Rincian Modal Usaha Sewa Tenda Pengantin hingga Buka

21 April 2017

Bisnis sewa tenda pengantin merupakan jenis usaha yang sangat menjanjikan untung tinggi. Banyak orang yang ingin memulai bisnis ini. Disebabkan pangsa pasar yang luas dan selalu ada. Bisnis persewaan tenda pernikahan bisa dikembangkan lebih luas dengan membuka usaha persewaan tenda bagi acara tertentu. Seperti perayaan hari besar keagamaan (rajaban, nuzulul quran, tahun baru islam), rapat umum, panggung hiburan, perayaan hari besar nasional seperti tahun baru, 17 Agustus dll.

Potensi keuntungan bisa ditingkatkan dengan cara melengkapinya dengan usaha penyewaan kursi, meja, perlengkapan makan, dekorasi dll. Sangat disayangkan jika anda tak mengambil peluang usaha emas ini. Dan orang lain yang mengambil peluang bisnis ini lebih cepat. Yang membuat mereka cepat kaya dan sukses. Namun tak ada kata terlambat bagi anda yang mau mengambil peluang usaha persewaan tenda pernikahan. Karena pangsa pasar masih terbuka lebar.
usaha sewa tenda pengantin, bisnis sewa tenda pengantin, bisnis tenda pengantin, tenda pengantin, modal usaha tenda pengantin

Rincian Modal Usaha Sewa Tenda Pengantin hingga Buka
Modal usaha yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis rental tenda pelaminan terbagi dua yakni modal barang atau materi dan modal non materi. Berikut ini sejumlah modal yang diperlukan dalam membuka usaha persewaan tenda pengantin dari awal hingga beroperasi, antara lain:

▪ Mental yang Kuat
Segala sesuatu yang diniatkan ibadah maka hasilnya akan baik. Begitupula dalam bisnis sewa tenda harus dimulai dengan niat baik dan mental kuat. Sebab akan banyak hambatan, tantangan, rintangan yang dihadapi. Hanya dengan kemauan kuat, tekad bulat, ulet, kerja keras, pantang menyerah, rajin, selalu berdoa dan sabar seseorang bisa berhasil dan kaya menjalani usaha sewa tenda pengantin dan perlengkapan pesta seperti sewa kursi dan meja.

Pendek kata, tak ada yang gratis meraih sukses termasuk dalam bisnis persewaan tenda dan kursi pelaminan. Semua butuh kerja keras dan fondasi mental kuat yang pantang menyerah untuk berhasil dalam usaha jasa persewaan tenda hajatan modern.

▪ Mengetahui Ilmu
Setelah memiliki mental kuat, modal usaha berikutnya bisnis rental tenda pernikahan adalah ilmu mengenai usaha tersebut. Bagaimana caranya mendapatkan ilmu tentang cara menjalankan usaha rental tenda pelaminan Belajar kepada orang yang telah sukses membuka usaha sewa tenda pengantin.

Mereka akan rela membagikan ilmu tentang buka usaha sewa tenda pengantin kepada anda. Gambaran usaha akan jelas. Tinggal anda sanggup tidak untuk menjalankannya. Jika sanggup, kemudian anda mencoba memulai usaha tersebut dengan persiapan yang ada bahkan terbatas. Dengan sendirinya mengalami pengalaman langsung dari bisnis sewa tenda pengantin dan akan banyak ilmu yang didapatkan.

Kendala, hambatan pasti akan ditemui. Dan anda menjadi tahu seluk beluk usaha persewaan tenda dan kursi pelaminan. Yang penting usaha berjalan lancar dan menguntungkan. Untuk lebih meningkatkan keuntungan bisnis sewa tenda pernikahan sobat dapat belajar kepada orang yang telah sukses dan berpengalaman dalam bisnis jasa ini sejak lama.

