Rincian Biaya Modal Bisnis Kosmetik dari Awal hingga Buka

02 April 2018

Salah satu barang yang senantiasa ada di samping wanita adalah kosmetik. Peralatan kecantikan yang disebut kosmetik menjelma menjadi keperluan wajib bagi seorang perempuan. Hal ini tak terlepas dari wanita makhluk terindah, cantik dan kapanpun atau dimanapun ingin senantiasa berpenampilan cantik dan menarik. Inilah yang menimbulkan munculnya peluang bisnis menguntungkan dan menjanjikan untung besar dan memiliki prospek cerah yaitu bisnis kosmetik.

Rincian Biaya Modal Bisnis Kosmetik dari Awal hingga Buka
Untuk membuka toko kosmetik diperlukan biaya modal usaha. Berikut ini rincian biaya modal bisnis kosmetik dari awal hingga buka, antara lain:

▪ Modal Investasi
Untuk biaya investasi usaha toko kosmetik meliputi:

1. Etalase 2 unit @ Rp 1 juta harga Rp 2 juta
2. Kursi plastik 5 unit @ Rp 60.000 harga Rp 300 ribu.
3. Rak kaca kecil Rp 400 ribu
4. Cermin duduk berukuran kecil Rp 150 ribu
5. Papan iklan toko kosmetik harga Rp 450 ribu

Total biaya investasi modal awal membuka usaha toko kosmetik sebesar Rp 3,3 juta.
usaha kosmetik, bisnis kosmetik, kosmetik, modal usaha kosmetik, modal bisnis kosmetik, cara usaha kosmetik

▪ Biaya operasional usaha
Untuk biaya operasional usaha kosmetik perbulan meliputi:

1. Belanja berbagai jenis dan merk kosmetik harga Rp 4 juta
2. Upah karyawan Rp 800 ribu perbulan
3. Sewa lokasi usaha Rp 500 ribu perbulan
4. Biaya telepon dan listrik bulanan Rp 200 ribu
5. Biaya tak terduga Rp 500 ribu

Total biaya operasional usaha perbulan sekitar Rp 6 juta.

Omset Bisnis Kosmetik
Apabila dalam satu hari sobat mampu menghasilkan omset Rp 300 ribu maka omset bulanan sebesar Rp 9 juta. Setelah dikurangi biaya operasional perbulan maka keuntungan bersih yang didapatkan sebesar Rp 3 juta perbulan. Bagaimana cukup menjanjikan bukan pendapatan dari bisnis kosmetik?!inilah yang membuat usaha kosmetik sangat menjanjikan untung besar dan tepat untuk dijalankan di kota maupun desa.

Analisis Usaha Kosmetik di Kampung dan Kota
Para pedagang dan penjual kosmetik mudah sekali sobat temukan di berbagai sudut kota dengan konsep waralaba, toko kosmetik dan gerai kosmetik di pusat perbelanjaan. Kompetitor bisnis kosmetik sangat ketat. Dari perusahaan kosmetik skala nasional hingga internasional semua ada di Indonesia. Walaupun pesaingnya sudah sangat banyak, keuntungan bisnis kosmetik tetap menggiurkan. Dikarenakan pangsa pasar yang luas sekali dan wanita yang identik dengan kebutuhan kosmetik dan sikap royal terhadap produk kosmetik.

Mengingat bisnis kosmetik mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi maka untuk membuka usaha toko kosmetik yang sukses, omset besar dan menguntungkan bagi pemula memerlukan yang namanya kerja keras, ulet, rajin dan pantang menyerah. Hal ini dilakukan untuk memenangkan persaingan bisnis kosmetik yang sangat ketat di kota maupun di kampung.

Keuntungan Bisnis Kosmetik bagi Pemula
Ada sejumlah alasan dan keuntungan dari seorang pemula memulai usaha kosmetik. Berikut ini beberapa keuntungan bisnis kosmetik bagi pemula, antara lain:

1. Bukan bisnis musiman
Usaha kosmetik bukanlah bisnis musiman. Usaha kosmetik akan laris manis tanpa mengenal musim baik musim hujan maupun musim panas.

