Rincian Biaya Modal Usaha Nasi Uduk hingga Buka

08 Juli 2017

Bisnis berjualan nasi uduk bukanlah jenis usaha baru. Bisnis ini sudah ada di awal-awal kemerdekaan hingga sekarang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bisnis nasi uduk mengalami perubahan baik dalam konsep warung nasi uduk, resep membuat nasi uduk untuk jualan, dan lainnya. Salah seorang teman penulis di kampung menceritakan ketika ia bekerja di sebuah perusahaan ada seorang pedagang nasi uduk yang mangkal dekat perusahaan. Dan usaha nasi uduk itu laris manis. Satu tahun kemudian, pedagang nasi uduk betawi tersebut menjadi orang kaya raya dan jutawan dari bisnis nasi uduk. Ia mempunyai beberapa gerai usaha nasi uduk dan sejumlah orang pegawai.

Usaha Nasi Uduk Betawi yang Sukses
Dari kisah sukses pedagang nasi uduk betawi yang sederhana itu yang jadi miliuner membuat teman penulis mendapatkan inspirasi. Ia segera memilih berhenti bekerja di perusahaan. Kemudian ia membuka usaha mainan anak di kampung halaman. Namun berita terakhir, bisnis mainan anak secara rumahan kurang berhasil. Ia tidak mendapatkan penghasilan yang besar dari bisnis mainan anak. Yang membuat ia kembali bekerja di perusahaan tempat dulu ia bekerja.

Kisah nyata di atas jelas bahwa bisnis makanan nasi uduk sangat menjanjikan. Jika dijalani dengan benar benar serius dan profesional. Hal ini tak terlepas dari usaha nasi uduk merupakan bisnis kuliner makanan pokok yang setiap hari dibutuhkan oleh manusia dari pagi, siang dan malam. Dimana manusia tidak bisa hidup tanpa makan. Oleh sebab itu, usaha nasi uduk merupakan salah satu pilihan bisnis yang tepat bagi orang yang berminat membuka usaha.
bisnis nasi uduk, usaha nasi uduk, bisnis nasi, nasi uduk, modal nasi uduk, biaya usaha nasi uduk

Usaha nasi uduk betawi, lele atau menu apapun memiliki pangsa pasar sangat besar tentu saja menyimpan potensi keuntungan cukup besar. Persaingan bisnis nasi uduk di beberapa tempat dan daerah di Indonesia masih longgar baik di kota apalagi di desa. Sehingga membuka usaha nasi uduk sangat prospektif terutama di kota pada malam hari. Ada beragam jenis nasi uduk yang bisa sobat jual pada pembeli. Seperti nasi uduk lele.

Rincian Biaya Modal Usaha Nasi Uduk hingga Buka
Untuk lebih jelas berikut ini rincian biaya modal usaha nasi uduk dari awal sampai siap beroperasi, antara lain:

1. Gerobak atau booth harga Rp 600 ribu
2. Kompor gas harga Rp 300 ribu
3. Gerabah harga Rp 100 ribu
4. Rice cooker harga Rp 400 ribu
5. Peralatan memasak harga Rp 300 ribu
6. Peralatan makan harga Rp 300 ribu

Jadi estimasi total biaya modal usaha nasi uduk sampai siap buka sebesar Rp 2 juta. Untuk lokasi usaha nasi uduk berada di depan rumah. Sehingga biaya sewa lokasi usaha nol persen yang disebut juga usaha nasi uduk rumahan. 

Omset Jualan Nasi Uduk
Apabila dalam satu hari terjadi penjualan minuman sebanyak 30 kali dengan harga Rp 10.000 maka laba kotor dari penjualan minuman sebesar Rp 300 ribu per hari. Sedangkan jika terjadi penjualan nasi uduk plus lauk pauk sebanyak 15 buah perhari dengan harga nasi uduk Rp 10.000 per porsi maka keuntungan kotor yang diraih sebesar Rp 150 ribu. Jadi omzet kotor usaha nasi uduk sebesar Rp 450 ribu perhari. Dikalikan 30 hari maka omzet bisnis nasi uduk sekitar Rp 13.500.000 perbulan. Lumayan bukan? Keuntungan bersih sekitar 30 persen dari omzet atau sebesar Rp 4 juta per bulan. Itulah perhitungan jualan nasi uduk secara sederhana.

