Rincian Biaya Modal Usaha Kambing Akikah Tahap Awal

06 Juli 2017

Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang bisa menguntungkan dalam waktu singkat jika dijadikan usaha. Kegiatan beternak kambing sudah biasa di lakukan oleh penduduk di jaman dahulu kala hingga saat ini khususnya di pedesaan. Namun kebanyakan skala usaha masih bersifat tradisional, rumahan, sampingan dan kecil-kecilan. Akan tetapi, saat ini ada sebagian pelaku usaha yang beternak kambing secara modern dan intensif hingga menghasilkan untung mencapai ratusan juta rupiah setiap bulan. Hal ini menunjukkan bahwa usaha beternak kambing jika ditekuni secara serius sangat menguntungkan. Selain untuk dijual sebagai hewan kurban pada hari raya idul adha, kambing pun bisa dijual untuk acara akikah dan konsumsi.

Analisa Usaha Kambing Aqiqah
Suatu hari adik tercinta hendak mengadakan acara akikah untuk anak semata wayang yang baru lahir dan hendak berumur tujuh hari. Karena ingin praktis dan tak mau repot dengan penyembelihan kambing aqiqah maka ia pun menggunakan jasa usaha pelayanan kambing akikah bernama Sahabat Aqiqah. Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 5 juta untuk pembelian kambing kualitas A yang kemudian disembelih dan dijadikan sayur. Adik tercinta langsung menerima banyak sayur daging kambing dari pihak perusahaan jasa kambing akikah di kota.

Usaha ternak kambing akikah sangat marak di perkotaan. Di berbagai sudut kota dan perempatan jalan sangat mudah kita jumpai papan iklan maupun spanduk yang berisi penawaran jasa layanan kambing akikah. Hal ini tak terlepas pangsa pasar yang sangat besar dari bisnis ini. Dan berdasarkan wawancara penulis di lapangan hampir semua perusahaan penyedia jasa kambing akikah mengeruk keuntungan lumayan besar dari bisnis ini perbulannya. Disebabkan akikah merupakan salah satu kegiatan ibadah yang bersifat wajib bagi orang beragama Islam yang mempunyai anak sudah berumur satu minggu atau dua minggu dengan menyembelih hewan kambing sebanyak satu ekor bagi anak wanita dan dua ekor bagi anak laki-laki.
bisnis kambing akikah, usaha kambing akikah, kambing akikah, biaya modal kambing akikah, ternak kambing akikah

Bisnis layanan kambing akikah bisa dikombinasikan dengan usaha sejenis seperti menyediakan hewan sapi kurban, domba kurban, kambing kurban, layanan domba akikah dan usaha kambing hajatan serta bisnis peternakan kambing. Sehingga keuntungan bisa berkali-kali lipat didapatkan oleh anda.

Kini bukan hanya di kota yang bisa ditemukan usaha penyediaan kambing akikah, di pedesaan terpencil pun sudah mulai marak usaha layanan kambing akikah plus katering. Namun tidak sebesar dan semarak sebagaimana di kota. Hal ini berkaitan dengan permintaan yang sangat besar terhadap kambing akikah yang setiap tahun meningkat. Dalam satu minggu mungkin ada dua rumahtangga yang akan mengadakan acara akikah di satu kampung. Dan itu merupakan pangsa pasar dari usaha kambing akikah.

Besarnya permintaan masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim terhadap kambing akikah setiap tahun tak terlepas dari semakin tingginya tingkat kesadaran umat Islam untuk melaksanakan perintah-perintah Allah SWT secara kaffah atau menyeluruh seperti akikah. Hal ini didukung oleh mudahnya mengakses informasi mengenai cara pelaksanaan ibadah akikah yang mensyaratkan menyembelih hewan kambing akikah. Namun ada sebagian orang yang ingin simpel dan praktis, dari penyembelihan kambing hingga proses memasak dilakukan pihak usaha kambing akikah. Seperti yang dilakukan oleh adik tercinta. Dan ini banyak jumlahnya di Indonesia baik di perkotaan dan desa.

Atas kenyataan di atas, usaha penyediaan kambing akikah beserta kateringnya sangat menjanjikan untung besar. Keuntungan didapatkan dari penjualan kambing akikah dan usaha catering kambing akikah. Dan bisnis ini sangat cocok dan menguntungkan untuk dilakukan oleh para peternak kambing, sapi dan domba di Indonesia. Sehingga laba didapatkan bertambah besar bukan hanya dari usaha penjualan hewan ternak akikah tapi dari usaha katering akikah. Yang kadang keuntungannya lebih tinggi dari usaha penjualan kambing akikah.

