Rincian Biaya Modal Usaha Toko Kamera hingga Buka

09 September 2017

Anda tentu sudah mengenal benda satu ini. Kamera. Alat ini sering digunakan untuk memotret atau mengambil gambar. Namun seiring kemajuan teknologi modern, sebuah perangkat kamera bukan hanya bisa mengambil gambar tapi juga dapat mengambil video rekaman. Hal inilah yang membuat kamera sangat diperlukan orang dalam kegiatan sehari-hari. Untuk mengabadikan momen penting dan berharga dalam bentuk gambar foto atau rekaman video.

Analisa Usaha Bisnis Toko Kamera
Kamera menjadi barang populer dan trend saat ini. Kita lihat saja berbagai jenis smartphone yang dilengkapi kamera selalu laris manis. Hal pertama yang dilihat dari pembelian ponsel adalah kelengkapan fitur kamera yang jelas dan resolusi tinggi. Ada banyak produsen handphone yang menyediakan kamera canggih dalam ponsel buatannya. Seperti oppo, nokia, advan, samsung dll. Hal itu dilakukan supaya calon konsumen tertarik membeli ponsel buatannya dengan kelengkapan kamera mutakhir.

Banyak ponsel yang dilengkapi kamera tetap saja semua itu belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat dalam soal pengambilan foto dan video secara optimal. Sebab tak jarang resolusi kamera di dalam ponsel sangat rendah. Sehingga pengambilan objek gambar dan video tidak jelas. Seseorang memerlukan perangkat kamera khusus yang digital dan canggih yang memberikan kualitas gambar dan video yang optimal. Khususnya bagi orang yang mau membuka usaha jasa fotografer profesional. Atas hal inilah membuat bisnis penjualan kamera digital canggih DSLR, Gopro, Action laris manis di Indonesia saat ini.
usaha kamera, usaha toko kamera, toko kamera, kamera digital, jual kamera, modal kamera, harga kamera

Seiring meningkatnya jumlah penggemar fotografi membuat penjualan kamera digital laku keras sekarang ini. Saat ini merupakan waktu yang tepat bagi anda untuk memulai bisnis kamera. Ada banyak income yang bisa didapatkan dari bisnis toko kamera. Seperti usaha jual beli kamera baru dan bekas beserta aksesoris, usaha jasa penyewaan kamera, jasa fotografer profesional untuk berbagai acara seperti hajatan, pesta pernikahan, sunatan, dan acara penting lainnya.

Rincian Biaya Modal Usaha Toko Kamera hingga Buka
Jika anda berminat untuk membuka usaha toko kamera, berikut ini rincian biaya modal usaha toko kamera hingga buka yang harus dipersiapkan, antara lain:

1. Belanja Kamera
Untuk membuka toko kamera maka anda harus membeli kamera foto dan video sebagai modal awal. Cukup sediakan 4 buah kamera video dan 2 kamera foto. Total biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kamera tersebut sebesar Rp 150 juta.

2. Sewa Lokasi Usaha
Lokasi usaha toko kamera dipastikan berada di tempat strategis yang mudah dijangkau dan dilihat banyak orang. Namun untuk menghemat biaya pengeluaran, anda bisa memanfaatkan garasi dan halaman rumah sebagai lokasi usaha toko kamera. Asalkan berada di tempat strategis. Seperti pinggir jalan raya yang ramai. Untuk biaya sewa lokasi usaha toko kamera di tempat strategis membutuhkan modal uang sebesar Rp 10 juta pertahun.

3. Gaji Karyawan
Demi melancarkan bisnis toko kamera maka anda bisa merekrut seorang tenaga karyawan bagian marketing atau penjaga toko kamera. Gaji karyawan perbulan sekitar Rp 1 juta.

Berdasarkan estimasi rincian biaya modal usaha toko kamera di atas maka total biaya yang harus dikeluarkan untuk membuka toko kamera dari awal sampai siap buka sebesar Rp 161 juta. Namun apabila anda ingin membuka toko kamera dengan modal kecil maka bisa mendirikan toko kamera secara online di internet. 

