11 Cara Membuka Usaha Les Privat Modal Kecil Menguntungkan

17 November 2017

Bisnis les private merupakan salah satu jenis usaha dalam bidang jasa pendidikan dengan modal usaha minim namun menguntungkan. Tingkat persaingan usaha les privat cukup tinggi. Meski begitu, prospek usaha jasa les privat menjanjikan sekali. Dikarenakan pangsa pasar sangat luas. Berdasarkan pengalaman penulis, seorang siswa tak cukup hanya belajar di sekolah. Tapi ia harus mengikuti les tambahan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam satu mata pelajaran dengan cepat, efektif dan efisien.

11 Cara Membuka Usaha Les Private Modal Kecil Menguntungkan
  
1. Membuat Sesuatu yang Unik
Usaha les private yang anda dirikan pastikan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh kompetitor dan pihak sekolah. Misalkan memberikan trik jitu memecahkan soal dengan cepat dan mudah. Cara ini biasanya diterapkan oleh usaha bimbingan belajar. Namun anda bisa memberikan cara lebih cepat dan mudah dalam menyelesaikan soal mata pelajaran. Hal ini membuat murid lebih pintar dan mengetahui secara mendalam atas suatu mata pelajaran yang tak diajarkan sama sekali di sekolah.
bisnis les private, usaha les private, les private, bimbingan belajar, kursus

Salah satu cara yang unik lainnya yang harus ada dalam usaha les private adalah cara belajar yang menyenangkan. Istilah yang sedang populer adalah revolusi cara belajar (learning revolution). Contohnya adalah belajar secara menyenangkan (learning is fun). Sehingga mata pelajaran bisa dipahami dan dikuasai secara lebih baik dan lebih cepat secara bahagia dan riang gembira.

Selain itu, usaha les private yang anda dirikan menggunakan sistem pembelajaran disesuaikan dengan gaya belajar setiap siswa. Sebab gaya belajar setiap anak sekolah berbeda-beda. Ada yang gaya belajar mendengarkan, kinestetik dan lain-lain. Jika gaya belajar sang anak bersifat visual maka anda bisa memberikan kaset atau CD pembelajaran.

2. Menyediakan Les Berbagai Mata Pelajaran
Untuk menimbulkan kesan usaha les private sobat lebih lengkap dan menarik lebih banyak konsumen maka anda bisa menyediakan bimbingan belajar berbagai mata pelajaran di sekolah. Seperti matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa Indonesia, agama, IPS, IPA, bahasa Inggris, musik, dan lain sebagainya. Namun di awal usaha bisa saja anda membuka usaha les private berdasarkan disiplin ilmu yang anda kuasai. Misalkan sobat lulusan sarjana matematika maka anda bisa menyediakan les private mata pelajaran matematika.

Untuk mendirikan usaha les privat yang menyediakan berbagai les mata pelajaran maka anda bisa merekrut teman-teman anda yang tertarik untuk mengajar sesuai disiplin ilmu yang mereka kuasai. Misalkan anda mempunyai banyak teman dengan berbagai disiplin yang berbeda yang dikuasai maka anda bisa mengajak mereka bergabung dalam bisnis les privat anda sebagai tenaga pengajar sesuai yang dikuasai. Misalkan ada teman yang lulusan pendidikan bahasa Inggris maka bisa mengajar les bahasa inggris. Jika ada teman yang pandai matematika maka anda bisa menyuruhnya untuk memberikan les pelajaran matematika. Dan seterusnya.

Bisnis les private sangat cocok dijalankan oleh seorang mahasiswa atau lulusan sarjana pendidikan. Karena ia mengetahui bagaimana cara mendidik dan mengajar yang baik dan benar. Sebab keterampilan mengajar tidak dimiliki semua orang. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan lulusan sarjana lain untuk menekuni bisnis jasa les private karena terbukti gampang dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal.

3. Menentukan Pangsa Pasar
Menentukan pangsa pasar yang dibidik dari usaha les private yang anda jalankan sangat penting. Karena ini akan menentukan sukses tidaknya bisnis bimbingan belajar anda di masa mendatang. Selain itu, untuk memudahkan dalam melakukan promosi usaha les private. Ada berbagai segmen pasar yang bisa anda bidik. Anda bisa mengambil salah satunya supaya lebih fokus usaha. Seperti usaha les private bagi anak TK, sekolah dasar (SD), SMP, SMA dll.

Sebenarnya anda bisa saja mengambil semua segmen pasar di atas yang mencakup TK, SD, SMP dan SMA. Namun tentunya membutuhkan biaya modal yang sangat besar dan memerlukan sumber daya manusia yang lumayan banyak. Semua terserah anda. Setelah mengetahui segmen pasar yang dituju maka akan lebih memudahkan sobat dalam menyusun strategi manajemen les privat.

4. Menentukan Konsep Usaha Les Private
Ada dua konsep dalam cara membuka usaha les private, antara lain konsep waralaba atau franchise. Dan kedua, konsep bisnis bimbingan belajar secara mandiri. Anda bisa memilihnya sesuai kemampuan dan keinginan. Di setiap konsep les private tersebut mempunyai kelemahan dan keunggulan tersendiri. Misalkan apabila sobat mendirikan usaha les private secara waralaba maka sobat akan membutuhkan biaya modal awal yang cukup besar.

Namun yang menjadi kelebihan dan keunggulan dari usaha les private secara waralaba atau franchise adalah lebih gampang dalam memasarkannya. Karena brand yang sudah dikenal masyarakat luas. Sementara itu, yang menjadi kelemahan membuka usaha les private secara mandiri adalah sangat sulit untuk memasarkannya. Akan tetapi kelebihannya adalah biaya modal yang dibutuhkan sangat kecil bahkan bisa tanpa modal.