▪ Modal Peralatan
Modal usaha selanjutnya tentu saja peralatan tenda yang mencakup meja, kursi, stand makanan dan minuman dan lain sebagainya sebagai pelengkap. Dengan uang sebesar Rp. 14 juta, sobat sudah bisa membeli peralatan tenda beserta pelengkap. Rangka tenda bisa buat sendiri di bengkel las. Pastikan sobat membeli peralatan tenda dan alat pesta dalam kualitas bagus. Sehingga awet dan tahan lama.

Pastikan anda mempunyai uang yang cukup untuk membeli modal peralatan tenda. Jika anda tak mempunyai uang sama sekali lalu kesulitan untuk mendapatkan modal usaha dalam membeli peralatan dan perlengkapan tenda pelaminan maka sobat bisa mencari investor atau donatur. Mulailah dari lingkungan terdekat seperti anggota keluarga, sanak kerabat, rekan kerja, teman dan lain-lain untuk diajak kerjasama dalam pembiayaan bisnis persewaan alat pesta dan tenda pernikahan. Tawarkan sistem bagi hasil yang menguntungkan kedua belah pihak.

Penulis menyarankan pada pembaca agar jangan meminjam modal usaha kepada pihak bank sebelum usaha berjalan lancar. Karena di bank adanya beban bunga yang mesti dibayarkan. Maksimalkan modal usaha milik sendiri. Kalau tidak ada maka sobat bisa mengajak para investor untuk bekerjasama. Anda sebagai pemilik usaha. Sedangkan keluarga, rekan atau orang lain sebagai investor yang bisa mendapatkan porsi keuntungan pula. Meminjam uang kepada pihak perbankan merupakan jalan terakhir bagi sobat yang tidak mendapatkan uang mencukupi dalam rangka membeli peralatan alat pesta dan tenda pernikahan.

▪ Promosi yang Efektif
Bagaimanapun juga dalam sebuah usaha pasti membutuhkan upaya promosi agar produk dikenal semakin banyak orang dan usaha bisa berjalan lancar dan menguntungkan. Begitupula bisnis persewaan tenda pernikahan memerlukan upaya promosi yang efektif dan efisien. Sehingga usaha jasa persewaan kita bisa dikenal oleh msyarakat luas dan digunakan oleh orang yang membutuhkannya.

Jangan pernah takut mengeluarkan biaya untuk promosi usaha sewa tenda pengantin. Karena perusahaan besar pun mengeluarkan biaya promosi usaha yang sangat besar hingga miliaran rupiah. Seperti yang bisa kita saksikan pada iklan-iklan promosi produk di layar televisi. Namun ada cara menekan biaya promosi usaha. Misalkan dengan cara memasang iklan usaha persewaan tenda pengantin memakai banner, spanduk, brosur dan lain-lain dan dipasang di lokasi yang ramai oleh lalu lintas manusia. Seperti pasar, perempatan jalan, dll.

Selain cara promosi manual dengan memasang iklan dan selebaran di berbagai tempat strategis, cara lain yang jitu dan ampuh adalah melakukan promosi usaha secara online. Misalkan menggunakan media sosial yang sedang populer seperti facebook, twitter, google, line, whatsapp, blog, seo google, google plus, instagram, bbm dan lain sebagainya.

▪ Pelayanan Prima
Pelayanan yang baik harus kita berikan kepada konsumen. Karena merekalah orang yang memberikan uang atau keuntungan buat kita. Jangan pernah mengecewakan konsumen jika usaha kita tidak ingin bangkrut atau rugi. Salah satu bentuk pelayanan yang bagus bagi konsumen adalah pelayanan tepat waktu, dijamin kebersihan, harga terjangkau dll.

▪ Manajemen Keuangan
Pisahkan antara keuangan usaha sewa tenda pelaminan dengan keuangan pribadi. Supaya dapat dilihat keuntungan bisnis dengan sangat jelas.

▪ Karyawan
Pilihlah karyawan yang bisa melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya dengan sangat baik dan jujur.

