Rincian Biaya Modal Usaha Toko Grosir Plastik hingga Buka

01 Januari 2018

Kebutuhan manusia terhadap plastik sangat tinggi. Mengingat plastik sering digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti membungkus makanan. Plastik merupakan benda yang diperlukan sekali oleh seluruh manusia di jaman modern saat ini. Hal inilah yang membuat usaha toko grosir plastik sangat menguntungkan dan memiliki prospek cerah. Anda bisa membuka gerai usaha toko grosir plastik di daerah anda.

Analisa Usaha Grosir Toko Plastik
Usaha grosir toko plastik menyediakan plastik berbagai jenis dan ukuran. Seperti kantong plastik kresek ukuran kecil, sedang  dan ukuran besar, plastik bening untuk membungkus makanan dengan berbagai ukuran, styrofoam pembungkus makanan, plastik hitam, solasiban dan berbagai barang lainnya yang terbuat dari plastik. Dari usaha berjualan plastik saja seseorang bisa jadi kaya raya.

Usaha grosir toko plastik disebut sebagai bisnis yang sangat menjanjikan karena permintaan pasar terhadap plastik kemasan sangat tinggi. Misalkan usaha minimarket waralaba seperti indomaret, alfamart, yomart dan lain-lain menghabiskan ribuan kantong kresek perhari. Sehingga dari satu minimarket membutuhkan pasokan kantong kresek dalam jumlah besar setiap hari.
usaha toko grosir, bisnis toko grosir plastik, modal usaha grosir, grosir plastik, plastik

Ini belum ditambah dengan warung dan toko kelontongan yang juga memerlukan pasokan kantong kresek dalam jumlah besar. Lalu industri kecil dan menengah membutuhkan plastik untuk mengemas kuliner yang dibuatnya. Seperti usaha kuliner makanan ringan. Dimana jumlah plastik yang dibutuhkan sangat besar. Hal ini semakin menunjukkan bahwa usaha grosir toko plastik begitu prospektif.

Anda tidak akan rugi membuka bisnis grosir toko plastik. Karena barang yang dijual yaitu plastik bersifat awet. Ia tidak mengenal kadaluarsa dan tidak mudah rusak. Jika barang tak terjual maka bisa dijual keesokan hari atau sampai kapanpun hingga laku. Dan seiring berjalan waktu, harga plastik terus mengalami kenaikan. Sehingga sangat tepat bagi anda untuk membuka usaha grosir toko plastik sebagai bisnis anti rugi dan anti krisis yang tak mengenal musim.

Rincian Biaya Modal Usaha Toko Grosir Plastik hingga Buka
Sekarang yang menjadi bahan pertanyaan berapa sih modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha grosir toko plastik dari awal hingga berdiri. Untuk lebih terperinci, berikut ini rincian biaya modal usaha toko grosir plastik hingga buka, antara lain:

Biaya Investasi Awal:
1. Etalase Rp 1 juta
2. Rak Rp 600 ribu
3. Biaya tak terduga Rp 400 ribu

Total biaya investasi sebesar Rp 2 juta.

Biaya Operasional:
1. Belanja plastik berbagai warna, jenis dan ukuran Rp 10 juta
2. Gaji karyawan Rp 700 ribu
3. Biaya transportasi Rp 100 ribu
4. Biaya listrik, air bulanan Rp 100 ribu
5. Biaya lain-lain Rp 300 ribu

Total biaya operasional sebesar Rp 11.200.000 perbulan.

Dari sini jelas bahwa biaya modal membuka usaha grosir toko plastik sangatlah besar. Anda bisa mencari bantuan tambahan modal usaha melalui pinjaman dari investor atau bank syariah. Dimana sobat terlebih dahulu membuat proposal usaha toko plastik. Adapun contoh proposal usaha grosir toko plastik bisa anda menemukannya di Google.

Cara Memasarkan Plastik
Adapun cara memasarkan produk plastik beserta produk turunannya sangat mudah. Berikut ini cara enteng memasarkan barang plastik bagi pemula, antara lain:

1. Memasok ke toko atau warung
Ada banyak toko atau warung sembako atau kelontongan di daerah anda. Anda bisa memasok berbagai jenis plastik seperti kantong kresek untuk kebutuhan warung atau toko tersebut. Bahkan mereka bisa menjual lagi plastik yang sobat jual.

2. Memasok ke industri makanan dan minuman
Industri rumah tangga kuliner seperti kerupuk, seblak, sistik hingga gorengan membutuhkan kantong plastik. Anda bisa menawarkan jenis plastik yang sobat jual kepada para pengusaha makanan atau penjual makanan keliling. Berikanlah harga yang lebih murah dari harga pasaran supaya mereka bersedia membeli plastik dari anda.

3. Berjualan secara online
Perlu sekali anda menguasai cara berjualan plastik secara online. Karena ini bertujuan untuk memperluas pangsa pasar yang ada. Dengan berjualan plastik secara online maka pangsa pasar yang ditarget bisa sangat luas. Bukan hanya dari dalam kota tapi hingga luar kota, luar provinsi, luar pulau hingga ke mancanegara.

Cara Memulai Usaha Grosir Toko Plastik
Melihat fakta di lapangan bahwa peluang bisnis toko plastik sangat menggiurkan disebabkan pangsa pasar yang luas dan keuntungan besar secara rutin membuat banyak orang menjalankan usaha ini. Namun di sebagian tempat, bisnis grosir plastik belum ada pesaing. Sehingga anda layak menjalankan usaha grosir toko plastik secara rumahan maupun sampingan. Apalagi jenis plastik merupakan barang yang tidak akan pernah kadaluarsa dan selalu awet.

