10 Tips Bisnis Kamera Untung Jutaan, Cepat Balik Modal

07 September 2017

Salah satu yang diharapkan seorang pengusaha adalah bisnis mengalami kesuksesan dengan untung fantastis. Bisa puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah per bulan. Namun hal itu tidak mudah. Diperlukan kerja keras, kerja cerdas, ulet, sikap pantang menyerah dan tak kalah penting ketepatan dalam memilih jenis usaha yang sesuai. Diantaranya banyak jenis peluang bisnis, usaha sewa kamera merupakan pilihan tepat. Karena prospek cerah dengan keuntungan sangat menjanjikan. 

Modal Penyewaan Kamera
Bisnis persewaan telah ada sejak jaman dulu. Pada masa Nabi Muhammad SAW dikenal usaha sewa tanah. Dan hal ini dihalalkan asalkan sesuai prinsip dan kaidah Islam. Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, saat ini semakin banyak objek benda yang bisa disewakan dengan keuntungan lumayan besar. Salah satunya bisnis sewa kamera yang sedang booming dan digemari banyak orang.

Modal usaha sewa kamera memerlukan dana yang lumayan besar. Karena harga barang yang disewakan seperti kamera dibanderol dengan harga mahal. Sehingga setiap orang tidak bisa memilikinya. Maka jalan paling mudah apabila seseorang memerlukan kamera adalah menyewa kamera dengan biaya yang sesuai pasaran.
bisnis sewa kamera, usaha kamera, bisnis kamera, usaha sewa kamera, kamera, tips bisnis kamera, jual kamera

Pada sebuah program televisi Hitam Putih yang dibawakan oleh Deddy Corbuzier didatangkan seorang tamu yang masih berstatus pelajar putri. Ia menekuni usaha persewaan kamera secara online. Ada banyak hambatan dan kendala yang mengiringinya ketika ia terjun dalam bisnis sewa kamera. Seperti kamera yang disewa tidak dikembalikan oleh konsumen. Hal ini untuk menunjukkan bahwa bisnis sewa kamera tidak mudah. Anda akan menghadapi rintangan dan tantangan sebagai bumbu agar bisnis kamera ke depannya lebih kuat dan menguntungkan.

Penghasilan yang didapatkan pelajar wanita ini dari bisnis sewa kamera mencapai puluhan juta rupiah perbulan. Awal mula ia menekuni bisnis persewaan kamera atas dasar iseng dan hobi berbisnis. Berjalan waktu, usaha tersebut menguntungkan hingga menjadi bisnis sampingan. Dan kini usaha sewa kamera menjadi bisnis utama.   

Prospek Usaha Sewa Kamera
Yang menjadi pertanyaan bagi calon pelaku usaha pemula adalah bagaimana prospek bisnis kamera saat ini. Berdasarkan fakta yang ada, prospek usaha sewa kamera sangat menjanjikan sekarang. Dimana peluang untung besar terbuka lebar dari jenis bisnis jasa ini. Hal tersebut tak terlepas dari banyak orang membutuhkan kamera untuk melakukan hobi dan kegiatan sehari hari.

Seperti di abad modern saat ini banyak orang yang menggunakan media sosial untuk berinteraksi. Mereka mengupload foto, berselfie dll. Tentu ini membutuhkan kamera beresolusi bagus. Inilah yang membuat peluang bisnis sewa kamera tetap menjanjikan hingga saat ini dan masa depan. Selain itu, banyak pengusaha kuliner yang membutuhkan jasa fotografi kuliner membuat bisnis penyewaan kamera semakin menjanjikan.

Apabila dilihat saat ini para pengguna media sosial seperti instagram, facebook, twitter, line, bbm dll lebih banyak menggunakan foto. Fenomena ini membuat usaha jasa kamera sangat dibutuhkan banyak orang dan berprospek cerah. Pangsa pasar yang dituju dari bisnis sewa kamera adalah para pengguna medsos, para fotografer amatir dan profesional, dan kalangan lainnya.

Fungsi kamera sangat berguna untuk mengabadikan momen yang penting dalam kehidupan. Sebuah foto bisa menceritakan banyak hal lebih dari sekedar tulisan. Pendek kata, target market dari bisnis kamera adalah semua kalangan. Dari mulai anak muda, orang dewasa, ibu-ibu, bapak-bapak, buruh pabrik, mahasiswa, pelajar, karyawan, dll. Mereka membutuhkan bisnis persewaan kamera untuk mendokumentasikan atau mengabadikan kegiatan penting. Seperti pesta ulang tahun, pesta pernikahan, dan momen berharga lainnya bagi manusia.

