Keuntungan Bisnis Rental Komputer dan Cara Membuka Usahanya

12 April 2017

Inilah salah satu peluang usaha yang penulis dan banyak orang ingin memilikinya yaitu usaha rental komputer. Disebabkan mudah dalam menjalankannya dan biaya modal usaha untuk mendirikannya lumayan kecil. Namun dengan potensi keuntungan sangat besar dari cabang-cabangnya. Bisnis rental komputer sangat cocok dijalankan di dekat kampus, sekolah dan perkantoran.

Bisnis jasa ini selalu ramai oleh konsumen yang rata-rata kalangan pelajar yang sedang mengerjakan tugas sekolah. Usaha penyewaan komputer selalu dibutuhkan para pelajar dan membantu para siswa untuk menyelesaikan tugas sekolah. Hal ini dikarenakan tugas pekerjaan dari sekolah, kantor, kampus dll tak bisa dilepaskan dari komputer. Seperti menulis makalah, laporan, skripsi, dll. 

Keuntungan Bisnis Rental Komputer
Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa bisnis rental komputer masih menjanjikan saat ini? Walaupun sebagian pelajar sudah mempunyai laptop dan komputer. Tapi masih ada sebagian besar orang dan pelajar yang masih belum mempunyai laptop dan komputer. Harga komputer dan laptop lumayan mahal. Hal ini tentu pangsa pasar yang menggiurkan dari bisnis rental komputer.
usaha rental komputer, rental komputer, komputer rent, usaha komputer, bisnis sewa komputer, sewa komputer

Penulis pun pada saat status pelajar dan mahasiswa merasakan kebutuhan yang sangat tinggi terhadap usaha rental komputer. Pada waktu mahasiswa perangkat elektronik komputer dan printer digunakan untuk menyelesaikan tugas kuliah seperti membuat laporan, makalah, skripsi, dan lain sebagainya. Karena keuangan mahasiswa yang serba terbatas sehingga laptop tak terbeli. Solusi dari itu adalah menggunakan jasa rental komputer yang biasanya berada tak jauh dari kampus dengan harga murah meriah sekitar Rp 5000 perjam.     

Untuk menjamin kesuksesan bisnis rental komputer, hal utama yang harus diperhatikan adalah lokasi usaha. Jadi sobat mesti membuka usaha rental komputer di lokasi target market berada. Misalnya di dekat kampus ataupun depan sekolah. Dijamin usaha sewa komputer akan laris manis diserbu para pelajar dan mahasiswa yang akan mengerjakan tugas sekolah.

Keuntungan dari usaha rental komputer bisa dimaksimalkan dengan cara membuka usaha jasa pengetikan. Hal itu untuk menambah pemasukan. Biasanya pengetikan satu halaman kertas A4 dibanderol dengan harga 1000 rupiah. Usaha jasa pengetikan tak kalah menjanjikan dari bisnis rental komputer. Keduanya memiliki pasar yang sama dan menguntungkan. Pada umumnya konsumen jasa pengetikan adalah para guru, kalangan karyawan kantoran dan lain sebagainya yang sibuk di kantor atau malas mengetik bahkan kurang pandai dalam menjalankan komputer. Berjalan waktu semakin banyak pelanggan maka semakin besar penghasilan dari bisnis jasa pengetikan. Apalagi sekarang sudah ada program scan untuk memudahkan pengetikan. Sehingga tidak perlu mengetik secara keseluruhan.  

Kombinasi usaha rental komputer selain usaha jasa pengetikan adalah bisnis pengeprinan. Harga print satu lembar kertas A4 berwarna seharga Rp 1500. Sedangkan harga print satu lembar kertas tak berwarna atau hitam harga Rp 1000. Lalu jika sobat masih mempunyai modal usaha yang besar maka sobat bisa membuka usaha desaign grafis, jasa cetak foto, jasa scan, bikin kartu nama, dan lain sebagainya. Semua itu merupakan sampingan dan penghasilan tambahan dari bisnis utama rental komputer. Namun tak jarang, pemasukan tambahan tersebut mampu melebihi keuntungan dari bisnis utama yakni usaha penyewaan komputer.

Seiring dengan kemajuan jaman yang pesat membuat usaha rental komputer tetap menjanjikan asalkan dikelola secara moderen disesuaikan dengan perkembangan jaman terkini. Bisnis penyewaan komputer sangat gampang dijalankan dan dengan modal kecil serta potensi untung sangat besar. Caranya lakukan bisnis rental komputer secara modern. Dimana sobat tak mengandalkan pemasukan dari usaha sewa komputer tapi dari jenis usaha lainnya yang masih berkaitan. Seperti sobat membuka usaha warnet atau warung internet dengan kecepatan tinggi. Kemudian sobat bisa menjalankan bisnis online, jasa penulisan artikel, jasa pengetikan online, usaha kursus komputer, usaha kursus online dan lain sebagainya.

Cara Membuka Usaha Rental Komputer
Sekarang kita pada pembahasan yang sangat penting adalah bagaimana caranya membuka usaha penyewaan komputer dari awal sampai buka. Jawabannya gampang sekali. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah mental jadi pengusaha yang sudah bulat.

▪ Memahami Komputer
Kemudian menguasai semua permasalahan tentang komputer dimulai dari software dan hardware. Karena dengan jalan ini akan memuluskan usaha rental komputer sukses. Dimana jika ada kerusakan kecil baik hardware dan software dapat diperbaiki segera tanpa mengeluarkan biaya banyak untuk perbaikan.

