Cara Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina

12 Januari 2023

Usaha jualan gas elpiji 3 kg pertamina merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Bisa dikatakan bisnis gas elpiji 3 kg tidak mengenal rugi karena senantiasa dibutuhkan. Sebab gas elpiji 3 kg dicari banyak orang dan barang awet atau tak pernah basi. Selama menekuni usaha gas elpiji melon, penulis tak pernah mengalami rugi dan kesulitan. Justru selalu untung. Kalau barang tak terjual maka bisa dijual di waktu lain dengan harga jual yang cenderung naik seiring waktu berjalan.

Prospek Usaha  Gas Elpiji dan Aqua
Dalam buku Rich Dad Poor Dad, Robert T Kiyosaki menggambarkan usaha pertambangan gas elpiji 3 kg pertamina dengan sangat indah. Salah satu jalur cepat menuju kaya raya dan pensiun di usia muda adalah berbisnis. Dan bisnis yang sangat menjanjikan adalah usaha dalam bidang pertambangan. Seperti usaha gas elpiji 3 kg pertamina. Sebab pasokan gas alam sangatlah terbatas di muka bumi. Bertambah waktu jumlah gas alam di dunia akan habis. Sehingga setiap berjalan waktu harga gas elpiji selalu mengalami kenaikan seiring berkurangnya gas yang tersedia di alam.

Kenyataan telah membuktikan dimana pada masa masa tertentu pasokan jumlah gas elpiji 3 kg tidak mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari. Sehingga terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kg. Pada masa ini harga gas elpiji melon mengalami kenaikan pesat hingga Rp 30 ribu pertabung.
agen gas elpiji, sub agen gas lpg, agen gas lpg 3kg, sub agen gas lpg 3kg, agen gas pertamina

Melihat potensi keuntungan tinggi dan perputaran uang cepat maka tak ada salahnya anda membuka usaha gas elpiji 3 kg baik sebagai pengecer, sub agen maupun agen gas. Anda bisa memilih jenis usaha gas tersebut disesuaikan dengan modal dan kemampuan. Untuk meningkatkan kemajuan usaha gas elpiji maka anda bisa menggabungkan dengan usaha aqua air galon isi ulang.

Modal Awal Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg
Jika anda mempunyai modal kecil maka usaha sebagai pengecer gas elpiji 3 kg pertamina bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena dengan modal uang sebesar Rp 700 ribu, anda sudah bisa membuka usaha pengecer dengan membeli tabung gas 3 kg sebanyak 6 buah yang sudah terisi. Anda bisa mendapatkan pasokan gas elpiji dari pangkalan maupun agen setempat dengan harga Rp 21 ribu. Kemudian anda menjualnya dengan harga Rp 25 ribu. Jadi keuntungan pengecer gas 3 kg pertabung sebesar Rp 3000 sampai Rp 4000.

Namun apabila anda mempunyai modal keuangan menengah maka anda bisa mengambil kesempatan emas membuka usaha sub agen gas elpiji 3 kg. Keuntungan usaha sub agen lebih besar ketimbang usaha sebagai pengecer gas 3 kg. Sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Begitupula usaha menjadi agen gas elpiji 3 kg pertamina lebih menguntungkan ketimbang jadi pengecer dan sub agen. Tapi kelemahannya terletak pada modal usaha yang dibutuhkan sangat besar. Belum ditambah proses perijinan dan syarat pendirian agen gas elpiji 3 kg lumayan sulit. Hal inilah yang membuat sebagian besar pelaku usaha memilih menjadi sub agen gas 3 kg elpiji.

