15 Cara Membuka Usaha Kursus Bahasa Inggris Modal Kecil

15 Maret 2018

Usaha dalam bidang pendidikan adalah jenis usaha yang selalu dibutuhkan setiap orang. Salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan dalam bidang pendidikan adalah membuka kursus bahasa Inggris. Sebab seiring dengan era globalisasi saat ini seseorang dituntut untuk menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan dunia dan sarana berinteraksi dengan dunia internasional. Oleh karenanya, para orangtua murid sekarang ini sangat getol mengikutkan anak tercintanya ke usaha bimbingan belajar bahasa Inggris sekaligus untuk memperoleh nilai terbaik dalam bidang mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah.

15 Cara Membuka Usaha Kursus Bahasa Inggris Modal Kecil
Untuk memulai usaha kursus bahasa Inggris tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 15 cara membuka usaha kursus bahasa Inggris modal kecil yang cepat sukses dan menguntungkan, antara lain:

1. Membuat citra baik
Hal pertama yang dilihat oleh seseorang yang hendak mengikuti kursus atau bimbel bahasa inggris adalah citra atau imaj dari lembaga kursus tersebut. Apakah sudah memiliki popularitas dan nama besar? apakah sudah dilengkapi dengan tenaga pengajar yang ahli dan berpengalaman? Apakah alumni yang mengikuti kursus bahasa inggris di tempat tersebut mendapatkan nilai terbaik di sekolahnya? Dan lain sebagainya. Oleh karena itu, anda harus menciptakan imaje yang baik bagi kursus bahasa inggris sobat.
bisnis kursus, bisnis kursus bahasa inggris, usaha kursus bahasa Inggris, kursus bahasa inggris, cara kursus bahasa Inggris, bahasa Inggris

2. Memilih konsep usaha kursus bahasa Inggris
Ada dua pilihan yang bisa anda lakukan dalam membuka usaha kursus atau bimbel bahasa inggris yaitu membuka kursus bahasa inggris dengan brand sendiri. Dan kedua, membuka usaha kursus bahasa inggris secara waralaba yang sudah ternama dan populer di masyarakat. Tentu jika anda ingin cepat berhasil dalam bisnis kursus bahasa inggris maka pilihan kedua cocok dijalankan. Contohnya bergabung dengan waralaba kursus bahasa Inggris ternama yang memiliki citra baik seperti English First (EF), LIA, English Quantum, NEC dan lain sebagainya.

3. Mempersiapkan modal usaha yang mencukupi
Untuk membuka sebuah usaha diperlukan modal. Begitupula dalam membuka usaha kursus bahasa inggris dibutuhkan modal berupa uang dan keterampilan. Modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka kursus bahasa inggris sangat relatif. Dalam arti jika anda mendirikan usaha kursus bahasa inggris secara rumahan dan mandiri maka modal usaha yang dibutuhkan relatif kecil. Sebaliknya apabila anda membuka usaha kursus bahasa inggris secara waralaba atau franchise maka modal usaha yang dibutuhkan sangatlah besar hingga ratusan juta rupiah. Bagi pemula disarankan untuk memulai usaha kursus bahasa inggris secara rumahan dan mandiri dengan modal kecil.

4. Lokasi usaha strategis
Lokasi usaha sangat menentukan keberhasilan usaha kursus bahasa inggris. Lokasi strategis yang cocok bagi usaha bimbel bahasa inggris antara lain : di dekat pusat keramaian, sekitar perumahan atau pemukiman warga yang padat penduduk, di dekat sekolah maupun sekitar pangsa pasar yang dituju. Dengan demikian, bisnis kursus bahasa inggris mudah dikenali banyak orang.

5. Membuat modul kursus bahasa Inggris
Persiapan lain yang harus dilakukan adalah membuat modul kursus bahasa inggris. Sebuah buku modul yang berisi kurikulum terbaru yang mampu meningkatkan kemampuan atau ketrampilan belajar siswa dalam bidang mata pelajaran bahasa inggris. Sehingga bahasa inggris cepat dikuasai dengan menyenangkan secara lisan maupun tulisan dalam waktu singkat. Inilah kelebihan yang bisa membuat para siswa tertarik mengikuti kursus bahasa inggris di tempat yang anda kelola.

6. Pengajar berkualitas
Untuk menciptakan citra baik dari usaha kursus bahasa inggris sobat maka tak ada salahnya, sobat mempekerjakan pengajar bahasa inggris yang berkualitas baik dan memiliki sertifikat resmi. Seperti mengajak teman anda yang lulusan sarjana bahasa inggris untuk mengajar di tempat kursus bimbel bahasa inggris sobat.

7. Biaya kursus bahasa inggris
Pada tahap awal, anda bisa memasang tarif biaya kursus bahasa inggris lebih murah dari kompetitor yang ada. Hal ini untuk memikat calon konsumen untuk menggunakan jasa anda. Seiring dengan bisnis bimbel bahasa inggris sobat sudah populer dan dikenal banyak orang maka anda bisa menerapkan biaya kursus bahasa inggris sesuai harga pasaran.

8. Manajemen kursus bahasa inggris
Lakukan sistem metode luarbiasa yang mampu membuat para siswa mampu menguasai bahasa inggris dengan baik dan cepat serta menyenangkan.

9. Promosi massif
Promosi bisnis bimbingan belajar bahasa inggris bisa dilakukan dengan cara membagikan brosur, memasang pamflet di tempat strategis seperti di sekolah dan perumahan, memasang spanduk, beriklan di media sosial, beriklan di surat kabar lokal, memasang umbul-umbul, pasang papan nama dan reklame, promosi dari mulut ke mulut dan cara promosi lain sebagainya.