Melihat kenyataan di atas dimana pangsa pasar yang selalu terbuka lebar membuat bisnis sewa kamera  tidak akan pernah sepi pelanggan. Setiap hari manusia membutuhkan kamera untuk kepentingan acara tertentu. Apabila anda berminat untuk membuka bisnis kamera maka itu cara mudah bagi anda untuk menghasilkan uang. Baik menjual kamera atau menyewakan kamera maupun menjadi fotografer profesional.

Berbicara mengenai persaingan bisnis kamera, usaha ini masih lemah persaingan. Mengingat hanya orang bermodal besar saja yang bisa membuka usaha sewa kamera. Dikarenakan harga kamera terbilang mahal. Bisnis penyewaan kamera gampang dijalankan dan membutuhkan modal keuangan yang sangat besar. Namun yang menjadi kekurangan bisnis sewa kamera adalah memiliki tingkat resiko yang cukup besar.

Faktanya kebanyakan manusia tidak mau menekuni sebuah bisnis yang beresiko rugi tinggi dan membutuhkan modal besar. Seperti usaha persewaan kamera. Sehingga mereka menghindari diri untuk membuka usaha sewa kamera. Dan memilih bisnis yang resiko rendah dengan modal kecil. Hal ini membuat persaingan bisnis kamera sangat kecil.

Mungkin di daerah anda belum ada usaha jasa persewaan kamera. Dan anda bisa membuka usaha tersebut di wilayah anda. Jangan ditanya berapakah penghasilan yang bisa didapatkan dari bisnis sewa kamera perhari. Semakin anda bisa memperoleh banyak konsumen perhari maka keuntungan yang sobat dapatkan bisa lebih besar.

Keuntungan dan Biaya Modal Usaha Rental Kamera
Jika anda tertarik untuk membuka bisnis sewa kamera, berikut ini adalah biaya modal usaha bisnis kamera yang harus dipersiapkan yaitu membeli kamera sebanyak lima buah. Apabila dalam satu hari sobat bisa mendapatkan lima orang penyewa dengan harga sewa kamera sebesar Rp 50.000 per hari maka omset yang didapatkan sebesar Rp  250.000 perhari. Atau dalam sebulan omset yang diperoleh dari bisnis penyewaan kamera sebesar Rp 7.500.000. Wow bagaimana lumayan bukan?

Inilah yang membuat alasan bisnis sewa kamera menjanjikan untuk ditekuni. Walaupun anda hanya mendapatkan satu penyewa perhari pun keuntungan tetap cukup lumayan sebesar Rp 50 ribu perhari. Dan dikalikan satu bulan maka penghasilan dari bisnis kamera sebanyak Rp 1,5 juta. Tanpa bersusah payah, anda bisa menghasilkan uang dengan mudah melalui bisnis sewa kamera.  Dan berdasarkan kenyataan, harga sewa kamera di pasaran paling rendah sebesar Rp 75 ribu perhari.

Hambatan Bisnis Sewa Kamera  Action, DSLR dan Gopro
Hambatan dan rintangan dalam setiap jenis usaha pasti ada. Namun hal itu jangan melemahkan anda. Justeru harus membuat anda semakin kuat untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Begitupula dengan bisnis sewa kamera yang tak bisa lepas dari berbagai hambatan dan kendala yang sering menghampirinya. Adapun yang menjadi hambatan sekaligus resiko dari bisnis sewa kamera adalah:

a. Kehilangan Kamera
Hal ini pernah diungkapkan oleh salah seorang pengusaha sewa kamera yang tampil di acara Hitam Putih. Ia mengatakan pernah mengalami kehilangan kamera karena sang penyewa membawa kabur kamera miliknya yang dibanderol dengan harga mahal. Tapi ia mengikhlaskan semua itu. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, ia membuat surat perjanjian sewa kamera dengan fotocopy KTP penyewa.