Proses pendirian sub agen gas elpiji 3 kg cukup mudah dibandingkan membuka usaha agen gas elpiji 3 kg pertamina. Selain itu, modal yang diperlukan lebih ringan dan persyaratan dokumen lebih sedikit dibanding modal usaha agen gas elpiji 3 kg pertamina.Dengan anda membuka usaha sub agen atau pangkalan gas elpiji 3 kg berarti anda telah menjalin kerjasama baik dengan PT Pertamina. Sehingga jika ditanya orang mengenai di mana anda bekerja maka anda bisa menjawab saya bekerja di pertamina sebagai sub agen gas 3 kg. Setelah melihat beberapa keuntungan membuka usaha sub agen gas elpiji 3 kg maka mungkin anda bertanya bagaimana cara menjadi sub agen gas elpiji 3 kg sekarang ini.

Cara Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina
Berikut ini cara menjadi sub agen gas elpiji 3 kg, antara lain:

1. Mengajukan permohonan ke agen LPG setempat lewat tulisan resmi. Untuk mengetahui daftar agen gas elpiji 3 kg di  wilayah anda, sobat bisa mengecek  langsung di lapangan.

2. Melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan meliputi fotocopy KTP, Fotocopy KK, TDP atau Tanda Daftar Perusahaan, SIUP atau surat ijin usaha perdagangan, surat keterangan ijin dan rekomendasi mendirikan usaha sub agen atau pangkalan gas dari pemerintahan desa setempat, surat ijin gangguan atau HO, dll.

3. Menyiapkan modal usaha meliputi kendaraan pengangkutan gas berupa mobil pick up, gudang penyimpanan gas LPG 3 kg yang ukuran dan luas sesuai standar yang ditetapkan oleh pihak PT. Pertamina.

Rincian Biaya Modal Usaha Pangkalan Gas 3 Kg
Adapun rincian biaya modal usaha sub agen gas elpiji 3 kg atau pangkalan gas pertamina, antara lain:

▪ Belanja tabung gas 3 kg sebanyak 300 unit Rp 150 ribu x 400 = 60.000.000. Harga tabung gas lpg 3 kg kosong sebesar Rp 120 ribu. Sedangkan harga tabung isi 3 kg LPG sebesar Rp 150 ribu pertabung. Anda bisa membelinya langsung dari pihak agen atau membeli tabung di usaha pangkalan gas yang bangkrut.

▪ Beli kendaraan bermotor berupa mobil pick up atau truk harga Rp 100 juta

▪ Biaya perlengkapan usaha yang mencakup alat pemadam kebakaran

Total biaya modal usaha sub agen gas 3 kg elpiji sebesar Rp 160 juta. Karena lokasi usaha sub agen berada di depan rumah dan memanfaatkan garasi maka biaya sewa lokasi nol persen.

Harga jual gas elpiji 3 kg dari pihak agen gas sebesar Rp 17000 per tabung seperti yang tertulis pada papan reklame. Dan anda bisa menjual kepada pengecer atau konsumen langsung sebesar Rp 21 ribu. Jadi dari satu tabung gas LPG 3 kg, anda meraup untung sebesar Rp 4000. Apabila dalam satu hari ada 25 tabung gas 3 kg yang terjual maka omset perhari sebesar Rp 100 ribu. Dikalikan satu bulan maka omset sekitar Rp 3 juta perbulan. Biasanya dalam satu hari, sebuah sub agen atau pangkalan gas 3 kg bisa menjual lebih dari 25 tabung LPG melon.

4. Mendatangi Kantor Agen gas Elpiji 3 Kg
Setelah menyiapkan surat permohonan menjadi pangkalan gas 3 kg beserta dokumen yang dibutuhkan secara lengkap serta mempersiapkan modal usaha yang ditentukan, berikutnya mendatangi agen gas elpiji 3 kg pertamina di daerah anda yang terdekat. Utarakan niat secara baik dan jelas mengenai permohonan pengajuan sebagai sub agen di wilayah anda. Apabila kuota sub agen masih tersisa maka anda bisa mengajukan surat permintaan jadi sub agen beserta berkas yang diperlukan.

