15 Jenis Tanaman Hias yang Laku Dijual, Laris, Banyak Peminat

25 September 2017

Bisnis dalam sektor pertanian sudah digeluti masyarakat Indonesia sejak lama puncaknya penjajahan kolonial belanda hingga sekarang. Dan bisnis pertanian terus tumbuh subur dan berkembang pesat. Hal ini tak terlepas dari lahan subur dan iklim tropis di tanah air yang mendukung usaha pertanian apapun termasuk tanaman hias. Selain itu, pemerintah melalui Kementerian Pertanian terus mendorong agar pertumbuhan usaha pertanian semakin menggeliat, mampu swasembada produk pertanian tertentu dan sanggup menggerakkan ekonomi para petani kecil.

Peluang Bisnis Tanaman Hias yang Menguntungkan
Salah satu peluang usaha dalam bidang pertanian adalah bisnis tanaman hias. Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh seseorang yang hobi bercocok tanam dan merawat berbagai tanaman hias. Apalagi negara Indonesia kaya akan berbagai jenis dan varietas tanaman hias hingga jutaan jumlahnya. Sehingga potensi bisnis tanaman hias cukup menjanjikan dijalankan di Indonesia.

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa dibudidayakan dan dijadikan lahan bisnis. Namun anda tidak boleh sembarangan memilih jenis tanaman hias untuk bisnis. Sangat dianjurkan untuk membuka bisnis tanaman hias, anda memilih beberapa jenis tanaman hias yang sedang trend, paling populer, paling laris dan digemari masyarakat Indonesia.
usaha tanaman hias, jenis tanaman hias, tanaman hias, tanaman hias laku dijual, tanaman hias laris pembeli, tanaman, bunga laris

Jika anda mengikuti bisnis tanaman hias yang lagi trend tersebut di atas dipastikan anda bisa cepat kaya raya dalam waktu singkat. Hal ini tak terlepas dari pangsa pasar dari bisnis tanaman hias sangat besar baik perorangan, kelompok, lembaga, perusahaan dll. Masyarakat Indonesia saat ini mengerti akan pentingnya penghijauan di pekarangan rumah mereka. Sehingga bisnis tanaman hias tumbuh subur dan menjanjikan dijadikan peluang usaha yang menguntungkan.

Berdasarkan survey para pengusaha bisnis tanaman hias memperoleh penghasilan bersih sampai ratusan juta rupiah perbulan dari usaha tanaman hias yang dijalani. Keuntungan yang didapatkan lebih besar dari tahun sebelumnya. Tanaman hias bukan hanya dijadikan sebagai penghias halaman rumah, halaman sekolah dan halaman perusahaan. Tapi sudah menjadi gaya hidup masyakarat modern. Dan seringkali dijadikan oleh-oleh.

Jumlah penggemar tanaman hias di Indonesia sangatlah besar. Dari kalangan pria maupun wanita. Mereka terus mencari berbagai koleksi jenis tanaman hias yang sedang populer, booming, trend, hits dan menarik baginya. Dan mereka berani menghabiskan uang banyak asal mendapatkan jenis tanaman hias yang disukainya. Hal inilah yang membuat bisnis pertanian ini sangat menjanjikan untung. Apalagi modal awal yang dikeluarkan relatif kecil. Selain itu, kelebihan usaha tanaman hias bisa pula dijadikan sebagai bisnis sampingan selain pekerjaan utama.

15 Jenis Tanaman Hias yang Laku Dijual, Laris, Banyak Peminat
Bagi anda yang mau berbisnis tanaman hias, berikut ini 15 jenis tanaman hias yang laku dijual, laris, banyak peminat, antara lain:

1. Anthurium
Inilah jenis tanaman hias yang paling populer di Indonesia yakni tanaman Anthurium. Tanaman hias ini sangat mudah kita jumpai di pekarangan rumah. Dengan daun hijau yang sangat unik seperti daun talas membuat tanaman ini terlihat indah dan sedap dipandang mata. Varietas dari Anthurium ada berbagai macam. Diperkirakan mencapai ribuan. Namun hanya sebagian kecil saja yang trend. Sejak lama Anthurium menjadi tanaman hias yang paling populer di Indonesia dan hingga sekarang masih menjadi primadona bagi pecinta tanaman hias di tanah air.

Inilah jenis varietas dari Anthurium yang banyak dicari orang, antara lain : Hookeri, Wave of Love, Anthurium Jenmanii, Variegata, Jenmanii Sawi dan lain-lain. Harga satu tanaman Anthurium bisa mencapai Rp 70 juta. Seperti yang pernah terjadi di kebun Oasis Nursery Anthurium.

2. Aglaonema
Walaupun masih kalah pamor dengan Anthurium, tanaman hias Aglonema menarik perhatian banyak orang. Tanaman hias ini mempunyai penampilan yang indah, menarik dan menonjol membuat sedap dipandang mata. Hingga saat ini banyak penghobi tanaman hias berburu aglonema untuk menambah koleksi tanaman hias mereka.

