10 Bisnis Online Halal, Mudah, Modal Kecil dan Terpercaya

03 September 2017

Banyak sekali jenis bisnis online halal, modal kecil dan terpercaya yang bisa Anda kerjakan. Namun semua itu memerlukan panduan agar selama menjalani bisnis online terarah dan mencapai keberhasilan sesuai yang diharapkan. Berdasarkan pengalaman para internet marketer bahwa bisnis online lebih menjanjikan ketimbang bisnis di dunia fisik. Ada yang berpenghasilan puluhan juta hingga ratusan juta rupiah perbulan dari bisnis online. Jika diseriusi, Anda pun bisa meraihnya. Bagaimana tertarik menekuni bisnis di internet ini?

Keunggulan Jenis Bisnis Online
Bisnis internet atau bisnis online memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri, antara lain:

▪ Siapapun Bisa
Bisnis online bisa dikerjakan oleh semua kalangan. Seperti ibu rumah tangga, pelajar, karyawan, buruh, pedagang, mahasiswa, pengangguran dan lain-lain. Bisnis online tak menghabiskan banyak waktu sehingga bisa dikerjakan secara sampingan dengan potensi cukup menjanjikan untung besar. Bahkan tak jarang banyak pebisnis online mendapatkan penghasilan dari internet jauh lebih besar dari pekerjaannya di dunia fisik.
bisnis online, bisnis online halal, usaha online, bisnis online modal kecil, bisnis online terpercaya

▪ Bisnis Online Halal
Patut disyukuri berdasarkan penentuan dan ketetapan MUI bahwa bisnis online halal selama tidak ada unsur-unsur yang mengharamkannya. Selain halal, bisnis online bisa dimulai dengan modal kecil. Hanya berbekal laptop, koneksi internet, paket data kuota, modem seseorang bisa mulai bisnis online. Bahkan penulis mengawali bisnis online bermodalkan laptop dan modem serta kartu paket internet hasil meminjam dari adik.

10 Bisnis Online Halal, Mudah, Modal Kecil dan Terpercaya
Bagi anda yang tertarik untuk terjun dalam bisnis online yang menjanjikan untung besar, berikut ini kumpulan dan daftar 10 jenis bisnis online di internet yang halal, mudah, modal kecil dan terpercaya yang bisa sobat lakukan, antara lain:

1. Jualan Online di Blog Sendiri
Inilah cara termudah untuk menghasilkan uang di internet yaitu jualan produk secara online di website milik sendiri. Namun sebelumnya, anda harus mempunyai produk yang mau dijual. Ada berbagai macam barang yang laris manis di internet. Seperti produk fashion, tas atau kantong, sepatu dan produk lainnya. Produk itu bisa buatan orang lain atau produk buatan sendiri.

Saran penulis buatlah blog yang terlihat profesional dengan domain berbayar seperti dot com. Jika modal anda terbatas maka anda bisa membuat blog gratis di blogspot. Kemudian untuk bisa menjual produk secara online di website sendiri tentunya anda harus menguasai SEO. Agar artikel yang sobat tulis tentang produk anda bisa muncul di halaman pertama google.

Sebagian orang memilih bisnis online menjual produk atau barang di website sendiri. Baik sebagai dropshiper, reseller ataupun supplier. Dikarenakan kemudahan dalam menjalankan dan bersifat otomatis. Selain itu, penghasilan yang dihasilkan perbulan lumayan besar hingga ratusan juta rupiah.

a. Platform Toko Online Terbaik
Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk berjualan online. Ada platform berbayar dan gratis. Berikut ini platform toko online berbayar, antara lain:

▪ WebPraktis dengan biaya Rp 680.000 / tahun

▪ Shopify sebuah fasilitas toko online dengan fitur komplit dan gampang pengelolaannya. Harga pemakaian sekitar $ 14 US/bulan.

