13 Cara Usaha Grosir Telur Beromzet Jutaan

30 November 2017

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia, permintaan terhadap telur ayam semakin tinggi setiap tahun. Walaupun harganya terus mengalami kenaikan, namun tetap telur ayam banyak dibeli orang untuk dijadikan menu makanan yang bergizi di setiap rumahtangga. Telur ayam termasuk salah satu kebutuhan pokok manusia sehari-hari yang disebut sembako. Bukan hanya kalangan rumahtangga yang membutuhkan telur ayam, kalangan perusahaan kuliner besar pun banyak memerlukan telur untuk keperluan pembuatan makanan seperti perusahaan roti.

Atas kenyataan di atas menimbulkan peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan yakni usaha grosir telur. Pangsa pasar usaha grosir telur yaitu untuk setiap dapur rumah tangga maupun perusahaan makanan skala kecil dan besar membuat usaha jualan telor terutama usaha grosir telur ayam sangat menjanjikan untung besar. Tingkat persaingan usaha grosir telur masih sangat lemah di pedesaan dan perkotaan. Anda bisa terjun dalam bisnis telur ayam yang menguntungkan dengan pangsa pasar yang sangat luas.
grosir telur, usaha grosir telur, bisnis grosir telur, telur, usaha grosir, grosir telur ayam, cara grosir telur

13 Cara Usaha Grosir Telur Beromzet Jutaan
Bagi sobat yang berminat untuk memulai bisnis telur ayam, berikut ini 13 cara usaha grosir telur beromzet jutaan, antara lain:

1. Mencari pemasok telur ayam
Untuk memulai usaha grosir telur, langkah pertama yang harus ditempuh adalah mencari suplier atau distributor yang memasok telur terhadap usaha grosir telur yang anda kelola secara permanen. Untuk mendapatkan pemasok telur ayam, anda bisa mencarinya di internet. Seperti distributor telur di Bandung, Supplier telur hen-hen kota Jakarta Pusat, daerah khusus Ibukota Jakarta atau agen telur ayam Bu Sam kota Tangerang, Banten. Pilihlah supplier telor yang terpercaya, memberikan telur berkualitas baik dan memberikan harga termurah. Dengan demikian keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha grosir telur bisa lebih besar.

Berjalan waktu, pemula dalam usaha grosir telur akan menemukan celah mendapatkan supplier atau agen telor yang memberikan harga telor lebih murah satu petinya, timbangan pas dan memberikan telur berkualitas lebih baik. Seiring berjalan waktu pula, seorang pemula bisnis grosir telor ayam bisa berupaya untuk mencari pasokan telur ayam langsung dari usaha peternakan ayam petelur yang dijamin bisa memberikan harga telur lebih murah per peti.

2. Lokasi Strategis
Untuk meningkatkan penjualan telur perharinya, Anda tidak bisa membuka usaha grosir telur di tempat yang sembarangan. Sobat mesti bisa membuka usaha grosir telur di tempat yang strategis yang mudah dijangkau dan dilihat banyak orang. Misalkan usaha grosir telor berada di dekat kompleks perumahan warga yang padat penduduk, sekitar pasar tradisional, dekat pusat keramaian orang dan lain-lain. Konsumennya yang anda bidik adalah para pengecer telur dan ibu rumah tangga.

3. Mengurangi resiko kerugian
Beberapa kali penulis menemukan usaha grosir telor yang menderita kerugian kecil. Salah satunya telur mengalami pecah atau rusak selama dalam perjalanan. Hal ini dikarenakan karena jalan di desa sangat berbatu. Jika hal ini terjadi terus menerus maka kerugian bisnis telor akan membesar. Oleh sebab itu, sobat mesti mengurangi resiko kerugian. Misalkan dengan cara mengemas telur sebaik mungkin sehingga jika terjadi benturan atau goncangan telur tidak mudah pecah atau rusak. 

Penulis mengingatkan bahwa usaha grosir telur bukan tanpa resiko. Usaha grosir telur mempunyai resiko kerugian yang cukup besar. Selain telur mudah pecah, juga telor mempunyai daya tahan yang tidak terlalu lama. Telor bisa mengalami kebusukan apabila dibiarkan terlalu lama. Untuk mencegah kerugian tersebut, anda bisa membeli telur sedikit demi sedikit. Misalkan dimulai dari dua peti telur. Harga 1 peti telur yang berbobot 14,5 kilogram sebesar Rp 290 ribu.

