Rincian Biaya Modal Usaha Gorengan dari Awal hingga Buka

18 Januari 2018

Memulai bisnis gorengan merupakan salah satu cara tepat yang bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan tanpa modal besar. Sudah sejak lama, cemilan gorengan menjadi menu favorit bagi banyak orang. Dari anak-anak, remaja, dewasa, lansia hingga balita menyukai kuliner gorengan yang enak dan renyah ini. Menu makanan ringan ini sangat nikmat disantap ketika berkumpul bersama sanak kerabat, keluarga dan teman. Sehingga sebagai salah satu bisnis unggulan yang menguntungkan membuat bisnis kuliner ini mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi.

Analisa Usaha Gorengan
Bagaimanakah analisa usaha gorengan? Berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis di lapangan, bisnis gorengan masih sangat menjanjikan walaupun tingkat persaingan lebih sangat ketat. Dimana anda bisa dengan mudah menjumpai gerai usaha berjualan gorengan dari skala kecil hingga besar.

Untuk mendapatkan gorengan sangat mudah. Apabila anda seorang pelajar maka anda bisa mendapatkan aneka gorengan di kantin sekolah. Dan jika anda menyusuri jalan raya maka anda bisa menemukan bisnis gorengan di pinggir jalan atau penjual gorengan kaki lima menggunakan gerobak yang menetap maupun keliling. Selain itu, menjamur pula para pedagang gorengan secara keliling membawa barang dagangannya door to door. Hal ini semakin ketat bisnis cemilan ringan ini.
modal usaha gorengan, usaha gorengan, bisnis gorengan, gorengan laris

Tingkat persaingan yang sangat tinggi dari bisnis gorengan tidaklah membuat semangat anda mengendur memulai usaha gorengan. Karena peluang usaha ini mempunyai pangsa pasar yang sangat luas. Anda bisa membidik pangsa pasar kalangan menengah ke atas, kalangan menengah ke bawah, kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumahtangga, pengusaha dan lain sebagainya.

Keuntungan Usaha Gorengan
Sementara itu, yang menjadi keuntungan dari seseorang membuka usaha gorengan banyak sekali. Seperti harga gorengan sangat terjangkau bagi semua kalangan. Biasanya di pasaran dibanderol dengan harga dimulai dari Rp 500 per buah. Untuk lebih lengkap, berikut ini keuntungan berbisnis gorengan bagi pemula, antara lain:

▪ Pasar Luas
Bisnis gorengan unik, modern dan terlaris mempunyai pangsa pasar yang sangat luas. Sebab hampir semua kalangan menyukai cemilan ini. Sehingga anda sangat mudah menjual gorengan baik secara kaki lima maupun dagang keliling.

▪ Laris Manis
Usaha jualan gorengan dipastikan laris manis setiap hari. Karena gorengan merupakan jenis kuliner yang dibutuhkan oleh manusia setiap hari. Yang namanya makanan termasuk kebutuhan utama manusia yang tidak bisa dilepaskan selama manusia hidup di muka bumi. Sebagai menu makanan teman nasi, aneka gorengan laku keras perhari.

▪ Bebas Inovasi
Jika dibandingkan dengan usaha kuliner yang lain maka bisnis gorengan memiliki tingkat kreatifitas dan inovasi yang sangat tinggi. Setiap hari selalu lahir produk-produk gorengan baru yang menarik perhatian banyak orang. Seperti basreng atau baso goreng, kerak telur, tahu goreng, singkong keju goreng pedas dan lain sebagainya.

▪ Mudah Dijalankan
Kelebihan lain dari bisnis gorengan adalah mudah dijalankan. Anda bisa membuka usaha gorengan dengan menetap di sebuah tempat. Kemudian anda cukup menyediakan bahan baku dan peralatan memasak seperti wajan, serok dan minyak goreng serta bahan baku gorengan. Selanjutnya membuat aneka gorengan baik yang manis maupun asin. Ada banyak resep membuat gorengan yang enak dan lezat yang bisa sobat pelajari di internet.

Rincian Biaya Modal Usaha Gorengan dari Awal hingga Buka
Untuk mengetahui berapa modal awal dalam membuka usaha gorengan, berikut ini penulis paparkan rincian biaya modal usaha gorengan dari awal hingga buka, antara lain:

▪ Investasi Awal:
1. Gerobak gorengan unik yang sederhana Rp 1 juta
2. Alat-alat masak Rp 300 ribu
3. Perlengkapan usaha Rp 200 ribu
4. Kompor gas dan regulator Rp 500 ribu
5. Tabung gas 3 kg beserta isi Rp 200 ribu

Total biaya investasi untuk membuka usaha gorengan sebesar Rp 2,2 juta. Namun jika anda ingin menghemat biaya pengeluaran untuk investasi usaha gorengan maka sobat bisa menggunakan tabung gas, kompor gas, dan peralatan masak yang anda miliki saat ini.

▪ Biaya Operasional Usaha per Hari:
1. Pembelian bahan baku Rp 100 ribu
Untuk bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat aneka gorengan unik meliputi tepung terigu, tepung tapioka, bumbu penyedap masakan, tempe, tahu dan lain sebagainya.
2. Gas elpiji 3 kg Rp 30 ribu
3. Minyak goreng 4 liter Rp 20 ribu
4. Biaya listrik dan kebersihan Rp 20 ribu
5. Gaji karyawan @ Rp 700 ribu Rp 1,4 juta
6. Biaya tak terduga Rp  100 ribu

Maka biaya operasional perhari usaha gorengan sekitar Rp 250 ribu. Dikalikan satu bulan, maka biaya operasional perbulan sebesar Rp 7,5 juta.