Pendek kata, jika seorang pengusaha bisnis kamera terpaksa kehilangan kamera digital berarti ia mengalami kerugian yang sangat besar. Karena harga kamera digital saat ini yang profesional sebesar puluhan juta rupiah. Sedangkan kamera digital biasa paling murah sekitar Rp 500 ribu. Namun apabila kehilangan kamera terjadi pada bisnis kamera anda janganlah membuat anda menyerah. Anda bisa belajar banyak untuk tidak masuk ke dalam lobang kesalahan yang sama.

b. Kerusakan Kamera
Hambatan lain yang sering terjadi pada bisnis sewa kamera adalah kerusakan kamera disebabkan pemakaian yang buruk oleh konsumen amatiran. Mereka tanpa mau mengganti rugi mengembalikan kamera dalam kondisi rusak. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi kejadian tersebut terjadi pada bisnis sewa kamera sobat maka anda harus membuat cara mencegahnya.

10 Tips Bisnis Kamera Untung Jutaan, Cepat Balik Modal
Jika anda sedang mencari peluang bisnis yang memberikan keuntungan besar maka tak ada salahnya untuk membuka usaha kamera. Telah banyak orang yang menekuni bisnis ini hingga kaya. Lalu bagaimanakah cara menjalankan usaha sewa kamera yang menjanjikan ini? Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini 10 tips bisnis kamera untung jutaan, cepat balik modal, antara lain:

1. Pangsa pasar utama yang dituju adalah kalangan fotografer profesional. Sebab mereka sudah mahir menggunakan kamera sehingga bisa menghindarkan diri dari resiko kerusakan kamera. Konsumen biasa, amatir dan umum lainnya bisa anda target untuk memaksimalkan keuntungan bisnis kamera.

2. Menyediakan berbagai jenis kamera digital secara lengkap yang dapat disewa. Dimulai dari kamera digital yang standar sampai yang bagus untuk fotografer profesional. Hal ini untuk memberikan pilihan yang menarik dan banyak bagi konsumen sesuai kebutuhan masing masing

3. Menghindari resiko kerugian sebisa mungkin sepeti kehilangan atau kerusakan kamera. Caranya anda harus memberlakukan syarat rental kamera yang sangat ketat bagi penyewa. Misalnya meminta KTP atau surat identitas diri sang penyewa.

4. Menerima resiko kerugian bisnis rental kamera seperti kehilangan atau kerusakan kamera dan membebankannya kepada konsumen.

5. Lokasi usaha yang sangat strategis. Seperti di pinggir jalan raya yang ramai atau di tengah kota. Sehingga bisnis persewaan kamera dibanjiri oleh para penyewa dan dapat meraup keuntungan yang cukup besar perhari.

6. Promosi secara offline dan  online. Untuk mempromosikan bisnis sewa kamera secara online, anda bisa menggunakan media sosial seperti facebook, marketplace maupun website perusahaan yang resmi.  Cara ini bersifat gratis dan terbukti efektif untuk mendapatkan banyak penyewa

7. Membuka cabang di kota lain. Setelah bisnis kamera anda berkembang pesat maka anda bisa mendirikan usaha sewa kamera di daerah lain yang lebih potensial dan menjanjikan. Sehingga keuntungan lebih besar bisa diperoleh setiap hari dari bisnis ini.

8. Membeli kamera secara kredit. Kamera merupakan modal yang utama dalam bisnis sewa kamera. Untuk memulai bisnis ini anda harus menyediakan berbagai macam kamera beserta alat pendukung. Pilihlah pembelian kamera secara kredit untuk meringankan keuangan dan untuk mendapatkan masa garansi atau asuransi kehilangan dan kerusakan kamera. Selain itu, harus diperhatiikan bahwa anda harus membeli jenis kamera yang diperlukan oleh pangsa pasar yang ditarget dan sedang trend.

9. Mempersiapkan modal keuangan tambahan. Hal ini untuk membuat usaha bisnis sewa kamera anda tetap berjalan di saat sulit sekalipun. Jika anda kekurangan modal usaha maka anda bisa membuat proposal usaha rental kamera. Kemudian membagikannya kepada para investor yang tertarik menanamkan saham pada bisnis anda. Untuk contoh proposal usaha rental kamera bisa searching di google. 

10. Memiliki sikap pantang menyerah, rajin, kerja keras dan sikap positif lainnya. Dengan mempunyai sikap yang baik maka anda akan memperoleh hasil yang baik dari bisnis sewa rental kamera.