Cara Memulai Bisnis Ekspor Impor dan Menjalankannya

12 Oktober 2016

Pada satu kesempatan penulis mendengarkan percakapan seseorang. Ia mengatakan sudah menekuni bisnis ekspor impor sejak lama dengan keuntungan sangat besar. Dimana ia bisa membeli beberapa rumah mewah di pinggir jalan raya hingga menikahi seorang wanita dari luar negeri asal Spanyol. Padahal produk yang diekspornya sepele berupa kerajinan tangan dari kayu. Inilah yang membuat banyak orang terhenyak. Karena usaha ekspor impor sangat menjanjikan dan belum diketahui orang banyak. Dan pada kesempatan ini penulis akan mengupasnya.

Bisnis ekspor impor merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Ditengah krisis ekonomi dan moneter yang melanda negara Indonesia beberapa tahun lalu, bisnis ekspor impor ternyata terus bertahan hingga sekarang. Di saat mata uang rupiah melemah terhadap dolar justeru usaha ekspor impor semakin menguntungkan. Disebabkan keuntungan bisnis ekspor yang didapatkan berupa mata uang dolar yang sedang melambung tinggi.
usaha ekspor impor, kontainer, bisnis ekspor, usaha ekspor, ekspor impor

Usaha ekspor impor yang anda layak coba adalah bisnis ekspor impor dalam skala kecil atau menengah terlebih dahulu. Karena usaha ini terbukti menguntungkan dan dapat bertahan di tengah krisis ekonomi yang melanda negara Indonesia. Adapun sektor bisnis ekspor impor yang bisa dijalankan banyak sekali. Anda bisa memilih salah satunya. Seperti usaha ekspor impor dalam bidang kerajinan, peternakan, sandang, perikanan, makanan, perkebunan, minuman, pertanian, dan lain sebagainya.

Mengapa perlu dilakukan usaha ekspor impor? Karena untuk memperluas pangsa pasar dan keuntungan usaha. Setelah permintaan pasar dalam negeri terpenuhi tidak ada salahnya kita mencoba untuk mengekspor produk tersebut dengan harapan penghasilan semakin meningkat. Hal ini didukung trend sekarang, sebuah bisnis sudah bisa mengglobal dengan kehadiran internet dan transaksi online.

Pendek kata, bisnis ekspor impor mempunyai prospek yang sangat cerah. Apalagi tenaga kerja dan potensi sumber daya alam yang dimiliki negara Indonesia sangat besar dan mendukung sekali dalam menunjang kesuksesan usaha ekspor impor di dalam negeri yang dijalankan seorang pengusaha.

Tips Bisnis Usaha Ekspor Impor yang Menjanjikan 
Sebelum sobat memulai bisnis ekspor impor di Indonesia, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini, antara lain :

Mengetahui Kebutuhan Konsumen di Luar Negeri
Sobat jangan pernah mencoba untuk pergi ke luar negeri dalam rangka mengikuti pameran perdagangan atau kegiatan promosi dagang sebelum mengetahui dengan pasti keinginan dan kebutuhan konsumen di sana. Apalagi produk yang dijual berupa sepatu, fashion, kerajinan tangan, tas, garmen, tekstil dan lain sebagainya yang mode dan trend berlangsung sangat cepat.

Persiapan Matang
Hal penting berikutnya sebelum memulai bisnis ekspor impor adalah mempersiapkan katalog produk dan daftar harga. Lalu tentukan minimal pesanan yang bisa dilakukan serta perkiraan lama waktu pengiriman. Hal ini termasuk dalam proses persiapan dan perencanaan usaha ekspor impor yang matang. 

Mencari Klien
Selanjutnya untuk memuluskan bisnis ekspor impor di rumah, kita harus mencari para importir di luar negeri dalam jumlah sebanyak-banyaknya yang kelak menjadi mitra kerjasama kita. Kita dapat mencarinya lewat internet, surat kabar, katalog data importir, atau datang langsung ke Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) yang mempunyai basis daftar para importir yang sangat lengkap. Perlu dipahami bahwa importir yang kita bidik adalah para importir yang sesuai dengan produk yang kita miliki.

Cara Memulai Bisnis Ekspor Impor Modal Kecil
Pangsa pasar luar negeri yang sangat besar dan menjanjikan untung besar bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, banyak produk dalam negeri yang mampu diserap oleh pasar luar negeri. Hal ini tak terlepas dari barang dalam negeri dapat bersaing dengan barang luar negeri dari segi kualitas. Bahkan produk dari dalam negeri lebih unggul dari produk luar negeri sebagai pesaing. Hal ini perlu digarap secara serius oleh seorang pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM di Indonesia dalam menjalankan bisnis ekspor impor. Misalkan bisnis ekspor sabut kelapa, kerajinan tangan, furniture, fashion dll. Dengan pangsa pasar yang luas di luar negeri tentu saja menambah keuntungan dan penghasilan yang didapatkan.

Terus peluang usaha lainnya adalah menjadi importir dengan cara memasukkan barang-barang tertentu dari negara luar yang harganya sangat jauh dibawah harga barang-barang dalam negeri yang serupa. Hal ini merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Baik berupa barang bahan baku, bahan olahan ataupun produk yang sudah jadi dan siap untuk dipasarkan.

Cara Memulai Bisnis Ekspor Impor Secara Rumahan
Bisnis ekspor impor adalah usaha ini bisa dilakukan sebagai usaha utama maupun sampingan di dalam rumah. Walaupun usaha sampingan tapi tetap harus dijalankan secara profesional. Apalagi usaha ekspor impor membutuhkan perhatian yang sangat ekstra dan detil.

