15 Usaha Home Industri Laris Peminat, Untung Jutaan

12 November 2017

Pada saat seseorang berniat untuk membuka suatu usaha seringkali terbentur dengan ide usaha kreatif yang hendak dijalankan. Mereka berpikir ide bisnis kreatif yang jarang ada. Saat inilah seseorang membutuhkan inspirasi bisnis. Mau membuka bisnis secara kecil-kecilan, online atau offline? Namun yang menjadi bahan pertimbangan banyak orang adalah jenis usaha yang dilakukan bisa dilakukan di dalam rumah atau home industri, potensi penghasilan lumayan besar, mudah dijalankan, untung jutaan dan laris pembeli. Apa saja usaha home industri yang layak dicoba tersebut?

15 Usaha Home Industri Laris Peminat, Untung Jutaan
Apabila anda tertarik untuk membuka usaha rumahan, untuk lebih jelasnya berikut ini 15 usaha home industri laris peminat, untung jutaan yang bisa anda jalankan, antara lain:

1. Usaha Produksi dan Jualan Ice Cream
Anda pasti sudah tak asing lagi dengan kuliner ice cream. Makanan ini disukai semua orang terutama anak anak dan kalangan remaja. Apalagi dengan berbagai variasi rasa yang banyak seperti strobery, coklat, anggur, mangga, vanila, melon dan lain-lain menambah kenikmatan es krim yang manis. Apabila anda ingin mengkonsumsi es krim maka saat ini sangat gampang menemukan gerai usaha jualan es krim. Seperti di minimarket, toserba, warung, pedagang kaki lima, penjual es krim keliling menggunakan gerobak dan sepeda motor dll.
bisnis home industri, usaha industri rumahan, bisnis industri, bisnis rumahan, bisnis online, laptop

Sobat bisa membuka usaha produksi dan jualan es krim di dalam rumah. Seperti yang penulis lakoni. Keuntungan perhari cukup besar dengan modal lumayan kecil. Untuk masalah pemasaran, anda bisa menjual ke konsumen langsung, menitipkan di sejumlah warung dan toko makanan terdekat, serta menawarkan kepada orang yang hendak mengadakan pesta pernikahan atau pesta ulang tahun.

Bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha jualan es krim maka ada dua pilihan bisnis es krim yang bisa sobat pilih. Pertama, usaha soft ice cream atau es krim yang lembut. Dan kedua, jenis hard ice cream atau es krim yang keras. Untuk memulai usaha es krim yang lembut, sobat memerlukan biaya modal usaha sebesar Rp 17 juta untuk pembelian skop ice cream, mesin pembuat ice cream, freezer, bahan bubuk es krim, booth portable, kursi, meja dan baskom es krim.

Tips Sukses Usaha  Es Krim
Berikut ini cara agar sobat bisa sukses dalam bisnis produksi dan berjualan es krim, antara lain:

▪ Rasa es krim yang nikmat, lezat dengan berbagai variasi rasa. Anda bisa mendapatkan resep membuat es krim yang lembut dan enak secara gratis di internet atau mbah google

▪ Harga terjangkau bagi semua kalangan. Untuk kalangan anak sekolah harga es krim dikisaran Rp 1000 sampai Rp 2000

▪ Letak lokasi usaha jualan es krim berada di daerah strategis. Misalkan lokasi usaha di sekitar pusat keramaian orang.

2. Usaha Bisnis Online
Usaha home industri yang menguntungkan berikutnya adalah bisnis online. Bisnis di dunia maya ini sedang marak dan booming dalam beberapa tahun terakhir. Pengertian bisnis online itu sendiri adalah sebuah usaha yang dilakukan di internet baik berupa menjual jasa ataupun produk fisik. Potensi keuntungan bisnis online sangat besar. Hal ini tak terlepas dari sudah terbiasanya masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online. Ada banyak jenis usaha rumahan yang lagi trend di internet. Seperti dropshipper, reseller, supplier, publisher adsense, blogger, youtuber dll.

