Daftar Harga Bibit Ayam Petelur Siap Telur Terkini

19 Oktober 2017

Anda pasti sudah mengenal telur. Telur menjadi keperluan utama manusia sehari-hari. Telur disukai anak-anak hingga orang dewasa dan lansia. Setiap orang pasti menyukai telur ayam. Karena telur mempunyai rasa yang enak dan lezat dengan beragam kandungan protein tinggi di dalamnya. Sehingga tak aneh jika di setiap dapur rumah tangga sangat mudah kita menemukan menu makanan telor. Ada berbagai macam menu makanan dari olahan telur seperti telur dadar, sayur sop telur, telur rebus, dan lain sebagainya.

Analisa Usaha Ayam Petelur
Seiring berjalan waktu harga telur ayam negeri mengalami kenaikan. Dari harga telur Rp 16 ribu perkilogram menjadi Rp 21 ribu perkilogram terbaru. Kenaikan harga telur menjadi hal lumrah setiap tahun. Hal ini menjadikan telur ayam mempunyai harga yang tak stabil. Terutama menjelang hari raya lebaran atau saat bulan Ramadhan, harga telur ayam mengalami kenaikan harga yang sangat melambung. Selain itu kenaikan harga telur ayam disebabkan pasokan telur yang kurang dan terbatas sedangkan permintaan pasar sangat tinggi.

Atas fakta di atas, membuat usaha yang berkenaan dengan jualan telor ayam sangat menjanjikan untung besar. Seperti usaha marketing dagang telor ayam, usaha beternak ayam petelur, usaha jual beli telur ayam dan lain sebagainya. Namun yang paling menguntungkan adalah anda membuka usaha peternakan ayam petelur yang langsung mensuplay berbagai warung dan toko sembako di daerah terdekat.
harga bibit ayam petelur, bibit ayam petelur, bibit ayam, ayam petelur, harga ayam petelur, ayam petelur, ayam

Jika anda tertarik untuk membuka usaha budidaya ayam petelur maka anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan cermat. Seperti memantau peluang usaha ayam petelur, menghitung keuntungan dan kerugian beternak ayam petelur, menyiapkan lokasi usaha dan kandang ayam, merencanakan jumlah ayam petelur yang hendak diternakkan, dan lain sebagainya.

Bisnis dagang telur ayam merupakan jenis usaha yang tak mengenal istilah rugi. Karena permintaan terhadap telur ayam negeri di masyarakat sangat tinggi setiap hari. Untuk berbagai keperluan olahan makanan. Pangsa pasar dari kalangan perorangan, restoran, rumah makan, perusahaan kuliner dan lain-lain. Sehingga para peternak ayam petelur lokal di Indonesia belum mampu memenuhi permintaan telur dalam negeri yang sangat tinggi. Jumlah ayam petelur yang mereka miliki sangat terbatas.

Keuntungan Usaha Ayam Petelur 1000 Ekor
Apabila anda berminat untuk membuka usaha beternak ayam petelur maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Misalkan merencanakan jumlah ayam petelur yang hendak diternakkan. Contoh kasus, anda hendak membuka usaha ayam petelur secara kecil-kecilan dengan kapasitas 1000 ekor. Maka modal awal untuk pembelian bibit ayam sebesar Rp 5 juta dengan asumsi harga bibit ayam petelur per ekor terkini siap telur sebesar Rp 5 ribu.

Jika dalam satu hari setiap ayam petelur bertelur sebanyak satu buah maka dalam sehari anda mampu memproduksi 1000 telur ayam. Harga telur ayam saat ini sekitar Rp 1500 perbutir. Selanjutnya anda bisa menghitung keuntungan jualan telur ayam perbulan. Omset jualan telur ayam sebesar Rp 1,5 juta perhari. Dikalikan sebulan maka omset perbulan usaha beternak ayam petelur sebesar Rp  45 juta. Bagaimana lumayan besar kan? Hal inilah yang membuat sebagian orang memilih untuk membuka usaha ternak ayam petelur.

Kerugian Usaha Ternak Ayam Petelur
Namun di balik keuntungan usaha ayam petelur 1000 ekor tersimpan potensi kerugian. Berikut ini adalah berbagai kerugian yang mungkin anda alami dalam bisnis budidaya ayam petelur seperti yang penulis alami sendiri, antara lain:

▪ Ayam Mati
Ayam petelur mengalami kematian disebabkan oleh beberapa sebab. Salah satu faktor yang utama adalah ayam terserang penyakit.

▪ Tak Bertelur
Kendala lain yang sering dialami para peternak ayam petelur adalah ayam yang mereka miliki pada mulanya bertelur sangat banyak. Namun dihari berikutnya tidak bertelur lagi.

Untuk mengatasi kendala dan hambatan dalam beternak ayam petelur tersebut maka anda perlu mencari solusi atas permasalahan tersebut. Kalau dibiarkan berlarut-larut kerugian usaha beternak ayam petelur akan terus terjadi. Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya ayam mati maka anda harus menguasai cara merawat ayam yang baik dan benar. Seperti cara mengobati ayam yang sakit dan selalu rutin memberikan vaksinasi supaya ayam mempunyai kekekabalan tubuh yang baik.

Cara Beternak Ayam Petelur yang Baik dan Benar
Hal yang harus diperhatikan dalam beternak ayam petelur adalah pemberian pakan ayam. Biaya pakan ayam petelur lumayan besar perharinya yang termasuk biaya operasional sehari-hari. Banyak para peternak mengalami kesulitan dalam pemberian pakan ayam. Disebabkan harga pakan ayam yang cukup mahal saat ini. Apalagi pasokan pakan ayam sangat terbatas di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga tak jarang para petani ayam mengalami kesulitan dalam mendapatkan pasokan makanan ayam. Memperhatikan makanan bagi ayam petelur sangatlah penting. Karena ini menentukan ayam petelur menghasilkan banyak telur perhari.