▪ Beli Komputer
Berikutnya yang harus dipersiapkan tentunya adalah peralatan komputer lengkap dengan pernak-perniknya. Untuk mengadakan komputer, sobat perlu meneliti distributor toko komputer yang murah dan berkualitas. Pastikan sobat mempunyai langganan tempat membeli komputer dengan harga murah tapi berkualitas bagus.

Untuk memulai bisnis rental komputer, sobat bisa mengadakan 3 unit komputer terlebih dahulu beserta satu unit printer yang memadai sistem tinta infus yang mudah isi ulang dan menguntungkan. Hal itu sudah mencukupi. Seiring bertambah modal usaha maka jumlah unit komputer bisa ditingkatkan lagi.

▪ Lokasi Usaha
Lalu menyiapkan lokasi usaha di tempat strategis atau berdekatan dengan pangsa pasar yaitu kalangan pelajar dan mahasiswa. Usaha rental komputer harus berada di dekat kampus dan sekolah karena pangsa pasar berada di sini. Anda bisa menyewa lokasi usaha strategis itu secara bulanan atau tahunan disesuaikan budget keuangan yang dimiliki.

Resiko Usaha Rental Komputer
Hidup tidak selamanya berjalan mulus. Kadang kita berada di atas. Dan kadang kita dibawah. Begitupula dalam dunia wirausaha rental komputer. Bisnis penyewaan komputer bukan tanpa resiko. Namanya usaha pasti ada resiko. Yang penting bagaimana caranya mengatasi resiko tersebut agar tidak beresiko rugi. Resiko dari bisnis rental komputer adalah usaha berjalan merugikan, sepi konsumen dan terpaksa ditutup. Di desa penulis ada satu buah gerai usaha sewa komputer beserta usaha pengetikan dan print yang berlokasi di pinggir jalan raya terpaksa tutup. Karena usaha bangkrut, sepi pelanggan disebabkan lokasi usaha yang tak strategis.

Perlu diketahui, persaingan bisnis rental komputer sangat tinggi baik di kota maupun desa. Di perkotaan sangat banyak gerai usaha yang buka jasa rental komputer terutama dekat kampus dan sekolah. Sedangkan di pedesaan juga lumayan banyak orang yang menjalankan usaha penyewaan komputer. Di desa penulis saja ada lima gerai jasa rental komputer. Persaingan yang sengit membuat sebagian usaha rental komputer sepi pelanggan. Kalau dibiarkan bisa bangkrut. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai upaya agar usaha rental komputer bisa maju dan berkembang. Seperti membuka usaha jualan pulsa, usaha pengetikan online, jasa cetak foto dan lain-lain.

Seiring dengan hadirnya laptop dan netbook murah meriah dari negara China membuat setiap orang sangat gampang memiliki komputer baik secara beli tunai atau kredit. Apalagi sekarang ini dituntut setiap mahasiswa dan pelajar untuk mempunyai laptop dan komputer untuk membantu tugas belajar mengajar di sekolah. Hal itu tentu saja mengancam keberlangsungan usaha rental komputer. Dan tak jarang atas fenomena tersebut membuat bisnis rental komputer saat ini berlangsung lesu. Oleh sebab itu, sobat perlu menambah variasi usaha dengan bisnis jasa warnet atau warung internet.

Bagaimana Menentukan Target Konsumen
Hal utama yang sangat mendukung kerberhasilan bisnis rental komputer adalah konsumen yang hendak dibidik. Siapakah target pasar yang hendak sobat bidik dari usaha rental komputer? Jangan sampai salah sasaran pasar. Misalnya sobat membidik pasar mahasiswa dan kalangan pelajar, maka sobat mesti membuka usaha penyewaan komputer dan jasa pengetikan di sekitar kampus, kost-kostan mahasiswa, sekolah dan lain-lain.

Setelah lokasi usaha tepat langkah selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Seperti memberikan harga yang lebih murah sedikit dari kompetitor di sekitar, melengkapi dengan komputer memori besar dan kecepatan tinggi, melengkapi dengan printer resolusi tingggi hitam dan berwarna, menyediakan scan canggih, selalu ramah dan bersahabat dengan konsumen, dan lain sebagainya. Jalin pula relasi dengan kalangan pelajar dan mahasiswa untuk mengembangkan bisnis rental komputer sobat. Semakin banyak pelanggan akan semakin menguntungkan bisnis jasa ini.

Usaha rental komputer sangat cocok dijalankan oleh seorang ibu rumahtangga, pelajar, mahasiswa, dan karyawan sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan. Sedangkan untuk mengelola usaha ini sangat mudah. Dengan satu orang saja yang betugas menjaga dan mengawasi serta administrasi sudah mencukupi. Anda bisa saja menjadi pegawainya. Nanti setelah usaha menguntungkan bisa mempekerjakan satu orang karyawan.

Promosi Usaha Rental Komputer dan Pengetikan
Setelah usaha rental komputer berdiri, langkah berikutnya yang sangat penting adalah bagaimana sobat mempromosikan usaha tersebut agar diketahui banyak orang atau target market. Untuk media promosi bagi bisnis penyewaan komputer sobat bisa menggunakan berbagai cara. Misalkan membagikan brosur ke daerah sekitar, menawarkan secara langsung kepada pelajar dan mahasiswa, menjalin relasi dengan mahasiswa dan pelajar, membuat reklame, buat spanduk, bikin kartu nama, dll.

Selain promosi secara fisik, sobat bisa melakukan promosi usaha rental komputer sobat di media sosial seperti facebook, twitter, google plus, blog, seo optimization, blog, marketplace olx, bukalapak, tokopedia, berniaga, iklan google adword, facebook ads, email marketing, bbm promosi, dan cara unik dan aneh lain sebagainya.