5. Mempersiapkan modal usaha
Dalam membuka usaha les privat, sobat harus mempersiapkan biaya modal usaha terlebih dahulu. Adapun rincian biaya modal usaha les private meliputi pembelian satu buah laptop atau komputer, menyewa lokasi usaha yang strategis, gaji karyawan bagian administrasi, gaji pengajar les private dan lain-lain. Perkiraan biaya modal awal usaha les privat sekitar Rp 8 juta.

6. Persiapan lokasi usaha
Untuk lokasi usaha les privat sangat penting. Karena ini menunjukkan usaha les privat yang sobat jalani benar-benar ada. Anda bisa membuka usaha les privat di dalam rumah asalkan letak rumah anda berada di tempat strategis. Seperti pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas manusia, dekat pusat pendidikan, sekolah dll. Cara membuka usaha les privat bahasa Inggris atau mata pelajaran lain atau bimbel sendiri di rumah sangat mudah. Anda tinggal mempersiapkan modal usaha beserta tenaga pengajar yang profesional.

Namun jika anda ingin usaha les privat lebih cepat sukses dan berkembang dibandingkan cara membuka bimbel rumahan maka anda bisa membangun lokasi usaha les privat yang lebih besar ruangannya dengan fasilitas lengkap di tempat strategis dekat sekolah. Ruangan les privat dipastikan haruslah berisi hiasan-hiasan yang mampu meningkatkan semangat belajar para siswa-siswi.  

7. Mempersiapkan proposal usaha
Persiapan membuka bimbingan belajar yang utama selain modal usaha adalah proposal usaha. Supaya mendapatkan modal usaha yang mencukupi dalam rangka membiayai usaha les privat dan perluasan pasar maka sebaiknya anda membekali diri dengan proposal usaha bimbel. Proposal usaha les privat sangat penting sebagai salah satu syarat pengajuan pinjaman modal usaha ke pihak bank dan dalam rangka cara mendapatkan investor. Anda bisa memperoleh biaya modal membuka usaha les privat dari sanak kerabat, anggota keluarga, tetangga, teman hingga dari bank baik berupa pinjaman maupun dana hibah.

8. Memperluas pangsa pasar
Jika anda berhasil menjalankan usaha les privat maka jangan cepat berpuas diri. Sobat bisa meningkat omset usaha les privat dengan cara memperluas pangsa pasar. Sobat bisa membuka usaha les privat di daerah lain atau membuka cabang baru. Rekrut saja tenaga pengajar yang tertarik mengajar dari kalangan teman-teman anda untuk membantu mengembangkan bisnis les privat yang telah anda jalankan secara menguntungkan. Tawarkan kepada mereka gaji bulanan yang sangat menarik atau sistem kerja sama bagi hasil. 

9. Memenangkan persaingan dan manajemen les privat
Melihat persaingan usaha les privat yang sangat ketat saat ini membuat anda harus benar-benar kreatif dalam memenangkan persaingan usaha. Ada banyak kompetitor dalam bisnis bimbel les privat baik waralaba maupun brand mandiri seperti Primagama, Ganesha Operation, dll. Salah satu cara memenangkan persaingan bisnis les privat adalah pelayanan yang baik, gencar melakukan promosi dan melakukan manajemen les privat secara baik dan efektif.

10. Sikap mental dan pantang menyerah
Usaha les privat anda akan sia-sia jika anda tidak memiliki sikap mental yang baik dan pantang menyerah. Sebab akan banyak kendala dan hambatan yang pastinya anda temui selama menjalani usaha les privat. Selama anda berpikiran positif, mental yang baik, ulet dan pantang menyerah maka usaha bimbel les privat akan berjalan baik dan menguntungkan.

11. Melakukan Promosi
Langkah ini sangat penting untuk mengenalkan usaha les privat anda kepada masyarakat umum. Sehingga mendapatkan sebanyak mungkin konsumen.

Cara Promosi Les Privat
Adapun cara promosi usaha les private bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

1. Potongan harga atau diskon yang menarik. Misalkan harga jasa les private pada umumnya sebesar Rp 300 ribu perbulan maka anda bisa menawarkan harga jasa les private sebesar Rp 150 ribu perbulan. Cara ini terbukti efektif untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya

2. Memberikan garansi. Seperti uang kembali jika tidak lulus Ujian Nasional. Atau memberikan garansi masuk universitas favorit yang dituju. Hal ini memberikan kesan bahwa usaha les private yang anda jalankan benar-benar profesional

3. Memulai promosi usaha les privat kepada sanak kerabat, teman, tetangga, rekan kerja dan kenalan. Mintalah mereka untuk mempromosikan usaha les privat anda dari mulut ke mulut. Apalagi jika anda memulai bisnis les private secara mandiri bukan waralaba.

Untuk menciptakan promosi usaha les privat yang otomatis dan gratis berupa promosi dari mulut ke mulut tentu saja usaha les privat anda harus memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan konsumen. Seperti cara mengajar yang baik dan menyenangkan dengan penuh gembira, tenaga pengajar yang ahli, terampil dan murah senyum serta bersahabat. Sehingga mereka merekomendasikan kepada orang-orang di sekitarnya.  

4. Door to door. Anda menawarkan jasa les privat langsung kepada konsumen dengan bertatap muka langsung.

5. Promosi online. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram, whatsapp, facebook, blog, website, twitter dan lain sebagainya untuk mengenalkan bisnis les privat anda kepada masyarakat umum

6. Promosi offline. Untuk melakukan promosi offline bisa menggunakan cara pembagian brosur ke setiap sekolah, mengadakan les privat secara gratis pada hari pertama, mengadakan seminar dan workshop, memasang pamflet, memasang reklame, spanduk, neon box dan lain-lain.