Rincian Biaya Modal Usaha Mainan Anak dan Keuntungannya

08 Juli 2017

Begitu banyaknya jenis usaha yang tersedia seringkali membuat orang bingung untuk memilihnya. Usaha apa yang sesuai dan menguntungkan untuk dijalankan. Usaha yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihannya. Bisnis jualan mainan anak-anak. Keuntungan yang didapatkan dari usaha mainan anak bisa sangat besar. Salah seorang pengusaha mainan anak-anak bercerita bahwa perbulan ia mempunyai penghasilan mencapai Rp 3 miliar. Banyak kisah dan cerita dari pengusaha mainan anak-anak yang sukses membuat kita terpacu untuk menyusul mereka.

Analisa Usaha Bisnis Mainan Anak Edukatif
Bisnis mainan anak edukatif menjadi salah satu peluang bisnis menjanjikan di kota maupun di desa. Karena situasi penduduk Indonesia yang sangat besar jumlahnya. Dan setiap hari lebih dari sepuluh ribu bayi lahir di Indonesia. Dengan jumlah anak anak yang berusia nol sampai 14 tahun sekitar 62 juta jiwa. Tentu ini menjadi pangsa pasar yang sangat besar dan luas bagi bisnis mainan anak kecil di tanah air. Tak ayal para pedagang mainan anak selalu laku keras.

Peluang usaha dengan target market anak anak sangat menjanjikan dengan perputaran uang yang sangat cepat. Hal ini dialami oleh penulis yang juga membuka sebuah usaha yang membidik pangsa pasar anak anak dan sangat menguntungkan. Hal ini tak terlepas jumlah anak anak di Indonesia sangat besar jumlahnya baik di pedesaan dan perkotaan. Dan seorang anak kecil sangat menyukai mainan dan ia pasti akan membelinya dari uang saku atau dari pembelian orangtuanya.
usaha mainan anak-anak, bisnis mainan anak, bisnis mainan, usaha mainan anak, usaha mainan, mainan anak

Salah seorang kerabat penulis sepasang suami isteri bernama Ocad dan Rossi juga berbisnis mainan anak disamping jualan es krim camelo di sekolah. Pada setiap pesta pernikahan, ia selalu berjualan mainan anak dan senantiasa habis terjual. Keuntugan bersih yang bisa didapatkan dari jualan mainan anak di momen pesta pernikahan sebesar Rp 100 ribu perhari. Pendapatan yang lumayan untuk menambah pemasukan keluarga disamping bekerja di sebuah SD sebagai guru honorer.

Namun demikian, usaha mainan anak sama seperti bisnis lainnya tak terlepas dari persaingan usaha. Tingkat persaingan bisnis mainan anak sangat tinggi. Dikarenakan banyak orang yang melihat potensi keuntungan yang sangat menggiurkan dari bisnis ini. Ditambah bisnis mainan anak sangat mudah dijalankan secara sampingan maupun utama, dengan modal kecil atau modal besar, dan banyak kelebihan lainnya. Atas hal itu tak aneh banyak bermunculan jenis-jenis mainan anak terbaru baik produk dalam negeri maupun luarnegeri terutama dari China.

Keuntungan Bisnis Mainan Anak
Berikut ini keuntungan dari bisnis mainan anak yang perlu sobat ketahui, antara lain:

▪ Produk Tak Pernah Basi
Inilah kelebihan yang sangat jelas dari bisnis mainan anak yaitu barang yang dijual tak pernah mengenal basi atau masa kedaluarsa. Sehingga tingkat resiko kerugian nol persen. Hal ini berbeda dengan bisnis kuliner yang kekuatan makanan dalam masa tertentu.

▪ Modal Kecil
Cara memulai bisnis mainan anak sangat gampang. Anda belanja berbagai jenis mainan anak terlaris di agen atau distributor mainan anak terdekat dengan daerah anda. Modal usaha mainan anak bisa dimulai dengan modal kecil. Dengan uang sebesar Rp 10 juta bahkan kurang sedikit maka seseorang sudah bisa memulai bisnis mainan anak kecil.

Dan kelebihan bisnis mainan anak yang lain masih banyak. Seperti pangsa pasar yang sangat luas dan pemasaran yang sangat mudah dan lain sebagainya.