Prospek Usaha Nasi Uduk
Usaha berjualan nasi uduk sama seperti bisnis menjual nasi kuning yang sama-sama menguntungkan dan menjanjikan. Keduanya hampir sama baik dari cara mengolah kuliner sampai cara pemasaran. Apabila sedang berada di kota, penulis seringkali melihat gerai usaha nasi uduk dengan konsep gerobak dan kaki lima yang berada di pinggir jalan. Usaha nasi uduk dibuka pada pagi hari atau pada saat jam kantor hingga malam hari.

Apabila perut keroncongan maka menu nasi uduk menjadi pilihan sebagian besar orang untuk melepaskan lapar. Apalagi harga nasi uduk beserta menu dibanderol dengan harga terjangkau. Bahkan ketika penulis berada di daerah Karawang Jawa Barat sudah terbiasa makan nasi uduk setiap hari. Karena ciri khas daerah Karawang yang mudah dijumpai gerai usaha nasi uduk di pinggir jalan dengan harga nasi uduk Rp 1000 per porsi. Harga yang terbilang murah bagi kantong anak pelajar, mahasiswa dan pegawai kantoran.

Pendek kata, kuliner nasi uduk akan selalu dicari orang pada waktu pagi sebelum berangkat ke kantor atau sekolah. Dan pada waktu siang, sore dan malam pun menu makanan nasi uduk akan tetap diburu banyak orang untuk santapan mereka. Hal ini membuat usaha nasi uduk sangat menguntungkan. Melihat potensi keuntungan yang sangat menjanjikan dari bisnis berjualan nasi uduk maka anda tak salah mencoba membuka usaha nasi uduk.

Analisa Usaha Nasi Uduk Supaya Sukses
Untuk meningkatkan omzet penjualan usaha nasi uduk perhari dibutuhkan beberapa strategi. Berikut ini tips sukses usaha berjualan nasi uduk agar cepat menguntungkan dan balik modal yang perlu sobat ketahui, antara lain:

▪ Inovasi
Dalam usaha kuliner, inovasi diperlukan agar konsumen tidak bosan dengan menu yang ada. Selain itu, pastikan rasa menu nasi uduk sangat lezat dan khas berbeda dari para pesaing yang mampu menggugah selera dan membuat konsumen ketagihan untuk makan nasi uduk kembali.

▪ Pelayanan
Pelayanan yang diberikan harus prima, ramah, cepat dan memuaskan konsumen. Sehingga konsumen bersedia jadi pelanggan tetap selamanya.

▪ Modal Kecil
Jika anda tertarik membuka usaha nasi uduk, kabar baiknya bisnis ini tak membutuhkan modal besar. Hanya modal usaha yang utama dari bisnis jualan nasi uduk yaitu memerlukan peralatan dan perlengkapan memasak yang biasanya sudah ada di dapur rumah.

▪ Tempat Usaha
Lokasi usaha nasi uduk hendaknya berada di tempat strategis yang mudah dijangkau orang. Seperti dekat pusat keramaian orang, di pinggir jalan raya dan lain sebagainya. Selain itu, anda perlu melengkapi gerai usaha nasi uduk dengan kursi sebagai tempat nongkrong dan makan bagi para pembeli.

▪ Menu Bervariasi
Sebuah gerai usaha nasi uduk tidak boleh hanya menawarkan satu menu nasi uduk tanpa variasi lain. Karena hal ini bisa mengakibatkan kejenuhan atau kebosanan para konsumen. Para konsumen sangat tertarik dengan gerai nasi uduk yang mempunyai menu bervariasi dan lengkap. Seperti menyediakan menu nasi uduk beserta oseng tempe, ayam goreng, telur mie, hati ayam, telor mata sapi, pepes ikan, dan lain-lain. Hal ini membuat para pembeli banyak pilihan dalam membeli menu nasi uduk.