10. Menjalin kerjasama dengan pihak sekolah atau guru
Hal ini dilakukan supaya pihak sekolah atau para guru merekomendasikan usaha kursus bahasa inggris yang sobat kelola kepada para murid. Tawarkan sistem komisi yang menarik kepada para guru atau pihak sekolah yang bisa memasukkan setiap siswa ke lembaga kursus bahasa inggris sobat.

11. Program diskon atau potongan harga menarik
Untuk menarik minat calon konsumen menggunakan jasa lembaga kursus bahasa inggris yang anda jalankan maka anda bisa memasang kata-kata promosi ampuh kursus bahasa inggris. Seperti “Coba gratis satu kali”.

12. Membuka cabang atau kemitraan usaha
Setelah usaha kursus bahasa inggris sobat sudah berjalan baik dan menguntungkan maka anda bisa membuka cabang di daerah lain yang lebih menjanjikan. Membuka cabang baru dengan mempekerjakan karyawan baru maupun dengan kemitraan usaha bagi masyarakat yang mau membuka usaha kursus bahasa inggris dengan brand milik sobat.

13. Mempunyai bantuan dana atau modal usaha yang sangat besar
Untuk mengembangkan usaha kursus bahasa inggris tentu dibutuhkan modal yang sangat besar. oleh sebab itu, anda bisa mempersiapkan modal usaha tersebut dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak donatur, investor, perbankan syariah dan kalangan yang mempunyai uang melimpah.

14. Ulet, rajin dan pantang menyerah
Kesuksesan usaha bimbel bahasa inggris tidaklah didapat dengan berleha-leha. Untuk mendapatkan keberhasilan dalam bisnis kursus bahasa inggris maka anda harus bekerja keras, ulet dan rajin serta pantang menyerah untuk menjalankan usaha pendidikan ini hingga meraup untung jutaan perbulan. Dengan cara rajin berpromosi dan melengkapi bisnis pendidikan anda dengan kualitas terbaik.

15. Berdoa kepada Allah SWT
Jika anda sudah melakukan semua hal di atas maka serahkanlah hasilnya kepada Allah SWT. Manusia hanya bisa berusaha. Sedangkan Allah SWT yang menentukan. Selama kita bekerja keras, ulet dan pantang menyerah maka bisnis kursus bahasa inggris dengan sendirinya akan berhasil.

Konsumen Usaha Kursus Bahasa Inggris
Untuk konsumen usaha kursus bahasa inggris cukup luas meliputi kalangan pelajar yang ingin meningkatkan prestasi akademik mata pelajaran bahasa inggris di sekolah, kalangan karyawan swasta maupun negeri yang ingin meningkatkan kemampuan dalam berbicara dan menulis dalam bahasa inggris karena tuntutan pekerjaan maupun kalangan pengusaha yang ingin memasarkan barang dan jasa yang ia jual hingga ke luar negeri yang tentu saja membutuhkan keterampilan berbahasa inggris secara lisan dan tulisan.

Melihat pangsa pasar yang sangat luas dari usaha kursus bahasa inggris seperti murid TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, karyawan, pengusha dan kalangan lain maka bisnis di bidang pendidikan ini memiliki prospek yang sangat cerah untuk masa sekarang maupun masa mendatang. Anda bisa membuka usaha kursus bahasa inggris secara rumahan memanfaatkan ruangan kosong di dalam rumah maupun menggunakan sistem waralaba dengan lokasi strategis.

Strategi Pemasaran Kursus Bahasa Inggris
Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi maka anda harus memanfaatkan sarana teknologi internet untuk memasarkan jasa kursus bahasa inggris sobat. Strategi pemasaran kursus bahasa inggris bisa dilakukan dengan cara beriklan di media sosial, facebook, twitter, grup anak sekolah, marketplace dan toko online. Selain itu, tak kalah efektif adalah strategi pemasaran dari mulut ke mulut maupun sistem komisi atau potongan harga bagi setiap siswa yang bisa merekrut siswa lainnya.

Kemitraan Usaha Franchise Kursus Bahasa Inggris
Salah satu waralaba bimbingan belajar bahasa Inggris yang sudah ternama adalah Aqila Course. Lembaga ini berdiri pada tahun 2009 dan menawarkan paket kemitraan usaha dengan sistem franchise. Syarat untuk menjadi mitra usahanya antara lain membayar biaya investasi, memiliki jiwa entrepreneur, mempunyai lokasi usaha yang strategis. Sedangkan untuk modul, sistem manajemen, sistem administrasi dan cara mengajar sudah disiapkan secara gratis bagi mitra usaha.

Selain itu, ada pula waralaba kursus bahasa inggris brand Ranking yang bisa sobat ikuti. Untuk bergabung dalam waralaba pendidikan ini, sobat diharuskan membayar biaya investasi awal sebesar Rp 20 juta meliputi pemberian pelatihan manajemen usaha, pelatihan keuangan, marketing, akademik, modul, pendampingan, konsultasi,  belum mencakup perlengakapan furniture, dekorasi interior dan sewa lokasi usaha.

Itulah beberapa daftar franchise pendidikan kursus bahasa inggris. Jika anda memutuskan untuk membuka usaha kursus bahasa inggris maka itu langkat tepat. Sebab prospek sangat cerah dan keuntungan bisnis kursus bahasa inggris sangatlah besar hingga miliaran rupiah perbulan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan modal keuangan yang dimiliki.