Salah satu kelebihannya, untuk memulai bisnis online tidak memerlukan modal besar. Cukup berbekal laptop, ponsel dan koneksi internet, seseorang sudah bisa mulai bisnis online yang pangsa pasar hingga ke seluruh dunia. Sebagai bisnis modal kecil yang mudah dijalankan, bisnis online menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini dan di masa depan. Anda bisa menjual berbagai barang di internet yang dilihat banyak orang. Bisnis online bisa dikerjakan sampingan.

3. Usaha Penulis Freelance
Untuk menghasilkan uang di dalam rumah hingga jutaan rupiah perbulan, seseorang bisa membuka usaha jasa penulis artikel lepas secara online. Ada banyak orang sukses yang menggeluti usaha ini. Disebabkan dari banyaknya website yang membutuhkan banyak artikel untuk meningkatkan jumlah visitor perhari.

Untuk mempromosikan usaha jasa penulisan artikel, anda bisa menggunakan media sosial, marketplace dan forum seperti instagram, facebook, line, twitter, olx, ads id, dll. Apabila usaha jasa penulisan artikel sobat sudah berkembang pesat maka sobat bisa merekrut tenaga penulis tambahan.

4. Usaha Bakso
Bakso merupakan salah satu jenis kuliner yang disukai banyak orang. Karena memiliki cita rasa yang enak, lezat dan gurih dengan harga cukup terjangkau bagi semua kalangan. Berdasarkan penuturan para pengusaha bakso, keuntungan jualan bakso bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan. Lumayan kan? Anda bisa membuka usaha home industri produksi dan jualan bakso secara rumahan yang dipastikan laku keras.

5. Usaha Makanan Khas Daerah
Di setiap daerah pasti memiliki makanan khas daerah masing-masing. Seperti di Sukabumi yang terkenal dengan kue moci, di Yogyakarta ada makanan gudeg, di Sumedang ada cemilan tahu sumedang, di Bandung ada Peuyeum Bandung, di Madiun ada pecel, Padang terkenal dengan rendang, dan Palembang tersohor dengan pempek dan lain sebagainya. Hal ini menimbulkan peluang bisnis home industri berupa produksi makanan khas daerah.

6. Bisnis Cuci Motor dan Mobil
Seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia yang sudah membaik membuat daya beli masyarakat terhadap sepeda motor dan mobil cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari setiap rumah tangga dapat kita jumpai minimal satu sepeda motor. Dan kita bisa menyaksikan di jalan raya, banyak sekali kendaraan roda dua dan roda empat. Tentu fenomena tersebut menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan dari usaha bisnis cuci motor dan mobil. Anda bisa menjalankan usaha jasa cuci mobil dan motor di halaman rumah yang strategis. Selain itu, anda juga bisa menjual peralatan untuk mencuci mobil dan sepeda motor.

7. Usaha Toko Vitamin dan Pakan Burung
Peluang usaha home industri ini jangan dianggap sepele. Karena ia telah terbukti mampu menghasilkan untung jutaan bagi pelakunya. Seperti yang dilakukan oleh Duto Sri Cahyono yang membuka toko online jualan vitamin dan pakan burung. Omset bersih mencapai Rp 80 juta perbulan. Keuntungan yang lumayan besar ini tak terlepas dari banyaknya jumlah penggemar burung di Indonesia. Dan mereka membutuhkan pakan dan vitamin burung agar burung piaraan mereka terlihat sehat dan nyaring. Anda bisa membuka toko pakan dan vitamin burung secara online maupun offline.

8. Usaha Jasa Cuci Pakaian / Laundry
Bisnis jasa pencucian pakaian sekarang sedang populer dan laris manis. Hal ini disebabkan dari budaya masyarakat modern saat ini yang ingin lebih praktis dan simpel dalam mencuci pakaian. Mereka tidak mau disibukkan dengan urusan mencuci pakaian dan bergelut dengan sabun dan kotoran. Apalagi mereka disibukkan dengan urusan pekerjaan di kantor dan kampus. Sehingga tidak bisa menyempatkan diri untuk mencuci pakaian. Oleh sebab itu, mereka mencari paling praktis dan mudah dengan cara menyerahkan cucian pakaian kotor mereka kepada gerai usaha laundry.

