15 Bisnis Sembako yang Laris Pembeli, Modal Kecil, Menguntungkan

30 September 2017

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis sembako. Usaha ini sudah dikenal masyarakat sejak lama dan hingga kini keberadaannya tetap eksis. Jika dahulu warung sembako selalu ramai. Namun saat ini seiring bertambah banyak jumlah warung sembako lain dan bermunculan gerai-gerai usaha minimarket membuat bisnis sembako mendapatkan persaingan yang ketat. Sebuah bisnis sembako saat ini harus bisa bersaing dengan baik agar tetap bisa ramai pengunjung.

Prospek Bisnis Sembako Grosir
Menurut analisa penulis bahwasanya bisnis sembako masih tetap menjanjikan untuk dijalankan. Mengingat usaha ini melayani berbagai kebutuhan utama atau pokok manusia sehari-hari. Seperti menyediakan telor, kopi, beras, kecap, terigu, gula, garam, tepung, minyak goreng, susu, gas 3 kg elpiji dan lain sebagainya. Bisa dipastikan bisnis toko atau warung sembako tidak akan pernah sepi konsumen. Ia akan selalu ada dan dibutuhkan banyak orang.

Ada dua macam jenis bisnis sembako yang ada di tanah air yaitu usaha sembako secara eceran dan bisnis sembako secara grosiran. Keduannya sama sama menguntungkan. Yang jadi perbedaan hanyalah konsumen. Untuk usaha sembako eceran yang menjadi pangsa pasar adalah kalangan ibu rumah tangga atau pemakai langsung. Sedangkan konsumen dari bisnis sembako grosiran adalah para pemilik warung dan toko sembako eceran.
usaha sembako, bisnis sembako, usaha sembilan bahan pokok, sembako, beras, keju, sembako laris

Lalu apa yang membuat warung sembako sangat marak akhir akhir ini? Berdasarkan wawancara penulis dengan salah seorang pengusaha toko sembako bahwa warung sembako saat ini marak karena banyak orang yang tidak mau bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau kantor. Mereka lebih memilih untuk membuka usaha warung sembako di rumah. Sebab lebih mudah dan fleksibel jam kerja. Memulai usaha toko atau warung sembako menjadi peluang bisnis yang paling digemari masyarakat Indonesia. Sehingga tak aneh jika anda mendapati beberapa warung sembako di satu wilayah.

15 Bisnis Sembako yang Laris Pembeli, Modal Kecil, Menguntungkan
Untuk mengetahuinya, berikut ini 15 bisnis sembako yang laris pembeli, modal kecil, menguntungkan, antara lain:

1. Telor
Telor merupakan makanan yang hampir ada di setiap dapur rumahtangga. Telor sangat disukai banyak orang dari anak-anak dan orang dewasa. Manfaat dan khasiat makan telur yang bagus untuk kesehatan membuat banyak orang menggemari telur baik di goreng maupun direbus. Harga telur ayam saat ini sekitar Rp 25 ribu per kilogram.

2. Kopi
Para penggemar minuman kopi di tanah air sangat besar. Hal ini membuat penjualan kopi sachet di sebuah warung sembako laku keras. Ada berbagai macam jenis kopi yang disukai masyarakat seperti kopi ABC, kopi torabika, kopi luwak, kopi mocca, kopi susu, kopi kapal api, cappucino coffe dan lain sebagainya. Minum kopi sudah menjadi keseharian masyarakat Indonesia di sela waktu sibuk di kantor maupun saat santai. Bahkan, kini terbuka banyak usaha kedai kopi.

3. Garam
Salah satu kebutuhan dapur yang paling utama adalah garam. Produk sembako ini banyak digunakan sebagai bumbu asin untuk berbagai menu makanan seperti sayur sop, telor dadar, nasi goreng dan lain sebagainya. Kebutuhan akan garam di masyarakat saat ini meningkat pesat yang membuat harga garam menjadi mahal.

4. Minyak goreng
Untuk memasak makanan seperti menggoreng telor, nasi goreng, dan lain-lain pastinya seseorang membutuhkan minyak goreng. Sehingga usaha warung sembako yang menjual minyak goreng dipastikan akan menguntungkan dan laris pembeli dengan modal kecil.

