Daftar Bisnis Ekspor Impor Terbaik yang Menghasilkan Untung

25 Oktober 2016

Inilah jenis usaha yang masih menyimpan potensi keuntungan tinggi yang masih jarang dilirik oleh para pelaku usaha yaitu bisnis ekspor impor. Hal ini dibenarkan oleh para duta besar Indonesia di luar negeri seperti Asia dan Eropa. Dimana mereka mengatakan peluang usaha ekspor barang buatan dalam negeri sangat terbuka lebar dan menguntungkan. Begitu pula peluang bisnis impor bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di tanah air.

Yuli Mumpuni salah seorang duta besar Indonesia untuk negara Spanyol berkata perdagangan antar negara Indonesia dengan Spanyol mengalami defisit dari pihak Indonesia. Oleh karenanya, ia melobi pemerintahan Spanyol untuk peningkatan ekonomi membuka pasar produk dalam negeri Indonesia di Spanyol. Supaya defisit perdagangan antar kedua negara bisa dikurangi. Bahkan negara Indonesia bisa mengalami surplus perdagangan dengan negara kerajaan tersebut. Oleh sebab itu, Yuli Mumpuni mengajak para pengusaha kecil dan menengah di Indonesia untuk menggarap peluang usaha pasar ekspor yang masih sangat menjanjikan untung besar terutama di negara-negara eropa.
daftar ekspor impor terbaik, usaha ekspor impor, bisnis ekspor impor yang menguntungkan, ekspor impor

Daftar Bisnis Ekspor Impor Terbaik yang Menghasilkan Untung
Namun tidak semua produk dalam negeri bisa masuk ke pasar luar negeri. Ada beberapa produk dalam negeri yang diterima pasar luar negeri sangat menjanjikan dan menguntungkan untuk diekspor ke berbagai negara di dunia. Tanpa panjang lebar, berikut ini daftar bisnis ekspor impor terbaik yang menghasilkan untung besar, antara lain :

Usaha Ekspor Impor dalam Bidang Sandang dan Pangan
Menurut data ekspor impor dari pihak kedutaan besar Indonesia di Spanyol, akumulasi produk ekspor dalam negeri masih sangat kecil sekitar 2 miliar dolar. Produk dalam negeri yang menguntungkan dan bagus untuk diekspor adalah produk seafood, barang perdagangan, dan pakaian wanita. Bahkan ekspor Indonesia terbesar ke industri Hollywood adalah produk sandang. Sehingga usaha ekspor impor produk  sandang masih sangat menjanjikan. Walaupun mengalami penurunan angka ekspor secara signifikan disebabkan kualitas pesaing dari negara Pakistan dan India yang lebih baik dan bagus produk sandangnya.

Usaha Furniture dan Kerajinan Kulit
Inilah peluang usaha ekspor yang masih sangat menggiurkan untung besar. Nilai ekspor produk funiture Indonesia mengalami kenaikan yang sangat pesat sekitar 75 persen. Peluang ekspor dalam produk furniture masih terbuka sangat luas. Oleh karenanya, pemerintah mengajak kepada para pengusaha dalam negeri untuk menggenjot laju ekspor furniture dalam negeri ke luar negeri terutama Spanyol dan pasar Eropa Barat.

Pendek kata, salah satu barang buatan dalam negeri yang diterima sangat baik oleh pasar luar negeri adalah produk furniture, produk kerajinan kulit dan produk alas kaki terutama dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki kualitas sangat baik.

Usaha Restoran Khas Indonesia
Bisnis ekspor impor lainnya yang menguntungkan adalah usaha restoran Indonesia. Peluang usaha ekspor restoran khas Indonesia ini sangat menjanjikan untung besar seperti yang diakui oleh para duta besar Indonesia di negara sahabat. Seperti di negara Italia belum terdapat restoran khas Indonesia. Hal ini bisnis potensial untuk dikembangan oleh para pelaku usaha dalam negeri.

Usaha Kopi dan Coklat
Bisnis ekspor terbaik berikutnya adalah dalam bidang penjualan kopi dan coklat. Karena Indonesia merupakan penghasil buah kopi dan coklat terbaik di dunia. Sehingga dapat diterima pasar internasional. Namun jika melakukan usaha ekspor pangan seperti coklat dan kopi ke negara Italia sekarang mesti berhati-hati. Karena negara Italia menerapkan standar sangat tinggi untuk produk pangan yang diterima. Misalnya kasus ekspor udang yang berasal dari tanah air yang dikembalikan lagi beralasan masalah kesehatan. Adapun usaha ekspor coklat dan kopi belum pernah ada penolakan di negara manapun. Sehingga ini merupakan peluang bisnis ekspor terbaik menguntungkan.

Usaha Buah-Buahan
Negara Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan buah-buahan. Beragam tumbuhan buah-buahan ada di Indonesia selain sayur-sayuran. Seperti buah alpukat, buah pisang, strawberry, melon, jeruk, jambu, mangga, pepaya, lengkeng, sirsak, nangka, apel, markisa, anggur, dan buah-buahan lainnya. Sehingga melimpahnya sumber daya buah-buahan di tanah air bisa dimanfaatkan dengan diekspor ke berbagai negara yang membutuhkannya.

Kebutuhan manusia akan buah-buahan sangat tinggi. Karena buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang mampu menyehatkan tubuh dan sebagai pengobatan. Peluang usaha buah-buahan masih terbuka luas. Jika anda memulai usaha eksportir buah-buahan dari bawah percayalah perlahan tapi pasti tak mustahil anda akan menjadi seorang jutawan dari usaha eksportir buah-buahan.