Penulis melihat fakta saat ini di desa bahwa dalam satu pekan biasanya di satu kampung ada dua orang yang akan menyelenggarakan momentum akikah. Tentu hal ini memerlukan penyediaan kambing akikah. Dan kadang kambing akikah sulit didapat karena pasokan terbatas. Hal ini terjadi untuk wilayah pedesaan terpencil di sekitar penulis. Kalau di perkotaan temtu saja pangsa pasar lebih luas. Bahkan bisa saja terjadi penyediaan hewan ternak kambing akikah di kota maupun desa di Indonesia mengalami kehabisan stok. Yang membuat pemerintah bisa saja melakukan upaya impor tambahan bagi kambing dan domba akikah jika peternak lokal belum bisa memenuhi permintaan pasar dalam negeri yang sangat besar terhadap kambing dan domba akikah.

Perhitungan Keuntungan Bisnis Kambing Aqiqah
Setelah melihat prospek yang sangat cerah dari bisnis kambing aqiqah bisa saja membuat anda langsung berminat untuk segera buka usaha kambing akikah di wilayah anda. Tapi tenang. Anda terlebih dahulu harus mengerti dan memahami seluk beluk alur usaha kambing akikah dari mulai pemilihan bibit kambing aqiqah, manajemen bisnis aqiqah, proposal usaha kambing aqiqah, modal usaha kambing aqiqah, cara memasarkan hewan kambing aqiqah, tips sukses usaha bisnis aqiqah menguntungkan dan lain sebagainya.

Bisnis layanan penyediaan kambing akikah mempunyai tujuan mulia yakni membantu umat muslim dalam menyediakan hewan kambing aqiqah untuk selanjutnya dijadikan hewan sembelihan dalam rangka memenuhi perintah Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda bahwa setiap anak adam tergadai dirinya di hadapan Allah SWT dan untuk menebusnya maka harus dilakukan ibadah akikah bagi bayi berumur tujuh hari.

Pangsa pasar bisnis kambing akikah masih sangat besar. Bukan hanya dari penyediaan kambing akikah tapi juga meliputi usaha kuliner. Misalkan warung sate kambing, rumah makan yang menyediakan menu sop buntut kambing maupun sate kambing, restoran yang menyajikan menu daging kambing, usaha kaki lima gerobak sate kambing, dan konsumen perorangan yang membutuhkan daging kambing. Selain itu, usaha penyediaan kambing akikah bisa dikembangkan lebih lanjut dengan membuka usaha pembibitan kambing dengan pangsa pasar para peternak kambing lainnya.     

Usaha pelayanan kambing akikah beserta peternakannya sangat cocok dijalankan di wilayah pedesaan. Karena daya dukung sumber daya alam sangat menunjang. Seperti pakan kambing berupa daun atau tumbuhan yang mudah didapatkan di desa. Kemudian lahan yang masih luas, suasana yang sejuk dan cocok bagi pertumbuhan hewan kambing dan lain sebagainya. Namun untuk pangsa pasar bukan hanya di desa sekitar tapi bisa juga sampai ke wilayah perkotaan.

Kenyataannya, permintaan yang sangat besar terhadap kambing aqiqah membuat beberapa peternak kambing kewalahan memenuhi permintaan pasar tersebut. Seperti yang dialami oleh salah seorang peternak kambing, domba dan sapi di desa penulis bernama Abah. Setiap minggu beberapa ekor kambing dan domba habis terjual karena permintaan pasar yang sangat tinggi untuk kebutuhan aqiqah dan kurban dari satu kecamatan. Belum lagi permintaan kambing aqiqah dari kecamatan lain yang belum terpenuhi dengan baik. Sehingga bisnis kambing aqiqah sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Selain itu, permintaan yang sangat besar akan daging kambing di masyarakat Indonesia belum terpenuhi secara baik oleh para peternak kambing lokal di tanah air. Disebabkan beberapa kendala dan hambatan yang ada. Namun ini membuat peluang usaha ternak kambing untuk kepentingan acara akikah dan konsumsi di masyarakat sangat menjanjikan untung besar. Siapa saja bisa masuk dalam bisnis ini. Baik pengusaha kambing akikah pemula maupun yang telah lama berkecimpung dengan pasar terbuka luas selamanya.

