Cara Mudah Mengajukan Pinjaman Tunai di Bank Mandiri Syariah

04 Februari 2017

Pada suatu hari ketika penulis bekerja di sebuah usaha showroom dan dealer sepeda motor Honda dan Yamaha, seorang analis kredit atau marketing kredit menyatakan ada empat C yang sangat diperhatikan pihak bank dalam menyetujui proses pengajuan kredit pinjaman uang tunai bagi nasabah. Pertama capacity yaitu apakah orang itu layak mendapatkan pinjaman uang tunai dalam jumlah tertentu? Apakah penghasilannya tiga kali lipat dari jumlah angsuran pinjaman. Jika ya maka kapasitasnya layak diberikan pinjaman kredit uang.

Ia meneruskan, kedua, character, yaitu melihat karakter dari calon nasabah. Apakah karakternya dapat dipercaya, jujur? Hal ini bisa dilihat dari rekam jejak seseorang dalam meminjam uang di bank-bank sebelumnya selain bisa dilihat dari tampang wajah dan penuturan kesaksian orang sekitarnya. Ketiga, jaminan yaitu benda apa yang dijadikan agunan dalam mengajukan permohonan pinjaman uang tunai di Bank Mandiri Syariah. Keempat, siapa penjaminnya?

Itulah hal di atas yang diperhatikan bank dalam menilai layak tidaknya seseorang mendapatkan pinjaman dari bank. Teori panduan ini sudah umum digunakan bank konvensional dan syariah dalam menyetujui pengajuan kredit seseorang. Penulis mengutarakan panduan ini agar sobat bisa meneliti diri sendiri apakah sudah memenuhi syarat di atas sebelum mengajukan pinjaman uang tunai di Bank Mandiri Syariah. Supaya upaya sobat tak sia-sia. 

Cara Mudah Mengajukan Pinjaman Tunai di Bank Mandiri Syariah
Anda tentu saja sudah mengenal bank-bank syariah di Indonesia. Seperti bank Muamalat Tbk, BPRS Salman ITB, BRI Syariah, BJB Syariah, BNI Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Mandiri Syariah, dll. Saking banyaknya perbankan syariah di tanah air sehingga tak bisa disebutkan satu persatu secara rinci. Apalagi bank konvensional pun sekarang sudah banyak yang mendirikan divisi bank syariah.
bank mandiri syariah, bank syariah mandiri, cara mengajukan pinjaman bank, bank, kredit

Bank Syariah Mandiri merupakan lembaga perbankan terbesar di Indonesia yang bagian dari Bank Mandiri. Lembaga perbankan ini baru saja berdiri setelah BRI, BNI, BTN, BTPN, dll yang terlebih dahulu terkenal. Walaupun berdiri belakangan setelah bank-bank tersebut, Bank Mandiri Syariah cukup disegani. Bank Mandiri yang merupakan gabungan beberapa bank ini di awal pembukaan saham IPO laris manis dibeli masyarakat luas. Penulis juga tertarik membeli saham bank Mandiri. Karena bank ini milik pemerintah yang dijamin dan didukung oleh pemerintah.

Untuk meminjam uang tunai di Bank Mandiri Syariah tak gampang. Diperlukan sejumlah persyaratan umum, khusus dan administrasi bagi yang ingin meminjam uang di Bank Syariah Mandiri. Pelayanan peminjaman uang akan dilayani dengan ramah dan baik oleh customer service yang islami mengucapkan salam dan mudah akrab. Sebenarnya ada cara termudah untuk meminjam uang tunai di bank Syariah Mandiri disingkat BSM seperti yang dialami oleh penulis yakni menjadi nasabah bank syariah mandiri terlebih dulu. Dengan sendirinya pihak bank akan menilai arus kas keluar masuk saldo tabungan dan aset yang dimiliki seorang nasabah. Pihak bank akan mampu menilai layak tidaknya seorang nasabah diberikan pinjaman uang tunai untuk berbagai keperluan seperti modal usaha, renovasi rumah dll.