5. Sabun cuci
Kegiatan mencuci pakaian maupun mencuci piring dan gelas dilakukan setiap hari. Dan tak terasa jika sabun cuci telah habis. Oleh sebab itu, kita biasanya pergi ke warung sembako terdekat untuk membeli sabun cuci baik untuk piring maupun pakaian. Sehingga bisnis sembako yang menjual sabun cuci sangat menjanjikan untung besar, laris manis dengan modal kecil.

6. Makanan ringan
Siapa sih yang tidak suka snack atau makanan ringan? Semua orang pasti menyukai makanan ringan yang pas dinikmati di kala santai maupun sibuk bekerja di kantor. Selain itu, makanan ringan bisa disajikan sebagai menu untuk menjamu tamu.

7. Mie instant
Siapa sih yang tidak suka makan mie instant? Sebagian besar orang dari anak anak hingga orang dewasa sangat menyukai makanan ini. Mie instant menjadi produk sembako yang dibutuhkan oleh manusia setiap hari untuk makan. Bahkan di desa penulis mie instant seringkali dijadikan produk makanan yang populer dan laris manis.

8. Penyedap makanan
Sebuah masakan agar mempunyai rasa yang enak diperlukan bumbu penyedap makanan. Seperti pecin, ajinomoto, royco, masako dan lain sebagainya. Penyedap makanan merupakan jenis produk sembako yang laris manis di pasaran. Pastikan sobat membuka bisnis sembako dengan menyediakan berbagai bumbu penyedap makanan dengan harga murah meriah. 

9. Obat
Bisnis sembako juga harus menyediakan berbagai jenis obat seperti obat pusing kepala, obat nyamuk, obat rematik, obat sakit perut dan lain sebagainya yang merupakan obat tanpa resep dokter. Dengan demikian semakin lengkap bisnis warung sembako sobat yang bisa membuat banyak pelanggan. 

10. Terigu
Untuk membuat aneka gorengan seperti bala bala, gehu, pisang goreng dan lain sebagainya memerlukan tepung terigu yang merupakan salah satu barang sembako. Jika anda membuka bisnis sembako pastikan menjual tepung terigu agar warung sembako sobat bisa laris pembeli dan menguntungkan.

11. Gas elpiji
Kebutuhan makan menjadi keperluan utama manusia sehari-hari. Untuk memasak makanan diperlukan bahan bakar gas 3 kg. Hal inilah yang membuat bisnis sembako yang berjualan gas elpiji 3 kg selalu laris pembeli dengan modal kecil dan menguntungkan. Harga gas elpiji 3 kg saat ini sebesar Rp 25 ribu per tabung.

12. Shampo
Untuk membuat badan sehat dari ujung kaki sampai ujung kepala membutuhkan perawatan ekstra. Salah satunya perawatan rambut yang harus terlihat menawan, segar, harum dan menarik. Biasanya bagi seorang pria dan wanita melakukan keramas rambut dilakukan secara rutin menggunakan sampo supaya rambut tetap sehat.

13. Pasta dan sikat gigi
Untuk kebersihan gigi, setiap hari manusia menggosok gigi. Untuk bisa menggosok gigi membutuhkan sikat gigi dan pasta gigi. Maka mereka pergi ke warung sembako untuk membeli sikat dan pasta gigi.

14. Beras
Kebutuhan pokok satu ini sudah menjadi santapan wajib bagi masyarakat Indonesia. Jika Anda ingin membuka usaha sembako, tidak lengkap rasanya kalau tidak tersedia beras di toko Anda. Beras adalah salah satu sembako yang dibutuhkan setiap hari. Sehingga akan tetap ada yang membeli karena memang keberadaannya tidak bisa digantikan dengan kebutuhan wajib lainnya. Bila ingin fokus menjual beras, Anda bisa membuka usaha grosir beras.

15. Pembalut
Seorang wanita yang sudah mencapai dewasa atau akil baligh pasti akan mengalami yang namanya menstruasi. Sehingga membutuhkan pembalut seperti softex sewaktu-waktu. Biasanya mereka pergi ke warung sembako terdekat untuk beli pembalut. Maka toko sembako yang menjual pembalut wanita akan menguntungkan dan laris pembeli.