Bagi seorang pemula yang baru merintis usaha grosir telur sangat beresiko rugi apabila ia langsung melakukan pembelian stok telur dalam jumlah banyak seperti di atas 10 peti telur. Karena semua telur tersebut besar kemungkinan tidak terjual dengan cepat hingga bisa mengalami kebusukan. Bagi pemula sangat dianjurkan untuk membuka usaha grosir telur dari modal kecil. Misalkan dimulai dari membeli 1 peti telor dan menjualnya kepada pihak pengecer secara perkilogram.

4. Menjual telor sebanyak mungkin
Sebagai usaha grosir telor maka fokus anda tidak menjual telur secara eceran. Tapi menjual telur secara besar-besaran misalkan satu peti. Adapun konsumennya adalah mereka yang membeli telur dalam jumlah banyak. Biasanya para pengecer, warung sembako, toko sembako dan lain sebagainya.

5. Bisnis Telur Online
Salah satu hal yang diinginkan oleh pelaku usaha adalah mendapatkan keuntungan besar. Dalam membuka sebuah usaha grosir telur diperlukan strategi supaya usaha berjalan lancar dan menguntungkan. Salah satu caranya adalah usaha berdagang telur online. Yang jadi pertanyaan mengapa harus membuka bisnis grosir telur online?

Hal ini dikarenakan seiring dengan kemajuan jaman membuat beberapa jenis bisnis retail, grosir, agen telur yang dijalankan secara offline gulung tikar dan menutup usaha. Hal itu dampak dari bermunculannya usaha grosir telur online. Jika anda membuka usaha grosir telur supaya mencapai omzet jutaan perlu melakukan usaha grosir telor secara online.

Adapun pangsa pasarnya yaitu kalangan ibu rumahtangga atau konsumem langsung maupun pengecer. Karena anda betul-betul memberikan harga telur perkilogram lebih murah dari harga di pasaran. Dengan berbisnis jualan telur secara online bukan keuntungan jutaan yang bisa didapat. Tapi juga anda akan dimudahkan dalam menjalani bisnis grosir telur. Pesanan telur dapat melalui aplikasi bbm, whatsapp dan lain-lain.

6. Usaha Waralaba Grosir Telur
Jika anda kesulitan untuk memulai usaha grosir telur secara mandiri disebabkan beberapa faktor. Seperti tidak mempunyai suplier atau distributor telur yang murah maka anda bisa membuka usaha grosir telur omset jutaan secara waralaba. Bisnis grosir telur secara franchise cocok bagi pemula dan segala sesuatu sudah diberikan oleh pihak manajemen pusat. Sobat tinggal menjalankannya sesuai standar operasional usaha atau sop.

Usaha grosir telur secara waralaba sangat kecil kemungkinan rugi atau bangkrut. Karena sistem mereka terbukti berhasil. Ada banyak waralaba telur ayam yang menyediakan kemitraan bagi masyarakat luas untuk menjadi grosir telur di daerah. Anda bisa mendaftar dengan menyetorkan biaya investasi awal.

7. Membentuk jaringan pemasaran
Untuk meningkatkan penjualan telur, selain membuka toko grosir telor secara offline maka anda harus juga membuka usaha grosir telur secara online. Itu merupakan strategi jual telur yang terbukti efektif dan sukses. Dan termasuk strategi pemasaran telur. Dengan demikian, pangsa pasar yang bisa dijangkau dapat lebih luas lagi. Bukan hanya di daerah sekitar tapi hingga ke luar daerah.

Cara membentuk jaringan pemasaran telur sangat mudah. Anda bisa bekerjasama dengan warung sembako atau toko kelontong terdekat. Perbanyaklah jaringan warung atau toko yang anda ajak kerjasama secara konsinyasi. Semakin banyak warung atau toko yang anda titipi telur maka semakin besar keuntungan usaha grosir telur perhari. Karena warung atau toko sembako layaknya tenaga penjual atau salesman yang membantu anda meningkatkan penjualan dan omset.