Kehadiran Bank Mandiri Syariah selama ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Ada pengalaman manis saat melakukan investasi deposito di BSM. Cara membuka rekening baru di Syariah Mandiri sangat mudah dan dilayani dengan sopan. Dan penulis mendapatkan bagi hasil sebesar Rp 500 ribu dari deposito mudharabah 11 juta rupiah selama satu tahun. Bagi hasil yang lebih tinggi ketimbang menyimpan uang di Bank Muamalat, atau bank syariah lainnya. Bahkan penulis melihat jumlah transaksi keuangan di Bank Syariah Mandiri lebih besar ketimbang bank konvensional dan syariah lain. Ini membuktikan bank mandiri syariah lebih unggul dalam besaran keuntungan dan pelayanan.

Sebagai perbankan yang menerapkan hukum Islam dalam setiap kegiatan transaksi ekonomi dan bagi hasil maka produk dalam bank ini dijamin halal. Seperti produk investasi tabungan, deposito, asuransi syariah, reksadana dll. Dan yang tak kalah menarik dari BSM adalah adanya produk pembiayaan berupa pinjaman uang tunai untuk segala keperluan. Misalnya pembiayaan untuk modal usaha, biaya renovasi rumah, pinjaman untuk pembelian alat alat medis, pinjaman uang untuk biaya pendidikan, pinjaman uang tunai bagi pensiunan, pinjaman kredit rumah atau griya dan lainnya.

Keuntungan Meminjam Uang di Bank Syariah Mandiri
Pinjaman uang tunai dari bank mandiri syariah sangat sayang untuk dilewatkan. Karena menguntungkan pihak debitur dan bank. Terdapat asas keadilan dan berdasarkan syariat islam dalam pinjaman uang di BSM. Tidak seperti pinjaman uang tunai di bank konvensional yang cenderung riba. Dan riba itu haram. Sebagaimana Allah SWT berfirman Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Selain itu, syarat dan prosedur melakukan peminjaman uang tunai relatif sangat mudah dan tak menyulitkan para calon debitur.

Jika anda memilih Bank Mandiri Syariah sebagai tempat meminjam uang tunai yang aman maka sangat tepat. Selain halal, meminjam uang di BSM berarti kita menjadi mitra bank. Lalu bagaimanakah persyaratan dalam meminjam uang di bank syariah mandiri. Tentu hal ini berbeda-beda sesuai jenis pinjaman, plafon kredit pinjaman yang diajukan dan jaminan yang diagunkan.

Bahkan penulis pernah ditawari langsung oleh pihak Bank Syariah Mandiri untuk mendapatkan modal usaha berupa pinjaman uang tunai dalam jumlah besar sampai ratusan juta rupiah. Tapi uang itu hendak dipergunakan untuk apa mengingat belum ada usaha yang penulis jalani waktu itu. Sekarang keadaan berbeda. Penulis mempunyai berbagai jenis usaha yang sangat banyak seperti usaha berjualan makanan ringan cemilan snack, seblak, berjualan es camelo sachet, jualan eceran gas 3 kg elpiji pertamina, bisnis online jasa penulisan artikel dll. Sehingga kini dibutuhkan sokongan modal usaha yang sangat besar dari orangtua dan bank berupa pinjaman uang tunai.

Dalam meminjamkan uang tunai pihak bank tidak sembarangan ia memilih orang yang dapat dipercaya sebagai debitur. Bank tidak ingin kecolongan atau rugi hingga bobol uang miliaran rupiah. Oleh sebab itu halnya, bank mandiri syariah menerapkan kriteria tertentu bagi calon nasabah pembiayaan. Kriteria calon debitur yang hendak mengajukan pinjaman uang tunai di bank mandiri syariah agar cepat disetujui antara lain mempunyai pendapatan tetap yang sudah ditentukan jumlahnya, cakap dalam hukum, mempunyai jejak rekam catatan yang baik di bank dalam persoalan kredit perbankan, orangnya dapat dipercaya dan jujur hal ini bisa dilihat dari catatan bank sebelumnya.

