Rincian Biaya Modal Usaha Siomay hingga Buka buat Pemula

09 Maret 2018

Kuliner satu ini sudah lumrah ditemui. Bahkan, banyak dijual. Ya, Siomay. Makanan yang menawarkan kelezatan karena rasanya yang gurih dan empuk. Anda sendiri mungkin sudah menganggapnya kuliner biasa. Tapi, karena lezat, siomay seringkali membuat penikmatnya ketagihan dan ingin mencicipi lagi. Anda bisa dengan gampang mendapatkan siomay di para pedagang siomay gerobak keliling, cafe, restoran, warung, gerobak kaki lima dll. Salah seorang sahabat penulis juga berprofesi sebagai pengusaha siomay. Dalam sehari, ia bisa mencapai omset jutaan rupiah.

Analisa Usaha Siomay
Berdasarkan analisis penulis di desa maupun di perkotaan, usaha siomay mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sehingga untuk memenangkan persaingan usaha siomay anda mesti mempunyai kelebihan-kelebihan dalam bisnis siomay anda. Misalkan rasa siomay lebih lezat dan enak, harga yang lebih terjangkau, pelayanan yang cepat dan ramah, dan lain sebagainya. Dengan kelebihan tersebut akan membuat daya tarik dari usaha siomay anda.

Namun di berbagai daerah dan tempat di Indonesia terutama pedesaan terpencil, usaha siomay sangat jarang ada. Hal ini menimbulkan peluang usaha yang sangat menjanjikan keuntungan cukup besar yaitu usaha jualan siomay. Ada berbagai konsep usaha siomay yang bisa dijalankan. Seperti usaha siomay rumahan, konsep kaki lima, konsep restoran hingga gerobak keliling.
bisnis siomay, usaha siomay, siomay, jualan siomay, usaha jualan siomay, siomay, siomai

Apalagi jika anda menjalankan usaha siomay keliling maka penghasilan perhari akan jauh lebih besar ketimbang usaha siomay rumahan. Prospek usaha siomay akan tetap menjanjikan sampai kapanpun. Karena ini bisnis berhubungan dengan usaha kuliner. Sebuah bisnis yang tidak pernah ada matinya. Setiap hari selalu ada konsumen yang membutuhkan makan sebagai kebutuhan dasar manusia.

Makanan siomay berasal dari China. Nama aslinya siumay atau shaomay. Kemudian oleh orang Indonesia menjadi Siomay. Tetap saja kata mandarin kental. Di Tiongkok, cara pembuatan siomay dengan cara dikukus dengan bahan dasar daging babi. Namun karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam maka daging babi diganti dengan ikan tenggiri, daging udang, daging sapi atau yang halal lainnya.

Keuntungan Usaha Siomay
Sementara itu, ada banyak keuntungan bagi seseorang yang memilih untuk memulai usaha siomay, antara lain:

1. Bisnis Abadi
Usaha siomay termasuk bidang usaha makanan yang setiap hari dibutuhkan banyak orang. Makan sudah menjadi naluri hidup manusia untuk menjaga keberlangsungan hidupnya di muka bumi. Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan banyak pembeli  maupun pelanggan. Karena setiap orang adalah calon konsumen dari usaha siomay.

2. Mudah Cara Pembuatan
Untuk membuat siomay gampang sekali. Apalagi bahan dan alat-alat pembuatannya sangat mudah anda dapatkan di pasar atau warung terdekat.

3. Penghasilan Besar
Usaha siomay menjanjikan keuntungan yang sangat besar setiap harinya. Salah seorang teman penulis bernama Yana membuka usaha siomay konsep kaki lima menuturkan dalam sehari ia bisa meraup omset bersih Rp 1 juta. Kalau sedang sepi paling banter dapat laba bersih sebesar Rp 100 ribu.

Prospek Usaha Siomay Rumahan dan Keliling
Sementara itu, membuka usaha siomay sangatlah mudah. Karena jenis kuliner ini sudah populer di masyarakat Indonesia. Sehingga jika ada seseorang yang membuka usaha siomay maka masyarakat akan berbondong-bondong mencoba siomay tersebut. Jika rasanya enak maka mereka akan berlangganan. Sebaliknya jika rasanya kurang enak maka mereka tidak sudi membeli siomay di tempat baru tersebut.

Siomay merupakan makanan yang berasal dari negeri China. Namun oleh orang Indonesia dimodifikasi lagi menjadi kuliner cemilan yang lebih enak dan gurih dari aslinya. Ada berbagai jenis siomay yang populer di masyarakat Indonesia. Salah satunya Siomay Bandung yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang harum, gurih dan renyah.

Omset usaha siomay tidak perlu diragukan lagi. Sama seperti bisnis kuliner yang paling laris. Dalam sebulan omset yang dihasilkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sedangkan omset harian mencapai jutaan rupiah. Hal ini tak terlepas dari pangsa pasar yang sangat besar. Setiap orang adalah konsumen bisnis siomay. Kuliner ini bisa dijadikan cemilan maupun makanan pendamping nasi.

Di kalangan anak sekolah atau pelajar, usaha kuliner siomay laris manis. Sebab siomay merupakan salah satu jajanan anak sekolah yang paling laris saat ini. Anak-anak sekolah menyukai makanan ini karena mempunyai rasa yang enak, gurih, manis dan lezat. Apalagi ditambahkan dengan bumbu kacang dan kecap manis. Selain itu, harga yang ditawarkan sangat terjangkau bagi mereka. Harga siomay satu buah ukuran kecil bagi anak sekolah harga Rp 500 sampai Rp 1000.

