Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Bangkok

04 Juni 2017

Ada berbagai macam peluang bisnis yang sangat menguntungkan dalam bidang ternak ayam. Salah satunya usaha ternak ayam bangkok. Prospek bisnis peternakan ayam bangkok sangat cerah dan prospektif. Usaha beternak ayam bangkok seringkali kita jumpai di berbagai pelosok desa secara rumahan dan tradisional serta kecil-kecilan. Walaupun dijalankan secara sampingan dengan modal kecil keuntungan yang diperoleh lumayan besar. Dalam satu bulan seorang peternak ayam bangkok bisa meraup untung hingga puluhan juta rupiah.

Kelebihan Bisnis Beternak Ayam Bangkok
▪ Mudah Pemeliharaan
Beternak ayam bangkok lebih mudah pemeliharaan dan perawatannya ketimbang usaha ternak ayam pedaging ras broiler atau ayam petelur. Bisnis ternak ayam bangkok dapat menghasilkan untung perbulan dalam jumlah besar secara rutin dari penjualan ayam bangkok dan anakan. Bagaimana anda tertarik untuk membuka usaha ternak ayam bangkok?

▪ Modal Kecil Untung Besar
Usaha beternak ayam bangkok bisa dimulai dengan modal kecil dan cepat balik modal. Misalkan satu pasang indukan. Setelah betelur akan menghasilkan beberapa ekor anakan ayam. Pada umumnya indukan ayam bangkok mampu menghasilkan sepuluh telor lebih. Apabila satu anakan ayam bangkok dijual seharga Rp 200 ribu maka keuntungan bersih sekitar Rp 2 juta (Rp 200.000 x 10 ekor anak ayam bangkok). Bagaimana keuntungan yang lumayan bukan?
ayam bangkok, usaha ayam bangkok, ternak ayam bangkok, ternak ayam, bisnis ayam bangkok, ayam

▪ Pasar Luas
Pangsa pasar ayam bangkok super sangat luas terutama bagi pecinta atau hobi terhadap ayam bangkok. Kalau hasil ternak ayam bangkok super tidak sesuai yang diharapkan maka bisa dijual ke pasar sebagai ayam potong.

▪ Pakan Ayam Mudah
Pakan ayam bangkok sangat mudah didapatkan. Anda bisa membelinya di toko pakan terdekat.

Kelemahan Usaha Ternak Ayam Bangkok
Disamping kelebihan ternyata bisnis budidaya ayam bangkok super mempunyai beberapa kekurangan dan kelemahan, antara lain:

1. Ayam bangkok gampang terserang penyakit
2. Rawan terjadi pencurian
3. Hasil ternak ayam bangkok kurang disukai pasar
4. Hasil ternak ayam bangkok banyak berjenis betina

Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Bangkok
Hal pertama yang sering ditanyakan orang yang berminat memulai usaha beternak ayam bangkok adalah berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis peternakan ayam bangkok dari awal hingga siap buka. Untuk lebih jelas berikut ini rincian biaya modal usaha ternak ayam bangkok, antara lain:

▪ Biaya Investasi

1. Kandang Ternak Ayam Bangkok
Untuk memulai usaha beternak ayam bangkok, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kandang ayam bangkok. Besaran kandang sesuai dengan jumlah ayam bangkok yang hendak anda ternakkan. Untuk membuat kandang ayam sangat mudah. Anda bisa membikin kandang ternak ayam bangkok dari bambu atau dari sisa-sisa kayu bekas.

Sebagai tempat kandang ayam bangkok tidak membutuhkan lahan yang luas. Dengan lahan sempit kita bisa membuat kandang ayam bangkok secara rumahan. Misalkan bisa menggunakan pekarangan halaman rumah atau lahan kebun yang kosong sebagai tempat dibangun kandang ternak ayam bangkok dengan model memanjang atau bertingkat. Biaya pembuatan kandang ternak ayam bangkok super sekitar Rp 1 juta.

2. Membeli Induk Betina 4 ekor @ Rp 400.000 = Rp 1.600.000

3. Membeli Indukan Jantan Rp 2 juta

Jadi modal awal investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 4.600.000

▪ Biaya Produksi

1. Biaya pakan ayam bangkok selama tujuh bulan sebesar Rp 1,5 juta

2. Gaji karyawan Rp 1 juta

3. Obat-obatan dan vitamin harga Rp 100 ribu

4. Biaya lain-lain tak terduga Rp 500 ribu

Total estimasi biaya produksi usaha ternak ayam bangkok sebesar Rp 3.100.000,-

Keuntungan Usaha Ternak Ayam Bangkok
Apabila 1 ekor ayam bangkok betina mampu menghasilkan 6 ayam bangkok pejantan @ 400.000 maka keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 9.600.000 (4 induk ayam x 6 x Rp 400.000). Selain itu, ayam indukan menghasilkan 3 ayam bangkok betina @ Rp 200.000 maka keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 2.400.000 (4 indukan ayam x 3 x Rp 200.000).  Total omset keuntungan kotor dari usaha ternak ayam bangkok sekitar Rp 12 juta. Laba bersih dari bisnis ternak ayam bangkok super selama tujuh bulan sebesar Rp 4.300.000 (Rp 12.000.000- Rp 7.700.000. Keuntungan itu belum termasuk dari penjualan anak ayam bangkok dan penjualan dari telur ayam bangkok serta penyusutan biaya investasi.