Cara Sukses Memulai Usaha Mainan Anak
Sementara itu, agar usaha mainan anak kecil sukses dan untung diperlukan beberapa strategi. Terutama dari segi pemasaran dan manajemen usaha. Berikut hal yang perlu dilakukan untuk membuka usaha mainan anak yang sukses dan menguntungkan, antara lain:

▪ Lokasi usaha strategis
Untuk membuka usaha mainan anak tidak boleh mendirikan di sembarang tempat. Diperlukan analisa mendalam mengenai lokasi usaha mainan anak yang tepat. Karena ini sangat menunjang kesuksesan bisnis mainan anak di masa depan. Sebab penulis seringkali menemukan sebuah usaha mainan anak berdiri di lokasi tak strategis yang berakibat pada sepi pembeli dan merugikan dari segi waktu dan biaya. Anda tak ingin mengalami demikian kan?

Pendek kata, anda mesti membuka usaha mainan anak di lokasi yang sangat strategis seperti berada di dekat keramaian anak anak yang merupakan pangsa pasar utama. Misalkan usaha berjualan mainan anak dekat sekolah dasar, di sekitar taman kanak kanak, dekat rumah sakit anak, sekitar perumahan yang ramai oleh anak anak kecil, sekitar taman arena bermain anak, sekitar pasar tradisional, sekitar tempat pesta pernikahan dan lain sebagainya.

▪ Menjual Mainan Anak Paling Laris
Selain itu berbagai jenis mainan anak yang sangat banyak jumlahnya tentu membuat pusing jenis mainan mana yang hendak dijual. Pedoman dalam bisnis mainan anak adalah anda harus menjual mainan anak yang sedang laris atau tren maupun hits di kalangan anak anak Indonesia. Sehingga mudah terjual dan cepat untung.

Ada banyak jenis mainan anak yang sedang populer. Dan itu perlu sobat beli dalam jumlah banyak untuk dijual kepada anak anak. Sedangkan sisanya anda bisa membeli jenis mainan anak yang lain untuk menambah kelengkapan barang jualan anda.Untuk mengetahui jenis mainan anak yang sedang trend dan populer sangat gampang. Dengan cara mengamati atau survey pasar terhadap mainan anak apa yang banyak dibeli anak anak sekitar.

▪ Mengetahui Cara Memasarkan Mainan Anak
Penjualan atau pemasaran merupakan ujung tombak bisnis mainan anak. Sehingga anda harus fokus dan menguasai cara memasarkan mainan anak. Sebenarnya cara memasarkan mainan anak sangat mudah yakni dengan cara melakukan promosi yang gencar. Baik di media sosial, jualan sekitar kerumunan anak anak, jualan mainan dekat sekolah dasar dan taman hiburan anak dan lain sebagainya.

Upayakan agar lingkungan sekitar mengetahui keberadaan usaha mainan anak sobat. Dengan cara membagikan brosur, memasang pamflet, pasang poster dan spanduk serta reklame dan cara promosi unik lainnya yang berusaha memperkenalkan bisnis mainan anak anda kepada khalayak umum.

Intinya, masalah pemasaran mainan anak bisa dijalankan dengan berbagai cara. Seperti cara mobile menggunakan gerobak atau sepeda motor sistem kanvas. Hal ini banyak dilakukan di perkotaan dan pedesaan dengan penghasilan cukup besar perhari. Penjualan bisa dilakukan secara online melalui marketplace, menjual pada momen pesta pernikahan, momen pesta ulangtahun anak kecil dan lain sebagainya.

▪ Harga Mainan Anak Murah
Pastikan harga jual mainan anak lebih murah ketimbang pesaing. Hal ini untuk menimbulkan kelebihan bisnis mainan anak anda ketimbang pesaing. Cara penentuan harga mainan anak dengan melakukan survey harga mainan anak di pesaing terdekat. Dan memilih membeli mainan anak secara grosir dengan harga yang jauh lebih murah. Sehingga anda bisa memberikan harga termurah mainan anak pada konsumen. Dengan laba masih cukup besar.

▪ Pemilihan Kategori Mainan Anak Berdasarkan Usia
Dan terakhir anda harus memilah milah mainan anak. Pembagian kategori mainan anak untuk usia 0 tahun sampai 1 tahun, kategori mainan anak untuk anak umur satu tahun ke atas dan lain sebagainya. Sehingga jika ada seorang anak yang membutuhkan mainan anak maka anda bisa menjual mainan sesuai usia sang anak. Hal ini berguna juga untuk menghindari bahaya dari mainan yang tidak sesuai usia.

▪ Pelayanan Terbaik
Untuk meningkatkan penghasilan atau penjualan dari usaha mainan anak milik anda perlu dilengkapi dengan pelayanan terbaik, prima dan memuaskan konsumen. Seperti menyediakan layanan delivery order mainan dalam jumlah tertentu selama 24 jam gratis. Sehingga memudahkan konsumen bisa berupa perorangan atau toko mainan dalam membeli mainan anak tanpa harus keluar rumah.