Langkah berikutnya, pihak agen akan meminta alamat lengkap dan nama lengkap anda. Tak lama kemudian, pihak agen gas LPG 3 kg akan mendatangi lokasi usaha anda untuk menentukan layak tidaknya dibuka usaha pangkalan atau sub agen gas melon di wilayah anda.

Setelah pihak agen menyatakan lokasi usaha layak dijadikan pangkalan gas elpiji maka tak kunjung lama anda akan mendapatkan surat ijin operasional usaha sub agen gas 3 kg. Setelah surat ini keluar berarti anda sudah resmi sebagai sub agen gas LPG melon.

Peluang Usaha Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina
Negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia yang berada di urutan empat. Dengan jumlah bonus demografi yang luas tersebut, ada kekurangan dan kelemahan. Namun sebagai bangsa besar, kita hendaknya melihat keuntungan dari bonus demografi. Salah satunya pangsa pasar yang sangat luas. Sehingga berbagai jenis usaha seperti sub agen gas 3 kg ikut menikmati keuntungan besar dari bisnis ini.

Kebutuhan akan gas elpiji 3 kg di masyarakat sangat besar. Hal tersebut tak terlepas dari program konversi dari bahan bakar minyak tanah ke bahan bakar gas. Dan sekarang masyarakat Indonesia sudah nyaman dan senang menggunakan bahan bakar gas yang lebih murah dan hemat dibandingkan bahan bakar minyak tanah yang harganya sangat mahal seiring dicabutnya subsidi oleh pemerintah.

Berdasarkan fenomena saat ini penggunaan bahan bakar gas terus bertambah seiring bertambah jumlah kepala rumahtangga. Namun kebanyakan orang lebih memilih menggunakan gas ukuran 3 kg karena harganya lebih murah dengan subsidi pemerintah ketimbang menggunakan gas LPG ukuran 5 kg dan 12 kg. Selain itu, gas 3 kg lebih mudah dibawa kemana mana dan dapat dibeli di berbagai tempat dengan sangat mudah.

Jika dilihat sekarang ini hampir semua rumahtangga baik di desa maupun kota sudah menggunakan bahan bakar gas. Sehingga penjualan gas elpiji ukuran 3 kg laris manis. Sebagai sub agen, pengecer atau agen gas 3 kg untung besar. Para konsumen datang langsung ke tempat usaha gas elpiji melon. Sebagai pemula, anda bisa memulai usaha berjualan gas LPG 3 kg sebagai sub agen. Kemudian setelah modal usaha bertambah maka anda bisa membuka usaha sub agen gas ukuran 5 kg dan 12 kg.

Untuk membuka usaha sub agen perlu dilakukan survey. Apakah di daerah anda sudah ada pangkalan gas 3 kg dan berapa banyak. Jika terlalu banyak saingan lebih baik anda membuka usaha sub agen di daerah yang masih jarang sub agen gas 3 kg.

Setelah anda resmi menjadi sub agen gas atau pangkalan gas 3 kg pertamina maka anda bisa langsung menjalankan usaha. Anda bisa menjalin kerjasama dengan para pemilik warung atau toko di sekitar dalam penyediaan gas 3 kg elpiji. Satu minggu dua kali biasanya sub agen mengirimkan gas 3 kg kepada pihak pengecer secara langsung menggunakan mobil pick up. Semakin banyak warung dan toko yang diajak kerjasama maka semakin besar pendapatan usaha sub agen perhari.

Untuk mengantisipasi kelangkaan gas elpiji 3 kg, sub agen atau pangkalan sebaiknya menyediakan 100 tabung 3 kg yang berisi sebagai stok cadangan di gudang. Hal tersebut agar pasokan gas 3 kg berjalan lancar terus menerus. Selain menjual isi gas 3 kg, anda pun bisa menjual tabung gas 3 kg yang kosong maupun yang sudah berisi bagi para pengecer baru atau pemula yang mau berwirausaha gas melon.