Anda bisa membuka usaha laundry di dalam rumah. Apalagi letak rumah anda berada di tempat strategis seperti di komplek perumahan, di sekitar kampus, perkantoran, dekat kost-kostan dan tempat strategis lainnya yang dipastikan laris peminat. Untuk modal awal, anda bisa memanfaatkan mesin cuci yang anda miliki di rumah.

9. Bisnis Fashion
Usaha dalam bidang fashion menjanjikan untung besar. Sebab pakaian merupakan kebutuhan utama manusia sehari-hari selain makan dan minum. Anda bisa membuka usaha produksi fashion atau konveksi maupun reseller dan dropshipper. Untuk penjualan dan pemasaran produk busana cukup mudah. Anda bisa menjual produk busana secara online dan offline. Salah satu produk pakaian yang laris manis saat ini adalah busana muslim atau jilbab syar’i. Bisnis fashion termasuk usaha rumahan yang cocok bagi ibu rumah tangga.

10. Usaha Pom Mini
Pertambahan jumlah kendaraan otomotif terutama sepeda motor saat ini sangat besar. Setiap keluarga dipastikan memiliki minimal satu buah alat transportasi sepeda motor. Namun untuk menjalankan sepeda motor, mobil dan mesin lainnya memerlukan bahan bakar yang dinamakan bensin. Hal ini membuat timbul peluang usaha home industri yang cukup menjanjikan yaitu jualan bensin secara eceran dalam konsep pertamini. Anda bisa membuka usaha pom mini di depan rumah yang letaknya strategis. Untuk membeli mesin pom mini dibutuhkan modal sebesar Rp 4 juta. Untuk meningkatkan omset, anda bisa membuka usaha pom mini di berbagai tempat lainnya. 

11. Usaha Service Elektronik
Ada berbagai jenis barang elektronik seperti handphone, radio, televisi, komputer, laptop, kulkas, tape recorder, blender, setrika dan lain sebagainya. Seiring berjalan waktu yang namanya barang elektronik pasti akan mengalami kerusakan. Hal inilah yang membuat hadirnya peluang usaha rumahan modal kecil untung besar yaitu usaha service elektronik. Untuk membuka usaha jasa service elektronik, sobat diharuskan memiliki ketrampilan dalam memperbaiki barang-barang elektronik tersebut.

12. Usaha Sale Pisang
Anda tentu sudah mengenal dengan sale pisang. Ada beragam jenis sale pisang di Indonesia seperti sale pisang basah, sale pisang kering ambon, sale pisang coklat dll. Dengan rasa yang manis dan lezat membuat orang ketagihan menikmati sale pisang. Pangsa pasar sale pisang ambon sangat luas. Anda bisa membuka usaha home industri produksi sale pisang ambon yang laris pembeli dan menguntungkan.

13. Usaha Keripik Singkong
Jenis usaha home industri lain yang tak kalah menguntungkan adalah usaha produksi keripik singkong. Kuliner ini termasuk makanan cemilan ringan yang disukai semua kalangan dari anak anak hingga orang dewasa. Anda bisa membuat keripik singkong yang renyah, gurih dan nikmat dengan cara mencari resepnya di internet. Selain itu, sobat bisa menambahkan dengan produk keripik pisang, keripik talas dll

14. Usaha Tahu Crispy
Usaha pembuatan tahu crispy bisa dilakukan di dalam rumah sebagai salah satu bisnis rumahan atau home industri yang sangat menjanjikan. Para penggemar tahu crispy sangat besar jumlahnya di tanah air. Untuk penjualan tahu crispy, anda bisa membuka lapak usaha di pinggir jalan atau memasok bahan mentah tahu crispy ke sejumlah pedagang tahu crispy keliling atau pinggir jalan.

15. Usaha Gorengan
Usaha home industri produksi dan jualan aneka gorengan dipastikan laris pembeli dan untung jutaan. Karena gorengan sebagai kebutuhan pokok manusia sebagai menu teman nasi. Ada banyak cemilan gorengan yang bisa sobat buat. Seperti gehu, pisang molen, pisang goreng, bala bala, singkong goreng, ubi goreng, karoket, tahu pedas, dan lain sebagainya. Anda bisa membuka gerai usaha aneka gorengan menggunakan gerobak di pinggir jalan sekaligus sebagai pemasok aneka gorengan kepada para pedagang gorengan keliling.