Prospek Usaha Bisnis Toko Kamera
Coba lihat di sekitar wilayah anda, apakah ada toko yang menjual kamera? Pastinya sangat jarang gerai usaha yang menjual kamera. Sedangkan pangsa pasar sangat besar dari bisnis kamera digital yang meliputi setiap orang dari berbagai latar belakang dan sosial. Apalagi pecinta potografi di tanah air terus meningkat setiap tahun. Berdasarkan keterangan dari para pengusaha bisnis toko kamera yang berhasil dan kaya raya di Indonesia, dalam sebulan mereka mendapatkan omset kotor sebesar Rp 1 miliar lebih. Omset bersihnya sekitar 25 persen.

Sangat mudah kita menjumpai gerai usaha yang menjual handphone dan komputer. Namun masih sangat jarang menjumpai usaha yang berjualan kamera digital secara khusus dan lengkap. Inilah yang membuat bisnis kamera lebih berpeluang besar meraih kesuksesan jika ditekuni secara serius, tekun dan rajin serta profesional.  

Melihat potensi keuntungan yang sangat menggiurkan dari bisnis toko kamera maka anda bisa mengambil kesempatan ini dengan membuka toko kamera beserta aksesorisnya. Namun syarat agar sukses dalam bisnis toko kamera ini, sobat diwajibkan terlebih dahulu mencintai dunia fotografi. Sehingga membuka toko kamera bukan jadi beban tapi menyenangkan dengan bekerja sepenuh hati. Inilah salah satu cara menghasilkan uang dengan membuka toko kamera yaitu menjual berbagai macam kamera digital, alat pembersih kamera, lensa, usaha jasa service kamera, tas, tripod, dll.

Cara Bisnis Toko Kamera yang Menguntungkan
Ada berbagai teknik dan cara dalam melakukan bisnis kamera dari awal bagi pemula. Berikut ini salah satu cara bisnis toko kamera yang menjanjikan untung besar dan patut sobat ketahui yaitu usaha berjualan kamera secara online dan offline.

Sekarang ini sudah mulai marak usaha toko kamera yang menjalankan bisnis jual beli kamera digital dan alat pendukungnya. Ternyata keuntungannya cukup menjanjikan. Anda bisa membeli produk kamera yang baru ke sebuah produsen kamera yang terkenal. Kemudian sobat menjual langsung kepada tangan konsumen dengan harga jual lebih tinggi dari harga beli. Bukan hanya kamera baru yang bisa dijual, anda pun bisa melakukan usaha berjualan kamera digital yang bekas dengan harga murah. 

Penulis melihat persaingan bisnis berjualan kamera baru dan bekas di Indonesia masih sangat lemah. Hal ini semakin mengukuhkan bisnis jualan kamera sangat menguntungkan menjanjikan saat ini. Namun bagi seorang pemula yang memiliki modal keuangan terbatas sangat sulit. Karena untuk membuka bisnis kamera membutuhkan modal yang sangat besar. Mengingat harga kamera digital modern beserta aksesoris saat ini sangatlah mahal.

Akan tetapi, anda bisa membuka usaha jualan kamera dengan modal kecil dan tanpa modal. Caranya adalah anda mengajukan proposal usaha bisnis toko kamera. Sebarkan proposal bisnis berjualan kamera kepada sanak kerabat, kenalan, relasi, rekan kerja dll yang berniat melakukan kerjasama bisnis kamera yang saling menguntungkan dengan anda. Orang lain sebagai investor dan anda sebagai pengelola usaha jualan kamera digital.

Usaha berjualan kamera ada dua macam yaitu bisnis berjualan kamera digital secara online melalui toko online. Dan usaha jualan kamera secara offline atau fisik. Namun saran penulis, alangkah lebih baik anda menggunakan kedua cara tersebut untuk meningkatkan volume penjualan kamera. Sampai omset bersih bulanan sebesar milyaran rupiah yang telah banyak dialami oleh para pengusaha sukses bisnis kamera di tanah air.

