Rincian Biaya Modal Usaha Elektronik dan Keuntungannya

04 Februari 2022

Ada fenomena berbeda yang sedang terjadi di kalangan anak muda Indonesia. Jika pada masa dahulu kebanyakan anak muda ingin menjadi karyawan dan PNS, kini keadaan sebaliknya. Banyak para pemuda dan pemudi Indonesia yang memilih untuk menjadi wirausahawan dengan membuka usaha baru, daripada menjadi seorang karyawan. Hal ini tak terlepas dari ketersediaan lapangan kerja yang semakin sempit dan menganggap membuka usaha lebih menjanjikan dan menguntungkan. Salah satu jenis usaha yang bisa dijalankan dan memiliki prospek cerah saat ini dan di masa mendatang adalah usaha elektronik.

Keuntungan Toko Elektronik
Salah satu hal yang harus terdapat dalam sebuah usaha adalah "Ambak" atau apa manfaat bagiku. Sebuah usaha pastinya harus memberikan keuntungan bagi pengusaha itu sendiri. Untuk itu, berikut ini kelebihan dan keuntungan membuka usaha toko elektronik yang belum banyak diketahui orang, antara lain:

▪ Omset Besar
Ada banyak variasi usaha yang tercipta dari bisnis toko elektronik. Seperti usaha berjualan barang-barang elektronik, usaha jualan komponen elektronik, usaha kredit barang elektronik, usaha jual beli barang elektronik yang bekas dan baru, dan usaha jasa service alat alat elektronik. Ke semua jenis usaha elektronik tersebut bisa digabungkan dalam satu gerai usaha. Sehingga keuntungan bukan didapat dari satu sumber melainkan banyak sumber. Inilah yang membuat usaha elektronik sangat menjanjikan omset besar.
bisnis elektronik, usaha elektronik, usaha toko elektronik, bisnis toko elektronik, elektronik, modal toko elektronik

▪ Persaingan Lemah
Persaingan usaha elektronik di kota sangat ketat. Namun persaingan usaha elektronik di desa sangat lemah. Hal ini disaksikan langsung oleh penulis. Di daerah penulis ada salah satu gerai toko elektronik minimalis yang menjual alat-alat elektronik dan perlengkapannya secara lengkap. Usaha toko elektronik tersebut laris manis yang mencakup jasa service elektronik. Dikarenakan persaingan yang sangat lemah dan harga yang lebih murah dari pesaing. Nah, bila Anda sedang mencari usaha yang menguntungkan di desa, menjual alat-alat elektronik sangat menjanjikan.

▪ Resiko Kecil
Selain itu yang menjadi kelebihan dari jualan produk elektronik adalah barang yang dijual tidak pernah basi, kadaluarsa atau expired. Barang elektronik awet selamanya dan termasuk barang yang jangka panjang dan bisa dijual sampai kapanpun hingga terjual. Tidak usah takut barang  tidak terjual karena tidak akan penah basi.

▪ Pasar Luas
Usaha elektronik termasuk jenis usaha yang populer sesuai dengan perkembangan jaman terkini. Dimana setiap orang dan rumah tangga tidak bisa lepas dari barang-barang elektronik yang menggunakan listrik. Seperti magic jar, mesin cuci, magic com, handphone, laptop, komputer, smartphone, televisi, perabotan rumahtangga, perabotan dapur dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan bahwasanya hampir setiap hari aktifitas manusia bergantung sekali pada peralatan elektronik. Hal inilah yang membuat manusia membutuhkan barang-barang elektronik setiap hari. Usaha elektronik menjadi bisnis yang sangat menggiurkan omset besar dengan pangsa pasar yang sangat luas.

Berdasarkan pengamatan penulis di gerai usaha elektronik di desa, banyak sekali para pembeli barang elektronik di sebuah gerai usaha elektronik. Sehingga mereka harus mengantri. Mereka membeli handphone, lampu senter, lampu rumah, kulkas, televisi, parabola dan lain sebagainya. Jadi anda jangan ragu lagi untuk membuka usaha elektronik baik di perkotaan maupun di pedesaan terpencil.

