10 Cara Membuka Bisnis Tambal Ban yang Menguntungkan dan Laris

20 November 2017

Salah satu jenis usaha yang populer dan laris manis belakangan ini adalah usaha tambal ban. Walaupun bisnis ini tampak sederhana namun keuntungannya cukup besar. Anda bisa dengan mudah menjumpai gerai usaha tambal ban manual, otomatis dan nitrogen di suatu daerah. Sementara, masih ada beberapa tempat yang masih langka usaha tambal ban meski dibutuhkan. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha baru yang menjanjikan untuk dijalankan. Apalagi usaha tambal ban tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya.

Analisa Usaha Bisnis Tambal Ban
Berdasarkan analisis penulis, usaha tambal ban manual, nitrogen maupun otomatis sangat menjanjikan dijalankan saat ini. Hal ini tak terlepas dari jumlah kendaraan bermotor yaitu sepeda motor dan mobil yang terus bertambah banyak setiap tahun. Akibat pemakaian kendaraan bermotor yang terus menerus mengakibatkan ban mengalami aus dan mudah bocor. Sehingga tak jarang beberapa ban sepeda motor dan mobil mengalami kebocoran karena pecah ban, ban yang tipis atau tertancap duri di jalan. Kalau hal ini terjadi maka usaha tambal ban menjadi pilihan utama yang dituju.

Usaha tambal ban memiliki pasar tersendiri yaitu kalangan pengguna sepeda motor dan mobil serta kendaraan bermotor lainnya. Bisnis jasa tambal ban seringkali dijumpai di pinggir jalan raya berupa kios atau bengkel tambal ban. Namun di beberapa daerah usaha tambal ban sangat sulit dijumpai. Sehingga ketika pecah ban, seorang pengguna kendaraan bermotor harus menempuh jarak jauh untuk mendapatkan usaha kios tambal ban.
usaha tambal ban, bisni tambal ban, tambal ban, reparasi mobil, tambal ban mobil

Bisnis jasa tambal ban merupakan salah satu peluang usaha yang anti rugi dan selalu menguntungkan. Disebabkan karena usaha ini senantiasa dibutuhkan pengguna kendaraan bermotor sampai kapanpun juga. Walau tampak sederhana keuntungan usaha tambal ban otomatis dan nitrogen sangat besar. Anda bisa menjalankan bisnis jasa tambal ban secara mudah ala rumahan maupun di tempat strategis.   

Modal usaha yang utama dari memulai usaha tambal ban adalah keterampilan dalam menambal ban. Adapun cara tambal ban bisa anda pelajari di youtube, internet, atau belajar langsung kepada tukang tambal ban yang ahli. Cara tambal ban sangat mudah. Anda mencari bagian ban yang bocor kemudian mengampelas. Selanjutnya dipasang potongan karet ban dalam, lalu di lem sampai melekat kuat. Berikutnya adalah melakukan press sambil dipanaskan di atas api.

Namun jika ban mengalami kerusakan parah seperti pentil rusak dan tidak bisa ditambal maka biasanya pengguna kendaraan bermotor tersebut terpaksa membeli ban dalam baru. Di sini memunculkan kembali peluang usaha baru yakni usaha berjualan ban dalam yang baru maupun usaha jualan ban luar yang bekas dan baru.

Modal Usaha Tambal Ban Mobil dan Motor
Usaha tambal ban lebih menjanjikan untung besar jika anda menjalankannya dikombinasikan dengan jenis usaha lain. Seperti usaha jualan bensin eceran, usaha jualan ban dalam baru, usaha berjualan ban luar yang bekas dan baru, pertamini, warung kelontongan, toko sembako, bengkel reparasi sepeda motor dan mobil dan lain sebagainya. Pangsa pasar yang ditarget bukan hanya pengguna sepeda motor tapi juga kendaraan bermotor lainnya seperti mobil dan truk.

Untuk membuka bisnis tambal ban manual yang menguntungkan dan laris tidak dibutuhkan modal yang sangat besar. Dengan modal sekitar Rp 8 juta, anda sudah bisa memulai bisnis tambal ban dengan penghasilan harian yang cukup besar. Modal awal usaha tambal ban yang utama adalah membeli pompa angin atau kompresor dengan harga sekitar Rp 3 juta. Selanjutnya biaya sewa lokasi usaha di tempat strategis.