Potensi Bisnis Persewaan Tenda Pernikahan
Melihat keuntungan yang sangat besar dari usaha rental tenda pelaminan membuat banyak orang tergiur untuk memulai bisnis ini. Omzet perbulan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini wajar karena hampir setiap hari ada saja orang yang membutuhkan alat pesta tenda dan kursi untuk acara-acara tertentu. Seperti pernikahan, hajatan,  dll. Namun tidak sembarang orang dapat melakukan usaha persewaan tenda dan kursi pernikahan. Disebabkan diperlukan modal usaha yang cukup besar dan keterampilan dalam bisnis ini.

Berikut ini potensi yang sangat besar dari usaha sewa tenda bagi anda yang ingin mencobanya, antara lain:

▪ Pesta Pelaminan
Setiap bulan akan selalu ada orang yang mengadakan pesta pernikahan. Acara sakral ini akan melibatkan banyak orang. Seperti usaha persewaan tenda pengantin dan kursi. Berapapun biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadakan pesta pernikahan berjalan lancar maka mereka sanggup untuk membayarnya. Oleh sebab itu, inilah peluang usaha yang bagus bagi anda untuk memulai usaha rental tenda pengantin.

Modal usaha yang utama adalah peralatan dan perlengkapan tenda pengantin beserta rangkanya. Pastikan tenda pengantin milik sobat berkualitas bagus, awet dan tahan lama yang mampu memberikan konsumen sebuah kenyamanan. Manfaat tenda pengantin begitu penting sebagai tempat untuk melindungi diri para hadirin dari kepanasan dan kehujanan.

▪ Pengajian
Kegiatan lainnya yang memerlukan usaha persewaan tenda dan kursi adalah pengajian dalam skala besar. Misalkan tabligh akbar dengan jumlah peserta mencapai ribuan. Saat ini kebanyakan pengajian memiliki jumlah jemaah yang sangat besar. Hal ini tentu saja membutuhkan tempat duduk yang nyaman dan tenda besar yang mampu melindungi dari cuaca panas dan hujan. Hal ini menimbulkan potensi untung besar dari usaha sewa tenda dan kursi selain bagi pesta pernikahan juga bisa digunakan bagi pengajian.

Beberapa pengajian besar seperti pengajian mingguan Ustadz Aam Amirudin, pengajian Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dll membutuhkan tenda dan kursi yang memadai bagi kenyamanan para jemaahnya. Mereka mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah untuk menyewa tenda dan kursi bagi para pengikutnya.

▪ Pesta Musik
Setiap orang pastinya menyukai musik dan hiburan. Dan tak jarang di suatu tempat atau lapangan diadakan konser musik untuk para penggemarnya. Konser musik yang melibatkan banyak hadirin yang datang pastinya membutuhkan tenda dan kursi dalam jumlah banyak. Hal inilah yang menimbulkan usaha jasa persewaan tenda dan kursi menjadi laris manis, selain bagi tenda pernikahan dan pengajian.

▪ Kematian
Dalam acara kematian atau meninggalnya seseorang pasti akan banyak para pelayat yang datang untuk mengucapkan rasa belasungkawa. Jumlahnya bisa mencapai ribuan orang. Sehingga kebutuhan usaha persewaan tenda dan kursi untuk menjamu para tamu yang hadir dan melindungi mereka dari kepanasan dan kehujanan. Selain itu, memberikan tempat duduk yang nyaman bagi mereka.

Itulah beberapa acara yang bisa dijadikan pangsa pasar dari bisnis persewaan tenda pengantin. Sebenarnya masih banyak lagi jenis kegiatan yang membutuhkan pelayanan usaha rental tenda hajatan modern dan kursi seperti pameran produk perusahaan, acara bazar, launching produk, peresmian gedung dan perusahaan, panggung hiburan rakyat, pesta hajatan sunatan massal anak, dan lain-lain.