2. Harga bervariasi
Harga kosmetik sangat bervariasi. Dari harga termahal sampai harga paling murah. Untuk kosmetik yang dijual dengan harga sangat mahal sekalipun tetap akan diburu banyak orang oleh kalangan wanita yang ingin tampil cantik dengan alat kosmetik berkualitas terbaik.

3. Pangsa pasar wanita
Bisnis kosmetik membidik kalangan wanita yang terkenal dengan sifat konsumtif. Sehingga usaha kosmetik cukup menjanjikan untung besar.

4. Konsep beragam
Ada berbagai pilihan konsep dari seseorang memulai bisnis kosmetik yakni konsep gerai stand kosmetik di pusat perbelanjaan, mall dan pasar modern. Kemudian konsep usaha berjualan kosmetik secara door to door, keliling dan canvas. Berikutnya usaha berjualan kosmetik di internet secara online. Dan terakhir usaha kosmetik dengan modal kecil yaitu sebagai reseller. Dan bisnis alat kecantikan tanpa modal dengan menjadi dropshipper.

Usaha Kosmetik Tanpa Modal
Untuk memulai bisnis kosmetik membutuhkan modal usaha. Namun bagi anda pemula yang tidak mempunyai modal uang sama sekali maka tetap dapat membuka usaha kosmetik tanpa modal. Caranya yaitu menggunakan sistem dropship tanpa perlu menyetok dan membeli barang terlebih dahulu. Peranan anda hanyalah perantara yang menghubungkan antara pihak penjual dan pembeli.

Langkah untuk memulai bisnis kosmetik tanpa modal sangat mudah. Carilah pemasok, distributor atau produsen alat-alat kecantikan melalui media internet, marketplace, forum, media sosial dll. Tanyakanlah pada produsen kosmetik apakah mereka menerima sistem dropship atau tidak. Biasanya produsen dan distributor besar menerima pendaftaran para dropshipper dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Untuk mendapatkan pemasok atau produsen maupun distributor besar kosmetik maka anda bisa mencarinya di marketplace tokopedia dan bukalapak. Kemudian setelah mendaftarkan sebagai dropshipper, anda menjual alat-alat kecantikan tersebut secara offline dan online. Dengan cara menawarkan kepada masyarakat umum melalui medsos atau seo google.

Selain itu, sobat dapat menjual barang kosmetik kepada lingkungan terdekat dari mulai teman, sahabat, rekan kerja, kenalan dan tetangga. Bila mereka memesan alat kosmetik maka anda bisa meminta uang pembayaran. Kemudian anda menghubungi pihak produsen atau distributor untuk mengirimkan kosmetik sesuai pesanan dengan terlebih dahulu anda mentransfer uang pembayaran.

Cara Sukses Membuka Usaha Kosmetik Rumahan
Untuk membuka usaha kosmetik di kampung dan kota sangat gampang. Mengingat jenis usaha ini sudah banyak orang yang melakoninya. Namun bagi seorang pemula dalam bisnis kosmetik tentu akan kesulitan dalam memulai bisnis dibidang kecantikan ini. Oleh sebab itu, cara paling mudah untuk membuka bisnis kosmetik yang sukses dan menguntungkan adalah menggunakan teknik ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi.