Kekurangan Usaha Toko Elektronik
Dalam sebuah usaha bukan hanya terdapat keuntungan dan kelebihan. Tapi ada juga kekurangannya. Begitupula dalam usaha elektronik ada kelebihan seperti di atas dan ada juga kelemahannya. Salah satu yang menjadi kekurangan dari usaha elektronik adalah omset yang didapatkan bersifat bulanan atau bukan harian.

Orang yang membeli barang elektronik hanya sekali saja. Karena barang elektronik sangat awet hingga berbulan atau bertahun lamanya. Hal ini membuat usaha elektronik berjalan tak stabil. Kadang  suatu hari ramai pembeli dan kadang sepi pembeli. Usaha elektronik sangat berbeda dengan bisnis kuliner yang setiap hari selalu terjadi penjualan dan laku keras.

Rincian Biaya Modal Usaha Elektronik dan Keuntungannya
Sekarang yang menjadi bahan pertanyaan adalah berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha toko elektronik? Berdasarkan penuturan para pengusaha toko elektronik yang sukses untuk buka usaha elektronik memerlukan modal uang yang sangat besar. Untuk pembelian barang-barang elektronik sebagai modal awal. Hal ini dikarenakan harga barang elektronik tidak murah. Seperti laptop, televisi, kulkas, kipas angin, magic jar, penanak nasi, radio, smartphone, parabola, dll.

Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini rincian biaya modal usaha elektronik dan keuntungannya yang perlu sobat ketahui, antara lain:

1. Belanja barang elektronik mencakup televisi, radio, kulkas, blender, kipas angin, magic com, parabola dll. Biaya yang diperlukan untuk membeli semua barang elektronik di atas sekitar Rp 100 juta

2. Etalase Rp 1 juta

3. Gaji karyawan Rp 1 juta. Untuk tahap awal, anda bisa bekerja sebagai karyawan usaha elektronik untuk memangkas biaya gaji karyawan.

4. Sewa lokasi usaha sebesar Rp 10 juta pertahun. Untuk lokasi usaha pastikan berada di tempat strategis dan aman. Biaya sewa lokasi usaha bisa nol jika anda membuka usaha elektronik di halaman rumah anda sendiri yang cukup strategis.

5. Biaya promosi usaha elektronik yang mencakup pembuatan banner, spanduk, brosur dll sebesar Rp 2 juta

6. Biaya transportasi dan biaya tak terduga Rp 1 juta

Jadi estimasi total biaya modal usaha elektronik sebesar Rp 115 juta. Sobat bisa balik modal dalam kurun waktu kurang dari enam bulan. Keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha toko elektronik sebesar 20 persen dari omset. Keuntungan usaha semakin bertambah dengan membuka usaha service barang elektronik dan jual komponen serta mengadakan kursus reparasi barang elektronik. Bagaimana anda tertarik menekuni bisnis toko elektronik dan jasa service yang menguntungkan ini?

Proposal Usaha Elektronik
Untuk mendapatkan modal usaha yang cukup besar sebesar Rp 100 juta lebih sebagai modal awal untuk buka usaha toko elektronik maka anda bisa menggunakan uang sendiri. Berikut ini cara mendapatkan modal usaha toko elektronik, antara lain:

▪ Tabungan
Mungkin anda mempunyai tabungan di bank, deposito, surat berharga dan lain-lain. Anda bisa pula menggunakan semua itu untuk memodali bisnis toko elektronik anda.

▪ Menjual Aset
Alternatif lain, sobat dapat menjual aset berharga seperti menjual sepeda motor, mobil, tanah, emas dll untuk mendapatkan uang sebagai modal awal usaha elektronik

▪ Pinjaman Lunak
Cara lain untuk mendapatkan modal usaha membuka toko elektronik maka anda bisa meminjam uang kepada orangtua, sanak kerabat, anggota keluarga, sahabat, teman, rekan kerja dan lain-lain dengan pinjaman lunak. Dan jika semua gagal maka anda bisa meminjam uang ke bank dengan jaminan surat berharga dan aset.