Untuk memulai bisnis ekspor impor tidak membutuhkan pengalaman. Anda hanya membutuhkan sejumlah koneksi atau klien di luar negeri sebagai mitra dan manajemen usaha yang baik. Anda menawarkan suatu bisnis pada klien tersebut dengan prinsip saling menguntungkan. Pendek kata, bisnis ekspor impor cocok bagi anda yang pandai mempromosikan produk dan menjualnya di luar negeri.

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih, mendirikan bisnis ekspor impor dapat dilakukan di dalam rumah. Anda hanya membutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung seperti telepon, kartu nama, sistem file, dan mesin penjawab panggilan telepon serta kop surat penawaran bisnis yang menarik dan profesional dengan huruf timbul dan berwarna emas.

Langkah selanjutnya adalah melakukan kontak untuk mencari klien atau mitra bisnis di luar negeri. Misalnya sobat memiliki sanak saudara yang tinggal di luar negeri maka tak ada salahnya menghubbungi mereka dan mengajak mereka menjadi mitra kerjasama bisnis ekspor impor.

Cara lainnya yang bisa ditempuh untuk mencari dan mendapatkan klien di luar negeri adalah melakukan surat penawaran bisnis melalui email kepada calon klien. Cantumkan nama dan alamat perusahaan sobat yang jelas. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan calon klien yang tepat, sobat mesti membaca surat kabar internasional, laporan keuangan, majalah dunia, dll. Di sana sobat bisa mendapatkan alamat kontak mereka.

Hal utama yang sangat mendukung kesuksesan bisnis ekspor impor adalah penentuan jenis produk. Pilihlah produk yang dibutuhkan oleh pasar internasional dan menjadi trend di luar negeri saat itu. Disebabkan pangsa pasar luar negeri sangat dinamis dan trend berubah-ubah sangat cepat. Anda harus bisa menyesuaikannya dengan memilih produk yang tepat. Produk lokal biasanya sangat tepat dijadikan sebagai produk ekspor dengan nilai jual sangat tinggi dan disukai orang luar negeri. Misalnya batik, kerajinan tangan, tekstil, garmen, interior dan lain sebagainya.

Kenapa penulis menyarankan produk-produk di atas menjadi produk ekspor? Karena sangat digemari oleh masyarakat luar negeri dan mudah dalam pembuatannya. Hanya membutuhkan ketekunan dan tidak memerlukan tenaga kerja berpendidikan tinggi. Selain itu juga, produk tersebut sangat unik dan penuh kreatifitas tinggi baik dari segi bentuk atau desain. Dan terutama produk itu tidak basi alias bertahan lama (awet) yang sangat cocok dijadikan produk ekspor impor.

Dalam menjalankan bisnis ekspor impor tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Bisnis ini memerlukan perhatian yang sangat detail. Misalkan saja jika produk ekspor yang anda buat ada sedikit cacat maka para pembeli atau klien tidak mau melanjutkan kerjasama bisnis dengan sobat. Oleh sebab itu, perlu kehati-hatian dalam menjalankan bisnis ini dan harus konsisten dalam menjaga kepuasan konsumen. Tidak seperti bisnis dalam pasar domestik.

Aspek penting yang tak bisa dilepaskan dalam bisnis ekspor impor adalah masalah pengiriman barang. Dimana pengiriman barang ke luar negeri tentu saja akan memakan waktu cukup lama di dalam kontainer. Sehingga produk yang sobat ekspor impor mesti memiliki daya tahan yang sangat tinggi. Seperti pengiriman barang ke Amerika Serikat biasanya membutuhkan waktu selama satu bulan. 

Hal penting yang harus diperhatikan lainnya dalam pengiriman barang adalah masalah pembungkus. Pilihlah bahan pembungkus yang tahan lama dan kuat yang mampu menjaga keutuhan produk. Karena produk yang diekspor itu akan ditumpuk dalam sebuah kontainer. 

Perhitungkan pula kapan barang sampai di tempat tujuan. Jangan sampai barang terlambat ke tempat klien karena bisa mengakibatkan kerugian dan kekecewaan pelanggan. Sebab tak jarang barang yang dipesan sesuai momen-momen tertentu. Pendek kata, barang yang dikirim harus sampai secara tepat waktu sesuai keinginan konsumen atau klien. Oleh karena itu, sobat harus memilih sebuah jasa pengiriman yang terpercaya dan bereputasi baik diantara banyak perusahaan jasa ekspedisi lainnya yang kian menjamur seiring tingginya tingkat permintaan ekspor impor.

Dan terakhir agar bisnis ekspor impor sobat sukses dan semakin besar, sobat perlu mempersiapkan dengan alat promosi seperti buku katalog produk secara jelas, leaflet, brosur, website, compact disk dll yang diperlukan oleh calon pembeli. Namun penulis lebih menyarankan sobat menjadikan website atau forum bisnis online luar negeri sebagai alat promosi. Sebab website atau toko online menjangkau orang ke seluruh dunia disamping mudah dalam pembuatannya dan ada yang gratis. Dan sobat pun bisa berpromosi produk di forum-forum bisnis luar negeri yang sesuai dengan usaha produk sobat secara gratis atau modal kecil. 

Salah satu strategi jitu dalam mempromosikan barang atau produk sobat di luar negeri adalah mengikuti pameran di luar negeri. Diharapkan dengan melakukan pameran anda memperoleh klien di luar negeri atau ada klien bisnis yang tertarik pada bisnis dan usaha sobat yang kemudian menjadi pelanggan dan konsumen.