15 Peluang Usaha Perkebunan yang Menguntungkan, Cepat, Pasar Luas

25 Desember 2018

Peluang usaha perkebunan memang dipandang mempunyai potensi besar menjadi salah satu sumber pemasukan yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Kata kebun sendiri memiliki makna sebidang tanah dengan ukuran relatif besar atau luas yang dapat produktif jika digarap dengan baik  serta ditanami berbagai jenis tanaman yang memiliki daya jual di pasaran. Merencanakan untuk mengelola kebun berarti Anda harus memahami dengan baik tata cara pengolahan tanah yang tepat dan juga mengetahui musim yang pas untuk menanam.

Selain itu, Anda juga harus mampu menyelami bermacam informasi serta keterampilan tentang cara merawat jenis tanaman yang Anda pilih untuk dikembangkan dalam perkebunan. Untuk dapat menemukan jenis tanaman yang sesuai, sebaiknya Anda melakukan riset dan mengikuti perkembangan tanaman yang memiliki potensi jual di pasar. Sehingga peluang usaha perkebunan dengan sejumlah keuntungan pun dapat diperoleh.

Berbagai Jenis Peluang Usaha Perkebunan yang Perlu Anda Ketahui
Area pedesaan adalah tempat yang mempunyai potensi baik untuk mengembangkan sebuah usaha perkebunan. Tentu saja karena biasanya tanah di desa masih terhampar luas dengan tingkat kesuburan yang umumnya masih sangat tinggi. Jadi sudah tak perlu merasa ragu lagi, Anda bisa memastikan bahwa peluang usaha perkebunan di pedesaan adalah jenis usaha yang cukup menjanjikan kedepannya.

Ternyata terdapat bermacam jenis usaha perkebunan yang bisa Anda pilih. Berikut ini sederet contoh jenis kebun yang dapat dijadikan inspirasi. Sebelum memulai usaha ini, pastikan jenis kebun sudah sesuai dengan luas lahan yang tersedia.

1. Kebun Sayuran Organik
Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang hampir pasti akan dibutuhkan setiap hari oleh sebagian besar orang. Jadi, peluang usaha perkebunan dengan tanaman jenis ini, tentu memiliki prospek yang baik. Untuk macam sayurnya, Anda bisa memilih sayuran organik, karena nilai nutrisinya cukup tinggi dan sudah terbukti sangat menyehatkan.
usaha perkebunan, peluang usaha perkebunan, bisnis perkebunan, perkebunan sayur, sayur organik, sayuran, cabai, bawang, tomat

2. Kebun Buah-buahan
Kebun buah merupakan sebuah area perkebunan yang di dalamnya tumbuh beraneka ragam buah-buahan. Sebagai salah satu bahan makanan yang penting, sudah tentu buah juga mempunyai daya jual di pasaran yang cukup kuat, sehingga peluang usaha perkebunan ini bisa menjadi pilihan untuk dikembangkan. Tetapi sebelum memulai usaha ini, terdapat beberapa langkah yang harus Anda pelajari dengan baik. Carilah jenis buah yang memiliki daya jual yang tinggi dan lokasi lahan penanaman yang sesuai supaya usaha kebun dapat berhasil.
usaha perkebunan, bisnis perkebunan, peluang usaha perkebunan, kebun, kebun anggur, buah anggur, anggur hijau, anggur

3. Perkebunan Pohon Jati
Peluang usaha perkebunan kayu jati juga merupakan sebuah usaha yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Anda tentu sudah tahu bahwa jenis kayu jati memang memiliki kualitas yang sangat baik dibanding dengan kayu jenis lain. Kayu ini mampu diolah menjadi berbagai macam perkakas yang memiliki nilai jual yang tinggi.
usaha perkebunan, peluang usaha perkebunan, bisnis perkebunan, usaha perkebunan, kebun jati, pohon jati, kayu jati, bisnis jati

4. Perkebunan Pohon Sengon
Selain kayu jati, ternyata ada kayu jenis lain yang cukup baik untuk dikembangkan yaitu kayu Sengon. Peluang usaha perkebunan ini juga tak kalah dengan bisnis kayu jati. Jika lahan Anda cukup luas, tanami saja dengan bibit pohon Sengon. Dengan durasi masa tanam sampai masa panen yang hanya sekitar 5 tahun saja, Anda tak perlu lama menanti hasilnya.
bisnis perkebunan, usaha perkebunan, peluang usaha perkebunan, kebun sengon, kayu sengon, pohon sengon, sengon

