Keuntungan Bisnis Kursus, Omzet Per Bulan, dan Cara Memulainya

06 April 2017

Hidup haruslah kreatif. Apalagi di tengah lapangan kerja yang kian sempit membuat seseorang mesti bersikap kreatif dalam mencari pekerjaan dan menciptakan peluang bisnis yang baru. Salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini dan di masa mendatang adalah bisnis kursus. Bisnis ini bisa dijalankan secara offline maupun online dengan potensi keuntungan sangat besar luarbiasa. Hal ini dikarenakan pangsa pasar di dunia maya sangat luas. Meliputi seluruh dunia asalkan terkoneksi dengan internet.

Keuntungan Bisnis Kursus
Sangat mudah kita temukan di berbagai sudut kota dan tempat, gerai usaha yang menawarkan pelatihan dan kursus reguler maupun singkat. Terutama di kota, usaha kursus sangat mudah ditemukan. Hal ini karena kebutuhan masyarakat perkotaan sangat tinggi terhadap jasa keterampilan. Selepas selesai dari kursus mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang didambakannya dan bisa menciptakan peluang usaha terbaru.

Pendek kata, ada banyak keuntungan bagi seseorang yang menjalankan bisnis kursus baik secara offline dan online, antara lain:

▪ Online
Sekarang ini cara menghasilkan uang bukan hanya secara fisik tapi bisa juga dilakukan melalui online. Seperti peluang bisnis kursus bisa dijalankan secara online. Bahan tutorial bisa berupa ebook, video, hingga chatting dan tatap muka via video call. Dan berdasarkan pengamatan penulis, usaha kursus online merupakan salah satu jenis bisnis online yang sedang digandrungi para kawula muda. Karena menjanjikan untung besar.

Banyak netter yang sukses dalam menjalankan bisnis kursus online. Seperti kursus menulis yang diadakan oleh salah seorang praktisi dan mantan wartawan. Lalu ada kursus bisnis online yang diadakan oleh David. Kemudian kursus bisnis online cara menghasilkan uang di internet yang diadakan oleh Anne Ahira dengan Asia Brain dan lain sebagainya.

Modal usaha yang utama dari bisnis kursus adalah mempunyai keterampilan yang bisa dijual. Seperti sobat memiliki keterampilan bermain musik, mahir bahasa asing, bermain catur, terampil memasak kuliner tertentu, keterampilan menulis, menjahit dan lain sebagainya. Semua keterampilan tersebut bisa sobat jual dalam bentuk bisnis kursus secara fisik ataupun online. Jadi bisnis kursus adalah sebuah usaha menjual jasa dengan modal kecil tapi potensi untung sangat besar. Hal inilah yang membuat bisnis kursus secara fisik dan online banyak pesaingnya.

▪ Modal Kecil
Bisnis kursus secara online dan offline tidak membutuhkan modal besar. Dengan modal relatif kecil pun , usaha kursus bisa dijalankan dengan lancar. Asalkan sobat memiliki keterampilan khusus yang dapat dijual serta mampu menarik semakin banyak konsumen. Promosi usaha pun tidak terlalu menghabiskan uang dalam jumlah besar. Sobat bisa beriklan di internet via facebook, twiiter, blog, line, forum, marketplace dan jejaring sosial lainnya. Caranya pasang saja tulisan iklan : Bagaimana cara bermain alat musik piano? Ikuti kursus yang kami berikan dengan harga murah” atau “kursus bermain gitar” maupun kursus bermain catur yang baik atau juga cara menghasilkan uang dari facebook dan lain sebagainya. Semua itu bisa dijadikan ladang uang. 

Usaha dalam bidang jasa kursus keterampilan sangat cocok dijalankan bagi pelaku usaha yang memiliki modal kecil bahkan nol. sebab bisnis kursus bisa dijalankan dengan modal nol. Dengan syarat ia mempunyai keahlian yang akan ia jual kepada masyarakat luas. Bentuk kursus bisa berupa tutorial yang diberikan secara berkala berupa ebook, video, dan lain sebagainya.
bisnis kursus, keuntungan bisnis kursus, cara bisnis kursus, usaha kursus, cara buka usaha kursus

▪ Untung Besar
Keuntungan dari bisnis kursus lumayan besar. Hal ini dikarenakan setiap orang membutuhkan ilmu dan keterampilan tertentu untuk dimilikinya. Agar ia semakin pandai dan mampu melakukan segala sesuatu yang diinginkannya. Seiring dengan tingkat kemajuan teknologi internet, bisnis kursus dapat dijalankan secara online yang pangsa pasar mencakup semua orang di seluruh dunia.

Cara Memulai Bisnis Kursus
Apabila sobat berminat untuk membuka bisnis kursus ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Untuk lebih jelas,  langkah utama dalam memulai usaha kursus secara offline maupun online yaitu  menentukan jenis kursus keterampilan yang hendak dijual, misalnya Kursus Bahasa Asing dan kursus lain sebagainya.

Keterampilan dan kemampuan seseorang dalam bahasa asing seperti bahasa inggris, arab, korea, jepang, mandarin, perancis, jerman dan bahasa asing lain sebagainya sangat dibutuhkan dalam lapangan bisnis online dan offline. Bahkan karier pekerjaan seseorang bisa meningkat. Oleh sebab itu, mengingat permintaan pasar yang sangat besar terhadap bimbingan kursus bahasa asing maka sobat bisa membuka usaha kursus online bahasa asing. Tentu, syarat utama adalah anda terlebih dahulu mahir dan terampil dalam bahasa asing tersebut.

