Rincian Biaya Modal Usaha Service Komputer/Laptop untuk Pemula

18 November 2017

Dewasa ini komputer atau laptop sudah menjadi kebutuhan pokok manusia modern. Komputer dan laptop sangat diperlukan sehari-hari untuk membantu tugas pekerjaan di kantor seperti membuat laporan kerja. Atau penggunaan komputer atau laptop untuk menyelesaikan tugas sekolah dan kuliah seperti mencari informasi dan referensi di internet. Fenomena ini membuat tak aneh jika sekarang sobat dengan mudah melihat kalangan karyawan, pelajar dan mahasiswa menggunakan laptop dan komputer dalam keseharian mereka. Mereka membawa perangkat elektronik tersebut kemanapun mereka pergi dengan dibungkus oleh tas eksklusif. Namun bukan hanya kalangan karyawan, pelajar, dan mahasiswa saja yang terbiasa dengan komputer atau laptop. Tapi masyarakat awam pun sudah terbiasa dengan komputer atau laptop.

Analisa Usaha Servis Komputer
Fakta di atas menimbulkan permintaan pasar terhadap laptop atau komputer sangat tinggi. Anda bisa mendapatkan berbagai mall atau gerai usaha yang menjual perangkat laptop dan komputer laris manis diserbu para pembeli. Apalagi saat ini harga laptop dan komputer sudah sangat terjangkau dengan hadirnya laptop buatan china yang dijual dengan harga murah sekali. Seperti axioo, lenovo, acer dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat tak aneh jika berdasarkan data dari sebuah lembaga survey terpercaya bahwa setiap tahun penjualan komputer dan laptop di Indonesia meningkat pesat.

Seorang karyawan, pelajar atau mahasiswa yang menggunakan laptop atau komputer maka ia akan lebih dihargai orang ditempatnya bekerja atau tempat ia menuntut ilmu. Orang yang menggunakan fasilitas laptop dan komputer dalam proses pembelajaran akan lebih maju di depan, cepat pintar dan cerdas ketimbang orang yang tidak menggunakan laptop atau komputer. Kenyataan ini membuat banyak karyawan, mahasiswa dan pelajar berbondong-bondong untuk membeli komputer dan laptop sesuai keuangan yang mereka miliki supaya mereka lebih cepat menguasai informasi dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman terkini.
usaha service komputer, usaha service laptop, bisnis service komputer, bisnis service, bisnis komputer, service laptop, laptop, komputer, jasa reparasi komputer

Namun yang menjadi kelemahan perangkat laptop dan komputer adalah seiring berjalannya waktu dan pemakaian maka laptop atau komputer bisa mengalami kerusakan ringan hingga berat yang bisa disebabkan beberapa faktor. Kerusakan laptop atau komputer bisa dikarenakan pemakaian yang salah, jatuh atau terbentur ke benda keras ataupun terkena virus mematikan yang mengakibatkan kerusakan laptop dan komputer dari segi harddisk atau software. Untuk memperbaiki komputer atau laptop yang rusak tersebut maka seseorang membutuhkan usaha jasa perbaikan komputer dan laptop terdekat.

Kenyataan di atas yang  membuat peluang usaha service komputer dan laptop sangat menjanjikan saat ini.

Tingkat persaingan usaha servis komputer/laptop sangat tinggi. Namun karena pangsa pasar yang sangat besar membuat usaha service komputer/laptop bagi pemula masih berpeluang untuk sukses besar dan menguntungkan dengan modal kecil.

Rincian Biaya Modal Usaha Service Komputer/Laptop untuk Pemula
Sementara itu, jika anda mempunyai keterampilan atau keahlian khusus dalam bidang memperbaiki komputer dan laptop maka anda bisa membuka usaha service komputer/laptop secara offline. Berikut ini rincian biaya modal usaha service komputer/laptop untuk pemula, antara lain:

▪ Biaya Investasi:
1. Komputer Rp 3 juta
2. Laptop Rp 6 juta
3. Peralatan usaha seperti kabel data, obeng, dll Rp 1 juta
4. Renovasi ruangan sekitar Rp 4 juta
5. Perlengkapan software seperti cd windows, cd installer dll Rp 2 juta
6. Perlengkapan hardware Rp 8 juta
7. Peralatan pendukung Rp 1 juta
8. Sewa lokasi usaha Rp 10 juta

Maka modal awal yang harus anda keluarkan sebagai biaya investasi usaha service komputer/laptop bagi pemula sebesar Rp 35 juta.