5. Usaha Pupuk, Obat dan Bibit Tanaman Perkebunan
Mungkin Anda mulai tertarik untuk memiliki bisnis pupuk setelah membaca beberapa ulasan jenis kebun di atas. Namun, salah satu peluang usaha perkebunan yang bisa dicoba tidak harus selalu dengan memiliki tanah. Cara lainnya bisa dilakukan dengan menjadi agen penyedia pupuk, obat khusus tanaman.  Dengan manfaat pupuk yang beragam membuat usaha ini juga mempunyai prospek yang baik. Selain pupuk untuk menyuburkan tanah, produk lain yang bisa dijual adalah obat khusus tanaman serta berbagai bibit tanaman yang sering dicari oleh pemilik usaha perkebunan.
usaha perkebunan, bisnis perkebunan, perkebunan yang menguntungkan, peluang bisnis perkebunan, perkebunan, pupuk, pupuk kebun, pupuk kandang

6. Usaha Tanaman Hidroponik
Peluang usaha perkebunan ini mungkin tidak memerlukan lahan besar. Budidaya tanaman hidroponik ini merupakan sebuah bisnis popular. Coba saja memulai usaha ini, karena membuka usaha tanaman hidroponik salah satu bisnis perkebunan skala kecil yang untungnya cepat didapatkan serta hanya memerlukan modal kecil.
usaha perkebunan, peluang usaha perkebunan, bisnis perkebunan, kebun hidroponik, hidroponik, tomat, kebun tomat
7. Usaha Kebun Cabai Merah Keriting
Masyarakat Indonesia merupakan penggemar makanan pedas dengan jumlah yang sangat besar. Tak heran, jika  permintaan terhadap cabai merah keriting selalu tinggi, walau kadang persediaan terbatas. Nah dari sini, Anda pun bisa mencoba peluang usaha perkebunan cabai merah keriting untuk membantu memenuhi pasokan cabai dalam negeri. Usaha ini sangat menjanjikan dan tak perlu modal besar untuk memulainya.
usaha perkebunan, peluang usaha perkebunan, peluang bisnis perkebunan, bisnis kebun, kebun, kebun cabai, cabai merah, cabai

8. Usaha Kebun Bawang Merah dan Putih
Bawang putih dan merah sudah menjadi suatu kebutuhan  pokok untuk masyarakat Indonesia. Kedua komoditi ini seolah harus selalu tersedia di dapur sebagai bumbu sehari-hari. Hal inilah membuat peluang bisnis ini cukup baik, karena permintaan pasar akan selalu tinggi terhadap dua macam bumbu ini.

9. Usaha Kebun Mentimun
Tanaman ini memiliki waktu durasi panen yang singkat, yaitu hanya satu bulan. Peluang usaha perkebunan mentimun pun dapat Anda pertimbangkan untuk dimulai. Menjual mentimun tentunya tidak sulit. Karena produk ini cukup digemari banyak orang sebagai pendamping makanan sehari hari.

10. Budidaya Rempah-Rempah
Peluang usaha perkebunan yang cukup menjanjikan juga adalah usaha kebun rempah rempah. Contohnya saja jahe, lada, pala, ketumbar dan lain-lain. Rempah rempah ini ternyata disukai banyak orang baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pemasarannya pun sangat mudah, karena rempah-rempah selalu dibutuhkan.

11. Bisnis Tanaman Hias
Salah satu jenis usaha yang masih memiliki kaitan dengan bidang perkebunan adalah bisnis tanaman hias. Usaha jenis ini ternyata masih mempunyai peluang yang baik. Karena pangsa pasarnya yang cukup luas, usaha ini menjanjikan keuntungan yang lumayan.

12. Usaha Perkebunan Coklat
Pohon kakao atau cokelat merupakan salah satu peluang usaha perkebunan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Keuntungan menanam Kakao adalah masa panennya yang tiap hari. Ya, Kakao ternyata dapat berbuah di musim apapun.

13. Usaha Perkebunan Tebu
Tebu merupakan tanaman yang menjadi bahan baku gula. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di daerah dengan iklim tropis. Oleh karena itu, peluang usaha perkebunan tanaman ini bisa menjadi pilihan untuk usaha Anda.