Hal ini tak terlepas dari kebutuhan tinggi sekali dan permintaan yang besar dari negara-negara luar negeri terhadap produk buah-buahan Indonesia. Sedangkan ekspor buah-buahan dalam negeri hanya mencapai 60 persen dan belum bisa memenuhi permintaan pasar internasional secara keseluruhan. Peluang usaha ekspor buah-buahan termasuk bisnis terbaik ekspor impor yang membuat anda cepat kaya.

Berdasarkan data ekspor tahun 2016 ada empat jenis buah-buahan yang telah berhasil memasuki pasar ekspor yaitu manggis, mangga, pisang dan salak. Sedangkan buah-buahan lainnya belum digarap secara optimal. Sehingga menimbulkan peluang usaha ekspor buah-buahan yang lain dengan potensi keuntungan sangat besar. Pangsa pasar yang potensial seperti ke Arab Saudi, China, Hongkong, Shanghai, Rusia, Eropa Barat, Eropa Timur, Kuwait, Uni Emirat Arab, Singapura dan negara lainnya.

Buah-buahan asal Indonesia berkualitas baik. Sehingga permintaan buah-buahan asli Indonesia dari pasar Eropa sangat tinggi sekarang ini dan belum digarap dengan baik. Keterbatasan memenuhi permintaan pasar internasional dikarenakan produksi yang sangat terbatas di lahan-lahan pertanian lokal.

Bukan hanya buah manggis, mangga, salak dan pisang asli Indonesia yang digemari masyarakat dunia dan masih belum bisa dipenuhi secara baik. Tapi juga permintaan buah rambutan, nangka, melon, kelengkeng, dan semangka asli Indonesia dari berbagai negara di belahan dunia belum tercover seutuhnya. Produksi pertanian lokal yang terbatas sebagai penyebabnya. Bahkan negara Indonesia didahului oleh negara Thailand dan Malaysia perihal ekspor buah durian keluar negeri.

Banyak orang sukses dan kaya raya dari usaha eksportir buah-buahan. Bila anda tak percaya lihatlah pengusaha Indonesia Bob Sadino yang menjalankan bisnis ekspor buah durian dan mangga. Lalu ada pengusaha eksportir buah mangga yang kaya raya lainnya bernama Ahmad Abdul Hafi yang berasal dari daerah Cirebon. Dalam satu bulan ia mampu meraup keuntungan bersih sekitar ratusan juta rupiah dari usaha eksportir buah mangga gincu.

Cara Ekspor Buah-Buahan ke Luar Negeri
Ada dua cara menjadi eksportir buah-buahan. Pertama membuka lahan pertanian baru milik sendiri. Buah-buahan hasil panen kemudian dikemas menarik dan dijual ke luar negeri. Cara kedua, sobat mengumpulkan atau membeli buah-buahan dari para pemilik perkebunan lokal. Kemudian mengekspornya ke negara tujuan.

Pendek kata, jika anda sedang mencari peluang usaha yang menjanjikan untung besar, usaha eksportir  buah-buahan merupakan pilihan yang tepat. Sebab bisnis ini belum dilakukan secara maksimal. Dan bisnis ekspor impor buah-buahan bisa membuat sobat menjadi miliarder baru di tanah air. Yang penting kerja keras, pintar menjalin relasi di luar negeri dan pantang menyerah agar sukses menekuni usaha eksportir buah dengan untung besar.

Usaha Eksportir Batik
Pakaian batik merupakan ciri khas Indonesia yang sudah dikenal orang dari berbagai mancanegara. Unik dan penuh estetika kesan pertama dari batik. Sehingga masyarakat luar negeri yang sangat menyukai ide unik dan nilai seni sangat tinggi begitu terkesan akan pakaian batik. Mereka ingin membeli pakaian batik untuk dikenakan sebagai pakaian bernilai seni tinggi dan unik.

Inilah yang menimbulkan peluang usaha eksportir pakaian batik. Apalagi permintaan pasar internasional akan baju batik khas Infonesia sangat tinggi. Ada banyak pelaku usaha UKM yang kaya dan menjadi jutawan dari usaha eksportir batik. Salah satunya wanita bernama lengkap Fathia Sa'adah yang sukses menjalankan bisnis eksportir batik dengan omzet ratusan juta rupiah per bulan.

Awal usahanya dimulai ketika bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, ia menjual batik buatannya sendiri ke rekan kerja. Keuntungan dari hasil jualan batik ia kumpulkan lalu dijadikan modal.

Usaha untuk membuka toko batik di daerahnya. Tak disangka usaha toko batik miliknya mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar. Laris manis dan untung semakin besar. Sukses membuka toko batik membuat ia mendirikan toko batik lainnya di daerah lain. Hingga artikel ini ditulis ada tiga buah toko batik miliknya yang dimodali bersama antara dirinya, sahabat dan keluarga.

Ingin mengembangkan usaha batiknya secara lebih luas kemudian ia merambah ke pasar luar negeri. Dimana ia mulai gencar melakukan ekspor produk batik buatannya ke negara Spanyol, Amerika Serikat dan Jepang. Menurutnya bisnis ekspor batik ke negara Jepang mampu menghasilkan untung bersih sebesar Rp 200 juta per bulan. Belum lagi ditambah keuntungan usaha ekspor batik ke negara Amerika Serikat dan Spanyol yang lebih besar lagi. Inilah yang menjadikan bisnis eksportir batik sangat menjanjikan dan menguntungkan sekali untuk dijalani.