10 Sumber Modal Usaha Gratis yang Siap Membantu Anda

13 Maret 2017

Setiap orang boleh saja bercita-cita tinggi. Seperti sebuah kata mutiara “gantungkan cita-citamu setinggi langit”. Salah satunya mempunyai sebuah usaha yang menguntungkan yang membuatnya kaya raya dan bebas finansial. Namun untuk mencapai keberhasilan dalam dunia wirausaha tidaklah mudah. Seseorang memerlukan mental kuat, kerja keras, sikap pantang menyerah, ulet dan sabar serta senantiasa berdoa.

Kendala Yang Dihadapi Dalam Berwirausaha
Hal yang seringkali membuat seseorang tidak berani membuka suatu usaha dikarenakan tidak mempunyai modal terutama uang. Mereka tidak tahu sama sekali cara mendapatkan modal usaha. Dan kemana mereka harus pergi untuk memperoleh modal usaha. Jika anda mengalami kebingungan seperti ini maka penulis akan memberikan pencerahan kepada anda sekalian.

Sikap yang harus dimiliki seorang calon pengusaha sukses adalah sikap pantang menyerah termasuk dalam mendapatkan modal usaha. Sedangkan cara mendapatkan modal usaha terbagi dua yakni modal usaha gratis dan modal usaha berupa pinjaman. Prioritas pertama tentu saja seorang pelaku usaha kecil mikro dan menengah harus berupaya mendapatkan modal usaha secara gratis. Bagaimana caranya? Darimana sumber modal usaha gratis tersebut? Untuk mengetahuinya secara lebih dalam simak terus artikel ini.
sumber modal usaha, modal usaha, modal usaha gratis, cara mendapatkan modal usaha

Penulis sudah beberapa kali menulis tentang cara mendapatkan modal usaha gratis dan dana hibah di internet. Beberapa artikel tentang tips meraih modal usaha gratis dari pemerintah dan swasta menempati halaman pertama google. Dari artikel yang penulis tulis tersebut ternyata respon dari para pembaca sangat tinggi. Dan seringkali mereka berkomentar bermacam-macam. Ada yang tidak percaya adanya dana hibah dan modal usaha gratis. padahal benar-benar ada jika sobat mau mengusahakan dan mengetahui ilmunya.

Penulis sudah beberapa kali mendapatkan modal usaha gratis. Jadi, modal usaha gratis memang ada jika anda mau. Yang penting sobat harus kreatif dalam meraih modal usaha gratis sama seperti ketika mencari peluang usaha baru yang sangat menjanjikan. Sehingga kelak tidak ada lagi istilah tak bisa memulai usaha karena tak punya modal usaha. Anda sudah tahu bagaimana caranya mendapatkan modal usaha secara gratis.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis
Dalam memulai bisnis tak bisa dilepaskan dari modal usaha terutama uang. Bisnis tanpa adanya dukungan modal usaha tidak bisa berdiri. Hal ini disadari betul oleh para pelaku usaha. Berapa banyak orang yang mempunyai ide usaha brilian dan mau membuka suatu usaha tersebut akhirnya kandas di tengah jalan karena tidak mempunyai modal uang yang dimiliki. Betapa pentingnya memiliki modal usaha sebelum memulai sebuah bisnis.

Dunia bisnis penuh lika liku. Ada banyak gerbang yang mesti dilalui orang agar ia menjadi pengusaha yang berhasil. Gerbang pertama adalah modal usaha. Banyak orang yang gagal berwirausaha karena tidak mempunyai modal usaha yang memadai. Gerbang kedua, adalah aspek produksi. Gerbang ketiga adalah aspek pemasaran. Semua gerbang itu harus dilalui setiap pengusaha agar meraih kesuksesan dan kekayaan secara cepat.

Lalu bagaimana jika anda sama sekali tidak memiliki modal usaha. Gerbang pertama saja belum bisa dilalui. Tenang jangan kalang kabut. Tenang dan tetap berpikir jernih. Untuk melewati gerbang pertama sangat mudah yaitu anda harus memiliki modal usaha dalam memulai sebuah bisnis. Walaupun sekarang anda tak mempunyai modal usaha uang sama sekali tapi ada cara yang bisa dilakukan oleh anda untuk memperoleh modal usaha secara gratis.

10 Sumber Modal Usaha Gratis yang Siap Membantu Anda
Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini 10 sumber modal usaha gratis yang siap membantu usaha anda, antara lain:

▪ Angel Investor
Apa sih yang dimaksud dengan angel investor? Yaitu seseorang yang mempunyai modal keuangan yang sangat kuat dan peduli terhadap bisnis anda. Dikarenakan rencana usaha yang sobat jalani sangat prospektif. Banyak sekali contoh angel investor. Mungkin itu orangtua anda yang memberikan modal usaha gratis kepada anda. Atau mungkin saudara kandung yang telah sukses dan kaya kemudian memberikan modal usaha gratis kepada sobat untuk kemajuan keluarga. Mungkin juga sahabat, teman, rekan kerja, mantan atasan dan lain sebagainya.

▪ Tabungan
Menabung merupakan aktifitas manusia yang bukan hal aneh lagi. Setiap manusia biasanya menabung sebagian penghasilan mereka untuk persiapan di hari kemudian. Waktu tak terasa, uang tabungan pun terus bertambah. Mungkin sekarang ini anda mempunyai tabungan di bank baik dalam bentuk deposito atau rekening tabungan. Jika anda hendak membuka suatu usaha maka anda tak perlu susah dan direpotkan dengan cara mencari modal usaha sebab anda sudah mempunyai sumber modal usaha gratis yang mapan yakni tabungan.