Selain itu, anda harus mempersiapkan perlengkapan dan alat tambal ban motor dan mobil yang mencakup alat press, ban dalam bekas, alat perekat atau lem dan alat pengungkit.  Sobat bisa membeli alat-alat tambal ban motor tersebut di gerai toko ban.  Namun bagi anda yang masih pemula dan mencoba merintis membuka bisnis tambal ban maka tidak perlu membeli alat-alat tambal ban motor yang baru tersebut.  Sobat bisa membeli peralatan tambal ban motor dan mobil yang bekas tapi dalam keadaan yang masih baik.

Untuk memperoleh omset harian yang lebih besar tak ada salahnya anda membuka usaha kombinasi seperti tambal ban mobil dan sepeda motor yang otomatis, tambal ban sepeda motor manual, dan usaha isi angin bagi ban sepeda motor dan mobil dan lain sebagainya. Karena anda tidak akan kesulitan untuk memperoleh pelanggan. Para pelanggan akan datang sendirinya ke gerai usaha tambal ban mobil dan motor anda.

10 Cara Membuka Bisnis Tambal Ban yang Menguntungkan dan Laris
Bagi anda yang hendak membuka usaha tambal ban manual, nitrogen dan otomatis bagi mobil dan sepeda motor, berikut ini penulis paparkan 10 cara membuka bisnis tambal ban yang menguntungkan dan laris manis, antara lain:

1. Lokasi yang Tepat
Seringkali penulis mendapati usaha tambal ban mobil dan sepeda motor mengalami sepi pelanggan. Hal tersebut biasanya disebabkan karena lokasi usaha tambal ban berada di tempat yang kurang strategis. Oleh karenanya, jika anda ingin membuka bisnis tambal ban yang menguntungkan dan laris maka anda hendaknya membuka usaha tambal ban di lokasi strategis. Misalkan di pinggir jalan raya yang sangat ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Tempat strategis lain bagi usaha tambal ban mobil dan sepeda motor adalah berada di dekat pangsa pasar yang ada yaitu pengguna kendaraan bermotor. Misalkan di dekat rumah kost-kostan, dekat kompleks perumahan yang padat penduduk, sekitar kampus, sekitar pusat perkantoran dan lain sebagainya.   

2. Mudah dilihat banyak orang
Selain memilih lokasi usaha yang strategis, pastikan pula gerai usaha tambal ban nitrogen dan otomatis mudah dilihat oleh banyak orang dari berbagai sudut pandang dan arah. Sehingga prospek mengenali keberadaan bisnis tambal ban anda. Dan dengan mudah mereka menjadi pelanggan jika ban sepeda motor atau mobil mereka mengalami kebocoran.

3. Promosi yang gencar
Sama seperti usaha lainnya, bisnis jasa tambal ban memerlukan promosi usaha. Terutama promosi dari mulut ke mulut. Supaya mendatangkan sebanyak mungkin pelanggan di daerah sekitar dan dari pengguna kendaraan bermotor lainnya. Bentuk promosi lain yang bisa anda terapkan adalah promosi online di media sosial ataupun promosi offline.

Untuk promosi secara offline, anda bisa memasang spanduk yang bertuliskan usaha tambal ban. Selain itu, cara paling mudah dan populer adalah membuat papan  sebagai ciri bisnis tambal ban memakai ban bekas yang bertuliskan TAMBAL BAN.  Cara lain adalah memajang kompresor di luar yang mudah dilihat dan tampak menonjol.

4. Kombinasi usaha tambal ban
Untuk menghasilkan omset harian yang cukup besar, anda tidak bisa mengandalkan usaha tambal ban semata. Anda bisa membuka pula usaha yang masih terkait dengan bisnis tambal ban seperti usaha jualan ban dalam yang baru, usaha jualan ban luar yang baru dan bekas, usaha tambah angin dan lain sebagainya.

Selain itu, anda bisa pula membuka usaha yang tidak berhubungan dengan bisnis tambal ban. Seperti membuka usaha warteg, usaha rumah makan, usaha warung kecil-kecilan, usaha jualan majalah dan koran, usaha kedai kopi, usaha kuliner makanan ringan dan lain-lain. Kombinasi usaha tambal ban dengan usaha lain sangat berguna supaya pelanggan yang sedang mengantri bannya ditambal bisa menunggu di warung, kios majalah atau warteg sambil makan atau baca koran.