Pokoknya, prospek usaha siomay sangat menjanjikan. Mengingat bisnis ini termasuk usaha kuliner yang dibutuhkan oleh manusia setiap hari untuk hidup. Anda bisa menjalankan usaha kuliner siomay secara rumahan maupun keliling. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung situasi dan sumber daya yang anda miliki.

Jika rumah anda berada di tempat yang sangat strategis seperti di pinggir jalan raya yang ramai, berdekatan dengan pusat keramaian, dekat minimarket, dekat pasar dan lain sebagainya maka anda bisa membuka usaha siomay di depan rumah dengan memanfaatkan teras atau halaman rumah. Buatlah konsep gaya kedai atau cafe siomay.

Namun jika anda tidak mempunyai lokasi rumah di tempat strategis maka anda bisa membuka usaha siomay secara keliling dengan menggunakan gerobak maupun sepeda motor. Di desa penulis juga sudah terbiasa banyak pedagang cilok, baso ikan, es krim, kerak telor dan siomay yang menggunakan sepeda motor untuk memasarkan siomay buatannya. Dan terbukti cara berjualan siomay keliling laris manis.

Tapi berdasarksan analisa penulis, usaha siomay yang menghasilkan keuntungan sangat besar haruslah dilakukan dengan dua cara di atas yaitu memasarkan siomay dengan keliling maupun rumahan. Anda bisa merekrut tenaga penjual siomay keliling dengan sistem komisi. Semakin banyak tenaga penjual keliling maka semakin besar penghasilan per hari yang bisa sobat dapatkan.

Rincian Biaya Modal Usaha Siomay hingga Buka buat Pemula
Dalam memulai suatu usaha tentunya memerlukan modal usaha. Begitupula dalam membuka usaha siomay bagi pemula. Berikut ini rincian biaya modal usaha siomay hingga buka buat pemula, antara lain :

▪ Biaya Investasi
Biaya investasi usaha siomay adalah membeli perlengkapan usaha siomay yang meliputi:

1. Etalase atau gerobak harga Rp 2 juta
2. Panci harga Rp 50 ribu
3. Tabung gas Rp 150 ribu
4. Kompor gas Rp 300 ribu
5. Spatula dan wajan Rp 170 ribu
6. Dandang Rp 100 ribu
7. Kursi dan meja Rp 400 ribu
8. Gelas, sendok, garpu dan piring Rp  300 ribu

Total biaya investasi atau biaya perlengkapan usaha siomay sebesar Rp 3,2 juta.

▪ Biaya Operasional Usaha
Biaya operasional usaha siomay meliputi:

1. Bahan baku Rp 12 juta perbulan
2. Retribusi dan listrik Rp 100 ribu
3. Sewa lokasi usaha Rp 300 ribu
4. Biaya gas Rp 170 ribu
5. Bungkus plastik Rp 130 ribu

Total biaya operasional usaha siomay perbulan Rp 12,7 juta.

Omset Usaha Siomay Perbulan
Apabila dalam satu hari sobat mampu membuat 500 buah siomay dengan harga jual Rp 1000 maka keuntungan yang bisa didapatkan perhari sebesar Rp 500 ribu. Dikalikan 30 hari maka omset usaha siomay per bulan sekitar Rp 15.000.000. Dikurangi biaya operasional usaha maka laba bersih sebesar Rp 2,3 juta perbulan. Lumayan bukan? Apalagi jika anda mampu membuat dan menjual siomay lebih dari 500 buah perhari maka keuntungan yang bisa didapatkan akan lebih besar lagi.

Tips Sukses Usaha Siomay
Bagi anda yang serius mau terjun dalam usaha siomay, berikut ini tips sukses usaha siomay bagi pemula, antara lain:

1. Rasa siomay yang enak
Dalam membuat siomay tidak perlu mempunyai keterampilan khusus. Untuk resep siomay sudah tersedia banyak di internet, majalah masakan, buku resep jajanan dan lain sebagainya. Adapun bahan dasar pembuatan siomay pun cukup mudah anda dapatkan di lingkungan sekitar. Untuk pembuatan siomay yang enak dan lezat dapat dibuat dari bahan dasar daging ayam, udang maupun ikan tenggiri.

2. Modal kecil
Anda tidak perlu membuka usaha siomay langsung dengan modal besar. Justru hal itu sangat beresiko jika terjadi kegagalan. Anda buka saja usaha siomay dengan modal kecil. Jika usaha siomay anda bertambah besar modal dan keuntungan maka anda bisa memperluas dengan membuka cabang di daerah lain. Sehingga usaha berjualan siomay merupakan bisnis yang cocok bagi kalangan yang mempunyai modal minim.

3. Rajin, tekun dan semangat
Anda tidak bisa sukses dengan usaha siomay yang dijalankan dengan malas-malasan. Namun supaya usaha siomay sukses dan untung besar memerlukan perjuangan, pengorbanan, tekun, semangat, rajin, dan kerja keras serta pantang menyerah. Apalagi usaha siomay yang anda jalankan dengan modal kecil maka anda harus lebih kerja keras untuk menjadikan usaha siomay menguntungkan dan menjanjikan dalam waktu singkat.

4. Promosi
Untuk memperkenalkan usaha siomay pada tahap awal, sobat harus melakukan promosi secara gencar. Sehingga orang-orang di sekitar atau masyarakat terdekat mengetahui keberadaan usaha siomay yang anda jalankan secara rumahan maupun kaki lima. Cara memperkenalkan usaha siomay dapat dilakukan dengan membagikan brosur, memasang pamflet, pasang iklan di media cetak dan elektronik, beriklan di medsos dan lainnya.