▪ WordPress plus WooEcommerce dengan biaya domain dan hosting sekitar $40 US per tahun.

b. Platform Online Shop Terbaik Gratis
Adapun platform untuk berjualan online di internet yang bersifat gratis maka anda bisa menggunakan platform berikut ini:

▪ BBM singkatan dari blackberry messenger. Anda bisa berjualan menggunakan platform chatting ini. Dan telah banyak orang sukses membuktikannya. Dari berjualan makanan, usaha fashion, tas, sepatu dll.

▪ Jarvis Store. Anda bisa menjual produk sebanyak 20 barang di platform handal ini.

▪ Instagram. Sebuah platform berbasis gambar dan termasuk sosial media ini dapat dipakai untuk berjualan secara online.

c. Cara Mendapatkan Produk untuk Dijual
Sekarang yang menjadi pertanyaan bagaimana cara menentukan produk yang hendak dijual dan bagaimana cara mendapatkannya. Sebenarnya produk apapun bisa dijual di internet. Apabila sobat telah memiliki produk buatan sendiri maka langkah pertama telah terlewati. Namun bagi sobat yang tidak mempunyai produk sendiri sama sekali yang hendak dijual di internet maka jangan risau. Anda masih bisa berjualan. Dengan cara sebagai berikut:  

▪ Menentukan jenis barang yang hendak dijual di internet

▪ Mencari supplier barang bersangkutan yang bisa ditemukan di forum-forum bisnis online atau forum internet marketing. Misalkan ads.id

▪ Mengajak kerjasama orang yang telah berjualan namun belum berjualan secara online sebagai mitra bisnis. Bisa dimulai dari lingkungan terdekat. Mungkin di daerah anda ada beberapa industri rumahtangga yang memproduksi produk tertentu. Anda bisa melakukan kerjasama dengan menjualkan barang mereka secara online.

2. Berjualan Online di Marketplace
Selain menggunakan blog sendiri, berjualan produk secara online bisa dilakukan menggunakan marketplace secara gratis. Misalkan olx, kaskus fjb, bukalapak, tokopedia, dll. Salah satu yang menjadi favorit penulis adalah berjualan di marketplace. Karena terbukti mampu membuat produk kita mudah terjual. Hal ini tak terlepas dari jumlah pengunjung marketplace yang sudah mapan di atas sangat banyak.

Anda bisa menggabungkan usaha jualan online menggunakan blog sendiri dan marketplace. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

3. Jualan Online Sebagai Dropshipper
Dropshipping adalah cara berjualan online tanpa kita menyetok barang. Produk yang dijual berada di supplier. Tugas kita hanya membantu menjualkan produk milik suplier. Jika ada pesanan maka barang dikirim langsung dari alamat suplier ke alamat pemesan atas nama kita. Peluang bisnis online sebagai dropshipper bisa dimulai tanpa modal dan bisa dilakukan dimanapun.

4. Bisnis Online Sebagai Publisher Iklan
Inilah salah satu jenis bisnis online halal, modal kecil, mudah dan terpercaya yaitu menjadi publisher iklan. Caranya cukup mudah. Tugas sobat hanyalah menulis artikel di blog sebanyak mungkin sehingga blog sobat dikunjungi banyak pembaca atau trafik. Semakin banyak trafik di suatu blog maka semakin besar penghasilan dari bisnis online ini. Namun syarat utamanya adalah anda mempunyai blog atau website sendiri. Baik blog yang berbayar atau gratis seperti blogspot.

Ada banyak perusahaan media periklanan yang menyediakan layanan ini baik nasional maupun internasional. Salah satunya yang paling populer adalah google adsense dengan sistem pay per click atau PPC. Ada juga pembayaran per tayang. Untuk lokal ada kumpul blogger, kliksaya dan lain-lain.