▪ Biaya Operasional:
1. Biaya Pulsa internet Rp 200 ribu
2. Biaya keamanan, listrik, air bulanan Rp 500 ribu
3. Biaya tak terduga Rp 300 ribu

Perkiraan biaya operasional usaha service laptop dan komputer sebesar Rp 1 juta per bulan.

Keuntungan Usaha Service Komputer/Laptop Untuk Pemula
Apabila dalam satu hari anda bisa mendapatkan pesanan perbaikan komputer atau laptop sebanyak 3 buah unit  maka dalam sebulan anda mampu memperbaiki 90 buah laptop atau komputer. Jika tarif jasa perbaikan laptop atau komputer sebesar Rp 75 ribu per unit maka keuntungan yang bisa anda dapatkan sekitar Rp 225 ribu perhari. Dikalikan sebulan omset usaha service komputer/laptop sekitar Rp 6.750.000 per bulan. Dikurangi biaya operasional maka omset bersih perbulan sebesar Rp  5.750.000. Keuntungan yang sangat lumayan bukan?

Cara Bisnis Jasa Service Komputer Laris Pelanggan
Jika anda sebagai pemula dan ingin membuka usaha service laptop dan komputer secara laris manis maka berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan, antara lain:

▪ Lokasi usaha
Usaha service laptop/komputer akan laku keras jika anda membukanya di tempat yang sangat strategis. Misalnya di dekat kampus, sekolah, pusat keramaian orang, pinggir jalan yang ramai oleh lalu lalang manusia, dan tempat strategis yang berdekatan dengan pangsa pasar yang anda bidik. Apabila letak rumah anda berada di daerah demikian maka anda dapat mendirikan usaha jasa servis komputer/laptop secara rumahan dengan memanfaatkan ruangan kosong di depan rumah.

▪ Tarif Jasa Service Komputer/Laptop
Untuk tarif atau harga jasa servis komputer/laptop harus sesuai dengan harga pasaran. Dan kalau bisa lebih murah sedikit dari pesaing. Hal ini bertujuan untuk menarik sebanyak mungkin konsumen. Apalagi usaha servis komputer dan laptop yang sobat jalani dalam tahap awal.

▪ Pelayanan Baik
Usaha service komputer/laptop termasuk jenis usaha dalam bidang jasa. Sehingga anda harus memperhatikan kualitas jasa yang diberikan. Pastikan pelayanan yang diberikan maksimal dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Misalkan pelayan tampil ramah, supel, murah senyum, bersahabat, enak diajak ngobrol, dan lain sebagainya. Selain itu, jika ada konsumen yang memperbaiki komputer dan komputer itu harus diperbaiki dalam waktu lama sekitar dua hingga tiga hari maka anda bisa memberikan layanan pemberian pinjaman komputer baru secara gratis. Sebagai pengganti sementara laptop yang rusak.

Bentuk pelayanan yang baik lainnya adalah memberikan garansi. Setelah laptop/komputer selesai diperbaiki maka berikanlah garansi selama satu bulan jika terjadi kerusakan kembali. Hal ini akan membuat konsumen menjadi puas atas pelayanan yang diberikan. Yang pada akhirnya mereka memutuskan untuk menjadi pelanggan setia.

▪ Promosi usaha
Yang tak kalah pentingnya dalam membuka usaha service komputer/laptop, anda harus melakukan promosi usaha secara gencar dan massif untuk memperoleh sebanyak mungkin pelanggan dan masyarakat mengetahui keberadaan usaha jasa perbaikan komputer dan laptop sobat. Sobat dapat melakukan promosi usaha service komputer/laptop secara online menggunakan media internet dan medsos.