Apalagi para petani di Indonesia telah sukses melakukan kawin silang antara Aglaonema dengan jenis tanaman hias lain yang membuat hadirnya varian baru dengan corak dan warna daun yang beragam. Aglaonema semakin menarik dan memikat para pecinta tanaman hias di seluruh nusantara. Aglaonema sering disebut sri rejeki oleh masyarakat Indonesia.

Ada banyak varian dan spesies dari aglaonema antara lain : param ruay, Miss thailand, chocin, pink panther, red silver dan spesies lain sebagainya. Ke semua jenis aglaonema di atas merupakan jenis tanaman hias yang paling mahal harganya. Sedangkan harga tanaman hias ini yang paling murah adalah jenis Donna carmen, lady valentine dan pride of sumatra. Aglaonema merupakan salah satu trend tanaman hias terbaru.

3. Philodendron
Jenis tanaman hias ini mempunyai daun yang cukup lebar. Dan diperkirakan di tahun ini bisa menggeser popularitas aglaonema dan anthurium. Tumbuhan yang masuk dalam spesies Aracea ini memiliki penampilan yang indah dengan warna daun yang hijau kontras dan terang. Dalam bahasa Yunani, Aracea berarti cinta. Ini berarti daun ini mempunyai daya pikat sangat tinggi dari segi batang, bunga dan daun yang sangat unik.

Banyak orang yang terkagum dengan philodendron membuat tanaman hias ini menjadi incaran banyak pecinta tanaman hias. Berdasarkan penelitian, varietas philodendron cukup banyak. Dan salah satu yang terpopuler dan laku dijual adalah jenis cardinan black. Harga jual yang ditawarkan cukup murah ketimbang harga Anthurium dan Aglaonema. Hal inilah yang membuat tanaman hias Philodendron termasuk tanaman hias alternatif bagi pecinta tanaman hias yang memiliki modal minim.

4. Sansevieria
Diantara banyak jenis tanaman hias yang paling banyak dibicarakan saat ini salah satunya adalah Sansevieria. Banyak orang terpikat dengan tanaman hias ini yang mempunyai bentuk unik dan menarik dengan warna daun berwarna warni mencolok. Sansevieria sedang menjadi tanaman yang lagi trend di kalangan kolektor tananam hias. Banyak orang yang meraup keuntungan besar dari bisnis tanaman Sansevieria baik itu kalangan pedagang, pengusaha, kolektor maupun petani.

Jika anda sedang mencari jenis tanaman hias yang laku dijual, laris dan banyak peminat maka usaha budidaya Sansevieria bisa menjadi pilihan yang tepat. Tanaman hias yang langka ini dijual dengan harga sangat mahal saat ini. Hal tersebut dari kelangkaan, unik dan eksklusif dari tanaman hias ini. Di pasaran, Sansevieria jenis Kirkii Silver Blue dijual sekitar Rp 10 juta.

5. Puring
Seringkali tanaman hias yang dulu disepelekan orang kini naik daun dan menjadi populer. Salah satu contohnya adalah tanaman puring. Trend tanaman puring tidak disangka sebelumnya oleh para pedagang dan kolektor. Tanaman ini dulu seringkali tumbuh di pemakaman dan tak memiliki nilai jual ekonomis. Namun kini keadaan berbalik 180 derajat. Harga satu tangkai tanaman puring dijual dengan harga mahal sekali yang sebanding dengan Anthurium, Aglaonema dan tanaman hias paling mahal lainnya.

Saat ini puring sudah bisa anda jumpai di berbagai pekarangan rumah-rumah elit mewah. Tanaman hias yang disebut croton ini mempunyai banyak jenis. Seperti red aple, kura, oscar, logam dan lain-lain. Puring dicari banyak orang karena mempunyai bentuk daun yang unik dan berwarna-warni. Kelangkaan dan keunikan puring membuat ia dibanderol dengan harga jual sangat tinggi per daun.

6. Nepenthes
Mungkin anda masih asing mendengar nama tanaman hias Nepenthes ini. Namun tanaman Napenthes sedang populer dan menjadi hits di daerah kalimantan. Masyarakat Indonesia menyebut tanaman hias ini dengan sebutan kantong semar. Jika dilihat ke belakang, Nepenthes asalnya tumbuh di daerah pegunungan yang kemudian dijadikan tanaman hias bagi pekarangan rumah elit. Ada kelebihan dari Nepenthes, ia bermanfaat sebagai penghias pekarangan rumah sekaligus bisa membasmi serangga di halaman rumah.

