Cara Beternak Ayam Arab yang Mudah, Cepat Berhasil, dan Untung

05 Agustus 2017

Ada banyak jenis usaha yang bisa dilakoni dengan potensi keuntungan besar. Misalnya bisnis bidang peternakan. Jika digali lebih dalam ditemukan beragam jenis usaha peternakan yang bisa dicoba. Khususnya bagi Anda yang pemula dalam bidang ini. Misalnya beternak ayam arab yang kini cukup tinggi permintaanya. Selain menawarkan potensi keuntungan berlipat, beternak ayam arab juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat berhasil. 

Prospek Usaha Beternak Ayam Arab Petelur
Ada banyak jenis usaha peternakan hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat. Seperti usaha ternak kambing, beternak domba, beternak sapi, budidaya belut dalam drum, bisnis beternak lele, beternak bebek dan entog, ternak itik, beternak semut kroto, beternak ikan mas koi, ternak nila, ternak gurame, budidaya ikan mujaer dan lain sebagainya. Salah satu peluang usaha dalam bidang peternakan yang menjanjikan untung besar adalah usaha budidaya ayam arab petelur.

Berdasarkan analisa usaha penulis bahwa bisnis budidaya ayam arab petelur sangat menjanjikan. Dikarenakan permintaan telur di Indonesia sangat tinggi. Dan setiap tahun permintaan telur ayam terus naik tajam khususnya menjelang lebaran. Sedangkan jumlah peternak ayam arab petelur di Indonesia sangat sedikit. Hal ini membuat usaha budidaya ayam arab petelur sangat menjanjikan untuk saat ini dan di masa mendatang.

cara beternak ayam arab, ternak ayam arab, ayam arab, bisnis ternak ayam arab, usaha ayam arab
Cara Beternak Ayam Arab yang Mudah, Cepat Berhasil, dan Untung
Usaha budidaya ayam arab termasuk jenis bisnis dalam bidang peternakan yang bisa dijalankan di kota maupun desa. Yang diambil manfaatnya dari ayam arab adalah daging dan terutama telurnya yang memiliki harga jual yang cukup tinggi. Untuk produksi telor, ayam arab jagonya. Ia bisa memproduksi telur mencapai 250 butir telor per tahun.

Hal yang membedakan ayam arab dengan ayam jenis kampung lainnya adalah dari segi corak warna. Ayam arab mempunyai corak dengan burik warna putih atau hitam yang dominan. Sifat yang menarik dari ayam arab ini adalah tidak senang mengeram. Namun sukanya hanya produksi telur. Menghasilkan telur dan telur yang banyak. Sehingga jika anda berniat untuk membuka usaha ternak ayam petelur maka sobat bisa menjadikan ayam arab sebagai penghasil telor terbaik dan paling produktif diantara jenis ayam lain.

Ayam arab akan bertelur pada usia lima bulan. Dan mengakhiri masa bertelur di umur delapan bulan. Kalau habis masa bertelur maka ayam arab bisa dijual untuk diambil dagingnya. Ayam timur tengah ini mempunyai dua jenis varietas unggul yaitu ayam arab bulu perak atau silver dan ayam arab berbulu merah yang disebut ayam arab gold atau emas.

Banyak peternak ayam arab melakukan berbagai cara untuk menghasilkan telur dalam jumlah banyak dengan kualitas telor terbaik dan spesial bagus. Salah satunya dengan mengawinkan ayam arab dengan ayam kampung atau buras yang unggul.

Keistimewaan Usaha Budidaya Ayam Arab
Adapun yang menjadi kelebihan atau keunggulan usaha ternak ayam arab baik secara rumahan dan industri besar banyak sekali, antara lain:

1. Ayam arab memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap perubahan cuaca
2. Tidak gampang stres sehingga tingkat kematian ayam arab minim sekali
3. Biaya makanan bagi ayam arab lumayan irit. Biaya pakan per ekor sebesar 80 gram per hari dengan kandungan protein 18 persen
4. Masa produktif bertelur lumayan panjang hingga 18 bulan

Dari uraian di atas jelas, usaha beternak ayam arab sangat cocok dijalankan oleh seorang pemula. Baik pensiunan, mahasiswa, ibu rumahtangga atau irt, pelajar, karyawan, dan kalangan lainnya. Sebab resiko kerugian usaha sangat minim. Anda bisa memulai usaha ternak ayam arab secara kecil kecilan. Dimulai dari beberapa ekor anak ayam arab yang berusia empat bulan.

Dan seiring berjalan waktu, ayam arab akan menghasilkan banyak telor perhari. Setelah, usaha budidaya ayam arab petelur menguntungkan maka anda bisa merambah ke bisnis sejenis yang masih berhubungan. Seperti usaha jual beli bibit anak ayam arab atau DOC yang berusia satu hari.

Peluang Usaha Beternak Ayam Arab Rumahan Modal Kecil
Mungkin bagi sebagian orang mendengar nama ayam arab masih sangat asing. Namun bagi para peternak ayam petelur, ayam arab sudah sangat familiar yaitu sebuah jenis ayam unggul yang mampu menghasilkan banyak telor per hari dengan kualitas bagus. Kualitas telor ayam arab jauh lebih baik dari telor ayam kampung pada umumnya.

