujud pelayanan yang memuaskan bagi konsumen adalah pelayanan cepat, ramah, bersahabat, dengan harga produk pertanian lebih murah  dari toko pertanian milik pesaing.