Harga jual Nepenthes ditentukan seberapa besar kantong yang dimilikinya. Semakin besar kantongnya maka semakin mahal harga jualnya. Begitu sebaliknya. Hal tersebut membuat pencarian tanaman Nepenthes sangat marak di berbagai daerah di tanah air terutama di hutan pulau Kalimantan. Banyak orang kaya raya baru dari jualan Napenthes. Jika anda mau bisnis tanaman hias yang laku dijual maka sangat tepat untuk membudidayakan Napenthes.

7. Adenium
Dahulu tanaman yang mempunyai bonggol unik ini sangat langka didapatkan karena dicari banyak orang sedangkan persediaan stok terbatas. Yang mengakibatkan harga adenium sangat mahal. Namun saat ini tanaman hias adenium mudah sekali didapatkan dengan stok banyak. Hal ini membuat harga adenium bukan lagi menjadi tanaman mahal, tapi sudah menjadi tanaman murah. Dengan uang sebesar Rp 10 ribu, seseorang sudah bisa membeli satu buah tanaman hias adenium. Akan tetapi, masih ada jenis adenium yang laku dijual dengan harga tinggi hingga puluhan juta rupiah pertangkai.

8. Kadaka
Tanaman hias ini mempunyai ciri daun yang panjang, besar dan tebal. Tanaman yang berasal dari Indonesia ini banyak dijumpai di berbagai hutan di tanah air. Dahulu tanaman hias ini tidak dilirik orang. Namun seiring dengan berjalan waktu, Kadaka menjadi populer di kalangan masyarakat tanah air dan laku dijual. Kini harga tanaman Kadaka cukup mahal atas dasar keunikan tanaman hias ini. Salah satunya jenis kadaka keriting, kadaka ular dan kadaka osaka.

9. Euphorbia
Salah satu tanaman hias yang laku dijual, laris dan banyak peminat adalah Euphorbia. Ciri khas tanaman ini mempunyai bentuk bunga yang menawan dan indah. Tanaman ini memiliki duri di seluruh batangnya. Tanaman yang berasal dari negara Madagaskar ini gampang sekali dalam perawatan.

10. Gelombang Cinta
Tanaman hias gelombang cinta mempunyai bentuk daun yang unik dan lebar. Tanaman yang merupakan bagian dari Anthurium ini pernah menjadi salah satu trend tanaman hias 2017. Dan kini masih menjadi tanaman yang laku dijual, laris dan banyak peminat. Gelombang cinta merupakan nama yang menarik dan unik sekali. Jenis tanaman hias ini pernah populer dan laris manis dibeli banyak orang dengan harga jual yang mahal sekali. Banyak orang membelinya hingga sekarang.

11. Kuping Gajah
Anda tentu sudah mengenal dengan tanaman hias daun kuping gajah. Tanaman hias ini mudah dijumpai di pekarangan rumah sebagai penghias. Bentuk daun kuping gajah sangat khas. Dinamakan demikian karena mirip kuping gajah yang memiliki bentuk yang lebar dan besar. Warna daun-daunnya hijau tua dengan garis putih membuat tanaman ini sangat indah dipandang mata.

12. Keladi Red Star
Tanaman hias ini pernah penulis temukan di kebun rumah dalam jumlah banyak dan termasuk kelompok Anthurium. Yang menjadi ciri khas dari keladi red star adalah bentuk daunnya yang lebar dengan warna hijau bercampur merah. Sehingga membentuk daun yang cantik yang indah ditatap orang. Bahkan penulis melihat tanaman hias keladi red star lebih indah ketimbang tanaman daun kuping gajah.

13. Suplir
Tanaman hias paku ini menjadi populer di Indonesia sejak lama hingga saat ini. Suplir sering dijadikan tanaman penghias taman, pekarangan rumah dan ruangan. Tanaman yang termasuk spesies Adiantum ini diminati banyak kolektor pecinta tanaman hias karena bentuknya yang sangat unik dan menarik.

14. Spider Plant
Apabila anda mempunyai ruangan berukuran kecil dan ingin memperhias dengan tanaman maka tanaman spider plant cocok anda gunakan. Karena Spider plant merupakan tanaman hias gantung yang tidak memerlukan banyak tempat dan ruang. Tanaman yang mempunyai daun yang panjang dengan warna hijau strip putih ini tampak indah yang berasal dari negara Afrika Selatan.

15. Daun Dolar
Tanaman hias paling banyak dicari lainnya adalah daun dolar. Tanaman hias yang memiliki daun warna hijau mengkilap terang dengan bentuk unik ini disebut juga tanaman daun dolar. Karena daun-daunnya mirip uang dolar recehan. Perawatan tanaman daun dolar tidak sulit. Cukup menyiram di pagi hari maka tanaman tumbuh dengan subur. Bahkan berkembang biak secara baik. Apalagi tanaman hias ini gampang beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Tanaman dolar termasuk tanaman hias yang laku dijual, laris, banyak peminat.