Cara Jualan Sembako Biar Laris Manis
Setelah bersusah payah mendirikan usaha sembako secara rumahan, tentu anda tidak ingin bisnis toko sembako yang anda jalani sepi pembeli di tengah persaingan bisnis ini yang kian ketat. Oleh sebab itu, penulis akan memberikan tips dan sukses cara jualan sembako biar laris manis, antara lain:

▪ Lokasi Strategis
Lokasi yang strategis bagi bisnis sembako sangat mutlak diperlukan. Karena ini berguna supaya usaha toko atau warung sembako sobat bisa dikenal dan diketahui banyak orang. Tempat strategis bagi bisnis sembako adalah yang mudah dilihat banyak orang. Hal ini bermanfaat untuk menjaring konsumen sebanyak mungkin. Jangan sampai anda membuka bisnis sembako di tempat yang tidak strategis seperti di gang kecil. Karena itu akan membuat bisnis sembako anda kurang berkembang pesat.

Contoh tempat yang strategis bagi bisnis toko sembako antara lain: halaman atau teras rumah yang berada di pinggir jalan yang ramai, garasi rumah yang ramai oleh lalu lintas manusia, dekat permukiman warga masyarakat yang padat penduduk. Jangan sampai anda salah tempat dalam membuka bisnis sembako seperti yang dialami tetangga penulis. Ia memilih membuka bisnis sembako di dalam gang kecil ketimbang membuka bisnis sembako di jalan raya yang ramai. Sehingga bisnis sembako saat ini sepi pembeli dan tidak berkembang.

▪ Penataan Barang yang Tepat
Dalam membuka usaha toko dan warung sembako maka akan banyak daftar barang yang harus anda tata. Mengapa harus ditata? Supaya terlihat rapi dan menarik serta mampu menimbulkan minat beli dari calon konsumen. Cara menata warung sembako agar terlihat menarik sebenarnya sangat mudah. Anda bisa mempelajarinya langsung melalui penataan barang yang dilakukan di berbagai supermarket maupun minimarket. Caranya anda foto saja penataan barang di sebuah gerai minimarket kemudian anda tiru dan modifikasi di warung atau toko sembako anda. Bagaimana mudah kan?

Untuk penataan barang dan warung sembako agar terlihat menarik dibutuhkan berbagai peralatan dan perlengkapan yang meliputi etalase, neon box, lampu, spanduk nama warung, kalkulator, alat tulis kantor, timbangan digital, toples plastik, dan lain sebagainya. Silahkan anda bisa menambahkan sendiri.

▪ Harga Murah Kualitas Bagus
Tak jarang setelah merasakan pengalaman berbelanja di toko sembako yang satu dengan toko sembako lain, seseorang memberikan pengalamannya kepada sanak saudara, orangtua, keluarga besar dan tetangga mereka. Ia memberikan klasifikasi daftar warung sembako yang murah dan warung sembako yang menjual barang dengan mahal. Ia menganjurkan orang-orang di sekitarnya untuk membeli kebutuhan sehari hari diwarung sembako yang murah dengan pelayanan yang sangat ramah.

Untuk mendapatkan pasokan produk sembako saat ini sangat mudah. Karena supplier sembako seperti telor, kopi dan kebutuhan pokok lainnya akan datang sendiri menawarkan kepada warung sembako anda. Pastikan anda mendapatkan pasokan barang sembako yang berkualitas baik dari supplier terpercaya yang memberikan harga lebih murah dari supplier lain. Sehingga keuntungan yang bisa anda dapatkan bisa lebih besar dan anda bisa menjual produk sembako lebih murah dari kompetitor.

▪ Pelayanan
Ini adalah hal yang paling penting dalam menentukan kesuksesan bisnis sembako. Sebab penulis seringkali mendapatkan sebuah gerai toko sembako yang melayani konsumen dengan tidak ramah. Hal ini berdampak buruk pada semakin berkurangnya para pelanggan yang ada. Pastikan dalam membuka warung sembako, anda melayani konsumen dengan wajah ceria, dengan murah senyum, bersahabat, sopan, ramah dan mudah akrab serta berkata yang lembut. Hal ini terbukti mampu meningkatkan penjualan dan menambah pelanggan baru.

Dengan memberikan pelayanan bisnis sembako terbaik seperti harga yang lebih murah dan kualitas barang lebih baik serta pelayanan yang cepat dan murah senyum akan membuat konsumen mengabarkan pengalamannya kepada orang di sekelilingnya. Ini berarti promosi usaha dari mulut ke mulut sedang berlangsung secara efektif. Pastikan citra positif dari bisnis toko atau warung sembako sobat bisa diutarakan dari konsumen sehingga usaha toko sembako sobat bisa laris manis.