▪ Kiat Sukses Sebagai Publisher Iklan
Bagi anda yang berminat untuk sukses bisnis online sebagai publisher iklan, berikut ini cara yang harus dilakukan yaitu sobat membuat banyak  artikel original yang berkualitas bagus dan bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini untuk memancing para pembaca agar terus mengunjungi blog anda secara rutin. Karena ada sesuatu informasi yang bermanfaat di dalamnya secara berkala.

5. Affiliate Marketing
Apa sih affiliate marketing? Kalau dalam dunia bisnis secara fisik disebut broker atau perantara. Tugas kita hanya membantu melakukan promosi produk orang lain. Jika terjual maka kita akan mendapatkan komisi yang besarnya ditetapkan sebelumnya sesuai kesepakatan bersama.Dan yang menjadi perbedaan dari affiliate marketing dengan dropshipper adalah jika affiliate marketing tugas sobat hanya mempromosikan barang dengan diberikan link affiliasi. Jika ada produk terjual dari link affiliasi anda maka anda akan mendapatkan komisi yang telah ditentukan besaran sebelumnya.

Sedangkan dropshipper adalah tugas sobat untuk menjual produk orang lain. Dimana tugas kita ada dua yakni mempromosikan sekaligus menjual produk orang lain itu sampai selamat di tangan pembeli. Dan sebagai dropshipper sobat berhubungan langsung dengan pembeli. Berbeda dengan affiliate, dimana anda tak bersentuh langsung dengan pembeli. Ada penjualnya tersendiri yang menangani pelayanan terhadap konsumen. Untuk mempromosikan produk afiliasi, anda bisa menggunakan blog atau website.

Bisnis online affiliate marketing mempunyai kelebihan dari bisnis publisher iklan. Jika jadi publisher iklan harga per klik atau pertayang iklan sangat kecil sekitar 0,01 dolar. Sedangkan komisi dari affiliate marketing cukup besar tergantung harga produk dan kesepakatan sebelumnya. Dimulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Jadi jika anda mempunyai blog dengan trafik perhari sama jumlahnya maka akan lebih menghasilkan banyak uang dengan cara affiliate marketing. Ketimbang cara publisher iklan yang mendapatkan recehan.  

6. Membuat dan Berjualan Produk Digital Secara Online
Inilah usaha online shop berupa bisnis online yang halal, menguntungkan, mudah dan terpercaya. Peluang usaha yang sangat menjanjikan berupa jualan produk digital informasi baik berupa ebook, audio maupun video. Ada banyak jenis informasi digital yang bisa dibuat dalam bentuk video maupun ebook. Misalkan ebook cara cepat menurunkan berat badan, video cara bisnis online adsense white seo, ebook cara menulis novel dan lain sebagainya.

Yang menjadi kelebihan dari bisnis online jualan produk digital informasi adalah mudah dalam pembuatannya. Bahkan bisa dibuat secara gratis melalui program adobat acrobat pdf. Ada banyak sumber referensi yang bisa diambil di mbah google. Pengalaman dan keterampilan anda dalam suatu bidang bisa juga dijadikan produk informasi digital berupa ebook atau video yang bisa dijual kepada publik.

Lalu yang menjadi bahan pertanyaan, apakah ada orang yang mau membeli produk informasi digital dari anda berupa ebook walaupun itu sudah tersedia di internet dan di google secara gratis? Tentu saja banyak. Karena materi yang anda jual lebih detail, terstruktur  dan menguraikan suatu hal secara mendalam. Jika membaca artikel yang gratisan maka malas membaca karena seringkali tidak fokus dan terstruktur.

a. Cara Membuat Produk Informasi Digital
Berikut ini tahapan cara membuat produk informasi digital, antara lain:

▪ Menemukan suatu keahlian atau keterampilan yang sobat kuasai. Misalkan sobat terampil menulis artikel maka anda bisa membuat ebook cara menulis artikel yang baik dan benar sesuai standar seo.

▪ Mencari masalah-masalah yang dihadapi orang dalam bidang tersebut dan anda memberikan solusinya berupa ebook, audio atau videonya.