Ada banyak di sekitar anda contoh toko kosmetik yang laris pembeli maka anda bisa meniru etalase toko kosmetik yang berhasil tersebut beserta managemen usahanya. Untuk membuka bisnis kosmetik dengan lancar dan menguntungkan tidak mudah. Anda mesti bersaing dengan pesaing yang ada di sekitar. Berikut ini cara sukses membuka usaha toko kosmetik rumahan bagi pemula, antara lain:

1. Lokasi strategis
Lokasi dan lokasi. Itulah salah satu hal paling penting ketika anda memutuskan untuk membuka suatu usaha. Termasuk dalam memulai usaha kosmetik. Dengan lokasi toko kosmetik di tempat strategis dengan ciri berada di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor, dekat pusat perkantoran, sekitar kampus, di pusat keramaian orang, dekat pusat perbelanjaan membuat toko kosmetik akan mudah dikenali dan dikunjungi konsumen atau pelanggan. Namun jika letak rumah anda berada di daerah strategis tersebut maka sangat bagus apabila sobat membuka usaha kosmetik rumahan.

2. Mencari pemasok
Setelah mempunyai lokasi usaha toko kosmetik yang strategis, berikutnya adalah mencari pemasok atau distributor yang siap memasok secara rutin berbagai alat dan perlengkapan kecantikan secara lengkap. Pastikan harga kosmetik yang dijual distributor sangat murah. Sehingga margin keuntungan cukup besar bisa anda raih. Dan anda bisa menjual kosmetik dengan harga lebih murah dari kompetitor.

3. Produk kosmetik terlaris
Supaya produk-produk alat kecantikan tidak banyak menumpuk di gudang maka anda harus memprioritaskan untuk menjual alat-alat kecantikan yang sedang laku keras di pasaran. Sehingga perputaran uang berlangsung cepat.  Dan keuntungan pun cepat didapatkan tanpa modal terhambat oleh barang kosmetik yang belum laku.

4. Produk kosmetik aman dan asli
Untuk membuka usaha toko kosmetik yang sukses maka anda harus memastikan bahwa produk kecantikan yang anda jual benar-benar original dan dalam kondisi aman. Baik aman dari segi kesehatan, ramah lingkungan dan tidak membawa efek buruk bagi penggunanya. Karena ini menyangkut citra dari toko kosmetik anda.

5. Harga jual
Pastikan anda menjual kosmetik dengan harga jual lebih murah sedikit dari kompetitor. Yang namanya bisnis layaknya peperangan. Dimana anda harus memenangkan persaingan bisnis kosmetik. Salah satu caranya yang paling ampuh dengan menjual barang-barang kosmetik dengan harga lebih rendah dari pesaing.

6. Pelayanan prima
Salah satu fondasi bisnis kosmetik adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen maupun yang sekedar bertanya. Sehingga mereka tertarik untuk membeli alat-alat kecantikan di toko kosmetik anda. Salah satu bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah pegawai toko selalu berpenampilan bersih, murah senyum, menarik, cantik, rapi dan lain-lain.

Hambatan dan Kendala Usaha Kosmetik
Kendala, rintangan dan hambatan dalam memulai bisnis kosmetik pasti ada. Berikut ini berbagai kendala dan hambatan yang biasa dialami dalam usaha kosmetik di rumah atau menyewa tempat di lokasi strategis, antara lain:

1. Kurang lancar pasokan barang
Hal ini bisa disebabkan oleh ketersediaan stok yang habis. Oleh sebab itu, sobat mesti mempunyai beberapa pemasok alat-alat kosmetik sebagai cadangan.

2. Timbulnya berita tak benar mengenai banyaknya kosmetik ilegal dan berbahaya
Seperti yang baru ini terjadi yakni isu adanya kosmetik yang mengandung merkuri yang bisa membahayakan kesehatan kulit. Yang berdampak pada penjualan alat-alat kecantikan menurun drastis.

3. Munculnya pesaing di sekitar yang baru dengan modal usaha lebih besar
Jika anda kesulitan untuk membuka usaha toko kosmetik maka ada cara paling mudah untuk mendapatkan untung besar dari usaha kosmetik. Yaitu dengan cara membuka usaha waralaba toko kosmetik. Dengan menjadi mitra waralaba merk kosmestik yang sudah terkenal maka anda akan memperoleh hak merek, hak paten, standar operasional usaha, pelatihan dan bimbingan usaha sampai bisnis kosmetik anda berhasil.