Apabila anda membuka usaha jasa sewa kamera dan usaha jasa fotografer profesional maka tak ada salahnya untuk menambah usaha dengan berjualan kamera digital yang baru dan second beserta aksesoris secara lengkap. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis kamera sobat. Apalagi anda sudah mempunyai basis data pelanggan dan konsumen yang bisa anda tawarkan berbagai jenis kamera untuk dibeli. Semakin besarlah keuntungan dari bisnis toko kamera yang sobat jalani.

Cara Sukses Berjualan Kamera di Internet
Seseorang yang mempunyai hobi dalam bidang fotografi tidak selamanya mengeluarkan uang banyak. Memang pada mulanya, ia harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli kamera digital yang canggih dan modern. Namun selanjutnya hobi fotografi bisa diubah menjadi mesin penghasil uang secara otomatis. Caranya dengan membangun online shop kamera. Yang saat ini tengah trend dan populer di masyarakat tanah air.

Toko online kamera diserbu para calon konsumen yang hendak membeli kamera modern dan canggih untuk keperluan fotografi profesional dan amatir. Diharapkan dengan dukungan kamera yang mutakhir beserta perlengkapan penunjang membuat hobi fotografi bisa tersalurkan dengan baik. Yang kemudian bisa menghasilkan uang dari bisnis fotografi seperti membuka usaha jasa fotografi profesional, bisnis sewa kamera dll.

Apabila anda mempunyai modal keuangan yang lumayan besar tak ada salahnya untuk membuka toko online kamera yang saat ini sedang diburu banyak orang. Hal ini tak terlepas dari permintaan yang sangat besar dari penggemar fotografi terhadap kamera digital yang canggih di Indonesia. Kesempatan emas ini jangan disia-siakan begitu saja. Sobat bisa membuka toko online kamera digital secara rumahan maupun sampingan.

Saat ini sedang booming toko kamera cctv konvensional. Di satu daerah sangat mudah anda mendapatkan gerai usaha berjualan kamera cctv sebagai kamera pengawas. Namun gerai usaha yang khusus menjual kamera canggih khusus fotografer masih jarang. Hal ini membuat bisnis berjualan kamera digital secara online dan offline sangat menjanjikan.

Saran penulis, untuk membuka usaha toko kamera maka anda harus memulainya dari membuka toko online kamera. Karena biaya pembuatan toko kamera online sangat ringan dan mudah mengelolanya. Berbeda dengan mendirikan toko kamera secara konvensional yang bisa menghabiskan uang sampai ratusan juta rupiah untuk membangun lokasi usaha.

Ada berbagai tempat yang bisa dijadikan toko online kamera di internet secara gratis maupun berbayar. Seperti toko online di facebook, online shop kamera di blog, twitter, bbm, line, google plus, marketplace dan lain sebagainya. Berbekal toko online tersebut, sobat bisa melakukan promosi toko online kamera secara gencar untuk menarik sebanyak mungkin pembeli dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri.

Langkah selanjutnya setelah mempunyai toko online kamera adalah melakukan pemotretan produk kamera yang hendak dijual dan menguploadnya. Pastikan kamera yang digunakan untuk memotret produk kamera berkualitas baik. Sehingga kualitas gambar sangat jelas dan jernih. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya minat beli konsumen terhadap produk kamera yang dijual secara online. Kamera DSLR dan ponsel resolusi tinggi biasanya cukup memadai untuk memotret objek produk kamera yang hendak dijual di internet.

Jangan lupa setelah mengupload gambar kamera yang dijual diberikan keterangan deskripsi, spesifikasi, harga, cara pengiriman dan nomor kontak yang bisa dihubungi secara komplit dan jelas. Sehingga tidak ada secuil pertanyaan lagi dari calon konsumen dan prospek sangat percaya terhadap online shop kamera milik sobat. Jika mereka tertarik maka mereka akan membeli kamera digital canggih kepada anda.