Anda jangan pernah melihat usaha ternak kambing aqiqah sangat kotor dan pekerjaan kasar. Tapi lihatlah keuntungan yang bisa didapatkan sangat menggiurkan. Penulis mengetahui hal ini karena mertua penulis sendiri seorang peternak kambing. Ia memiliki kambing sebanyak 10 ekor, dua ekor sapi dan lima ekor domba. Peternakan hewan ternak tersebut didirikan di kebun samping rumah dengan bentuk kandang yang sederhana.

Suatu hari penulis mengadakan acara akikah untuk anak penulis berjenis laki-laki yang baru berusia satu minggu. Satu ekor kambing untuk ibadah akikah dibeli dari mertua. Dan satu ekor kambing dibeli dari masyarakat sekitar. Harga per ekor kambing saat itu mencapai Rp 2 juta. sekarang ini tentu lebih mahal lagi mengikuti laju inflasi.

Setelah selesai acara akikah, kemudian penulis membeli satu ekor anak kambing berjenis kelamin betina seharga Rp 500 ribu dari hasil acara akikah tersebut. Dan dalam waktu tiga tahun, satu ekor kambing betina itu telah beranak pinak hingga mencapai lima ekor kambing. Kalau dijual semuanya, pendapatan yang diperoleh sebesar Rp 10 juta ( Rp 2.000.000 x 5). Lihatlah betapa besarnya keuntungan dari bisnis ternak kambing akikah selama tiga tahun. Itu baru dilakukan secara kecil-kecilan dengan modal satu ekor kambing betina. Jika dijalankan secara serius dan profesional tentu keuntungan lebih besar dari itu dan bisa mengalahkan gaji karyawan swasta dan PNS.

Manajemen Bisnis Kambing Aqiqah
Namun untuk mengelola bisnis kambing akikah tidaklah mudah. Berikut ini beberapa hal yang harus anda lakukan untuk memulai bisnis beternak kambing aqiqah, antara lain:

▪ Pembuatan Kandang Kambing
Untuk membuat kandang ternak kambing bisa dilakukan menggunakan sisa-sisa kayu bekas atau dari bambu seadanya. Dengan atap genteng. Selain itu, kandang kambing secara rutin harus dibersihkan dari kotoran kambing supaya kambing tumbuh sehat dan terbebas dari kuman penyakit. 

▪ Memelihara Kambing Secara Telaten
Anda harus mampu merawat dan memelihara kambing secara baik. Setiap hari perlu diberikan makanan secara teratur dari pagi, siang dan sore. Anda pun harus mencari rumput dan daun bagi pakan kambing yang disebut ngarit oleh masyarakat desa. Akan tetapi semua kerja keras akan terbayar dengan keuntungan ternak kambing aqiqah yang fantastis.

▪ Promosi
Untuk promosi usaha penjualan kambing akikah bisa dilakukan secara offline maupun online. Misalkan memasang spanduk, membagikan brosur, promosi dari mulut ke mulut dan lain sebagainya. Selain itu bisa menggunakan media sosial untuk beriklan di media internet yang sangat efektif dan efisien.

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha kambing akikah merupakan jenis bisnis sangat menjanjikan. Dikarenakan pangsa pasar yang sangat luas baik di kota maupun desa. Selain itu, tingkat persaingan usaha kambing akikah masih sangat longgar. Dimana tidak banyak orang yang mau menggeluti usaha beternak kambing akikah. Karena terkesan kotor, dipandang sebelah mata, usaha orang pinggiran wong deso, ribet dan kasar.

Namun bagi anda yang ingin memiliki kekayaan melimpah dan cepat kaya justeru bisnis beternak kambing akikah dan kateringnya merupakan pilihan usaha yang tepat di masa sekarang untuk meraih kemakmuran ekonomi. Asalkan usaha kambing aqiqah dijalankan secara benar dan intensif. Dijamin penghasilan tidak dapat dipandang enteng. Banyak orang kaya baru dan jutawan lahir dari bisnis ternak kambing aqiqah. Hal ini karenakan pangsa pasar yang sangat luas ketika momentum aqiqah bagi setiap rumahtangga dan pada saat idul adha sedangkan pasokan yang terbatas. Disebabkan masih minim jumlah peternak kambing aqiqah di Indonesia.