14. Perkebunan Kelapa
Di Indonesia, air kelapa hijau bisa jadi merupakan salah satu minuman favorit. Selain diminum. air kepala hijau juga memiliki khasiat seperti untuk menyembuhkan panas dalam, melancarkan pencernaan dan mencegah keracunan. Berbagai manfaat tersebut membuat kelapa hijau terus meningkat. Melihat tingginya permintaan, peluang usaha perkebunan tanaman ini pun akan  memberikan keuntungan jika digarap dengan sungguh-sungguh.

15. Perkebunan Cengkeh
Tanaman cengkeh merupakan salah satu komoditas yang cukup menjanjikan untuk dibudidayakan. Harga dan permintaan dari pasarnya selalu tinggi. Bahkan buah cengkeh ini menjadi komoditas ekspor yang dikirim ke beberapa negara lain.

Beberapa paparan di atas bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuka sebuah usaha perkebunan. Sebenarnya masih banyak pilihan jenis tanaman dapat mendukung usaha perkebunan. Namun satu hal yang perlu diingat, setiap usaha yang dilakukan harusnya melihat kondisi kebutuhan pasar sehingga tanaman yang Anda budidayakan benar-benar memiliki daya saing dan jual baik saat dilempar ke pasar.

Memaksimalkan Peluang Usaha Perkebunan yang sukses
Kunci memperlebar peluang usaha perkebunan Anda diantaranya juga bergantung pada jenis investasi dipilih. Misalnya apakah Anda ingin memilih usaha jangka panjang seperti menanam pohon jati dan sengon; atau usaha perkebunan yang hasilnya diperoleh dalam waktu singkat seperti kebun buah yang masa panennya jauh lebih cepat. Semua kembali pada keputusan Anda.

Hal yang penting untuk diingat adalah setiap usaha tentu mempunyai konsekuensi atau resiko. Perhitungan modal yang sesuai dengan perkiraan hasil memang harus seimbang. Jika ditekuni dengan sungguh-sungguh pastinya semua usaha akan memberikan timbal baik atau kebaikan di masa depan.

Sebagai tambahan informasi, kunci berhasilnya usaha perkebunan adalah pemilihan jenis bibit yang sesuai dengan kondisi iklim di area kebun, serta pemilihan bibit yang pasarannya cukup baik di wilayah sekitar perkebunan. Walaupun memiliki resiko tertentu, apabila Anda menjalankannya dengan keuletan dan kesabaran, kesuksesan pun sudah pasti akan datang ke dalam genggaman tangan Anda. Oleh karena itu, jangan sampai salah langkah saat memulai usaha ini.

Sebagai saran, jika lahan yang Anda miliki tidak terlalu luas, mulai saja dengan bisnis pembibitan tanaman. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisnis ini dapat menjadi pilihan peluang usaha perkebunan yang menguntungkan juga. Penjelasannya adalah bibit tanaman yang dikembangkan tentu hanya memerlukan tanah yang diletakkan dalam polybag saja, sehingga halaman rumah pun bisa dimanfaatkan untuk menjalankannya.

Apabila Anda tertarik melihat peluang usaha perkebunan ini, mulai saja merencanakan dari sekarang. Dengan beberapa uraian jenis usaha perkebunan di atas, tentu memulai usaha ini akan lebih mudah. Terlebih lagi, dengan kondisi iklim tropis dan tanah yang subur yang ada di negara kita, tingkat keberhasilan menanam berbagai jenis tanaman pun akan cepat untuk dikembangkan.

Menjalankan sebuah usaha dalam bidang perkebunan memang menjadi pilihan menarik, apalagi di negara yang beriklim tropis. Dengan ketekunan, tentu keuntungan yang akan didapatkan nanti akan berlimpah. Walaupun begitu, untuk memulai usaha ini, pikirkan matang-matang tentang jenis tanaman perkebunan yang mampu memberikan keuntungan ketika panen.

Dengan usaha dan niat yang kuat, apapun jenis usaha Anda bisa menjadi sumber pendapatan yang mampu memenuhi kebutuhan harian. Untuk yang masih ragu atau hanya memiliki modal yang kecil, coba saja memulainya dengan usaha dalam skala kecil, Untuk tambahan modal, carilah pinjaman dari bank yang terpercaya.