Seperti yang kita ketahui, telur ayam kampung mempunyai kualitas lebih baik dari telur ayam negeri atau ayam ras petelur. Dan kualitas telur ayam arab lebih bagus dari telur ayam kampung biasa. Sehingga harga telur ayam arab jauh lebih mahal ketimbang telor ayam kampung biasa. Apalagi telor ayam arab mempunyai banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Apabila anda sedang mempertimbangkan untuk membuka sebuah usaha yang sangat menjanjikan dalam bidang peternakan maka usaha budidaya ayam arab secara rumahan bisa menjadi pilihan utama. Karena usaha ternak ayam arab bisa dijalankan dengan modal kecil dengan resiko kerugian sangat kecil. Bisnis beternak ayam arab lebih menguntungkan ketimbang usaha beternak ayam jenis lain. Walaupun dijalankan secara kecil-kecilan dan rumahan, usaha budidaya ayam arab tetaplah menguntungkan. Apalagi jika dijalankan secara profesional dan intensif skala menengah dan besar.

Jika anda harus memilih untuk membuka usaha ternak ayam kampung atau usaha beternak ayam arab maka saran penulis untuk memilih bisnis budidaya ayam arab. Karena produktifitas bertelur ayam arab lebih baik dari ayam kampung biasa. Hal ini tak terlepas dari sifat ayam arab yang hobi kawin. Selain itu, telur yang dihasilkan ayam arab memiliki kualitas lebih baik dari telur ayam kampung biasa. Harga telur arab lebih mahal dari telur kampung biasa.

Khasiat Telur Ayam Arab
Di pasaran seringkali telur ayam arab diperlakukan sama dengan telur ayam biasa. Karena tampilannnya yang mirip telur kampung pada umumnya. Tapi berdasarkan penelitian bahwa telur ayam arab mempunyai beberapa kelebihan atau khasiat yang tidak dimiliki jenis telur ayam lainnya, antara lain:

1. Tidak menimbulkan alergi walaupun tingkat protein cukup tinggi
2. Orang yang makan telur ayam arab tidak akan menderita bisul, gatal-gatal dan jerawat. Karena telur arab sangat ramah dengan tubuh manusia

Kandang Ayam Arab
Untuk mulai beternak ayam arab maka langkah pertama yang harus disiapkan adalah lokasi usaha. Selanjutnya pembuatan kandang ayam arab yang memadai. Sobat bisa membuat kandang bagi ternak ayam arab dengan ukuran 3 meter x 3 meter x 3 meter. Kandang ayam bisa dibuat bertingkat sebanyak empat tingkat. Kemudian sediakan sedikit pelataran bagi ayam untuk sistem umbaran terbatas. Pada waktu siang hari, anda bisa mengeluarkan ayam di tingkat satu untuk bermain di pelataran sebagai olahraga. Lalu giliran ayam arab yang berada di tingkat dua untuk keluar dari kandang. Dan lain sebagainya.

Kiat Sukses Usaha Ternak Ayam Arab
Berikut ini adalah kiat sukses usaha ternak ayam Arab yang bisa diterapkan:

▪ Pelajari Ilmunya
Jika anda memutuskan untuk membuka usaha beternak ayam arab maka diperlukan ilmu tentang cara budidaya ayam arab yang baik dan benar meliptui cara pengembang biakan ayam arab, cara membuat ayam arab produktifitas bertelur dan menghasilkan telur berkualitas baik. Untuk mendapatkan ilmu cara ternak ayam arab yang mudah, cepat berhasil dan untung maka anda bisa mempelajarinya di internet, lewat buku, majalah yang berkaitan tentang peternakan dan agrobisnis.

▪ Persiapkan Modal
Dalam setiap jenis usaha pasti memerlukan yang namanya modal usaha. Seperti halnya usaha beternak ayam arab. Rincian modal usaha beternak ayam arab petelur meliputi pembuatan kandang ayam, pembelian pakan ayam arab, belanja peralatan dan perlengkapan usaha, biaya tenaga kerja, membeli bibit anak ayam arab sebanyak 30 ekor, membeli ayam arab jantan, dan lain-lain. Harga ayam arab sedikit mahal. Jadi, estimasi total biaya modal usaha ternak ayam arab secara rumahan skala kecil kecilan sekitar Rp 3 juta.

▪ Pemasaran Telur Ayam Arab
Untuk masalah pemasaran telur ayam arab, saya kira tak akan mengalami kesulitan berarti. Anda bisa menjual telur arab ke konsumen langsung atau pelaku usaha kuliner, menitipkan ke warung sembako atau toko sembako maupun ke minimarket secara sistem konsinyasi. Berikanlah harga telor ayam arab perbutir yang bersaing dan murah. Selain itu, utarakan pula khasiat telur arab untuk menarik minat beli konsumen dan mitra usaha. Kalau usaha ternak ayam arab petelur sudah berkembang pesat, anda bisa membangun beberapa agen telur ayam arab sobat di berbagai daerah di Indonesia.

Namun ada cara cerdas dalam usaha beternak ayam arab untuk meminimalisir kegagalan yaitu dengan mempersiapkan pangsa pasar bagi ternak ayam arab sebelum usaha ternak ayam arab dibangun. Sehingga anda tak akan mengalami kesulitan dalam pemasaran telur ayam arab dan dagingnya nanti.

▪ Pengelolaan Usaha
Bisnis beternak ayam arab secara rumahan pun perlu sistem pengelolaan ayam yang baik. Sehingga usaha ternak ayam arab bisa menguntungkan. Oleh sebab itu, pastikan anda memberikan vitamin dan pakan ayam arab secara tepat waktu dan sesuai porsinya. Dan secara konsisten harus memastikan kondisi kandang ayam arab dalam kondisi bersih. Supaya terbebas dari kuman dan penyakit yang bisa menyerang ayam arab.