Persyaratan Dokumen Bagi Pengajuan Pinjaman Uang
Setelah kira-kira kriteria nasabah pembiayaan bagi bank mandiri syariah telah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah melengkapi persyaratan dokumen atau administrasi. Seperti fotocopy identitas diri KTP atau SIM dari pemohon, fotocopy KTP suami atau isteri, fotocopy kartu keluarga, fotocopy surat nikah jika sudah menikah, jika bercerai maka harus menyertakan akta cerai, atau membuat surat pernyataan belum menikah dari KUA dan desa apabila pemohon belum menikah, dan dokumen lain yang kelak diminta oleh pihak bank mandiri syariah.

Tampaklah jelas bank mandiri syariah tidak mempersulit nasabahnya untuk mendapatkan pinjaman uang tunai. Justeru sangat mudah dalam memperoleh pinjaman uang tunai dalam jumlah besar di Bank Syariah Mandiri. Seperti persyaratan yang diajukan sangat ringan. Dan hampir semua orang dapat membuatnya atau memenuhinya secara mudah dan cepat.

Jika syarat kriteria umum nasabah pembiayaan yang ditentukan BSM terpenuhi dan dokumen utama sudah dipersiapkan dengan lengkap maka agar proses pengajuan pinjaman tunai cepat cair sobat dapat menyertakan dengan bukti surat jaminan dan data pendukung yang merupakan satu paket persyaratan mengajukan pinjaman uang tunai di bank Mandiri Syariah. Data pendukung yang dipersyaratkan meliputi slip gaji, rekening koran atau fotocopy rekening bank selama enam bulan terakhir, surat keterangan penghasilan dari kantor tempat bekerja, fotocopy NPWP, dan lain-lain.

Bank mandiri syariah mungkin meminta dokumen penting lainnya dalam proses pengajuan pinjaman uang tunai bagi sang nasabah. Dokumen pendukung lain yang mungkin diminta pihak bank meliputi surat ijin praktek, surat ijin usaha, surat pengangkatan dan dokumen lain yang diperlukan bank.

Terakhir setelah semua persyaratan di atas lengkap, langkah berikutnya adalah mengisi formulir pembiayaan atau formulir pengajuan pinjaman uang tunai secara lengkap. Apabila anda kesulitan mengisi formulir secara lengkap maka anda bisa meminta bantuan customer service bank mandiri syariah. Isilah formulir pembiayaan dengan data yang benar. Apabila semua persyaratam berkas nyambung, valid dan sesuai dengan fakta di lapangan maka proses pinjaman uang tunai akan segera cair. Pencairan uang pinjaman diberikan lewat transfer ke rekening nasabah pembiayaan. Nasabah bisa mendapatkan uang itu melalui pencairan di mesin ATM atau melalui teller bank langsung.

Pinjaman uang tunai di BSM sangat disukai para pelaku usaha karena proses pengajuan pinjaman kredit uang tunai sangat mudah dengan angsuran rendah. Untuk mengetahui lebih lanjut berbagai produk pinjaman uang tunai di bank Mandiri Syariah sobat bisa mengunjungi kantor Bank Syariah Mandiri di dekat tempat tinggal. Mintalah bantuan customer service untuk menjelaskan berbagai produk pembiayaan beserta syarat dan prosedur yang dibutuhkan.

Langkah bijak dan tepat meminjam uang tunai di Bank Syariah Mandiri. Karena sistem yang dijalankan berdasarkan syariah dengan prinsip keadilan dan tolong menolong, transaksi halal, tak mengandung unsur riba. Namun dalam mengajukan pinjaman uang tunai di Bank Mandiri Syariah hendaknya disesuaikan dengan kemampuan bayar cicilan.

Demikian saja yang dapat penulis utarakan mengenai cara mudah mengajukan pinjaman uang tunai di Bank Mandiri Syariah. Dengan cara memenuhi persyaratan umum, khusus dan dokumen. Walaupun artikel ini ditulis tak sempurna dan rinci tapi sudah cukup mewakili. Semoga bermanfaat.