▪ Usaha Service Komputer Panggilan
Selain membuka usaha toko service komputer dan laptop secara offline, anda bisa juga membuka usaha service komputer panggilan. Hal ini tak kurang menjanjikan. Disebabkan banyak orang dan lembaga tertentu yang sibuk dengan pekerjaan di kantor sehingga tidak bisa menyempatkan waktu untuk datang ke toko service komputer. Contohnya lembaga sekolah mempunyai banyak komputer maka untuk memperbaikinya masing-masing memerlukan tenaga ekstra yang cukup lama. Cara paling mudah, praktis dan tidak merepotkan diri adalah memanggil usaha jasa service komputer panggilan.

Penulis pernah bertanya kepada pengusaha service komputer mengenai seluk beluk bisnis service komputer panggilan. Ia mengatakan bahwa usaha service komputer panggilan sangat menjanjikan dan memiliki prospek cerah. Ada beberapa lembaga sekolah dan pemerintah serta swasta yang menggunakan jasanya. Sistem kerjasama yang ditawarkan adalah sistem kontrak pertahun dengan bayaran tertentu. Setiap minggu beliau harus mengontrol keadaan komputer di lembaga tersebut untuk tetap baik dan berjalan lancar.

Untuk memulai usaha service komputer panggilan bagi pemula, anda mesti menjalin hubungan baik dengan pihak sekolah, lembaga pemerintah, swasta dan lain sebagainya. Kemudian menawarkan jasa service komputer panggilan jika suatu waktu komputer yang mereka miliki mengalami kerusakan. Usaha jasa service komputer panggilan ini mudah dijalankan, tanpa modal besar dan bisa dikerjakan secara sampingan dan rumahan. Usaha ini mensyaratkan bagi pelakunya untuk menguasai cara memperbaiki komputer baik software maupun hardware.

Bisnis Komputer Tanpa Modal
Prospek bisnis service komputer dan laptop masih menjanjikan sekali saat ini. Mengingat jumlah pengguna komputer atau laptop cukup banyak di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menjumpai setiap orang menggunakan laptop portable atau komputer di perkantoran atau rumah. Dan dikarenakan sudah usang dan pemakaian tertentu yang salah, komputer dan laptop mengalami kerusakan. Pendek kata, di jaman modern sekarang hampir setiap orang memiliki laptop atau komputer satu buah hingga lebih dari itu. Komputer atau laptop bukan hanya digunakan untuk kepentingan pekerjaan, sekolah tapi banyak juga digunakan oleh orang untuk kepentingan bisnis. Misalkan bisnis online.

Usaha service laptop dan komputer termasuk jenis usaha tanpa modal. Maksudnya modal usaha yang dikeluarkan tidaklah besar. Dengan berbekal keterampilan khusus memperbaiki komputer dan laptop baik hardware maupun software sudah cukup bagi anda untuk memulai usaha jasa perbaikan komputer dan laptop. Anda bisa menjalankan usaha service laptop dan komputer secara panggilan, offline maupun online.

Untuk menguasai cara memperbaiki komputer dan laptop yang rusak saat ini sangat mudah. Anda bisa mengikuti kursus keterampilan cara servis komputer dan laptop yang diselenggarakan oleh lembaga keterampilan. Cara lain, anda bisa belajar melalui majalah, buku, dan surat kabar yang membahas cara memperbaiki komputer dan laptop yang rusak. Selain itu, anda bisa belajar kepada teman atau kenalan anda yang mahir service laptop dan komputer baik software dan hardware.

Untuk meningkatkan keuntungan dari usaha service komputer dan laptop, anda bisa juga merambah ke bisnis komputer tanpa modal lain yang masih berkaitan dengan komputer dan laptop. Seperti usaha jual beli laptop. Dimana anda membeli komputer bekas kemudian memperbaikinya lalu dijual kembali dengan harga lebih tinggi dari harga beli.