10 Cara Membuka Bisnis Minuman Ringan Untung Jutaan per Bulan

07 Maret 2018

Peluang bisnis minuman ringan menarik banyak perhatian para pelaku usaha di tanah air. Apalagi peluang usaha minuman kemasan. Mengingat potensi keuntungan perbulan sangat besar. Berdasarkan pengakuan para pemilik perusahaan bisnis minuman kemasan dalam sehari bisa meraup omset hingga jutaan rupiah. Selain itu, bisnis minuman ringan mempunyai pangsa pasar sangat besar dan  bisa dijalankan dengan modal kecil sekalipun. Atas kelebihan-kelebihan itulah, banyak pengusaha pemula yang terjun dalam bisnis minuman ringan.

Prospek Bisnis Minuman Ringan
Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan, prospek usaha bisnis minuman ringan kemasan menjanjikan sekali. Dibandingkan dengan kuliner dan makanan lain maka minuman ringan kemasan menjadi minuman paling laris. Apalagi ketika musim panas atau di saat siang hari, para pembeli minuman ringan kemasan berbondong-bondong membeli jenis minuman ini yang praktis, rasa enak yang dijual dengan harga murah meriah. Untuk memulai bisnis minuman ringan kemasan sangat mudah. Anda bisa membuka usaha ini di rumah.
usaha minuman ringan, bisnis minuman ringan, minuman yogurt, minuman ringan, minuman segar, yogurt

10 Cara Membuka Bisnis Minuman Ringan Untung Jutaan per Bulan
Bagi anda yang penasaran, berikut ini ini 10 cara membuka bisnis minuman ringan untung jutaan perbulan bagi pemula, antara lain:

1. Niatkan Untuk Ibadah
Niatkan segala sesuatu sebagai ladang ibadah. Begitupula dalam menjalankan bisnis minuman ringan. Semua kegagalan dan keberhasilan bisnis minuman ringan sangat bergantung kepada Allah SWT. Hanya kita diwajibkan untuk bekerja, dan ikhtiar.

2. Memilih Jenis Minuman Ringan
Untuh tahap awal, tentunya anda harus memilih jenis minuman ringan yang hendak dijual. Ada banyak jenis minuman ringan yang sangat cocok dijual di pasaran. Seperti susu, yogurt, teh, jus, kopi, sari buah, minuman jelly, minuman jamu, dan lain sebagainya. 

3. Menentukan Target Pasar
Ada berbagai target pasar yang bisa anda bidik dalam bisnis minuman ringan yaitu kalangan anak-anak sekolah dasar, TK, SMP, SMA maupun kalangan remaja, ibu-ibu, bapak-bapak, orang dewasa maupun lansia. Dengan mengetahui target pasar yang anda tuju maka akan mengetahui cara memasarkannya. Salah satu target pasar yang bagus untuk dibidik dalam bisnis minuman ringan adalah kalangan pelajar atau anak sekolah.

4. Mempersiapkan bahan baku minuman ringan
Bahan baku minuman ringan seperti gula pasir, buah-buahan, jeruk nipis, dan lain-lain. Anda dapat membelinya di toko bahan makanan dan minuman terdekat.

5. Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan usaha minuman ringan
Peralatan usaha minuman ringan kemasan antara lain booth atau gerobak, cup atau wadah, sendok, alat press, dan lain sebagainya.

6. Mengetahui teknik cara membuat minuman kemasan agar awet

7. Memasarkan minuman ringan
Untuk proses pemasaran minuman ringan kemasan bisa dilakukan dengan online maupun secara fisik dengan mendatangi kantin sekolah, warung atau toko sembako terdekat.

8. Melengkapi dengan surat perijinan usaha
Jika bisnis minuman ringan anda telah berkembang pesat maka untuk mengembangkan bisnis minuman lebih besar lagi, anda hendaknya mengurus surat perijinan usaha yang meliputi surat ijin dari BPPOM, surat kesehatan dari dinas kesehatan setempat, surat sertifikat halal dari MUI, dll.

9. Inovasi minuman ringan
Mungkin pada awal mula bisnis minuman ringan, produk minuman ringan kemasan yang anda jual di pasaran mengalami masa laris manis. Namun seiring dengan perjalanan waktu sesuai prinsip roda atau siklus bisnis maka perlahan penjualan minuman kemasan sobat akan turun drastis. Hal ini disebabkan konsumen sudah jenuh dengan produk minuman ringan anda. Oleh sebab itu, untuk mengatasi kejenuhan dari konsumen, anda mesti melakukan inovasi minuman kemasan yang anda jual. Misalkan menambahkan rasa baru, membuat jenis minuman ringan baru lagi yang unik dan lebih enak dan lain sebagainya.

10. Ulet dan pantang menyerah
Setiap kesuksesan bisnis membutuhkan kerja keras. Dengan sikap kerja keras, ulet, bersungguh-sungguh, tekun, rajin dan bersikap benar serta sikap pantang menyerah maka berjalan waktu keberhasilan bisnis minuman ringan sobat akan didapatkan.

Demikianlah 10 cara membuka bisnis minuman ringan untung jutaan perbulan bagi pemula. Jika anda memilih untuk membuka usaha minuman ringan kemasan, cup maupun botol maka sangat tepat. Karena bisnis minuman merupakan jenis usaha yang abadi. Setiap manusia membutuhkan minuman setiap harinya untuk menjaga kesehatannya.