Gunakanlah tabungan yang anda miliki sebagai modal usaha bagi bisnis anda. Kelebihannya tidak ada kewajiban pembayaran, tidak adanya bunga dll. Anda bebas menggunakan uang itu sekehendak hati dengan berupaya uang itu balik modal secara cepat. Penulis pun menggunakan tabungan sebagai modal awal membuka usaha dan ternyata lebih menenteramkan jiwa dan bisnis BEP dalam waktu cepat. Namun mungkin saja uang tabungan yang dijadikan modal usaha habis disebabkan usaha yang merugi atau gagal. Tapi tenang saja sebab anda bisa mendapatkan uang tabungan lagi dengan menabung sebagian pendapatan anda sekarang dari bekerja di kantor atau berwirausaha.

▪ Cari Investor
Hal yang paling mudah ketika anda tidak mempunyai modal usaha uang dari buku tabungan dan deposito adalah mencari investor. Ada banyak investor diluar sana yang mempunyai uang banyak tapi kebingungan mau digunakan untuk apa uang itu. Misalkan seorang karyawan bergaji tinggi, ia bingung mau dikemanakan sebagian gajinya. Jika ditabung di bank keuntungan sangat sedikit. Oleh karenanya mereka memilih berinvestasi pada sebuah sektor usaha produktif.

Jika anda memerlukan modal usaha berupa uang untuk membuka bisnis anda maka sobat bisa menawarkan proposal usaha atau ajakan kerjasama dengan investor di atas. Kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Investor sebagai pemodal usaha yang banyak uang. Sedangkan kita sebagai pengelola usaha. Investor bisa saja dari kalangan kenalan, sahabat, anggota keluarga dan sanak kerabat serta orang lain.

▪ Ikut Program Crowdfunding
Apa itu crowdfunding? Yaitu sebuah program acara pemberian uang secara massal dari beberapa orang yang terlibat untuk membiayai suatu usaha seseorang. Adapun situs crowdfunding di Indonesia yang bisa anda ikuti antara lain, wujudkan dotcom, kita bisa dot com, gandeng tangan dot org dan lain-lain.

▪ Patungan
Apabila anda memiliki modal usaha yang terbatas dan tak ingin diatur oleh investor maka cara yang mudah untuk dapat modal usaha yang mampu menjalakan bisnis anda adalah mencari partner kerjasama. Partner ini sama-sama berperan layaknya anda yaitu memberikan porsi persentase modal usaha dan terjun langsung ke dunia bisnis yang akan digeluti bersama. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan dikemudian hari anda sebaiknya memilih partner yang mudah di percaya, sudah dikenal baik dan jujur.

▪ Beasiswa
Sumber modal usaha gratis yang sangat cocok bagi mahasiswa adalah beasiswa. Penulis sudah beberapa kali mendapatkan beasiswa gratis dari sekolah dan universitas serta yayasan amal. Beasiswa yang diberikan lumayan besar sekitar Rp 800 ribu per semester. Uang beasiswa itu selain bisa digunakan untuk biaya pendidikan, dapat juga dipakai sebagai modal awal dalam membuka suatu usaha yang kelak bisa membiayai pendidikan mahasiswa tersebut.

▪ Mengikuti Lomba
Inilah sumber modal usaha tambahan secara gratis yang bisa anda dapatkan yaitu dengan cara mengikuti berbagai perlombaan dan kejuaraan. Misalkan sobat hobi menulis atau bermain catur maka ikuti kegiatan kejuaraan menulis dan olahraga tersebut. Kelak jika sobat meraih peringkat juara pertama maka akan mendapatkan hadiah uang tunai dalam nominal besar yang dapat digunakan sebagai modal usaha gratis bagi bisnis anda.

▪ Mengikuti Program Pelatihan Usaha Dari Pemerintah
Sumber modal usaha gratis yang tak boleh dilepaskan adalah modal usaha yang berasal dari pemerintah. Sebab setiap tahun, berbagai lembaga pemerintahan seperti Dinas Sosial, kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Tenaga Kerja, dan lain sebagainya mengadakan program pelatihan bisnis gratis yang kelak ketika peserta lulus diberikan modal usaha secara gratis atau pinjaman uang sampai Rp 25 juta.

▪ Bekerja Kepada Orang Lain
Dengan bekerja kepada orang lain baik sebagai buruh atau karyawan maka kita akan mendapatkan modal usaha yang kita butuhkan yaitu berupa gaji. Sebagian gaji atau penghasilan dapat disisihkan oleh kita untuk dijadikan modal usaha awal dalam membuka sebuah bisnis. Jika usaha sampingan yang kita lakukan bangkrut maka kita tetap bisa mengumpulkan uang kembali lagi dengan cara mengambil sebagiannya dari gaji kita. Bagaimana mudah bukan?

▪ Memulai Bisnis Tanpa Modal
Jika anda tak mempunyai modal uang dalam memulai bisnis maka anda bisa melakukan bisnis terlebih dahulu yang tanpa modal. Salah satu jenis bisnis yang bisa dilaksanakan tanpa modal adalah usaha dropshipper atau jual beli online maupun jasa tulis artikel di internet. Uang yang didapatkan dari internet bisa digunakan sebagai modal usaha membuka bisnis. Seperti yang dilakukan oleh penulis yang membuka usaha jualan es krim dengan modal uang dari penghasilan di internet.

Demikianlah 10 sumber modal usaha gratis yang bisa membantu usaha anda. Perlu diketahui bahwa banyak para pengusaha sukses di Indonesia dan dunia yang memulai usaha dari nol. Dari tidak mempunyai modal dan mereka bisa berhasil maka anda pun pasti lebih bisa lagi. Ketiadaan modal usaha bagi pelaku usaha pemula hendaknya jangan dijadikan dalih halangan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk dapat modal usaha.