▪ Menu Minuman
Selain menyajikan menu makanan nasi uduk secara lengkap, sebuah gerai usaha nasi uduk juga perlu menyediakan menu minuman yang paling laris dan digemari banyak orang. Seperti minuman air jeruk, stmj, kopi, susu, teh, cokelat susu, cappucino, dan lain sebagainya. Sehingga menu kuliner nasi uduk yang bervariasi sangat lengkap ditambah menu minuman yang beraneka ragam bisa membuat para konsumen betah berlama-lama di gerai usaha nasi uduk sobat. Yang berdampak pada omset yang meningkat tajam.

▪ Minuman Gratis
Hal penting lainnya untuk membuat pengunjung betah di gerai usaha nasi uduk maka sobat perlu menyediakan minuman teh atau air putih gratis. Karena ini merupakan pelayanan ekstra yang bisa membuat pengunjung terkesan dengan pelayanan yang diberikan dan balik lagi ke gerai warung nasi uduk anda.

▪ Resep Nasi Uduk Enak
Inilah fondasi utama yang sangat menentukan kesuksesan kios nasi uduk anda yaitu resep nasi uduk dipastikan harus berkualitas baik dengan rasa yang sangat enak. Hal ini bisa membuat konsumen ketagihan dan berubah jadi pelanggan tetap. Anda juga bisa membuat menu nasi uduk yang unik atau berbeda dari biasanya. Hal ini jika dilakukan bisa membuat masyarakat luas tertarik untuk membelinya. Anda bisa mencari inspirasi cara membuat nasi uduk yang unik dan menarik melalui media internet, buku, majalah, dll.

▪ Harga Nasi Uduk
Hal penting lainnya adalah memastikan harga nasi uduk perporsi sangat terjangkau bagi semua kalangan. Apalagi jika gerai usaha nasi uduk berada di desa maka harga yang ditawarkan harus murah meriah. Kalau bisa lebih murah dari pesaing untuk membedakan dari kompetitor tanpa meninggalkan kualitas dan rasa tentunya.

▪ Passion
Sikap fokus diperlukan dalam cara memulai usaha nasi uduk. Dengan fokus maka segala tenaga dan kekuatan tercurah dengan sangat besar. Fokus disebut juga sikap passion yang memudahkan membuat usaha nasi uduk berjalan lancar dan menguntungkan. Jangan pernah mencoba untuk membuka usaha lain disamping usaha nasi uduk. Fokus terhadap bisnis nasi uduk sampai berhasil diperlukan sekali. Selepas usaha nasi uduk berjalan lancar dan untung stabil maka anda bisa membuka jenis usaha lain yang juga menjanjikan.

▪ Menu nasi uduk
Anda bisa membuat paket nasi uduk dengan menu tertentu untuk menarik konsumen. Atau membuat nasi uduk dengan menu andalan. Pendek kata, menu nasi uduk sesuai kehendak dan sekreatif anda. Anda bisa mempelajarinya di buku masakan, internet dan majalah kuliner serta referensi lain. Bisnis nasi uduk merupakan usaha sederhana yang bisa dibuat seunik mungkin baik dari cara pengolahan maupun menu. Seperti nasi uduk bakar.

▪ Upah Pegawai
Untuk meringankan beban pekerjaan maka anda bisa merekrut tenaga karyawan. Pilihlah karyawan yang jujur, handal dan kompeten terhadap tugas yang diberikan. Proses seleksi karyawan dilakukan oleh sendiri. Alangkah baik pegawai yang anda rekrut berasal dari keluarga dekat, sanak kerabat, teman, rekan kerja dan orang yang masih anda kenal lainnya.

▪ Fasilitas komplit
Berdasarkan fakta di lapangan bahwa gerai usaha nasi uduk akan laris dan laku keras jika dilengkapi dengan fasilitas tambahan. Misalkan usaha kolam pemancingan, taman bermain, penyewaan kolam renang dan lain sebagainya.