Pastikan pemberian pakan ayam berkualitas dan bergizi sehingga menghasilkan banyak telur yang berkualitas. Dan pemberian makanan ayam yang berkualitas baik bisa mencegah ayam terkena infeksi atau penyakit. Pemberian pakan ayam yang berkualitas rendah akan berakibat pada penurunan produktifitas telur ayam. Selain itu, telur ayam yang dihasilkan menjadi kualitas rendah. Seperti bentuk kecil.

Salah satu kendala utama dalam beternak ayam petelur adalah ayam petelur mengalami kematian. Jika anda sebagai pemula pastinya akan dibuat bingung dengan banyaknya ayam yang mati. Kalau dibiarkan terus menerus maka usaha ternak ayam petelur sobat akan gulung tikar. Hal ini telah dialami oleh beberapa peternak di tanah air. Dimana saat merebaknya kasus flu burung banyak ayam petelur yang mati. Sehingga kerugian para peternak hingga mencapai miliaran rupiah. Anda tentu tidak ingin mengalami masalah itu kan? Oleh sebab itu, untuk membuka usaha beternak ayam petelur maka anda harus mempersiapkan diri dengan keterampilan mengobati ayam yang sakit.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kematian ayam. Seperti memberikan vitamin dan vaksinasi secara rutin pada  ayam petelur. Hal ini dilakukan untuk memberikan peningkatan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh ayam dari berbagai serangan penyakit. Ayam petelur yang diberikan vitamin dan vaksinasi secara rutin akan tumbuh sehat dan terbebas dari penyakit.

Cara lain untuk mencegah terjadinya kematian pada ayam adalah selalu membersihkan kandang ayam. Kandang yang kotor menjadi salah satu penyebab penyebaran penyakit pada ayam. Oleh karenanya, anda mesti membersihkan kandang ayam secara rutin. Cara paling mudah untuk memastikan kandang ayam selalu bersih adalah menggunakan ram kawat pada alas kandang ayam. Sehingga kotoran ayam langsung keluar dari kandang atau jatuh ke tanah.

Setelah mengetahui seluk beluk cara merawat ayam petelur yang baik dan benar serta cara mengatasi hambatan dan kendala dalam usaha budidaya ayam selanjutnya anda mesti mengetahui berapa modal usaha beternak ayam petelur. Adapun modal uang yang dibutuhkan untuk membuka usaha ternak ayam petelur cukup besar dimulai dari Rp 15 juta. Untuk balik modal dalam waktu relatif singkat.

Cara Memulai Bisnis Budidaya Ayam Petelur
Berikut ini tahapan-tahapan cara memulai usaha ternak ayam petelur, antara lain:

▪ Pemilihan Lokasi
Untuk lokasi ternak ayam petelur dianjurkan jauh dari perumahan warga. Hal ini disebabkan usaha ternak ayam petelur bisa mengakibatkan polusi udara bagi penduduk sekitar. Bau kotoran ayam bisa membuat sebagian masyarakat terganggu dan merusak sistem pernafasan manusia. Oleh sebab itu, jauhkan lokasi usaha ternak ayam dari lingkungan pemukiman masyarakat. Selain jauh dari permukiman penduduk, kandang ayam juga mesti berada di daerah yang sangat aman dari para pencuri dan nyaman.

▪ Kandang Ayam
Setelah anda mempunyai lokasi usaha ternak ayam petelur yang tepat dan sesuai kriteria, selanjutnya adalah mempersiapkan kandang ayam petelur. Ada berbagai model kandang ayam petelur. Dari model bersusun bertingkat hingga model memanjang. Semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan luas lokasi usaha. Kandang ayam yang anda buat pastikan mempunyai sirkulasi udara yang baik, kandang ayam terkena sinar matahari di pagi hari, dan lain sebagainya. Yang pada akhirnya membuat kandang ayam petelur sehat.

Anda bisa membuat kandang ayam sendiri dengan biaya minim. Caranya menggunakan batang-batang pohon bambu yang anda miliki dan menggunakan limbah-limbah kayu yang tak terpakai. Ukuran kandang ayam petelur disesuaikan dengan jumlah ayam petelur yang hendak diternakkan. Satu meter persegi biasanya cukup memuat tujuh ekor ayam. Lengkapi pula kandang ayam dengan sistem penerangan, tempat makan dan minum ayam, tempat bertelur, alas kandang, bibit ayam petelur dan lain sebagainya.

Daftar Harga Bibit Ayam Petelur Siap Telur Terkini
Untuk memulai usaha beternak ayam petelur maka anda harus memilih bibit ayam petelur yang unggul dan baik. Pemilihan bibit ayam petelur sangat menentukan keberhasilan usaha budidaya ayam petelur di masa mendatang. Oleh karena itu, pastikan anda membeli bibit ayam petelur dengan kualitas baik dan unggul. Hal itu dapat dilihat dari ayam petelur tidak mengalami kecacatan, gerak ayam yang sangat aktif, bulu yang halus dan mengkilap, nafsu makan cukup bagus, dll.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan bibit ayam petelur yang baik dan super. Anda dapat membeli bibit ayam petelur secara online melalui marketplace tokopedia, bukalapak atau mendatangi perusahaan yang jual bibit ayam petelur. Anda bisa membeli bibit ayam petelur di perusahaan pembibitan ayam petelur yang terkenal dan terpercaya. Harga bibit ayam petelur jenis pullet ukuran kecil sebesar Rp 5000 per ekor. Sedangkan harga bibit ayam petelur terkini siap telur ukuran besar sekitar Rp 50 ribu per ekor.