Cara memulai kursus bahasa asing secara online sangat gampang dijalankan. Sobat sebagai tenaga pengajar dan konsumen sebagai murid harus tersambung dengan jaringan internet. Kemudian anda bisa melakukan proses belajar mengajar bahasa asing melalui virtual. Sehingga konsumen atau murid bisa berinteraksi langsung dengan sobat.  Bagaimana mudah bukan?

Selanjutnya jika sobat mahir dalam mengoperasikan komputer maka sobat bisa membuka kursus komputer. Kemudian apabila anda mahir dalam seo maka anda bisa membuka kursus atau sekolah seo. Mengingat kebutuhan seo bagi para pelaku bisnis toko online sangat besar. Usaha kursus seo bisa dikombinasikan dengan bisnis pelatihan pembuatan website untuk perusahaan besar, toko online maupun pemerintahan.

Kursus bisnis online atau bagaimana cara menghasilkan uang lewat dunia maya adalah bisnis yang patut anda pertimbangkan. Karena semakin banyak pengguna internet di tanah air. Dan kebanyakan mereka belum tahu sama sekali mengenai cara melakukan bisnis online. Ada berbagai jenis bisnis online yang tersedia di internet. Anda bisa memilih salah satu jenis bisnis online yang hendak anda jual turorialnya.

Untuk garis besar saja berikut ini jenis kursus yang bisa sobat jual keterampilannya ke khalayak umum, antara lain kursus menyetir mobil, kursus otomotif, kursus menjahit dan lain sebagainya. Pilihlah jenis kursus yang sobat sukai atau hobi dan sobat memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

Omzet Per Bulan Bisnis Kursus
Untuk mengetahui berapa omzet dan keuntungan bersih perbulan dari usaha kursus, kita bisa simak kisah sukses Veronica Ratna Ningrum yang berhasil menjalani bisnis kursus bahasa Inggris. Pada mulanya, wanita berkulit putih ini bekerja sebagai marketing di sebuah bank ternama di Indonesia. Namun, ia melihat fakta dan kenyataan di lapangan banyak sekali anak-anak di tanah air yang kurang memahami penggunaan bahasa inggris. Oleh sebab itu, ia membulatkan tekad membuka kursus bahasa inggris bagi anak-anak tersebut. Yang kemudian lembaga kursus diberi nama Liberty English Class.

Untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar bahasa inggris di lembaga kursus yang ia pimpin, wanita yang akrab disapa Ratna rela mendatangkan tenaga pengajar english dari orang asing. Tak ayal hal itu membuat usaha kursusnya diminati banyak orang. Apalagi ditambah sistem pendekatan psikologis anak yang diterapkan di lembaga pendidikan kursusnya. Membuat bisnis kursusnya laris manis diikuti banyak anak-anak yang mau belajar bahasa inggris.

Kesuksesan yang diraih Veronica Ratna dari bisnis kursus bahasa inggris dengan omzet perbulan mencapai ratusan juta rupiah tak terlepas dari pengalaman sebelumnya yang berhasil bisnis pemasaran produk-produk bank. Sehingga ia mengetahui betul bagaimana cara mendirikan suatu bisnis beserta cara penjualan sehingga berkembang pesat dan menguntungkan. Selain itu juga, wanita supel ini bekerja di sebuah rumah sakit sebagai marketing. Tiga pekerjaan sekaligus mampu ia lakukan dengan baik. Disebabkan etos kerja yang baik, displin, ulet dan pantang menyerah.

Veronica merupakan pribadi yang tak puas dengan keberhasilan. Sukses dalam bidang bisnis marketing membuat ia merambah bisnis baru yakni usaha dalam bidang pendidikan bahasa inggris. Alasan ia terjun dalam bisnis ini karena ia prihatin dengan anak-anak Indonesia pada jaman sekarang yang masih belum bisa menguasai bahasa inggris secara baik dan benar. Padahal jaman moderen saat ini dituntut setiap orang mampu berbahasa inggris sebagai bahasa pergaulan internasional sehari-hari.

Dibantu oleh salah seorang rekan kerjanya bernama Stevano Lutjow, wanita yang murah senyum ini mampu menghantarkan Liberty English Class ke jajaran lembaga kursus bahasa inggris yang paling populer di Indonesia. Adapun menurut Veronica, rincian modal usaha membuka bisnis kursus bahasa inggris lumayan besar. Ia telah mengeluarkan uang sebanyak Rp 250 juta untuk modal usaha bisnis kursus bahasa inggris yang meliputi sewa lokasi usaha, belanja alat dan perlengkapan usaha, renovasi tempat dan lain-lain.

Modal usaha bisnis kursus bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh Veronica Ratna tidak sia-sia. Sebab ia sudah bisa balik modal dalam waktu cepat. Kini ia mendapatkan omzet perbulan sebesar ratusan juta rupiah dari bisnis kursus bahasa inggris tersebut.

Dari cerita ini jelas bahwa keuntungan usaha kursus secara offline sangat menjanjikan untung besar hingga ratusan juta rupiah. Bahkan bisa lebih besar dari itu. Seperti yang dilakukan oleh pria yang membuka bisnis kursus komputer dengan omzet perbulan mencapai miliaran rupiah. Pendek kata, bisnis kursus sangat menguntungkan dan bisa cepat kaya. Apalagi didukung dengan bisnis kursus secara online. Pastinya penghasilan yang didapatkan bisa berlipat-lipat luarbiasa.