▪ Membuat blog untuk promosi jualan produk informasi digital. Kehadiran sebuah blog sangat penting bagi seorang pebisnis jualan produk informasi digital untuk menimbulkan kepercayan calon konsumen kepada anda dan meningkatkan reputasi anda. Misalkan produk informasi digital yang dibuat sesuai dengan niche blog tersebut.

Untuk mempromosikan produk digital yang sobat buat bisa dilakukan dengan menggunakan situs ratakan, clickbank, marketplace, jualio, blog sendiri, guides.co, gumroad dll. Untuk produk digital berbahasa Indonesia sangat efektif menggunakan situs jualio dan ratakan. Bagaimana mudah bukan cara bisnis online menjual produk informasi digital beserta cara pembuatannya?

7. Bisnis Kursus Online
Peluang bisnis online halal, mudah, menguntungkan dan terpercaya lainnya adalah membuka usaha kursus atau bimbingan belajar online. Bisnis ini bisa dijalankan dengan tanpa modal, mudah dan pangsa pasar yang sangat luas. Bisnis kursus bimbingan belajar online sama seperti bisnis jualan produk digital. Namun usaha kursus online diadakan seminggu sekali dan diuraikan secara bertahap per sesi disertai sesi tanya jawab. Berikut sejumlah fitur yang bisa digunakan untuk mulai bisnis kursus online, antara lain guides.co, wordPress dan plugin zippy courses, udemy dan teachable.

8. Bisnis Jasa Penulisan Artikel Online
Jika anda mempunyai bakat dan terampil serta hobi menulis artikel maka anda bisa membuka usaha jasa penulisan artikel bahasa Indonesia dan inggris secara ssampingan dan rumahan. Pangsa pasar yang sangat besar dari negara sendiri (Indonesia) sampai ke luar negeri. Bagi para pemilik blog sangat membutuhkan artikel untuk mempromosikan barang yang mereka jual dan agar website mereka bisa tampil di halaman pertama goggle dengan kata kunci tertarget. Ada banyak cara untuk menjual jasa penulisan artikel freelance sobat seperti melalui marketplace, forum, dan blog sendiri.

9. Youtube Adsense
Inilah peluang bisnis rumahan online halal terbaru, mudah dan terpercaya saat ini yakni dengan menjadi youtuber adsense. Tugas anda hanyalah membuat chanel youtube lalu mengupload dengan berbagai video original. Selanjutnya chanel youtube di daftarkan ke adsense. Setelah diterima maka video anda akan ditempeli iklan dari google. Dan setiap klik iklan atau per tayang iklan maka anda akan memperoleh dolar.

10. Blog Adsense
Peluang usaha online tanpa modal yang menguntungkan adalah membuat blog adsense adalah salah satu jenis usaha yang bisa dijalankan secara sampingan. Anda bisa membuat blog gratis di blogspot kemudian mengisi dengan beberapa artikel yang berkualitas dan mampu bertahan di halaman pertama google. Seiring semakin banyak pengunjung maka anda bisa mendaftarkan blog tersebut ke media periklanan adsense.

Untuk meningkatkan penghasilan dari blog adsense, sobat harus menerapkan jurus beternak blog adsense. Buatlah banyak blog lalu dipasangi iklan adsense di setiap blog. Salah satu pelaku bisnis blog adsense adalah Eka Lesmana yang mampu meraup Rp 100 juta perbulan dari bisnis google adsense. Bisnis blog adsense adalah contoh bisnis online untuk mahasiswa. 

Sebenarnya masih banyak lagi usaha atau bisnis online halal, menguntungkan, mudah dan terpercaya seperti menjadi penerjemah bahasa asing online, membuat website membership premium, jasa desain grafis, bisnis jasa seo, jasa pembuatan website toko online, virtual assistent, konsultan online, bisnis jual beli blog dan lain sebagainya. Namun semua yang diutarakan di atas, saya rasa sudah cukup mewakili.