Berikut ini langkah-langkah cara memulai usaha grosir toko plastik dari awal hingga buka, antara lain:

1. Persiapan modal
Untuk membuka usaha grosir plastik diperlukan modal usaha yang cukup besar. Yang meliputi sewa lokasi usaha di daerah strategis, belanja berbagai ukuran dan jenis plastik, beli etalase sebagai tempat display barang, rak untuk penyimpan plastik berdasarkan golongan, jenis dan ukuran. Perkiraan biaya modal usaha grosir toko plastik sebesar Rp 20 juta.

2. Menentukan harga plastik
Jika di daerah anda sudah ada usaha toko grosir plastik maka anda bisa saja membuka usaha grosir plastik secara berdekatan di wilayah yang sama. Karena pangsa pasar sangat luas sehingga tidak ada yang dirugikan. Bahkan anda bisa bermitra dengan toko plastik yang sama. Adapun harga plastik yang sobat jual haruslah sama dengan harga pasaran. Margin keuntungan dari usaha grosir toko plastik sebesar 40 persen dari harga plastik di pabrik.

3. Menentukan jenis plastik yang dijual
Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan jenis plastik yang hendak dijual. Sebab ini mengenai pangsa pasar. Pilihlah jenis plastik yang sedang laris manis atau mudah laku. Sehingga barang tidak banyak menumpuk di gudang dan perputaran uang berlangsung cepat.

4. Mencari distributor kantong plastik
Untuk mendapatkan jenis plastik yang anda butuhkan misalkan kantong plastik maka sobat harus mencari distributor kantong plastik terdekat. Sebab di setiap daerah dan kota besar mempunyai distributor plastik. Seperti distributor kantong plastik Surabaya, Bandung, Jakarta, Medan, Semarang, Jambi, Bangkalan dan lain sebagainya. Anda bisa mencari alamat distributor kantong plastik pe terdekat menggunakan mesin pencarian google.

Tips Sukses Usaha Grosir Toko Plastik
Bagi anda yang mau membuka usaha grosir toko plastik, berikut ini tips sukses menjalankan usaha grosir toko plastik bagi pemula, antara lain:

1. Persiapan modal usaha
Untuk memulai usaha toko grosir plastik tidak bisa sembarangan. Diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang terutama mempersiapkan modal usaha. Adapun rincian modal usaha toko grosir plastik adalah etalase, rak, belanja berbagai jenis plastik bening dan kantong kresek dengan aneka ukuran, dan lain sebagainya. Untuk membeli plastik tersebut dengan harga lebih murah maka sobat bisa membelinya di distributor plastik. Kalau di Bandung berada di jalan Otto Iskandardinata.

2. Lokasi strategis
Untuk membuka usaha toko grosir plastik dibutuhkan lokasi usaha yang strategis. Hal ini berguna untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan pelanggan. Sebab jika letak lokasi usaha grosir plastik tidak berada di tempat strategis maka anda akan kesulitan dalam menjual plastik-plastik yang anda jual. Oleh sebab itu, pastikan oleh anda usaha toko grosir plastik berada di lokasi yang strategis. Seperti di pusat keramaian, di dekat pasar tradisional, mudah dijangkau dan dilihat banyak orang, berada di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas manusia dan lain-lain.

3. Kombinasi usaha
Untuk meningkatkan omset usaha grosir toko plastik secara harian, anda tidak bisa mengandalkan dari berjualan plastik. Tapi harus dilengkapi dengan berbagai barang yang masih terkait dengan plastik. Seperti membuka usaha toko plastik digabung dengan usaha berjualan bahan kue. Cara ini terbukti efektif meningkatkan keuntungan usaha grosir plastik. Seperti yang dilakukan oleh tetangga penulis yang membuka usaha toko grosir plastik dikombinasikan dengan menjual bahan-bahan kue.

4. Desain usaha grosir toko plastik yang menarik
Tips sukses usaha grosir toko plastik lainnya adalah mendesain toko grosir plastik sobat semenarik mungkin. Seperti memastikan lokasi usaha terjaga kebersihan, indah dipandang mata, memiliki tempat parkir yang luas dan lain sebagainya. Sehingga konsumen tertarik untuk membeli kebutuhan plastik dari toko plastik anda.

5. Menjemput bola
Anda tidak bisa hanya menunggu pembeli datang ke gerai usaha. Namun anda mesti menjemput bola. Jika ada seseorang yang hendak mengadakan pesta pernikahan, sunatan, acara akikah atau hajatan, dan lain sebagainya tentu membutuhkan pasokan kantong plastik dalam jumlah besar. Inilah kesempatan bagi anda untuk menawarkan kepada mereka jenis plastik yang mereka butuhkan dengan harga yang terjangkau.

6. Promosi gencar
Untuk meningkatkan penjualan plastik perhari, sobat membutuhkan yang namanya promosi usaha untuk mengenalkan usaha grosir toko plastik sobat kepada masyarakat umum. Adapun cara promosi bisa dilakukan secara offline dan online. Untuk promosi secara offline bisa memasang spanduk, menyebarkan brosur usaha, memasang pamflet, memasang neon box dan lain sebagainya. Sedangkan cara promosi online bisa menggunakan media sosial, marketplace, forum dan lain-lain.