Cara Sukses Usaha Ternak Ayam Bangkok Super
Untuk memulai usaha peternakan ayam bangkok super susah-susah gampang. Berikut ini penulis paparkan sejumlah tips dan cara bisnis budidaya ayam bangkok super dan pedaging yang terbukti berhasil, antara lain:

▪ Memilih Bibit Unggul
Untuk menghasilkan anakan ayam bangkok yang unggul diperlukan bibit ayam bangkok yang unggul pula. Oleh sebab itu, pastikan anda memulai usaha beternak ayam bangkok dengan modal indukan ayam bangkok yang unggul dan bagus. Berikut ini ciri indukan ayam bangkok yang berkualitas baik dan unggul, antara lain:

1. Memiliki kaki yang baik dan bagus, tanpa cacat

2. Mempunyai mata yang bening, tidak berair dan tidak kotor

3. Badan tumbuh besar dan normal, tidak terlalu kurus dan tak terlalu gemuk

4. Badan atletis, tegap

Ada berbagai jenis macam ayam bangkok seperti ayam bangkok super tipe black horse, ayam bangkok pedaging, ayam bangkok indramayu dan ayam bangkok biasa. Anda bebas memilih jenis usaha ternak ayam bangkok sesuai selera dan keinginan.  Untuk ayam bangkok super sekali harganya lebih mahal ketimbang harga ayam bangkok biasa.

▪ Mengawinkan Ayam Bangkok
Selanjutnya, sobat mesti mengawinkan indukan betina ayam bangkok dengan ayam bangkok jantan. Cara mengawinkan ayam bangkok bisa secara alami. Sehingga menghasilkan anak-anak ayam bangkok super. Tak berlangsung lama, ayam bangkok akan menghasilkan telor dalam jumlah banyak. Kebanyakan lima sampai sepuluh butir telur. Kemudian secara alami telur itu dierami oleh sang induk ayam bangkok sampai menetas. Jika anda ingin lebih cepat dalam menetaskan telur dapat menggunakan mesin tetas yang dijual di pasaran dengan harga murah dan terjangkau.

▪ Pakan Ternak Ayam Bangkok
Pemberian pakan ayam merupakan hal yang penting lainnya dalam kesuksesan usaha beternak ayam bangkok. Berilah pakan pada ayam bangkok secara teratur. Misalkan satu hari diberikan pakan ayam sebanyak tiga kali yaitu di pagi hari, siang dan sore hari. Pemberian pakan dan perawatan ayam bangkok yang tepat merupakan kunci keberhasilan bisnis ini.

▪ Pemberian Vitamin
Sementara itu, supaya ayam bangkok tumbuh dan berkembang biak secara baik dan sehat diperlukan adanya tambahan suplai vitamin. Ada berbagai macam vitamin bagi ayam bangkok pedaging dan super, anda bisa mendapatkannya di toko pakan ayam terdekat.

▪ Jadikan Hobi
Setelah anda memutuskan untuk memulai usaha budidaya ayam bangkok super dan melakukan hal-hal di atas pastikan bahwa anda menjalani usaha beternak ayam bangkok secara hobi dan menyenangkan. Sehingga beban pekerjaan menjadi ringan. Ketika usaha ternak ayam bangkok merugi, anda tidak merasa rugi dan menyerah. Justeru membuat anda semakin pandai dan ahli dalam merawat dan menjalankan usaha budidaya ayam bangkok. Pendek kata, lebih mudah menghasilkan uang melalui hobi. Maka jadikanlah kegiatan ternak ayam bangkok menjadi hobi yang menyenangkan. Usaha ternak ayam bangkok lebih cocok bagi orang yang hobi atau pecinta ayam bangkok super.

▪ Penanggulangan Penyakit
Namanya juga ayam. Sesuatu hal bisa saja terjadi. Misalnya ayam terkena penyakit. Bentuk penyakit ayam berbeda-beda dari kelumpuhan sampai ayam demam panas, murung, meriang dan flu. Oleh sebab itu, jika ayam bangkok super mengalami gejala penyakit seperti itu harus segera diatasi dengan memberikan obat atau vaksinasi ayam sampai ayam bangkok sehat dan pulih kembali.

Inilah nama penyakit yang bisa diderita ayam bangkok, antara lain:

1. Tetelo. Jika menderita penyakit tetelo, ayam bangkok harus segera diberi obat herba

2. Flu burung. Apabila ayam sedang sakit flu burung, hal itu bisa membahayakan jiwa manusia juga maka berhati-hatilah. Cara mengatasi ayam yang menderita flu burung dengan diberikan obat herba anti flu atau vaksinasi flu burung

3. Bakteri. Cara menyembuhkan ayam bangkok yang menderita sakit karena bakteri adalah dengan memberikan obat antibiotika.

Anda harus belajar mengatasi berbagai penyakit pada ayam bangkok sampai berhasil. Hal ini berguna supaya usaha ternak ayam bangkok super sobat bisa berjalan lancar dan untung. Sebab kebanyakan bisnis budidaya ayam bangkok di Indonesia mengalami kebangkrutan dan kerugian disebabkan banyak ayam bangkok mengalami kematian akibat penyakit yang tak bisa ditanggulangi. Seperti dalam beberapa tahun kebelakang munculnya fenomena flu burung. Yang mengakibatkan banyak pengusaha ayam bangkok gulung tikar.

▪ Pemasaran Ayam Bangkok
Masalah pemasaran merupakan salah satu faktor yang penting dalam usaha peternakan ayam bangkok yang bagus. Setelah mampu memproduksi beberapa ayam bangkok super, langkah selanjutnya adalah bagaimana menjual atau memasarkannya. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh dalam menjual ayam bangkok super, biasa dan black horse antara lain:

1. Penjualan dari mulut ke mulut

2. Menawarkan ayam ke lingkungan terdekat. Misalnya rekan kerja, sahabat, teman, anggota keluarga, kenalan, tetangga, dll

3. Menjual ayam bangkok secara online menggunakan blog, facebook, twiiter, google plus, bbm, dan lain sebagainya.