Pelayanan diberikan secara cepat, ramah dan penuh kesabaran. Pelayan toko mainan anak menguasai seluk beluk cara memainkan berbagai mainan anak atau membekali diri dengan knowledge atas jenis permainan anak yang dijualnya.

Prospek Usaha Mainan Anak
Di tengah banyaknya jumlah anak anak di Indonesia yang mencapai 62 juta jiwa baik di desa maupun di kota membuat usaha mainan anak menjanjikan sekali untuk dijalankan. Pasar yang sangat besar dan mudah dijalankan menjadi alasan bisnis mainan anak menjadi layak jadi peluang usaha terbaik saat ini. Apalagi diprediksi jumlah anak Indonesia terus melonjak tajam seiring bertambah jumlah pasangan muda di nusantara.

Keuntungan bisnis mainan anak yang dirasakan sendiri oleh penulis adalah seorang anak cepat bosan dengan jenis mainan anak. Sehingga ia bisa berkali kali membeli mainan anak yang lebih baru dan menarik hatinya. Bahkan tak jarang seorang anak mempunyai banyak mainan. Dalam satu hari seorang anak bisa membeli beberapa jenis mainan. Itulah kehidupan anak anak yang tak bisa lepas dari mainan. Seperti yang penulis saksikan saat ini. Ada seorang anak yang sedang bermain sepeda dan mobil mobilan.

Peranan aneka mainan bagi sang anak sangat penting untuk membantu kecerdasan dan perkembangan otak anak. Selain itu membantu daya kreatif dan berpikir sang anak. Pokoknya banyak manfaat dari mainan bagi pertumbuhan sang buah hati. Hal ini menyebabkan kebanyakan orangtua rela menghabiskan banyak uang untuk membelikan mainan edukasi bagi sang anak. Inilah yang membuat potensi bisnis mainan anak khususnya yang bersifat edukasi sangat menjanjikan untung besar.

Rincian Biaya Modal Usaha Mainan Anak
Berikut ini rincian biaya modal usaha toko mainan anak bagi pemula hingga siap buka, antara lain:

▪ Belanja mainan anak
Ada berbagai jenis mainan anak di pasaran. Namun pastikan anda menjual mainan anak yang sedang trend, laris manis dan populer. Sehingga barang cepat terjual dan tak menumpuk di gudang. Biaya untuk beli aneka jenis mainan anak secara komplit sekitar Rp 3 juta.

▪ Lokasi usaha
Lokasi usaha mainan anak harus berada di tempat strategis. Yakni banyak dilalui anak anak dan di pusat keramaian. Anda bisa menyewa secara bulanan. Harga sewa lokasi di tempat strategis sekitar Rp 7 juta per dua tahun. Sebenarnya jika anda mau menghemat pengeluaran uang untuk biaya sewa lokasi usaha maka cara membuka usaha mainan anak bisa dilakukan di depan rumah.

▪ Renovasi
Hal penting lainnya adalah merenovasi toko mainan anak sedemikian rupa sehingga tampak rapi, bersih, ramah anak dan sesuai dengan anak anak. Biaya renovasi toko mainan anak sekitar Rp 1 juta

▪ Etalase
Pembelian etalase atau rak untuk memajang barang mainan anak yang dijual. Harga etalase rak sebesar Rp 2 juta sebanyak dua unit.

▪ Gaji karyawan
Untuk gaji pegawai bagi penjaga toko atau salesman maka anda bisa memberikan sistem komisi atau gaji tetap. Biaya gaji karyawan sebesar Rp 600 ribu perbulan

▪ Biaya transportasi
Biaya yang dikeluarkan dalam pengiriman barang sekitar Rp 100 ribu perbulan.

▪ Biaya lain lain
Biaya operasional yang meliputi biaya telepon, listrik dan air sekitar Rp 300 ribu perbulan.

Maka perkiraan total modal usaha yang dibutuhkan untuk buka usaha mainan anak secara kecil-kecilan dari tahap awal sampai buka sebesar Rp 4 juta.

Omset Usaha Mainan Anak per Bulan
Jika dalam satu hari terjadi penjualan sebesar Rp 200.000 maka dalam sebulan omzet yang diperoleh sebesar Rp 6 juta. Dikurangi biaya operasional sebesar Rp 4 juta maka keuntungan bersih yang didapatkan sebesar Rp 2 juta perbulan. Omset bisnis mainan anak edukatif akan bertambah besar jika dikombinasikan dengan membuka usaha sejenis. Seperti bisnis mainan serba seribu, usaha sewa mainan anak, usaha arena bermain anak, usaha dagang dan jualan mainan anak keliling dan lain sebagainya.