Cara menitipkan atau menjual di warung dan toko sembako sangat mudah. Anda utarakan niat untuk menjual telur dengan harga murah. Jika mereka tidak mau membayar cash maka berikan tawaran sistem konsinyasi. Dengan demikian Anda sebagai suplier atau pemasok telur ke warung atau toko bersangkutan. Tawarkanlah komisi yang menarik bagi warung atau toko sembako supaya mereka lebih semangat lagi dalam menjual telur.

Membentuk jaringan bukan hanya dengan target warung dan toko sembako atau kelontongan. Tapi bisa juga kalangan usaha home industri kuliner di sekitar kita. Biasanya perusahaan makanan kecil kecilan maupun skala besar membutuhkan pasokan telur dalam jumlah banyak sebagai bahan dalam pembuatan makanan yang mereka produksi.

8. Promosi Usaha Grosir Telur secara offline
Promosi usaha grosir telur harus terus dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan konsumen dan pelanggan sebanyak mungkin baik dari toko pengecer, warung pengecer, pedagang makanan dan kalangan ibu rumah tangga. Sehingga dengan banyaknya pelanggan maka pasokan telor ayam dalam jumlah besar pun akan cepat habis dalam waktu singkat. Inilah yang membuat keuntungan usaha grosir telur sangat menjanjikan dan begitu fantastis.

Untuk memperkenalkan usaha grosir telur yang sobat jalani maka sobat perlu melakukan proses promosi secara offline maupun online. Cara promosi usaha grosir telur secara offline bisa dengan cara membagikan brosur usaha grosir telur, memasang pamflet, mengunjungi setiap warung dan toko sembako di daerah terdekat dan sekitarnya.

9. Promosi online
Sedangkan cara promosi online usaha grosir telur beromzet jutaan bisa dilakukan dengan cara menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, line, bbm marketing, whatsapp, blog berbayar dan blog gratisan, iklan ads facebook, adwords dan lain sebagainya. Anda pun bisa menggunakan marketplace seperti olx, tokopedia, bukalapak dan forum jual beli online.

10. Bersaing secara sehat
Persaingan usaha grosir telur cukup tinggi. Ada banyak pemain baru dalam bisnis ini. Namun anda jangan takut dengan namanya persaingan. Karena setiap jenis usaha pasti mempunyai pesaing masing-masing. Bersainglah secara sehat walaupun persaingan grosir telur ayam sangat ketat. Sehingga tak aneh jika ada usaha grosir telur yang baru berdiri mengalami gulung tikar. Karena kalah bersaing dengan usaha sejenis.

Untuk memenangkan persaingan usaha grosir telur dengan kompetitor yang ada maka sobat dapat memakai jurus ATM yakni amati, tiru dan modifikasi. Lihatlah usaha grosir telur pesaing yang laris manis. Anda bisa meniru cara mereka menjual, cara promosi, cara memasarkan, melakukan analisa usaha dagang telur yang baik dan benar, dan lain-lain. Lalu lihat pula kekurangannya. Anda bisa membuka usaha grosir telur ayam seperti pesaing yang unggul dan tanpa kelemahan sedikitpun setelah anda modifikasi khusus.

11. Kombinasi usaha
Usaha grosir telur bisa dikombinasikan dengan usaha yang masih berkaitan dengannya. Seperti usaha berjualan sayuran online. Karena kedua usaha tersebut masih sejenis yang termasuk kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Selain berguna untuk meningkatkan keuntungan atau omset juga bermanfaat untuk memberikan kesan pelayanan yang lengkap bagi konsumen.

12. Usaha grosir telur rumahan
Bagi pelaku usaha grosir telur pemula disarankan untuk membuka usaha grosir telur secara rumahan. Hal ini berguna untuk menghilangkan biaya modal usaha sewa tempat. Berjalan waktu, seiring keuntungan dan modal meningkat maka anda bisa membuka usaha grosir telur dengan menyewa tempat usaha di lokasi strategis.

13. Semangat dan pantang menyerah
Terakhir cara usaha grosir telur beromzet jutaan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat atau instant. Untuk sukses usaha grosir telur membutuhkan waktu yang kadang lama. Namun anda bisa mempersingkatnya dengan memiliki kerja keras, ulet, rajin, jiwa semangat dan pantang menyerah.