5. Melatih keterampilan tambal ban
Hal ini sangat diperlukan karena saat ini perkembangan teknologi sangat cepat. Cara tambal ban pada jaman dahulu dengan masa sekarang sangat berbeda. Saat ini cara tambal ban sangat praktis dan cepat dengan hasil sempurna. Jika ada banyak pelanggan yang hendak menambal ban dalam satu waktu bersamaan maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jika anda terus menerus mengasah keterampilan dalam tambal ban maka akan semakin cepat anda melakukan tambal ban tanpa pelanggan menunggu terlalu lama. Hal ini berdampak pada penghasilan harian yang kian besar.

6. Memenangkan Persaingan
Penulis melihat persaingan bisnis tambal ban sangat ketat saat ini. Anda dapat dengan mudah menjumpai berbagai gerai usaha yang menyediakan jasa tambal ban di satu wilayah. Oleh karenanya, usaha tambal ban yang pemula atau baru harus bersaing secara sehat dengan kompetitor yang telah ada. Salah satu cara bersaing dan memenangkan persaingan usaha tambal ban adalah dengan cara membuka gerai bisnis tambal ban yang lebih luas, lebih lengkap dengan pelayanan yang baik dan biaya yang relatif murah.

7. Membuka usaha tambal ban panggilan
Untuk meningkatkan omset harian bisnis tambal ban maka anda harus menyediakan usaha tambal ban panggilan. Tentu biaya jasa tambal ban panggilan lebih mahal ketimbang konsumen datang langsung ke gerai tambal ban. Seorang pengguna sepeda motor dan mobil seringkali mengalami ban pecah ketika malam hari. Sehingga anda bisa menyediakan jasa tambal ban panggilan. Pastikan anda menuliskan nomor telepon anda di gerai usaha tambal ban anda.

Apabila anda membuka usaha tambal ban panggilan maka bisnis tambal ban akan semakin menguntungkan dan laris. Jika ada enam pengguna kendaraan bermotor yang menderita ban bocor dan harus diganti ban dalam maka anda akan memperoleh omset sebesar Rp 240 ribu perhari ( 6 x 40 ribu). Sedangkan jika ada lima orang per hari yang hanya tambal ban maka anda bisa memperoleh omset harian sebesar Rp Rp 50 ribu ( Rp 10 ribu x 5). Bagaimana menjanjikan bukan bisnis tambal ban? Belum lagi ditambah dengan usaha kombinasi yaitu jasa tambah angin yang laris manis.

8. Buka Cabang Usaha Tambal Ban
Setelah anda sukses membuka usaha tambal ban yang menguntungkan dan laris manis di suatu tempat maka langkah berikutnya adalah menyerahkan kepada karyawan anda untuk mengelolanya. Anda bisa membuka cabang usaha tambal ban di daerah lain yang lebih menjanjikan. Sehingga dengan mempunyai beberapa cabang bisnis tambal ban maka semakin besar penghasilan harian yang bisa sobat dapatkan. Dengan membuka usaha tambal ban di berbagai daerah lain berarti anda telah menjadi pengusaha tambal ban yang sukses.  

9. Percaya diri, Kemauan Kuat dan Rajin
Usaha tambal ban yang menguntungkan dan laris konsumen tidak bisa diwujudkan dengan cara berleha-leha, berpangku tangan dan bermalas-malasan. Namun semua itu bisa diwujudkan dengan cara kerja keras, percaya diri, mempunyai tekad yang kuat dan rajin serta pantang menyerah. Sebab apabila anda bermalas-malasan, omset usaha tambal ban akan kecil. Dengan sikap rajin dan kerja keras maka omset harian usaha tambal ban semakin besar.

Jangan pernah merasa malu membuka usaha tambal ban sepeda motor dan mobil yang terbilang sederhana. Karena di dalamnya terkandung potensi keuntungan yang sangat besar. Selama usaha itu halal, anda boleh membuka usaha. Yang membuat anda harus malu adalah ketika masih meminta-minta uang kepada orangtua.

10. Waralaba Tambal Ban
Jika anda sebagai pemula dalam bisnis tambal ban dan tidak ingin direpotkan dengan sistem operasional dan promosi usaha maka anda bisa membuka usaha tambal ban secara waralaba. Ada banyak franchisor yang menawarkan paket kemitraan bisnis tambal ban. Anda hanya menyetorkan biaya investasi dengan nominal tertentu maka bisnis tambal ban secara waralaba segera terwujud secara otomatis. Namun biasanya untuk membuka bisnis waralaba tambal ban dibutuhkan biaya yang sangat mahal. Anda bisa membuat proposal usaha tambal ban nitrogen dan otomatis untuk mendapatkan modal usaha dari berbagai sumber. Seperti pemerintah,bank, investor dll.