Jenis Jualan Minuman Ringan Paling Laris
Bagi seseorang yang tertarik untuk membuka usaha minuman dalam kemasan maupun bagi pemula dalam bisnis minuman ringan tentu bertanya-tanya jenis minuman apakah yang sedang diminati pasar, trend, populer, laku atau paling laris saat ini. Dengan mengetahui informasi tersebut sudah merupakan bekal awal sebelum terjun dalam memulai bisnis minuman ringan yang sesungguhnya.

Untuk mengetahuinya, berikut ini penulis utarakan beberapa jenis jualan minuman ringan kemasan yang paling laris sekarang ini, antara lain:

1. Yogurt
Anda tentu sudah mengenal dengan minuman yogurt. Minuman ini berasal dari bahan susu yang difermentasi. Sehingga rasanya agak sedikit masam. Namun dibalik rasa yogurt yang asam terkandung beberapa manfaat yogurt untuk membantu kesehatan tubuh manusia. Para penggemar minuman yogurt cukup besar jumlahnya di Indonesia. Dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa dan lansia. Jika anda sedang mencari peluang usaha minuman kemasan terbaik maka usaha minuman yogurt merupakan pilihan tepat.

2. Jamu Kemasan
Jamu adalah minuman tradisional yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tertentu dan menjaga kesehatan tubuh manusia. para penikmat minuman jamu sangat besar. Hal ini membuat bisnis jamu sangat menguntungkan. Biasanya jamu dikemas dalam bentuk kemasan atau sachet. Seiring dengan perkembangan jaman, anda bisa mengemas jamu dalam bentuk minuman kemasan sehingga praktis. Misalkan minuman ringan kemasan sirih, kunyit asam dan beras kencur serta jenis jamu lainnya.

3. Sari Buah
Sari buah bermanfaat sekali jika dikonsumsi setiap hari oleh manusia. Dengan rasa yang manis dan enak, terdapat kandungan vitamin dan mineral dalam sari buah. Sehingga bisnis minuman ringan kemasan sari buah dapat dijadikan salah satu peluang bisnis rumahan yang sangat menjanjikan.Pangsa pasar sangat luas bukan hanya anak-anak, remaja dan orang dewasa tapi juga kalangan orang lanjut usia yang ingin merasakan khasiat dari sari buah. Ada berbagai jenis buah-buahan yang bisa anda ambil sarinya dan di jadikan minuman. Seperti mangga, buah naga, sirsak, nangka, strobery, manggis, apel, jeruk dan lain-lain.

4. Teh
Inilah peluang usaha minuman segar murah lainnya yang tak kalah menguntungkan yaitu bisnis minuman ringan teh. Ada berbagai perusahaan kecil, menengah hingga skala perusahaan besar yang memproduksi berbagai minuman ringan dari bahan teh. Misalkan Teh Sosro, Teh Gelas, teh Pucuk Harum, Teh Ichi Ocha dan lain sebagainya. Walaupun tingkat persaingan bisnis minuman ringan teh kemasan sangat ketat. Tetap saja bisnis ini masih menjanjikan dengan pangsa pasar yang luas.

5. Kopi
Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sudah familiar bagi masyarakat Indonesia. Ada berbagai jenis minuman kopi di Indonesia. Seperti kopi luwak, kopi torabika, kopi ABC, kopi susu, kopi kapal api, kopi nescafe dan merk kopi lainnya. Dan dari rasa ada kopi rasa moca, kopi susu, kopi gula, kopi vanilla, tiramisu, latte, mint, kopi capucino, kopi coklat dan lainnya. 

6. Susu
Minuman susu menjadi kuliner favorit banyak orang dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Karena memiliki rasa yang enak, unik dan lezat. Selain itu, dalam susu terkandung banyak vitamin dan mineral yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh. Sebagai jenis minuman yang paling disukai banyak orang membuat bisnis minuman ringan kemasan susu sangat menjanjikan untung besar. Apalagi variasi rasa susu sangat banyak. Seperti susu rasa melon, stroberi, anggur, nanas dan rasa lainnya.

7. Sari Kelapa
Jenis minuman sari kelapa sudah populer sejak lama hingga saat ini. Ketika pada siang hari biasanya orang mengalami haus. Dan untuk melepas dahaga tersebut maka seseorang minum minuman sari kelapa. Jenis minuman ini berkhasiat mengembalikan cairan tubuh yang hilang selepas beraktivitas. Dengan rasa yang unik dan lezat membuat minuman ini laris manis di pasaran.

8. Minuman Jus
Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan minuman jus. Minuman ini digemari banyak orang dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya sangat menyegarkan, menyehatkan tubuh manusia sekaligus mampu melepas dahaga di siang hari. Ada berbagai jenis jus buah yang sedang diminati banyak orang  antara lain : jus stroberi, jus mangga, jus sirsak, jus apel dan jus lainnya.

Contoh usaha kecil-kecilan yang menjanjikan untung besar adalah usaha jualan minuman ringan berupa jus buah. Anda bisa menjualnya langsung kepada konsumen dengan membuka gerobak jus buah di pinggir jalan. Ataupun anda bisa menitipkan di sejumlah warung dan kantin jus buah yang anda produksi dengan harga yang sangat murah.

Tips Sukses Bisnis Minuman Ringan Dingin
Sebuah usaha memerlukan teknik dan cara untuk berhasil. Berikut ini tips sukses bisnis minuman ringan dingin yaitu:

1. Melayani konsumen dengan ramah.

2. Menjaga kualitas minuman ringan. Jangan sampai minuman ringan yang anda jual berbeda rasa dari sebelumnya.

3. Membanderol harga minuman ringan sesuai target pasar. Jika anda membidik pangsa pasar anak sekolah dasar atau SMP maka harga jual minuman ringan kemasan sekitar Rp 1000.