Rincian Biaya Modal Usaha Kambing Akikah Tahap Awal
Setelah menguraikan panjang lebar tentang keuntungan bisnis kambing aqiqah selanjutnya bagi anda yang tertarik membuka usaha kambing aqiqah mungkin bertanya-tanya berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kambing akikah? Berikut ini rincian biaya modal usaha kambing akikah dari tahap awal sampai berdiri, antara lain:

▪ Mental dan Pengetahuan yang Kuat
Namanya juga usaha. Pastinya anda akan mengalami berbagai hambatan dan kendala dalam usaha kambing aqiqah. Namun selama anda kerja keras, terus belajar, fokus dan pantang menyerah maka segala hambatan dan kendala tersebut akan terlampaui dengan baik. Justeru akan membuat semakin anda kuat dan cerdas dalam usaha ternak kambing aqiqah. Mental usaha yang baik akan membawa kesuksesan bisnis kambing aqiqah di tahap awal sampai akhir.

Seorang peternak kambing yang mau sukses dalam usaha kambing aqiqah maka ia harus menguasai cara merawat kambing yang benar dan baik hingga besar. Sehingga kambing tumbuh dengan baik, sehat dan maksimal. Dan mengetahui bagaimana cara mengelola usaha kambing akikah yang baik. Serta ia mesti mengetahui cara menjual atau cara memasarkan ternak kambing aqiqah supaya keuntungan dapat langsung dirasakan secara cepat dan lumayan besar. Hal ini bisa dipelajari dengan menimba ilmu di peternak kambing akikah yang sudah pengalaman atau mempelajari dari sumber informasi di buku peternakan, majalah dan internet.

▪ Pembelian Kambing
Sementara itu, saking luasnya bisnis kambing aiqah ini maka usaha beternak kambing aqiqah ada tiga jenis, antara lain:

1. Penggemukan kambing aqiqah. Untuk penggemukan kambing sangat mudah. Tugas anda membeli anak kambing yang kecil kemudian membebsarkan. Pendek kata tugas sobat hanyalah membesarkan kambing. Setelah kambing gemuk atau mencapai usia satu tahun lebih maka anda bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi dari harga beli awal. Biasanya penjualan kambing mengalami masa laku keras pada saat menjelang hari raya haji atau jelang idul kurban.

2. Pembibitan kambing aqiqah. Pastikan anda membeli indukan kambing yang bagus untuk menghasilkan bibit kambing berkualitas baik. Berikut ini ciri-ciri indukan kambing yang mempunyai kualitas sangat baik, antara lain:

   a. Kambing dalam kondisi sehat

   b. Bulu halus, tak ada kutu dan tak ada luka maupun cacat pada binatang kambing

   c. Kambing mempunyai kaki yang sangat kuat dan kompak

   d. Kambing mempunyai daging yang besar. Hal ini bisa dilihat dengan cara memegang leher bagian belakang kambing.

3. Bisnis jual beli kambing aqiqah. Dimana anda sebagai perantara atau mediator. Sedangkan kambing milik sang penjual yang mencari pembeli.

Anda bisa menentukan jenis usaha kambing aqiqah yang sanggup dilakukan dengan sumber daya yang ada. Namun bisa juga dijalani semuanya asalkan memiliki keterampilan mumpuni dan modal yang memadai. Harga satu ekor kambing saat ini dikisaran Rp 1 juta sampai Rp 3 juta.  

▪ Kandang Kambing Aqiqah
Untuk lokasi usaha ternak kambing aqiqah bisa dengan menyewa lahan milik orang lain maupun dengan mendirikan di atas tanah kosong milik sendiri. Alangkah baik jika menggunakan lahan milik sendiri sebagai lokasi kandang ternak kambing aqiqah. Untuk pembuatan kandang kambing memerlukan biaya sebesar Rp 2 juta.

▪ Biaya Transportasi
Apabila ada yang membeli kambing aqiqah maka anda bisa mengantarkan menggunakan mobil pick up terbuka agar sampai di tangan konsumen. Anda bisa menyewa mobil angkutan hewan ternak secara harian atau pun menggunakan mobil sendiri. Untuk harga sewa mobil trasnportasi sekitar Rp 100 ribu sekali pengiriman kambing.

Demikianlah uraian mengenai rincian biaya modal usaha kambing aqiqah tahap awal. Ternyata bisnis ternak kambing akikah bisa dimulai dengan modal kecil sekitar Rp 5 juta. Jika anda tidak mempunyai modal usaha sebesar itu maka anda bisa membuat proposal usaha kambing aqiqah dan menyebarkan kepada para anggota kerabat dan investor untuk mencari tambahan modal.