Jika dalam satu hari sobat bisa menjual 300 gorengan dengan harga Rp 1000 perbuah maka keuntungan kotor yang bisa didapatkan sebesar Rp 300 ribu perhari. Dikalikan satu bulan, maka omset usaha gorengan unik dan modern sekitar Rp 9 juta perbulan. Dikurangi biaya operasional maka omset bersih bisnis gorengan sebesar Rp 1,5 juta. Lumayan bukan? Apalagi usaha gorengan bisa dijalankan secara sampingan dengan modal kecil.

Bisnis Waralaba Gorengan Unik, Modern dan Terlaris
Bagi anda yang tidak mau direpotkan dengan prosedur awal usaha, proses pembuatan gorengan hingga proses pencarian resep gorengan yang enak dan pas di lidah maka anda bisa bergabung dengan membuka usaha waralaba gorengan unik, modern dan terlaris. Ada banyak waralaba yang menyediakan paket kemitraan usaha dengan biaya investasi dimulai dari ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Melihat kenyataan saat ini, banyak sekali para pedagang gorengan secara kaki lima dan keliling sehingga anda harus bisa memenangkan persaingan usaha secara sehat dan cepat. Salah satunya dengan membuka usaha gorengan secara franchise. Dengan merek yang sudah terkenal dan mempunyai pelanggan yang banyak membuat usaha gorengan waralaba lebih cepat berkembang dan sukses. Ketimbang sobat membuka usaha gorengan secara mandiri.

Adapun bisnis waralaba gorengan unik, modern dan terlaris yang bisa sobat ikuti, antara lain:

1. Usaha Piscok Goreng
Pisang dan coklat menjadi satu membentuk pisang coklat atau disingkat piscok. Kuliner ini sangat digemari banyak orang. Karena memiliki rasa manis yang enak dan lezat. Adapun pangsa pasar yang dibidik sangat luas. Dari mulai kalangan anak-anak, pelajar SD, SMP dan SMA, mahasiswa, karyawan hingga masyarakat umum. Harga pisang coklat sangat terjangkau dikisaran Rp 2000 perbuah.

2. Usaha Tahu Crispy
Usaha gorengan lainnya yang sangat menjanjikan yang bisa sobat ikuti secara waralaba adalah usaha tahu crispy krez atau jeletot.

3. Usaha Donat Goreng
Kuliner donat merupakan makanan kesukaan bagi banyak orang dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Ada banyak perusahaan waralaba donat yang bisa sobat ajak kerjasama. Seperti donat madu cihanjuang, dunkin donats, donat bakar dan lain sebagainya.

Tips Sukses Berbisnis Gorengan
Bagi anda yang berminat untuk membuka usaha gorengan skala kecil-kecilan, menengah hingga skala besar, berikut ini tips sukses berbisnis gorengan dari awal sampai akhir bagi pemula, antara lain:

1. Lokasi strategis
Bisnis gorengan terlaris dan modern membutuhkan lokasi usaha yang strategis. Anda tidak bisa membuka usaha gorengan di tempat yang sepi. Karena bisa mengakibatkan usaha gorengan anda tidak dikenal orang. Contoh lokasi usaha yang strategis bagi bisnis cemilan ini, antara lain berada di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor, berada di dekat minimarket, dekat sekolah dan kampus, sekitar pusat perkantoran, dekat perumahan penduduk dan lain-lain.

2. Bisnis gorengan modern
Anda tidak bisa mengandalkan berjualan gorengan menggunakan cara lama. Seperti yang penulis saksikan di beberapa desa. Banyak sekali pedagang gorengan yang membuka bisnis gorengan secara keliling maupun menetap dengan konsep tradisional. Mereka menjual gorengan yang sudah umum seperti pisang goreng, bala bala, tahu goreng dan lain sebagainya. Diperlukan produk gorengan baru yang modern untuk memikat hati pembeli.

3. Harga murah
Manusia sangat sensitif sekali terhadap harga. Jika ada barang yang kualitas sama dengan harga berbeda pasti manusia akan membeli yang lebih murah. Hal ini wajar sekali sebab manusia merupakan makhluk ekonomis yang selalu ingin mencari untung sekecil apapun. Dari sinilah anda bisa membuka usaha gorengan dengan harga jual yang murah. Sehingga menarik minat konsumen untuk membelinya.

4. Pelayanan bagus
Tips sukses berbisnis gorengan yang utama adalah memberikan pelayanan yang bagus kepada para konsumen. Misalkan melayani konsumen dengan ramah, murah senyum dan bersahabat. Sebab dengan pelayanan yang memuaskan konsumen bisa membuat konsumen balik lagi membeli gorengan dari anda. Yang selanjutnya menjadi pelanggan tetap.

5. Fasilitas lengkap
Anda hendaknya membuka bisnis gorengan dengan konsep unik yang berbeda dari pesaing. Misalkan membuka usaha gorengan secara rumahan dengan konsep cafe modern. Ada banyak pengusaha gorengan yang sukses dan kaya raya yang menjalankan bisnis gorengan ala cafe dengan disertai fasilitas sangat lengkap.