▪ Mencari investor
Terakhir kalau semua jalan buntu maka anda bisa mencari investor dengan perjanjian kerjasama usaha bagi hasil yang sama sama menguntungkan. Anda bisa beriklan di medsos, forum atau marketplace bahwasanya anda mencari investor bagi bisnis anda.

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha toko elektronik dengan teknik pinjaman lunak dan mencari investor tentu membutuhkan proposal usaha elektronik yang bisa anda buat sendiri. Untuk contoh proposal usaha elektronik bisa anda dapatkan di mbah google atau meminta bantuan kepada pengusaha toko elektronik yang telah sukses dengan modal orang lain.

Usaha Elektronik Tanpa Modal   
Dari uraian di atas jelas bahwa usaha toko elektronik membutuhkan modal uang yang lumayan besar sekitar Rp 100 juta lebih. Bagaimana dengan seorang pemula yang mempunyai modal uang terbatas tapi ingin membuka usaha elektronik ? Bagi anda yang memiliki modal minim namun bercita-cita mendirikan bisnis elektronik maka bisa mengambil peluang usaha elektronik tanpa modal dengan cara bermitra atau bekerjasama dengan pemilik barang elektronik.

Tawarkanlah sistem kerjasama yang saling menguntungkan antara anda sebagai pihak penjual dan orang lain sebagai pemilik barang. Bahwa anda ikut menjualkan barang elektronik milik orang lain dan jika terjual maka akan mendapatkan komisi atau keuntungan yang telah disepakati bersama. Pedek kata, usaha yang anda lakukan hanyalah sebagai makelar yang menjualkan barang elektronik dari orang lain.

Untuk barang elektronik yang dijual bisa baru maupun bekas. Untuk menjualkan barang elektronik milik orang lain tersebut anda bisa menggunakan media internet melalui medsos, marketplace olx, forum dan lain sebagainya. Telah banyak orang yang sukses dimulai dari usaha elektronik tanpa modal ini. Seiring dengan modal yang kian besar maka anda bisa mandiri dengan membuka usaha toko elektronik sendiri.

Tips Sukses Bisnis Barang Elektronik Murah
Untuk lebih jelas, bagi anda yang ingin berhasil dalam bisnis toko elektronik maka berikut ini tips sukses bisnis barang elektronik murah, antara lain:

1. Lokasi usaha toko elektronik berada di tempat strategis. Seperti berada di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas manusia, mudah dijangkau dan dilihat banyak orang. Selain itu, toko elektronik anda pastikan menjual barang elektronik yang sedang laris manis dengan brand terkenal seperti samsung, sharp dan merek lainnya.

2. Menjual produk elektronik yang sedang dibutuhkan banyak orang

3. Menjual barang elektronik dengan harga jual lebih murah sedikit dari kompetitor di sekitar

4. Menyediakan fasilitas pembelian secara kredit dan tunai

5. Menambah produk elektronik secara lengkap

6. Memberikan pelayanan yang ramah, cepat, murah senyum, bersahabat dan memuaskan kepada konsumen.

7. Promosi usaha elektronik bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti promosi dari mulut ke mulut, pasang spanduk, banner, membagikan brosur, beriklan secara online dan gratis di medsos dan forum serta marketplace

8. Menambah kelengkapan usaha elektronik. Sobat tidak cukup hanya menjual barang-barang elektronik. Seperti contoh bisnis elektronik jualan kulkas, radio, televisi, komputer dan aksesoris, parabola, penanak nasi, kipas angin, lampu dll. Anda perlu menambahkan dengan usaha jasa service barang elektronik dan usaha komponen elektronik. Cara mengembangkan usaha servis elektronik dengan cara melakukan promosi secara online dan offline. Hal inilah yang membuat kelebihan bisnis elektronik anda dari pesaing yang telah ada di sekitar.

9. Membuka cabang di daerah lain. Setelah anda sukses mengambil peluang usaha elektronik rumah tangga maka bisa membuka usaha elektronik di daerah lain sehingga pangsa pasar yang kian membesar. Yang berakibat pada keuntungan bisnis toko elektronik juga kian besar.